Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Photo src: Geulgram app

Hari yang Anda tunggu tunggu sebentar lagi tiba. Anda akan pergi travel ke tempat tempat yang terindah. Anda pasti sangat bersemangat mempersiapkan segala persiapan dan perlengkapan perjalanan Anda. Anda biasanya membawa baju baju pilihan terbaik Anda, celana, sepatu, rok dan perlengkapan kosmetik bagi kaum hawa. Anda ingin memastikan segalanya tersedia dengan baik selama liburan.

Tapi, ketika Anda memasukkan barang barang tersebut ke koper Anda, ternyata tidak muat. Anda mungkin merasa butuh 2 bahkan 3 koper lagi untuk menampung semua barang Anda. Tentunya, yang seperti ini akan sangat merepotkan. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin tahu trik agar barang barang  Anda dapat dibawa dengan lebih mudah, kami menyediakan beragam tips packing untuk Anda.

Keahlian packing sendiri perlu Anda kuasai agar Anda tidak kerepotan setiap kali berpegian. Dengan membaca artikel ini dari awal sampai akhir, Anda akan mendapatkan beragam ilmu dan trik bagaimana mengepak barang dengan simpel, praktis dan tidak membutuhkan banyak koper.

1. Kumpulkan dan seleksi kembali barang barang Anda

Trik dan Tips Packing Praktis

img source: www.lifewire.com

Tentunya, sebelum mengepak barang, Anda akan memilih pakaian, sepatu, dan berbagai peralatan yang ingin Anda gunakan nantinya.Setelah memutuskan, barulah Anda bisa memulai paking barang. Salah satu langkah pertama packing yang bisa Anda lakukan adalah mengumpulkan segala perlengkapan yang  baik pakaian maupun kosmetik ke satu tempat. Hal ini akan memudahkan Anda menilai kembali barang barang yang sudah Anda pilih, dan tidak merepotkan Anda kesana kemari mengambil barang.

Setelah terkumpul, lakukan seleksi lagi untuk baju Anda berdasarkan tips berikut

  • Usahakan gunakan baju dengan warna yang mudah match

Salah satu cara menghemat jumlah pakaian adalah dengan membawa baju atau celana(rok) dengan warna yang mudah match. Maksudnya adalah warna yang mudah dipadukan dengan warna apa saja. Misalnya putih dan hitam.

Dengan begitu, Anda tidak perlu membawa banyak baju dan celana hanya untuk menyerasikan warnanya.

  • Selain warna, gunakan pakaian travel-friendly

Untuk packing yang praktis, gunakan pakaain yang travel-friendly. Maksudnya adalah pakaian yang tidak mudah kusut, dan gampang dilipat atau di gulung. Ada banyak jenis baju yang memiliki bahan anti kusut, misalnya katun, linen dan masih banyak lainnya. Selain itu, memilih baju tipis akan mengurangi berat koper Anda.

  • Gunakan baju terberat saat berangkat

Sebelum memasukkan pakaian, pastikan Anda menyingkirkan pakaian terberat untuk digunakan saat berangkat. Hal ini akan sangat memudahkan perjalanan Anda. Dengan menggunakan baju baju yang susah dipacking, Anda menghemat ruang dan mengurangi berat koper Anda. Jika cuaca memungkinkan, ada baiknya jika Anda juga menggunakan jaket saat keberangkatan.

Selain baju, kami juga menyediakan Anda tips tips untuk menyeleksi barang Anda

  • Pilih barang yang benar benar dibutuhkan

Jangan bawa seisi rumah Anda. Memang, kita perlu berjaga jaga untuk kondisi kondisi darurat dalam perjalanan, tapi Anda tidak perlu membawa semua barang Anda. Bawa hanya yang benar benar penting. Tentukan dari skala 1-5, seberapa penting barang tersebut untuk dibawa. Jika dibawah 4, lebih baik kembalikan barang tersebut. Beberapa barang bisa jadi hanya memenuhi koper tanpa perlu dipakai, dan itu tentu akan sangat membuang buang tempat dan menambah beban koper Anda.

Selain itu, jika barang barang tersebut bisa Anda pinjam dari teman atau kerabat yang Anda kenal di daerah destinasi, Anda tentunya tidak perlu membawa barang barang tersebut.

  • Bawa barang barang dengan ukuran mini

Setelah menyortir barang yang akan Anda bawa, pastikan kembali ukuran barang barang tersebut. Jangan bawa sampho dengan botol besar, Anda sebaiknya memasukkan sampho sachetan sesuai kebutuhan untuk menghemat ruang. Anda bahkan sebenarnya tidak perlu membawa sampho karena tentunya dijual di tempat mana saja tentunya dengan harga yang terjangkau. Kosmetik, bedak dan barang lainnya sebaiknya Anda gunakan dengan ukuran yang kecil, untuk menghemat ruang

2. Gulung baju Anda

Trik dan Tips Packing Praktis

img source: householdmag.com

Setelah menyortir ulang barang apa saja yang akan Anda bawa, selanjutnya Anda perlu memasukkan barang barang tersebut (packing). Salah satu tips packing yang baik adalah dengan menggulung baju Anda. Menggulung baju akan menjadikan packing Anda lebih praktis dibanding melipatnya. Menggulung baju tentunya memberikan lebih banyak ruang, dan koper pasti terisi lebih padat. Pastikan Anda menyusun baju dengan rapi.  Ada banyak cara untuk menyusun barang packingan yang baik. Anda bisa memeriksa beragam teknik packing, seperti teknik konMari atau prinsip piramida di internet. Hal tersebut tentunya akan membantu Anda memasukkan dan menyusun baju asal asalan.

3. Maksimalkan ruang kosong

Saat packing, selalu pastikan Anda sudah menggunakan semua ruang dengan baik. Sebenarnya, jika diperhatikan lebih teliti, ada banyak ruang kosong tersembunyi yang bisa Anda manfaatkan. Ruang kosong tersebut tentunya bisa Anda selipi dengan barang barang kecil seperti kabel USB, celana dalam dan kaus kaki. Hal hal tersebut tentunya akan sangat menghemat ruang koper Anda. Anda juga bisa menyelipkan barang barang tipis, seperti kain tipis, tisu di sela sela susunan baju Anda.

Menggunakan vacum bag juga salah satu cara terbaik untuk memaksimalkan ruang koper. Vacum bag dikenal juga sebagai kantong kedap udara yang tentunya akan berfungsi mengerutkan ukuran baju baju yang Anda bawa, selain itu tentunya juga membuat susunan baju Anda tampak lebih rapi. Ada banyak hal lainnya yang bisa Anda lakukan untuk memaksimalkan ruang, misalnya dari pada menggulung sabuk, Anda bisa memutari koper dengan sabuk Anda. Coba pikirkan bagaimana cara barang barang Anda dapat memberikan efisiensi ruang terbaik.

4. Jangan packing di saat saat terakhir

Kebiasaan beberapa orang adalah memacking barang malam hari sebelum berangkat esoknya. Yang seperti ini tentunya sangat tidak kami sarankan. Tentunya, kita jadi tergesa gesa saat mempersiapkan barang barang. Kita juga butuh istirahat untuk perjalanan besok sehingga kita jadi tidak bisa mempersiapkan barang dengan baik. Selain itu, mempersiapkan barang bawaan saat mengantuk bisa sangat beresiko. Anda bisa lupa membawa pakaian atau barang barang penting yang diperlukan saat berada di daerah destinasi nantinya. Anda juga akan kesulitan menyeleksi barang dengan baik dalam kondisi ngantuk dan terburu buru. Semua tips ini tidak akan berguna kalau  Anda menyiapkan barang terburu buru. Jadi, pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk berkemas

5. Sediakan ruang cadangan

Yang terakhir, pastikan Anda memiliki ruang cadangan pada koper untuk perjalanan pulang Anda. Biasanya saat pulang, bawaan Anda bisa jadi dua kali lebih banyak karena souvenir dan oleh oleh dari daerah destinasi Anda. Jadi, memastikan ruang cadangan akan menghindari Anda dari kesulitan nantinya

Itulah beragam tips yang bisa membantu  Anda memacking barang dengan lebih praktis. Dengan menerapkan saran saran kami ini, koper Anda pasti akan jauh lebih berfungsi. Enjoy your holiday with simple suitcase.

Temukan juga berbagai info menarik seputar pariwisata dan travelling dalam blog ini.

Artikel Terkait


Ngopi Cantik di Bali Pulina Coffee Plantation Bali

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

7 Spot Snorkeling Terbaik Di Indonesia Ini Punya Keindahan Menakjubkan Yang Patut Dicoba

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi

Inilah 16 Tempat Wisata Hits Di Bogor 2019

Inilah 8 Tempat Wisata di Malang yang Seru Untuk Dikunjunggi

Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.