Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

Salad bar saat ini sudah menjadi salah satu inovasi kuliner yang mulai digandrungi di Indonesia khususnya di area perkotaan. Hal ini disebabkan karena semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya menjalani gaya hidup sehat.

Jika sebelumnya restoran fast food dengan berbagai menu daging dan makanan manis sangat disukai, namun kini dengan mengusung konsep fast food yang sama, para pengusaha kreatif menjadikan berbagai jenis sayur dan protein sebagai menu utama yang tentunya lebih menyehatkan.

Jika anda sedang mencari ide bisnis terbaru dan tertarik dengan usaha kuliner salad bar, simak beberapa tips terbaik untuk menjalankannya yang bisa memberikan keuntungan maksimal untuk anda.

1. Pastikan Bahan Makanan Selalu Segar

Tips usaha kuliner salad bar pertama yang wajib anda lakukan adalah memastikan semua bahan makanan selalu dalam kondisi fresh atau segar. Kuliner salad bar berisi berbagai makanan dari sayuran, sumber protein dan juga karbohidrat yang akan ditampilkan secara langsung di depan para pelanggan.

Dengan begitu, maka anda dan juga pelanggan tentunya ingin selalu melihat berbagai makanan dalam kondisi yang segar dan sudah menjadi tugas anda untuk memastikan jika stok makanan segar mencukupi dan selalu dalam kondisi segar.

Ini semua akan membantu anda untuk menentukan harga dari makanan beserta dengan kualitasnya selain pengalaman makan menyenangkan yang akan dirasakan para pelanggan juga terjaga dengan baik.

2. Berikan Presentasi yang Menarik

Membuka usaha kuliner salad bar juga harus mementingkan presentasi yang menarik di mata pra pelanggan. Sayuran berdaun hijau seperti bayam, brokoli dan sebagainya akan menambah menarik tampilan cold table. Sedangkan paprika dengan kandungan vitamin C tinggi berbagai warna dari mulai merah, kuning dan hijau akan memberikan kontras yang sangat cantik.

Buat presentasi salad bar anda menjadi menarik yang tentu akan menarik minat para konsumen makanan sehat sekaligus membangkitkan selera makan mereka karena penyajian tekstur dan warna yang ada pada salad bar anda.

3. Perhatikan Ukuran Makanan

Ukuran makanan sangatlah penting. Anda sendiri tentunya kurang tertarik dengan penyajian makanan yang dipotong dalam ukuran besar seperti membeli salad dengan 3 brokoli besar dan juga potongan paprika utuh atau cukup besar.

Memotong sayuran sesuai dengan ukuran mulut juga menjadi tips dalam usaha kuliner salad bar karena bisa membantu anda mendapatkan bahan makanan yang lebih banyak dari jumlah produk yang sama. Tidak hanya lebih terlihat menarik, namun cara ini juga bisa mengurangi biaya bahan makanan secara menyeluruh.

Pelanggan yang datang nantinya juga bisa lebih menikmati makanan yang disajikan tanpa harus terganggu dengan kesulitan mengunyah karena potongan makanan yang terlalu besar.

4. Perhatikan Peletakkan Makanan Segar

Memperhatikan peletakkan makanan segar bukan berarti harus mengubah urutan wadah dari makanan, namun lebih kepada mengubah urutan yang ada di dalam wadah makanan tersebut.

Hal yang sering terjadi, karyawan sering merasa panik ketika bahan makanan dalam wadah sudah tinggal sedikit sehingga tergesa gesa mengisi kembali produk makanan tersebut dengan menumpuk bahan baru di atas bahan lama.

Hal ini harus dihindari sebab bahan yang berada di dasar wadah akan tidak terpakai karena kondisinya sudah tidak lagi segar. Cara terbaik yang bisa anda lakukan adalah melatih semua karyawan anda untuk selalu meletakkan produk paling segar di bagian bawah wadah.

Dengan ini, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dari mulai menghemat pengeluaran, mengurangi sampah bahan dan membuat tampilan makanan anda selalu segar dan cantik.

5. Posisikan Produk Termurah Paling Depan

Semua orang tentunya akan langsung tertarik ketika melihat harga yang terjangkau baik itu pada barang atau makanan termasuk salad bar.

Untuk itu, letakkan produk salad bar anda dengan harga yang paling murah di urutan terdepan dimulai dari bagian kiri ke kanan. Selain itu, letakkan sumber protein di bagian paling belakang dan kedepankan berbagai sayuran yang bisa mengurangi sampah makanan tidak terpakai dan juga meningkatkan profit anda.

Hal ini penting sebab kebanyakan dari kita terbiasa untuk memulai urutan dari bagian kiri dan dilanjutkan ke bagian kanan. Ketika anda meletakkan sayuran di bagian terdepan dan paling kiri serta produk protein di urutan belakang, maka konsumen yang sudah terlanjur memenuhi piring mereka dengan berbagai sayuran tidak akan mengambil protein terlalu banyak karena piring mereka sudah penuh.

6. Pakai Penjepit, Sendok dan Botol Salad Dressing Berukuran Kecil

Peralatan untuk salad bar seperti penjepit makanan, sendok dan juga botol dressing akan lebih baik jika dipilih yang berukuran kecil. Ini bertujuan supaya pelanggan mengambil makanan dalam jumlah secukupnya saja.

Sebagai contoh untuk penjepit makanan, pilih yang memiliki jarak capit kecil namun tidak terlalu kecil untuk menghindari pelanggan mengambil helai demi helai daun selada yang tentunya bisa mengganggu kenyamanan mereka.

Sedangkan untuk sendok, pelanggan umumnya tidak hanya akan mengambil satu item dari begitu banyak pilihan yang tersedia di salad bar. Untuk itu, gunakan sendok berukuran kecil supaya porsi makanan yang diambil konsumen juga tidak terlalu banyak.

Sementara untuk botol salad dressing, gunakan botol berukuran paling kecil agar salad dressing yang diambil para pelanggan bisa lebih dikontrol dan akan berdampak positif juga pada pemasukkan anda.

7. Gunakan Sayuran Organik

Meski memiliki harga lebih mahal dibandingkan sayuran biasa, namun sayuran organik selalu menjadi pilihan utama para konsumen bergaya hidup sehat. Untuk itu jika memang memungkinkan, selalu gunakan sayuran organik yang bisa anda beli dari para petani lokal.

Dengan begini, salad yang anda sajikan akan terbebas dari pestisida dan tanpa hormon yang tentu akan lebih disukai para konsumen dan akhirnya bisa memberikan keuntungan berlebih pada usaha kuliner salad bar yang anda jalani.

8. Pakai Kemasan Transparan dan Tambahkan Label

Bungkus kemasan transparan akan menambah kepopuleran usaha kuliner salad bar yang anda miliki karena pelanggan akan merasa jauh lebih nyaman.

Dengan menggunakan kemasan transparan, maka anda bisa mendapatkan kepercayaan mereka karena mereka bisa melihat langsung isi dari makanan yang mereka pesan. Selain itu, tambahkan juga dengan label yang jelas dan akurat untuk semua bahan pada makanan tersebut.

Transparansi ini akan membantu pelanggan anda untuk membuat pilihan yang sehat dan menghindari reaksi alergi yang mungkin dimiliki para pelanggan. Nantinya, para pelanggan akan lebih memilih datang ke tempat anda karena merasa lebih nyaman dengan makanan yang akan mereka konsumsi dan tentunya menambah keuntungan anda.

9. Pakai Wadah Berukuran Pendek

Wadah pendek menjadi tips ketika anda ingin menjalani usaha kuliner salad bar selanjutnya karena bisa memberikan tampilan dan kualitas produk yang sangat baik.

Jika wadah yang anda gunakan terlalu dalam, maka kemungkinan produk tidak terpakai dan tidak segar lagi bisa terjadi yang berlaku untuk semua jenis sayuran.

Ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menggunakan wadah pendek, seperti:

  • Menjaga produk yang anda sajikan tetap dalam kondisi segar.
  • Lebih memudahkan rotasi produk.
  • Mencegah sayuran cepat layu yang bisa merugikan anda.

10. Ubah Tata Letak Salad Bar

Sesekali, anda juga harus mengubah tata letak salad bar anda agar bisa selalu terlihat cantik dan menarik. Sebagai contoh, anda bisa mengubah bunga kol dengan daun kol atau mengubah buah zaitun hijau menjadi buah zaitun berwarna hitam.

Selain itu, anda juga bisa menambahkan menu seasonal dan meletakkannya di bagian kiri depan agar bisa dilihat pertama kali oleh konsumen.

Letakkan juga berbagai produk favorit di bagian depan salad bar anda. Jika memang stok dari produk favorit tersebut sedikit, maka anda bisa memindahkannya ke bagian tengah untuk mengurangi jumlah produk yang diambil konsumen.

Artikel Terkait


16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Cara Mudah Membuat Bolu Kukus Mekar Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Ini Dia 9 Kuliner Ekstrim di Vietnam, Berani Coba?

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.