Wah, Inilah 6 Dampak Negatif Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Teknologi memang mempermudah manusia dalam melakukan pekerjaan atau mengakses informasi dan teknologi bisa menghasilkan pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Pada dasarnya semua hal yang berkaitan dengan teknologi, diciptakan oleh manusia untuk mempermudah manusia dan adanya teknologi mampu membuat manusia belajar tentang berbagai hal yang ada di dunia.

Masuknya kebebasan akses internet di Indonesia memunculkan polemik baru di masyarakat dan banyak hal yang tidak dimengerti orang jaman dulu. Banyak hal mustahil jaman dulu yang terjadi di jaman sekarang dan teknologi, kebanyakan digunakan oleh kaum muda. Ada banyak sekali dampak negatif adanya teknologi dan semua dampak negatif sangatlah merugikan. Berikut ini adalah dampak negatif teknologi dalam kehidupan sehari-hari:

1. Berita fitnah

Kebebasan mengakses berita dan munculnya berbagai berita, memudahkan masyarakat dalam mendapatkan berita dan kebebasan berita, menyulitkan masyarakat menyaring berita. Banyak sekali berita fitnah yang muncul dan membuat kerisauan di masyarakat dan berita fitnah bisa menipu masyarakat. Sebaiknya bacalah berita yang berasal dari sumber terpercaya dan jangan ambil berita dari laman yang sifatnya komersil atau hanya mementingkan kepentingan semata.

Jaman dulu, berita yang diperoleh masyarakat hanya berasal dari radio dan berbagai surat kabar saja, namun kini banyak laman tidak berlisensi yang menyebarkan berita bohong. Kebohongan berita bisa mengadu dombakan siapa saja dan bisa menfitnah siapa saja. Berita bohong dibuat dengan berbagai tujuan dan hal ini bisa membinggungkan bagi masyarakat.

Ada banyak berita luar negeri yang sulit untuk dihindari dan banyak konten negatif yang bisa diakses masyarakat Indonesia. Banyaknya anak-anak yang mengakses internet, menjadikan moral anak bangsa terancam dan kini internet bisa diakses dengan modal hp dengan kuota internet. Dampak berita fitnah yang sering terjadi di Indonesia harus segera dicegah dan bijak dalam akses internet, menjadi hal yang terus disosialisasikan.

2. Mementingkan hp

Handphone atau hp menjadi salah satu alat elektronik yang sangat canggih dan hp memiliki banyak fungsi. Kini hp banyak digunakan untuk menggantikan peran laptop atau komputer dan bentuk hp yang kecil, sangat disukai banyak orang. Banyak hal yang bisa dilakukan saat menggunakan hp seperti mengakses internet, melakukan komunikasi dan melakukan perhitungan.

Kini banyak sekali merk handphone ternama yang tersebar di Indonesia dan setiap hp dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung dari spesifikasinya. Komunikasi jarak jauh bisa dilakukan dengan adanya hp dan komunikasi dapat dilakukan setiap saat. Untuk melakukan komunikasi, bisa dilakukan dengan biaya yang murah dan fasilitas hp lebih lengkap, dibandingkan dengan telepon rumah.

Salah satu dampak negatif adanya hp adalah banyaknya masyarakat yang lebih mementingkan hp dan tidak melakukan sosialisasi atau silaturahmi dengan baik. Hp harus digunakan dengan baik dan tidak boleh menghilangkan budaya positif yang dilakukan jaman dulu. Kini budaya membaca buku semakin hilang, karena masyarakat lebih senang membaca berita di internet dan budaya bersosialisasi tidak dapat berjalan dengan baik.

3. Hilangnya budaya tradisional

Budaya tradisional adalah kegiatan yang harus terus dilestarikan dan salah satu dampak negatif adanya teknologi adalah hilangnya budaya tradisional. Tak hanya itu, kini budaya tradisional telah banyak ditinggalkan anak-anak dan anak-anak jaman sekarang, lebih menyukai permainan yang ada dalam handphone.

Banyak sekali permainan anak yang disediakan dalam handphone dan setiap permainan memiliki keunikkannya masing-masing. Budaya bermain dengan teman-temannya menjadi hilang dan anak lebih memilih bermain sendiri dengan handphonenya. Permainan anak jaman dulu seperti petak umpet dan ingkling sudah mulai ditinggalkan. Adanya handphone membuat lunturnya budaya anak bangsa dan banyak hal negatif yang diambil dari berita di internet.

Semakin pintar bermain game dalam handphone, maka disebut sebagai anak gaul dan pergaulan yang serba digital, akan menyulitkan tumbuhnya budaya tradisional di masyarakat. Hal ini harus dicegah secepat mungkin, karena akan membahayakan kehidupan budaya tradisional Indonesia dan jangan biarkan anak-anak terlalu banyak bermain game di handphone.

4. Tumbuhnya budaya selfie

Kini kegiatan selfie menjadi sebuah hal yang biasa dan selfie biasanya dilakukan oleh anak-anak sampai tingkatan orang dewasa. Fenomena selfie menggunakan tongsis sempat populer di seluruh Indonesia dan kegiatan selfie bisa dilakukan diberbagai tempat. Salah satu tujuan berfoto selfie adalah mengupload foto ke sosial media dan bisa mendapatkan penilaian dari orang yang melihatnya.

Salah satu dampak buruk kegiatan adanya teknologi yang canggih adalah merebaknya budaya pamer dan berfoto selfie menjadi budaya pamer yang sering terjadi. Budaya ini bertolak belakang dengan ajaran agama yang mengajarkan untuk saling menghargai dan menjauhi kegiatan pamer. Ingin selalu tampil eksis dan gaul menjadi hal yang harus dihindari.

Anak muda yang seringkali mengupload berbagai kegiatannya dianggap sebagai anak gaul yang mengikuti trend dan banyak anak muda yang berlomba-lomba untuk membuat foto sebaik mungkin. Semakin baik foto selfie yang dilakukan, maka akan semakin banjir pujian dan semakin baik kualitas kamera yang digunakan, maka akan semakin menunjang kualitas fotonya.

5. Umbar aib

Aib adalah sesuatu hal yang tidak boleh diumbar dan jangan sampai banyak orang yang mengetahuinya. Aib yang diumbar akan membuat malu dan menjadi perbincangan di masyarakat. Umbar aib bisa dilakukan oleh seseorang terhadap permasalahan sendiri ataupun mengumbar aib orang lain dan kegiatan ini sering ditemui di sosial media seperti facebook serta instagram.

Ada banyak sosial media yang seringkali digunakan sebagai tempat curhat dan setiap sosial media memiliki fasilitas yang berbeda. Sosial media bisa diakses di berbagai tempat dan sosial media sifatnya sangatlah terbuka untuk umum. Budaya umbar aib harus bisa diatasi dengan cepat dan jangan biarkan budaya ini terus berkelanjutan.

Umbar aib menjadi dampak negatif adanya sosial media dan dengan kecanggihan teknologi yang semakin pesat, umbar aib menjadi sebuah hal yang biasa. Salah satu cara menghindari umbar aib adalah tidak melakukan curhat di sosial media dan jangan menggunakan sosial media untuk berbagai hal pribadi, gunakanlah sosial media untuk kegiatan usaha ataupun menambah pertemanan.

6. Suka mencela

Kini dengan banyaknya masyarakat yang mengupload kegiatannya di sosial media, maka keterbukaan informasi menjadi sangat luas dan banyak masyarakat yang menggunakan momen ini untuk menghujat orang lain ataupun mencela kekurangan orang lain. Hal ini menjadi salah satu dampak negatif penggunaan sosial media.

Mencela menjadi perbuatan yang dilarang dan mencela tidak boleh dilakukan, karena bisa menimbulkan dosa. Perkembangan teknologi yang cepat, membuat perputaran informasi sangat cepat dan banyak kegiatan negatif yang timbul akibat perkembangan teknologi. Sebaiknya ambil sisi positif dari teknologi dan menghindari dampak negatifnya.

Demikian ulasan lengkap mengenai dampak negatif teknologi dalam kehidupan sehari-hari dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

Artikel Terkait


Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Tips Belajar Programming Untuk Pemula

Inilah 8 Jejaring Sosial Media Terkenal di Indonesia

Populer Hingga ke Mancanegara, Inilah Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Dia 8 Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupah Sehari-hari

Ini Dia 8 Artis yang Sukses Menjadi Seorang Youtuber

Fitur Tersembunyi di Android yang Harus Anda Tahu

Teknologi Pemutar Musik dari Dulu Hingga Kini

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.