Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi

Photo Source: instagram.com/lorikeetska

Seoul Korea Selatan menjadi wisata populer beberapa tahun belakangan ini. Wisata Seoul booming karena pengaruh budaya Hallyu yang mewabah tidak hanya di Asia, tetapi juga seluruh dunia.

Kepopuleran Drama Korea dan lagu-lagu K-Pop terbukti mampu mendongkrak wisata Korea Selatan. Orang-orang Indonesia pun, terutama penggemar K-Drama dan K-Pop berbondong-bondong datang ke Korea Selatan.

Korea Selatan tidak hanya digandrungi wisatawan karena tempat wisata yang pernah menjadi lokasi syuting drama Korea terkenal, tetapi juga terkenal dengan K-Fashion dan produk kecantikan. Fashion ala Korea disukai anak-anak muda dan toko-toko online yang menjual pakaian Korea menjamur. Bahkan tidak hanya fashion, make up dan produk perawatan kulit Korea pun sudah banyak dijual di Indonesia.

Nah, jika Anda kebetulan sedang merencanakan perjalanan ke Korea Selatan, berikut adalah daftar wisata belanja di Seoul yang bisa Anda kunjungi. Anda tidak hanya akan menemukan pakaian trendi, tetapi juga souvenir dan pernak-pernik lucu khas Korea.   

1. Myeongdong Shopping Street

Myeongdong Shopping Street

img source: travelvui.com/

Myeongdong Shopping Street boleh dibilang kawasan belanja paling populer di Seoul Korea Selatan. Distrik belanja Myeongdong tidak pernah sepi dikunjungi baik oleh warga lokal maupun wisatawan internasional. Di sini Anda akan melihat jejeran toko yang sebagian besar didominasi oleh toko kosmetik dan fashion, mulai dari Etude House, Nature Republic, Zara hingga Uniqlo.

Barang dengan berbagai merek dan harga tersedia lengkap di sini. Sebaiknya sediakan waktu khusus untuk ke Myeongdong jika ingin lebih puas melihat-lihat dari satu toko ke toko yang lain. Tidak jarang toko-toko di Myeongdong memberi harga promo, terutama untuk satu pak masker yang bisa Anda dapatkan dengan harga 10.000 won atau setara Rp118.000.

Tidak sedikit pula penjaga toko yang membujuk pengunjung untuk masuk toko dengan memberikan sampel produk cuma-cuma. Setelah masuk ke dalam toko, Anda tidak harus berbelanja. Namun, rasanya sulit untuk tidak tergoda untuk membeli sesuatu. Ada pula toko yang memberlakukan peraturan Anda boleh ambil sampel produk, tetapi harus membeli sesuatu di toko. Jadi Anda perlu sedikit trik untuk mendapatkan bonus.

Untuk ke Myeongdong Shopping Street, Anda bisa tempuh dengan subway line 4, lalu turun di stasiun Myeongdong. Hati-hati jangan sampai Anda lupa waktu dan tersesat.

2. Dongdaemun Market

Dongdaemun Market

img source: blog.trazy.com

Dongdaemun Market berada di pusat Kota Seoul dan merupakan area belanja terbesar di Seoul. Tempat ini telah berkembang menjadi pusat fashion dan barang-barang tekstil terlengkap. Anda mungkin butuh waktu satu hari penuh untuk mengelilingi Dongdaemun Market. Bagaimana tidak, area ini terdiri dari 26 mall dan lebih dari 50.000 penjual.

Barang-barang yang dijual di Dongdaemun Market sangat beragam dengan harga yang bervariasi. Anda bisa membeli barang secara eceran maupun grosir. Bahkan jika Anda tertarik untuk bisnis fashion Korea atau sedang menjalankan bisnis pakaian, Anda bisa mencari barang di tempat ini. Anda pun bisa tawar-menawar dengan penjual.

Lokasi Dongdaemun Market berdekatan dengan Dongdaemun Design Plaza, gedung ikonik karya arsitek Zaha Hadid. Usai berbelanja, Anda bisa berkunjung ke sini sekaligus untuk melepas penat dengan menikmati karya arsitek dunia yang mengagumkan. Untuk mencapai Dongdaemun, Anda bisa naik subway menuju stasiun Dongdaemun History and Culture Park dan keluar melalui exit 11 atau 12.

3. Insadong Street

Insadong Street

img source: shoreexcursions.asia

Insadong dikenal sebagai tempat untuk membeli oleh-oleh dan souvenir khas Korea. Insadong berada di pusat kota Seoul, berdekatan dengan Gwanghwamun dan istana Gyeongbokgung yang terkenal. Di sini Anda akan menemukan berbagai pernak-pernik lucu yang bisa dijadikan buah tangan, seperti gantungan kunci, topeng kayu, sumpit, hanbok (pakaian khas Korea) dan lain-lain.

Selain tempat oleh-oleh, di kanan dan kiri jalan Insadong berjejer kafe, butik dan tempat hangout. Menariknya, Anda juga bisa menemukan pedagang kaki lima di jalan ini. Anda bisa mencoba jajanan kaki lima khas Korea seperti tteokbokki atau kue beras, kkultarae, hoteok hingga kue mochi stoberi yang menggugah selera. Namun, Anda tidak boleh memotret pedagang kaki lima ini sembarangan atau tanpa izin. Kebanyakan dari mereka tidak mau dipotret.

Anda bisa mencapai Insadong dengan berjalan kaki dari istana Gyeongbok atau dengan subway menuju stasiun Anguk/line 3 exit 6 atau Jonggak/line 1 exit 3.

4. Namdaemun Market

Namdaemun Market

img source: ensquaredaired.com

Selain Insadong, Namdaemun Market menjadi favorit wisatawan untuk membeli oleh-oleh. Namdaemun Market merupakan pasar tradisional tertua dan saat ini menjadi pasar retail terluas di Korea Selatan. Namdaemun boleh dibilang sebagai pasar serba ada karena Anda akan menemukan berbagai macam barang di pasar ini, kebutuhan sehari-hari, pakaian, kosmetik hingga oleh-oleh.

Jika Anda ingin membeli oleh-oleh khas Korea dengan harga murah, Namdaemun tempatnya! Harga souvenir di Namdaemun relatif lebih murah dibanding Insadong. Ada banyak pilihan yang bisa Anda beli, mulai dari kaus bertuliskan Korea Selatan, gantungan kunci, magnet kulkas hingga teh gingseng khas Korea. Anda pun bisa menawar harga.

Menariknya, beberapa pedagang di sini tahu beberapa kata bahasa Indonesia, seperti mengucapkan terima kasih karena banyaknya wisatawan asal Indonesia yang berbelanja di sini. Untuk menuju Namdaemun Market, Anda bisa naik subway line 4 turun di stasiun Hoehyon exit 5.

5. Hongdae Flea Market

Hongdae Flea Market

imh source: aroimakmak.com/

Hongdae merupakan tempat favorit anak muda Seoul, dekat dengan kampus Hongik yang terkenal dengan jurusan seninya. Berada dekat dengan lingkungan kampus, menjadikan atmosfer Hongdae memang terlihat 'muda'. Anda dapat melihat kafe-kafe dengan konsep unik berjejer di sepanjang jalan, toko-toko fashion dan kosmetik dengan harga yang ramah untuk kantong mahasiswa, pasar seni dan galeri, hingga warung makan tradisional dan jajanan kaki lima yang menggugah selera.

Hongdae bisa menjadi alternatif wisata belanja bagi Anda yang menginginkan suasana berbeda. Setiap hari Sabtu di bulan Maret hingga November di depan gerbang kampus Hongik, Anda bisa mengunjungi Hongdae Flea Market dimana Anda bisa mendapatkan berbagai barang seni buatan tangan. Untuk menuju Hongdae, Anda tinggal naik subway line 2 dan turun di stasiun Universitas Hongik exit 9.

6. Sinchon dan Ewha Woman's University Shopping Street

Sinchon dan Ewha Woman's University Shopping Street

img source: kampungboycitygal.com

Sama seperti Hongdae, Sinchon dan Ewha Woman's University Shopping Street merupakan kawasan anak muda. Kedua destinasi wisata belanja ini berada pada jalur yang sama. Kebanyakan wisatawan yang berbelanja di Sinchon akan lanjut jalan terus ke Ewha Woman's University. Sinchon sendiri juga berada di lingkungan Universitas Yonsei.

Sinchon Shopping Street menawarkan berbagai macam produk fashion, kosmetik dan asesoris untuk pembeli. Tidak hanya itu, di jalanan ini Anda juga bisa menemukan banyak kafe dan warung makan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar setelah berbelanja. Jam operasional Sinchon Shopping Street antara pukul 09.00-22.00. Anda bisa turun di stasiun Sinchon exit 2 atau 3.

Ewha Woman's University Shopping Street juga menawarkan berbagai macam produk fashion dengan gaya anak muda yang keren. Lokasi ini bahkan sering disebut Ewha Woman's University Fashion Street. Sayang sekali Anda lewatkan jika kebetulan Anda juga berbelanja di Sinchon. Anda hanya perlu berjalan kaki dari Sinchon atau naik subway turun di stasiun Universitas Ewha exit 2 atau 3.

Seoul memberi banyak pilihan untuk Anda yang ingin berbelanja. Sediakanlah waktu khusus untuk mengunjungi areal belanja ini, jangan sampai Anda menyesal ketika pulang ke Indonesia Anda melewatkan barang-barang lucu dan menarik untuk buah tangan.

 

Artikel Terkait


Inilah 16 Tempat Wisata Hits Di Bogor 2019

Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

Inilah 8 Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah Meriah

Ngopi Cantik di Bali Pulina Coffee Plantation Bali

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.