Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor

Kota bogor merupakan salah satu kota yang menjadi favorit para wisatawan asal kota, khususnya Jakarta. Biasanya, orang-orang dari kota Jakarta menghabiskan akhir pekan di kota bogor. Bahkan tidak jarang banyak orang kota yang sengaja menyempatkan diri untuk melepas penatnya ibukota di kota hujan ini.

Ya, kota bogor memang menjadi favorit wisatawan ibukota karena kota ini memiliki pemandangan alam yang indah serta penuh dengan destinasi wisata menarik. Selain itu, mengapa banyak orang memilih bogor sebagai tujuan wisata? Karena bogor memiliki suhu udara yang dingin yang membuat siapa saja betah berada di kota tersebut.

Tidak henti-hentinya membahas wisata kota Bogor. Kota yang dijuluki sebagai kota hujan ini memang memiliki banyak sekali destinasi wisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi, wisata kuliner dan lain sebagainya. Seperti salah satunya adalah wisata edukasi yang terdapat di museum zoologi bogor.

Museum zoologi merupakan museum yang memberikan informasi dan edukasi mengenai zoologi. Zoologi merupakan ilmu biologi yang khusus mempelajari tentang hewan-hewan. Dan di museum zoologi bogor ini terdapat banyak koleksi hewan-hewan purba yang bisa menambah pengetahuan para wisatawan.

Museum zoologi dibagi menjadi dua bagian. Bagian pertama dibuka setiap hari untuk wisatawan umum, sementara bagian kedua dibuka setiap setahun sekali di setiap bulan oktober. Kedua museum ini dikelola oleh salah satu divisi di bawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LPII). Museum zoologi di bogor ini merupakan salah satu museum terbesar di Asia Tenggara dimana museum ini menyediakan berbagai specimen fauna.

Sejarah Museum Zoologi Bogor

Museum zoologi bogor didirikan pada Agustus 1894 oleh  oleh Dr. J. C Koningsberger. Dulunya, museum zoologi bogor dikenal dengan nama Landbouw Zoologisch Laboraturium. Museum ini dulunya hanya berupa laboratorium kecil yang terdapat di pojokan kebun botani bogor. Dulunya, laboratorium ini hanya fokus mempelajari hama serangga di tumbuhan.

Museum zoologi ini memiliki gaya arsitektur Hindia-Belanda. Museum zoologi dulunya juga pernah berganti nama beberapa kali siring perubahan fungsinya sampai pada akhirnya bernama museum zoologi.

Mengenal Museum Zoologi Bogor

Museum zoologi bogor di dirikan di atas lahan tanah seluas 1500 m2. Museum zoologi bogor mengoleksi cukup banyak fauna dari asia. Di museum ini terdapat dua puluh empat ruangan karena ada beberapa koleksi yang rapuh. Disamping itu, suhu museum ini juga diatur dengan sangat baik yakni sebesar dua puluh dua derajat celcius.

Banyak koleksi yang bisa dilihat di museum ini diantaranya sebagai berikut:

  • Serangga sebanyak 12.000 spesies dan 2.580.000 spesimen
  • Mamalia sebanyak 650 spesies dan 30.000 spesimen
  • Ungags sebanyak 1000 spesies dan 30.762 spesimen
  • Reptile dan amfibi sebanyak 763 spesies dan 19.937 spesimen
  • Moluska sebanyak 959 spesies dan 13.146 spesimen
  • Invertebrate sebanyak 700 spesies dan 15.558 spesimen

Di museum zoologi, anda juga disuguhkan pemandangan tulang dari Balaenoptera musculus atau disebut juga paus biru terbesar di Indonesia. Kerangka paus biru ini memiliki ruangan khusus untuk menampung kerangka tersebut karena mengingat kerangka paus biru ini sangat besar dan hanya cukup untuk paus biru saja.

Selain itu, wisatawan juga bisa melihat berbagai koleksi ikan yang menjadi sumber daya alam di Indonesia yang lebih tepatnya berada di teluk Jakarta. Dulunya, teluk Jakarta menjadi kawasan yang begitu menjanjikan akan sumber daya melimpah terlihat dari banyaknya replika ikan yang berhasil ditangkap nelayan pada saat itu.

Banyak koleksi ikan dipamerkan di museum ini. Museum ini menyajikan ikan-ikan asli yang di awetkan. Banyak jenis ikan yang bisa anda pelajari di museum zoologi ini. Bahkan disini banyak ikan yang belum anda lihat sebelumnya namun ada di museum zoologi ini.

Selain itu, di museum ini anda juga bisa melihat koleksi badak tasikmalaya. Berat badak tersebut sekitar 2 ton. Menurut pengelola museum tersebut, badak tasikmalaya tersebut merupakan badak terakhir yang tinggal di sekitar priangan. Badak ini ditinggal oleh badak betina akibat tertembak pemburu. Setelah 20 tahun kemudian, pengelola museum menjadikan badak tasikmalaya tersebut sebagai koleks museum.

Hal ini dimaksudkan agar badak dilindungi dari berbagai pemburu bebas yang tujuannya mengincar cula badak tersebut. sehingga badak tasikmalaya ini menjadi salah satu badak langka yang ada di museum zoologi sejak tahun 1934.

Selain itu, ada koleksi kelalawar. Mungkin sebagian orang jarang melihat kelalawar. Tapi di museum zoologi ini anda bisa melihat berbagai jenis kelalawar. Selain itu juga ada koleksi kadal berukuran raksasa. Kadal raksasa ini menjadi cikal bakal nenek moyang dari hewan komodo dan replika komodo ini bisa anda lihat di museum ini.

Jam operasional museum zoologi ini adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Harga tiket sangat bervariasi, untuk wisatawan lokal maka tiketnya seharga Rp. 16.000,- per orang. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara tiketnya seharga Rp. 26.000,-.

Untuk parkir dikenakan biaya tambahan dimana Rp. 5.000,- untuk kendaraan roda dua (motor) dan Rp. 30.000,- untuk kendaraan beroda empat (mobil). Untuk sepeda juga dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 5.000,-. Tiket ini satu paket dengan tiket masuk ke wisata kebun raya bogor. Bagaimana menarik bukan?

Rute menuju museum zoologi bogor cukup mudah. Jika anda dari stasiun bogor maka anda cukup menaiki angkutan umum 02 melewati tugu kujang kemudian turun di pintu 1 KRB tepat di depan gerbang surya kencana.

Jika anda dari tol jagorawi, maka jika sudah berada tepat di depan terminal sebaiknya anda mabil arah kanan menuju tugu kujang dan ambil arah kiri melalui jalan satu arah menuju pintu 1 KRB tepat depan gerbang surya kencana.

Banyak koleksi lain yang bisa pengunjung lihat dari hasil penelitian biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LPII). Dimana banyak koleksi yang bisa ditemukan di gedung science center bogor, widyastwaloka dan cibiong. Hanya saja gedung tersebut tidak dibuka untuk wisataan umum dan hanya dibuka untuk wisatawan khusus. Gedung-gedung tersebut memiliki hubungan erat akan keberadaan museum zoologi.

Adanya museum zoologi memang berperan penting untuk memberikan informasi kepada wisatawan dalam mengenal perkembangan flora dan fauna di Indonesia. Karena dengan mengunjungi museum zoologi ini maka pengunjung sudah dapat wisata sekaligus belajar mengenai spesies yang dipamerkan di museum ini. Informasi yang dituliskan juga lengkap dan mudah dipahami dengan baik.

Sebagai bangunan wisata edukasi maka museum ini tentu memberikan informasi yang bermanfaat kepada para pengunjung yang datang baik wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Sehingga tempat ini sangat cocok sebagai tempat wisata sekaligus sarana belajar yang menyenangkan di kalangan apapun.

Itulah informasi mengenai tempat wisata edukasi museum zoologi bogor. Semoga artikel ini dapat memberi referensi tujuan wisata saat anda berlibur ke bogor. Selamat berlibur..

Artikel Terkait


8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Jalan-Jalan di Singapura ala Crazy Rich Asians

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Inilah 8 Tempat Wisata di Malang yang Seru Untuk Dikunjunggi

Tidak Perlu Jauh-jauh Ke Eropa, Little Venice Bogor Tempatnya

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019

Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

Ngopi Cantik di Bali Pulina Coffee Plantation Bali


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.