Tips Traveling Asyik ke Korea Selatan

Photo Source: instagram.com/wupawe

Korea Selatan menjadi destinasi wisata yang asyik dan memiliki daya tarik luar biasa. Negara ini tidak hanya terkenal dengan budaya K-Pop, tetapi juga memiliki berbagai objek wisata yang menarik dan alam yang indah.

Dengan sistem transportasi publik dan keamanan yang baik, Anda tidak usah khawatir bepergian bersama teman-teman atau bahkan sendirian di Korea Selatan. Negara berjuluk negeri ginseng ini bukanlah negara yang sulit.

Lalu, apa saja yang harus Anda perhatikan untuk liburan asyik di Korea Selatan? Berikut kami rangkum beberapa hal penting yang harus Anda ketahui sebelum merencanakan liburan Anda.

1. Download Aplikasi Penting

Photo Source: https://www.visitkorea.or.id/article/berwisata-dengan-cara-pintar-lewat-aplikasi-ponsel-visitkorea

img source: visitkorea.or.id

Anda yang ingin berwisata ke Korea Selatan sebaiknya mengunduh beberapa aplikasi penting yang akan berguna selama di negeri ginseng tersebut. Salah satu aplikasi yang bisa Anda unduh adalah Visit Korea. Aplikasi Visit Korea dibuat oleh Korea Tourism Organization khusus untuk memberikan informasi tentang pariwisata Korea kepada wisatawan mancanegara. Anda bisa mengunduh aplikasi ini secara gratis di google playstore.

Dalam aplikasi Visit Korea, Anda akan diberikan informasi yang sangat lengkap tentang objek wisata yang ada di Korea Selatan, mulai dari jenis-jenis atraksi wisata, kuliner, wisata paling populer hingga wisata terdekat dari tempat Anda berada selama di Korea Selatan. Visit Korea menjabarkan objek wisata di tiap provinsi yang ada di Korea Selatan. Masing-masing dari objek wisata tersebut kemudian diberi keterangan jenis wisata, alamat, nomor telepon, website dan galeri foto objek wisata tersebut.

Sebelum Anda bepergian, Anda bisa merencanakan daftar destinasi wisata terlebih dahulu dengan bantuan aplikasi Visit Korea. Tentunya aplikasi ini akan memudahkan Anda untuk menyusun itinerary.

Selain Visit Korea, aplikasi lain yang bisa Anda gunakan adalah Subway Korea, Kakao Metro dan Kakao Bus untuk membantu Anda dalam bepergian dengan menggunakan subway atau kereta bawah tanah dan bus. Dalam aplikasi ini Anda bisa mengecek jalur atau line kereta bawah dan bus untuk ke lokasi tujuan. Anda juga bisa melihat jadwal kereta bawah dan bus. Jadi aplikasi ini sangat penting agar Anda tidak bingung saat menggunakan transportasi publik.   

2. Menggunakan Uang Elektronik (e-money)

Photo Source: http://www.sejongdish.com/how-do-i-recharge-my-t-money-card/

img source: sejongdish.com

Korea Selatan merupakan salah satu negara yang sebagian besar penduduknya bertransaksi menggunakan uang elektronik seperti e-money. Bagi Anda yang ingin berwisata ke Korea Selatan, perjalanan Anda akan dimudahkan dengan menggunakan e-money terutama untuk biaya transportasi. Dengan e-money, Anda tidak perlu membawa banyak uang cash untuk biaya transportasi selama liburan.

Salah satu e-money yang bisa Anda gunakan adalah T-Money. Kartu ini bisa Anda dapatkan di minimarket seperti Seven Eleven seharga 2500 won untuk jenis prabayar. Anda juga bisa memilih kartu pascabayar yang proses pembayarannya melalui kartu kredit. T-Money digunakan untuk membayar hampir semua jenis transportasi publik  di Korea Selatan, yakni bus, kereta bawah tanah dan taksi. Anda cukup memasukkan sejumlah uang atau deposit melalui mesin yang ada di stasiun kereta bawah tanah dan T-Money pun bisa Anda gunakan untuk jalan-jalan dengan transportasi publik.

Jika deposit Anda sudah habis, Anda bisa melakukan isi ulang. Namun, apabila Anda masih memiliki deposit saat masa liburan sudah habis, Anda bisa menarik sisa uang Anda melalui mesin dipotong biaya layanan sebesar 500 won.

Selain T-Money ada beberapa pilihan lain yang bisa Anda coba. Misalnya M-Pass dan Seoul City Pass. M-Pass biasanya digunakan wisatawan untuk menggunakan transportasi publik gratis hingga 20 kali dalam sehari berapa pun jarak yang Anda tempuh. M-Pass memiliki beberapa pilihan yang bisa Anda gunakan selama satu hingga tujuh hari dengan harga bervariasi tergantung dari jenis kartu yang Anda gunakan.

M-Pass juga bisa digunakan seperti T-Money sebagai alat pembayaran dengan top up saldo dan memberikan diskon tiket masuk objek wisata tertentu. Anda bisa me-refund deposit atau sisa saldo jika masa pemakaian kartu sudah habis. Namun, pilihan transportasi publik yang menerima M-Pass untuk pembayaran lebih terbatas dibanding T-Money.

Seoul City Pass menjadi pilihan lain bagi Anda yang ingin mendapatkan diskon di objek wisata tertentu bahkan restoran. Sama seperti M-Pass, Seoul City Pass juga bisa digunakan untuk naik transportasi publik tertentu sebanyak 20 kali dalam sehari. Namun, Seoul City Pass hanya dapat digunakan maksimal selama tiga hari atau 3 day pass dan tidak dapat digunakan seperti T-Money. Anda juga tidak bisa me-refund deposit atau sisa saldo.

3. Simpan Petunjuk Arah ke Objek Wisata

Photo Source: https://english.visitkorea.or.kr/enu/SH/whereToShop/whereToShop.jsp?action=about&cid=995821

img source: english.visitkorea.or.kr

Ketika Anda berpegian ke Korea Selatan, menyimpan informasi yang berkaitan dengan objek wisata yang Anda tuju adalah hal yang penting. Terkadang google map tidak dapat diandalkan di negara ini. Hal ini disebabkan pemerintah Korea Selatan membatasi penggunaan google map dengan pertimbangan keamanan. Jadi sebaiknya Anda menyimpan petunjuk arah atau lokasi objek wisata dalam ponsel Anda.

Walaupun google map tidak dapat berfungsi dengan baik di Korea Selatan, Anda tidak usah khawatir akan kesulitan. Petunjuk arah di Korea Selatan sangat jelas dan mudah, ditulis dalam bahasa Korea maupun Inggris. Ada beberapa web yang bisa Anda telusuri untuk mencapai lokasi tertentu dengan memberi patokan atau penanda yang jelas. Bahkan, pemilik penginapan di Korea Selatan umumnya akan menjelaskan secara detail kepada Anda mengenai jalur yang harus Anda tempuh untuk mencapai penginapan.

Untuk memudahkan Anda, cukup pahami jalur transportasi publik terutama subway atau kereta bawah tanah dan kenali stasiun terdekat pada objek wisata yang ingin Anda tuju. Anda tidak usah bingung ketika akan menggunakan moda kereta bawah tanah karena Korea Selatan memiliki sistem transportasi publik yang sangat baik dan stasiun-stasiun yang mudah ditemui.  

4. Strategi Mengatur Jadwal Perjalanan

Photo Source: https://edition.cnn.com/travel/article/south-korea-beautiful-places/index.html

img source: cnn.com

Korea Selatan terutama Seoul, sebagai ibukota negara memiliki banyak atraksi wisata menarik yang layak dikunjungi. Namun jika waktu liburan Anda terbatas, aturlah jadwal perjalanan seefisien mungkin. Caranya, Anda bisa menghabiskan waktu sehari penuh untuk berwisata di satu kawasan yang letaknya berdekatan, misalnya di pusat kota Seoul. Anda bisa mengunjungi lima istana besar di Seoul, Gwanghwamun Square, Insa-dong dan Cheonggyecheon seharian. Kemudian di hari berikutnya, Anda bisa mengatur perjalanan ke destinasi yang masih berada dalam satu jalur kereta.

Contoh lain, Anda bisa berkunjung ke Gangnam kemudian ke Hongdae Area yang bisa ditempuh dengan subway line 2. Atau Anda bisa mengunjungi bukit Namsan, Namsangol Hanok Village dan Myeongdong dalam satu hari. Dengan begitu perjalanan wisata Anda akan lebih efektif.

5. Menginap di Kawasan Wisata dengan Harga Terjangkau

Photo Source: booking.com

img source: booking.com

Berwisata di Korea Selatan tidak selalu mahal. Harga tiket masuk objek wisata dan biaya makan di sini tergolong terjangkau. Begitu juga dengan penginapan. Harga menginap semalam di Korea Selatan cukup bervariasi. Apalagi di daerah pariwisata, selalu ada banyak pilihan penginapan dan bukannya tidak mungkin Anda akan mendapatkan harga miring.

Salah satu kawasan favorit wisatawan untuk tempat menginap adalah daerah Jongno. Kawasan ini berada di pusat kota Seoul dan dekat dengan berbagai objek wisata terkenal seperti Cheonggyecheon dan sekitarnya. Anda akan dimudahkan karena kemana-mana menjadi dekat. Pilihan lain yang menjadi favorit wisatawan adalah Myeongdong yang dekat pusat perbelanjaan dan Itaewon yang menjadi kawasan turis di Seoul.

Tertarik untuk liburan di Korea Selatan? Informasi tadi akan membantu Anda selama bepergian di negeri ginseng. Ingin pergi bersama teman-teman ataupun sendirian, traveling di Korea Selatan akan menjadi pengalaman menarik untuk Anda.

Artikel Terkait


Inilah 8 Tempat Wisata di Sumedang yang Cocok Untuk Liburan

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

5 Kuil di Kyoto Jepang dengan Pemandangan Mengagumkan

Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor

Tak Hanya Kuta, Ini 8 Pantai Eksotis Tersembunyi Di Bali Yang Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

11 Wisata Gratis di Korea Selatan Paling Populer

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.