Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

img source: tokomesin.com

Siapa yang tak suka donat? Penganan yang menggugah selera ini menjadi favorit banyak orang karena memiliki banyak varian rasa. Konon hidangan yang terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega ini awalnya diperkenalkan di Amerika oleh imigran asal Belanda. Asal usul terciptanya donat masih menjadi perdebatan. Ada yang menyebutkan lubang pada bagian tengah kue bertujuan untuk mencegah adonan kue tidak matang saat digoreng. Ada pula cerita lainnya yang menyebutkan lubang pada donat diciptakan pertama kali oleh kapten kapal asal Denmark bernama Hanson Gregory. Kapten kapal itu menusukkan kue pada roda kemudi kapal agar ia dapat menyantap kue sembari mengemudikan kapal.

Well, apa pun latar belakangnya, pada akhirnya donat menjadi salah satu kue populer dan memiliki banyak varian unik di berbagai negara. Berikut kami rangkum berbagai varian donat unik di berbagai negara di dunia yang akan membuat Anda ingin segera mencicipinya.

1. Donat Berlapis Emas di Manila Social Club (Filipina)

img source: dnainfo.com

Anda pasti kaget melihat visual donat yang satu ini. Yup, Anda tidak salah lihat, donat yang dibuat di Manila Social Club memang berlapis emas dan dibanderol dengan harga $100. Harga yang sangat fantastis untuk sebuah donat. Adonan dasar donat mahal ini adalah ubi ungu manis yang sering dijadikan bahan baku hidangan penutup di Filipina. Adonan ubi ungu manis ini kemudian diisi dengan mousse dan jelly sampanye, yang setelah matang diberi topping serpihan emas yang renyah dan mengkilap tetapi tanpa rasa. Satu donat membutuhkan dua lembar emas dan ditata dengan sangat hati-hati. Ketika menyantap donat ini yang akan Anda rasakan adalah rasa sampanye yang memberi rasa jeruk. Jika Anda tidak menyukai sampanye, ada kemungkinan Anda tidak akan menyukai donat ini.

2. Sushi Doughnut, Donat Unik yang Sehat (California, US)

img source: washingtonpost.com

Anda suka sushi? Bila iya, Anda pasti akan menyukai varian donat unik yang satu ini. Gulungan sushi yang lezat ternyata dapat bertransformasi menjadi sebuah donat yang menarik. Donat unik ini berkembang di Amerika sebagai respon terhadap hidangan tradisional yang dapat disajikan dengan visual yang lebih modern. Adonan donat sushi sendiri tidak terbuat dari tepung, melainkan memakai bahan sushi, yakni nasi yang dibentuk melingkar hingga menyerupai donat yang kemudian diberi topping daging dan sayuran yang umum dipakai untuk sushi. Topping tersebut disesuaikan dengan potongan daging dan sayuran yang umum dipakai pada sushi gaya Amerika. Dengan bahan-bahan tersebut, menjadikan donat sushi lebih sehat, sehingga cocok untuk Anda yang sedang diet.

3. Ice Cream Donuts Kreasi Giapo (Auckland, Selandia Baru)

img source: justatinabit.com

Donat unik yang satu ini adalah hasil kreasi Giapo, salah satu brand es krim di Auckland yang terkenal dengan cita rasa dan penampilan es krim yang berbeda. Es krim buatan Giapo menggunakan donat sebagai topping-nya. Tujuan dari ide ini adalah memberikan pengalaman menyantap es krim yang berbeda kepada para pelanggan. Awalnya ide ini muncul saat sang kreator sedang menggambar es krim sementara putrinya menari sambil mendengarkan musik David Bowie. Kemudian sang putri menyanyikan lirik yang berbunyi "pakai helmmu!" dan yang terjadi berikutnya adalah sang kreator menambahkan helm di atas es krim yang kemudian memberinya ide untuk menggunakan topping donat.

4. Texas Size Donuts, Donat Monster dari Round Rock (Texas, US)

img source: flickr

Anda sudah pernah mencicipi donat yang berukuran lebih besar dari wajah Anda sendiri? Texas Size Donuts bisa jadi tidak bisa Anda habiskan sendiri. Bagaimana tidak, donat monster ini berukuran 12 kali lebih besar dari donat biasa. Tidak hanya ukuran donat yang memang besar, donat buatan Round Rock dikenal dengan glazed-nya yang lezat dan dideklarasikan sebagai donat terbaik di Texas oleh warga setempat. Di Round Rock, tidak ada adonan kue yang dibuang. Sisa-sisa adonan digunakan untuk membuat Texas Size Donuts tersebut. Menariknya donat unik ini terjual lebih dari 200 biji setiap harinya. Mereka yang membeli donat ini umumnya dipakai untuk alternatif kue ulang tahun.

5. Explode Nutella yang 'Meledak' di Mulut (Australia)

img source: burpple.com

Anda yang menyukai rasa cokelat nutella pasti tertarik dengan donat ini. Sekilas bentuk donat ini memang seperti donat biasanya, tetapi ketika Anda menyobek donat unik tersebut isian nutella yang manis, melimpah dan menggugah selera akan membuat Anda tidak sabar ingin menyantapnya. Disebut sebagai 'explode nutella' karena jumlah isian nutella yang banyak. Lumeran cokelat nutella yang lembut dan terasa 'meledak' di mulut menjadi daya tarik donat ini. Explode Nutella Donuts dapat Anda jumpai di Doughnut Time yang merupakan toko donat populer di Australia.

6. Donat Indomie, Cara Baru Menikmati Mie Instan (Australia, Indonesia)

img source: blibli.com

Donat Indomie pertama kali diperkenalkan di Australia, kemudian sukses berkembang di Indonesia sampai menjadi viral. Donat Indomie menjadi salah satu donat paling unik karena terbuat dari mie goreng instan. Orang Indonesia sudah pasti cocok dengan cita rasa donat ini. Anda juga tidak perlu jauh-jauh ke Australia untuk bisa menyantap donat ini karena sudah tersedia di Indonesia. Anda bahkan bisa membuatnya sendiri di rumah.

7. Doubutsu Doonatsu yang Menggemaskan (Jepang)

img source: eater.com

Jepang memang ahlinya membuat sesuatu yang lucu dan menggemaskan. Salah satu kreasi seniman kuliner asal Jepang, Ikumi Nakao, yakni Doubutsu Doonatsu menjadi viral ketika sang kreator mengunggah foto donat tersebut di Twitter. Seketika orang-orang yang melihatnya menjadi gemas karena donat-donat itu diberi balutan dan topping berbentuk hewan yang lucu. Bentuk-bentuk hewan tersebut antara lain beruang, kucing, kodok dan lain-lain. Untuk mengerjakan topping unik tersebut tentunya membutuhkan ketelatenan tinggi. Namun harga untuk sekotak Doubutsu Doonatsu yang berisi 4 buah donat dibanderol dengan harga cukup terjangkau, yakni 9$ atau sekitar Rp100.000. Dengan bentuknya yang lucu dan unik, Doubutsu Doonatsu sangat instagramable dan sayang untuk dilewatkan ketika Anda berlibur di Jepang.

8. Beaver Tails dengan Beragam Topping (Kanada)

img source: louisiana-grills.com

Kanada merupakan salah satu negara yang paling banyak mengkonsumsi donat dan memiliki gerai donat lebih banyak dibanding negara lain. Beaver Tails adalah salah satu varian donat yang paling populer di Kanada. Bentuknya tidak seperti donat kebanyakan, melainkan menyerupai adonan gepeng yang disebut seperti ekor berang-berang. Di atas adonan tersebut kemudian diberi berbagai macam topping seperti cokelat, pisang, stoberi, kacang almond dan lain-lain. Bagaimana, penampilannya menarik bukan?

Ternyata ada berbagai varian unik dari donat di berbagai negara. Kreasi donat-donat unik tersebut lahir dari ide kreatif si pembuat donat, yakni seniman kuliner yang memiliki ketelatenan tinggi. Siapa sangka dari ide kreatif tersebut kemudian menghasilkan donat yang menggugah selera siapa saja yang melihatnya. Hal ini menandakan bahwa sebuah kreativitas adalah sesuatu yang tanpa batas. Siapa tahu di kemudian hari, justru Anda yang memiliki ide menarik untuk membuat sebuah kreasi donat yang unik.

Artikel Terkait


10 Makanan Khas Bali Yang Wajib Kamu Coba Saat Berlibur Ke Bali

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

14 Jenis Sate Unik dan Nikmat Luar Biasa Asli Indonesia

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.