Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Bandung adalah salah satu kota yang mengalami perkembangan cukup pesat dan Bandung memiliki banyak sekali tempat wisata. Bandung dianggap sebagai kota yang lengkap, karena memiliki wisata yang sangat variatif dan Bandung memiliki daya tarik besar terhadap para wisatawan. Bandung menjadi kota yang miliki banyak keunikkan dan Bandung sering dijadikan tempat wisata oleh para wisatawan asing.

Bandung juga sering disebut sebagai kota kuliner dan Bandung menjadi pusat jajanan murah. Kuliner di Bandung sangatlah variatif dan kuliner Bandung terdiri dari banyak keunikan. Saat berkunjung ke Bandung, sebaiknya nikmatilah kuliner Bandung yang nikmat dan berkunjunglah ke tempat kuliner keren di Bandung. Berikut ini adalah makanan khas Bandung yang wajib diketahui:

1. Baso tahu

Adalah salah satu makanan yang sangat sederhana yang memiliki harga terjangkau dan banyak penjual baso tahu yang menggunakan gerobak dorong atau roda dorong. Baso tahu adalah makanan yang banyak ditemukan di Bandung dan makanan ini terbuat dari tahu yang diisi daging giling. Bumbu yang digunakan adalah bumbu kacang dan kecap dengan saos menjadi pelengkap nikmatnya baso tahu.

2. Surabi

Saat berkunjung ke Bandung, tentu akan mudah menemukan jajanan murah meriah surabi dan makanan ini berbahan dasar terpung terigu yang dimasak diatas tungku. Makanan ini memiliki rasa yang khas dan harga surabi sangatlah murah. Pelengkap surabi biasanya telur, oncom dan berbagai tambahan makanan lainnya. Banyak wisatawan yang menyukai nikmatnya surabi dan kopi hitam menjadi minuman yang cocok disandingkan dengan surabi.

3. Lotek

Lotek adalah makanan tradisional khas Bandung dan makanan ini sangat identik dengan racikan sunda. Makanan ini dibuat dari sayuran seperti daun singkong, toge, kol, kangkung dan sayur lainnya. Bumbu kacang menjadi pelengkap pembuatan lotek dan lotek biasanya diulek di atas coet dan harga lotek sangatlah terjangkau. makanan ini sangat banyak dijual di daerah Bandung dan banyak konsumen yang sangat menyukai makanan sederhana ini.

4. Batagor

Batagor adalah makanan yang banyak dijual di gerobak dorong dan makanan ini sangatlah terjangkau. Batagor dibat dari tepung tapioka yang dimasukan pada kulit pangsit dan batagor menjadi makanan semua kalangan, karena rasanya yang sangat nikmat. Bumbu kacang menjadi pelengkap rasa Batagor dan batagor memiliki rasa yang gurih. Wisatawan yang datang ke Bandung, banyak yang tergoda mencoba nikmatnya Batagor.

5. Cuankie

Cuankie adalah makanan yang banyak ditemukan di Bandung dan makanan ini adalah makanan yang merakyat. Konon katanya cuanki singkatan dari cari uang jalan kaki dan tak heran, banyak penjual cuanki yang memasarkan daganganya dengan gerobak panggul. Makanan ini sangatlah murah dan makanan ini berisikan baso, tahu dengajn siomay. Walau harga satu porsinya sangatlah murah, namun cuanki memiliki cita rasa yang sangat menggoda selera.

6. Peuyeum

Peuyeum adalah salah satu makanan yang dibuat dengan cara fermentasi dan peuyeum menjadi salah satu makanan khas kota Bandung. Makanan ini terkenal dengan nama tape dan peuyeum Bandung biasanya terbuat dari singkong yang dutambahkan taburan ragi. Harga peuyeum sangatlah bervariasi, tergantung penjualnya dan rasanya yang asam manis membuat banyak konsumen menyukainya. Makanan ini bisa dijadikan buah tangan saat berkunjung ke Bandung.

7. Oncom

Oncom adalah salah satu makanan yang terbuat dari ragi dan bahan dasar pembuatannya adalah kacang tanah. Oncom menjadi salah satu makanan khas Bandung yang memiliki citas rasa yang khas dan oncom menjadi makanan yang enak dikonsumsi dengan nasi. Oncom menjadi makanan pelengkap nasi dan bisa juga digoreng, tekstur oncom banyak disukai wisatawan yang berkunjung ke Bandung.

8. Colenak

Colenak adalah makanan yang terkenal dengan rasa manisnya yang kental dan colenak singkatan dari dicocol enak. Colenak berbahan dasar peuyeum yang ditambahkan racikannya dan parutan kelapa dengan gula aren menambah lezat rasa colenak. Colenak dijual dengan harga yang terjangkau dan sudah banyak wisatawan yang merasakan kenikmatan colenak. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi dengan kopi hitam hangat.

9. Cireng

Cireng adalah makanan yang sudah sangat populer di Indonesia dan cireng singkatan dari aci digoreng. Makanan ini banyak ditemukan di Bandung dan makanan ini sering dijadikan makanan dengan berbagai jenis sajian. Cireng berbahan dasar aci dan ada beberapa menu tambahan seperti saos, kecap dan berbagai menu lainnya. Makanan ini banyak disukai wisatawan yang datang ke Bandung, karena memiliki harga yang sangat terjangkau.

10. Karedok

Karedok adalah salah satu makanan khas Bandung yang terbuat dari sayur-sayuran segar dan makanan ini menjadi nikmat saat ditambahkan dengan bumbu kacang. Harga karedok sangatlah terjangkau dan makanan ini sangat lezat dimakan dengan kerupuk. Karedok biasanya terbuat dari tumbukan kacang panjang ataupun buah leunca dan rasa karedok yang khas, menjadikan makanan ini sangat diminati banyak orang Indonesia.

11. Combro

Combro adalah makanan rakyat yang menjadi ciri khas kuliner Bandung dan makanan tradisional ini dibuat dari parutan singkong dengan oncom. Combro menjadi singkatan dari oncom dijero dan harga makanan ini sangatlah murah. Combro memiliki rasa yang sangat khas dan combro sangat nikmat dinikmati dengan sajian teh hangat. Penggemar combro bukan hanya orang dewasa, namun combro juga sangat nikmat dikonsumsi anak-anak.

12. Cimol

Cimol singkatan dari aci digemol dan makanan ini menjadi jajanan yang sangat menggoda selera. Bandung menjadi kota yang memiliki banyak penjual cimol dan jajanan Bandung ini harganya sangat murah. Cimol dibuat dari bahan dasar tepung kanji atau aci dan cimol bisa digoreng basah atau kering. Bentuk cimol yang kenyal sangat nikmat untuk dikonsumsi dan cimol bisa menjadi makanan yang cocok disajikan saat kumpul keluarga.

13. Cilok

Cilok menjadi jajanan khas Bandung yang terkenal dengan bentuknya yang bulat dan makanan ini sangat banyak dikonsumsi anak-anak, karena di sekolah-sekolah banyak sekali penjual cimol. Makanan bulat yang terbuat dari tepung kanji ini, sangat identik dengan sunda dan cimol singkatan dari aci digemol. Harga cimol sangatlah mudah dan penggemar cimol selalu bertambah dari tahun ke tahun.

14. Nasi Timbel

Nasi Timbel adalah makanan yang sangat identik dengan Bandung dan makanan ini berbahan dasar nasi yang dibungkus dengan daun pisang. Timbel biasanya memiliki makanan pelengkap seperti ikan, gorengan dan kerupuk. Timbel memiliki bentuk yang variatif seperti bulat, segi empat, segi panjang dan berbagai bentuk lainnya.

15. Soto Bandung

Soto Bandung adalah salah satu makanan buruan saat berkunjung ke Bandung dan makanan ini berbahan dasar kuah bening yang ditambahkan dengan suwiran daging. Harga soto Bandung sangatlah terjangkau dan makanan ini selalu menjadi buruan, para wisatawan yang datang ke Bandung.

Demikian ulasan lengkap mengenai makanan khas Bandung yang wajib diketahui dan semoga artikel ini bermanfaat bagi para pembacanya.

 

 

Artikel Terkait


Liburan ke Banten? Ini Dia 8 Makanan Khas Banten

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

13 Jajanan Kaki Lima Khas Bandung Ini Murah Meriah Dan Wajib Dicoba

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.