Wow Ternyata Sampah Bisa Diubah Menjadi Energi Listrik Lho! Ini Macam-macam Prosesnya

Di Indonesia, sampah menjadi masalah yang tidak pernah terselesaikan. Pasalnya, sampah di Indonesia setiap harinya semakin meningkat bahkan bisa saja lebih besar dari sebelumnya. Dan hal inilah yang membuat prihatin banyak pihak. Perlu anda ketahui bahwa Indonesia mengalami posisi darurat sampah, dimana sampah-sampah ini tidak hanya merugikan manusia melainkan juga merugikan makhluk hidup lainnya.

Menurut hasil data di bulan Agustus 2018, Jakarta sudah memproduksi sampah sebanyak 7.000 ton sampah dalam setiap harinya. 2000 ton diantaranya merupakan sampah plastik. Tentu hal ini sangat menghawatirkan bukan?

Namun, anda tidak perlu khawatir lagi, karena kini sampah dapat diolah menjadi sesuatu yang bermanfaat seperti kerajinan tangan dan yang terpenting sampah bisa diubah menjadi energi listrik lho! Sangat mengejutkan bukan?

Perlu anda ketahui bahwa 660 ton sampah mampu memproduksi energi listrik sebanyak 400 MWh per harinya. Itu artinya sampah yang diperoleh Jakarta dalam satu harinya bisa menghasilkan listrik sebanyak kurang lebih 4000 MWh. Jika dalam sehari Jakarta membutuhkan pasokan listrik sebanyak 120.000 MWh, maka sampah tadi mampu menghemat energi fosil sebanyak 3%.

Angka diatas terbilang masih sedikit, akan tetapi, jika dikonversikan dengan harga batubara di bulan Agustus 2018 sekitar US$ 107/ton sampah maka bisa diasumsikan bahwa setiap produksi listrik 600 MWh ini membutuhkan batu bara sekitar 290 ton, sehingga angka 3% tersebut senilai dengan US$ 205.000 per harinya.

Lantas bagaimana cara mengubah sampah menjadi energi listrik?

Proses mengubah sampah menjadi energi listrik yang bermanfaat bisa disebut dengan proses Waste To Energy. Menurut penelitian, ada beberapa teknologi yang bisa digunakan untuk mengubah sampah menjadi energi seperti berikut ini.

  • Insinerasi

Proses ini merupakan proses pembakaran bahan-bahan organic yang terkandung dalam material sampah. Proses ini melibatkan temperature tinggi ke dalam proses konversi Waste To Energy Termo-Kimia.

Proses insinerasi ini menghasilkan tiga produk utama yakni abu, gas dan energi panas. Abu hasil pembakaran sampah ini biasanya berupa material anorganik yang sering berwujud jelaga padat atau partikel-partikel kecil yang ikut terbawa gas sehingga partikel abu tersebut harus ditangkap oleh sistem khusus agar tidak mencemari atmosfer.

Kemudian gas buang ini sendiri banyak menganduk karbondioksida dan beberapa molekul yang dengan kemajuan teknologi yang dapat meminimalisir jumlah pembuangannya ke atmosfer. Sementara itu, energi panas hasil pembakaran incinerator ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan seperti salah satunya adalah untuk sumber panas pembangkit listrik tenaga sampah.

Incinerator juga mampu mengurangi berat sampai mulai dari 80% hingga 85%, dan mengurangi volume sampah mulai dari 95% hingga 96% tergantung dengan kandungan material logam di sampah tersebut.

Kemudian, limbah jelaga incinerator ini terbukti sangat bermanfaat untuk bahan baku jalan raya pengganti aspal. Bahkan dari berbagai pihak mengaku bahwa kualitas aspal dari jelaga insenerator ini memiliki kualitas lebih baik dari aspal konvensional.

  • Fermentasi

Proses ini merupakan salah satu proses yang tidak asing ditelinga masyarakat Indonesia. Proses ini ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk mengonversikan sampah menjadi sumber energi.

Hasil jurnal peneliti Research Gate menyebutkan bahwa sampah makanan dapat diolah menajdi asam laktat, etanol, biogas, biohidrogen, dan asam lemak volatile.

Perlu diketahui bahwa sampah makanan ini ternyata kaya akan kandungan protein, karbohidrat, mineral, serta lemak yang berpotensi untuk diolah menjadi sumber energi.

Akan tetapi, proses Waste To Energy fermentasi ini masih belum banayk digunakan karena masih banyak tantangan dan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan proses ini. Bahkan pemerintah turut mendukung teknologi tersebut.

  • Pirolisis

Proses ini merupakan proses dekomposisi material dengan cara menaikkan temperature secara bertahap pada kondisi atmosfer yang bebas oksigen. Umumnya proses ini diawali pada temperature 350 derajat celcius sampai dengan 550 derajat celcius dan terus naik hingga 700 derajat celcius hingga 800 derajat celcius dalam kondisi ini tentu bebas oksigen.

Tahap awal proses ini yakni dilakukan dengan pemisahan bahan-bahan logam, kaca dan proses inerting untuk menghilangkan kandungan oksigen di atmosfer sekitar sampah. Kemudian material yang sudah bersih tersebut dimasukkan ke dalam reactor pirolisis yang kemudian dipanaskan secara bertahap dalam kondisi bebas oksigen tentunya.

Pada proses ini, sampah menghasilkan tiga produk utama seperti gas dengan nilai kalor tinggi, biofuel dan endapan padat. Hasilnya akan cwnderung lebih banyak endapan padat ketika akhir proses pirolisis ini temperature mencapai bawah angka 450 derajat celcius dengan laju kenaikan yang rendah. Sementara itu, jika proses temperature akhir proses di atas 800 derajat celcius maka akan banyak menghasilkan syngas dan lajunya akan berjalan cepat.

  • Gasifikasi

Proses ini merupakan proses yang dilakukan dengan pemanasan material organic berbasis karbon menjadi karbon monoksida, hydrogen dan karbon dioksida. Proses ini menggunakan panas yang tinggi di atas 700 derajat celcius. Proses ini tidak melakukan proses pembakaran dan mereaksikan material organic dengan sejumlah oksigen atau uap air. Proses ini disebut dengan syngas yang merupakan bahan bakar daur ulang yang ramah lingkungan.

Proses ini memiliki kelebihan dimana produk yang dihasilkan memiliki nilai kalor yang lebih tinggi daripada sampah jika digunakan sebagai bahan bakar. hal ini dikarenakan syngas ini tersusun atas hydrogen dan karbon monoksida yang dibakar di temperature yang lebih tinggi dari sampah.

Meski proses ini memiliki kelebihan, namun proses ini juga memiliki kekurangan dimana produk sampingan ini bersifat korosif yakni abu klorida dan potassium sehingga dibutuhkan perlakuan khusus agar limbah tersebut tidak mencemari lingkungan.

  • Esterifikasi

Proses ini merupakan proses reaksi kimia antar zat trigliserida dengan alcohol serta bantuan katalisator alkalin untuk membentuk mono alkil ester atau yang biasa disebut dengan biodiesel. Proses ini biasanya menggunakan alcohol jenis methanol sehingga hasil akhirnya adalah metil ester atau yang biasa kita sebut sebagai etanol. Dan hasil akhir inilah yang dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif ramah lingkungan.

  • Dendro Liquid Energy

Proses ini merupakan proses terbaru buatan jerman. Proses ini sangat efisien dan disebut mampu mendekati teknologi zero waste. Proses ini mampu memproses campuran sampah dari plastik hingga kayu dimana proses ini mampu menghasilkan produk berupa syngas yang memiliki efisiensi empat kali lebih baik daripada sistem lainnya. Proses dendro liquid energy ini memiliki beberapa kelebihan sebagai berikut:

  • Ukuran alatnya kecil dan lebih murah
  • Bebas emisi berbahaya karena tidak ada proses pembakaran
  • Bekerja pada temperatus antara 150 hingga 250 derajat celcius
  • Mampu memproses bahan baku sampah basah ataupun keirng
  • Hasil cyngasnya bebas material abu halus dan tar

Itulah macam-macam proses cara mengubah sampah menjadi sumber energy listrik. Semoga artikel ini dapat memberi pengetahuan dan wawasan untuk anda semua.

Artikel Terkait


Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet

Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Ini Dia 8 Marketplace Populer di Indonesia

Super Canggih, Inilah Deretan Smartphone Terbaik 2019

Seberapa Penting Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Manusia?


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.