Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

Pariwisata atau yang kita kenal sebagal travelling tentunya adalah hal yang sangat menyenangkan bagi kita semua. Travelling melepas stress dan penat setelah berminggu minggu menghadapi rutinitas yang cukup melelahkan dan membosankan. Tapi, Anda pastinya perlu mengetahui beberapa tips untuk membuat perjalanan Anda menjadi lebih nyaman dan menyenangkan. Kami akan memberikan berbagai tips bermanfaat sebelum dan saat Anda melakukan travelling. Delapan tips terbaik yang diberikan di sini bisa Anda terapkan dengan mudah dan kami jamin Anda akan memiliki pengalaman perjalanan dengan lebih baik dan efektif.

Langsung saja kita simak tips tips berikut;

1. Riset sebelum melakukan travelling

Tips Terbaik Untuk Travelling

img source: start.lesechos.fr

Salah satu hal penting saat akan melakukan travelling adalah riset tentang lokasi yang akan dituju. Misalnya, pastikan bagaimana kondisi daerah tersebut. Cuaca, iklim dan kondisi daerah tersebut penting untuk Anda ketahui. Dengan mengetahui kondisi di daerah tujuan Anda, Anda bisa mempersiapkan berbagai perlengkapan untuk menghadapi berbagai situasi disana. Misalnya, jika di daerah Anda beriklim atau cuacanya sedang dingin, Anda tentunya perlu mempersiapkan baju dan jaket yang tebal tentunya. Tidak hanya itu, kondisi politik dan kondisi ekonomi disana juga patut menjadi pertimbangan kita. Tentunya, dengan memeriksa kondisi destinasi, kita bisa memutuskan terlebih dahulu apakah kita akan ke daerah tersebut atau mengganti dsetinasi ke daerah dengan kondisi yang lebih baik. Sekarang, untuk mengecek kondisi daerah tujuan Anda sangat mudah. Di internet, ada berbagai situs yang menjelaskan daerah destinasi Anda dan Anda dapat mencari komentar para traveller yang pernah bahkan barusan berkunjung di sana.

2. Persiapkan anggaran untuk liburan.

Tips Terbaik Untuk Travelling

img source: thebesttravelplaces.com

Setelah menentukan destinasi, Anda tentunya perlu memastikan berapa lama Anda akan berlibur. Anda juga perlu tahu tentang biaya hidup di daerah destinasi Anda. Tentu saja, beda lokasi beda harga. Bahkan di Indonesia saja, harga makanan di satu daerah dengan daerah lainnya cenderung berbeda. Beberapa daerah menjual makanan yang lebih murah tapi memiiki biaya perhotalan yang lebih mahal. Anda tentunya dapat memastikan harga hotel atau biaya tempat tinggal disana di berbagai situs travel. Agar tidak repot, Anda bahkan bisa memesan hotelnya terlebih dahulu. Selain biaya makanan dan tempat tinggal, perhatikan juga biaya untuk jalan jalan, transportasi, guide dan masih banyak lagi.Selain itu, sangat penting menyiapkan dana lebih untuk persiapan menghadapi kondisi kondisi tak terduga selama liburan, misalnya sakit.

3. Pesan paket liburan untuk travel yang lebih mudah

Menghitung aggaran kerap kali cukup susah dan menghabiskan banyak waktu Anda, tapi kini Paket tour (paket liburan) akan sangat membantu Anda. Paket tour menyediakan berbagai kebutuhan liburan Anda seperti destinasi wisata, kuliner, transportasi dan guide. Anda tentunya dapat menikmati travelling dengan lebih santai dari awal sampai akhir. Selain itu, Anda bisa langsung menikmati kuliner dan tempat wisata terbaik di daerah tersebut tanpa perlu riset yang banyak. Mempertimbangkan paket liburan bisa menjadi tips yang baik untuk  Anda. Penjualan paket travel kini sudah sangat menjamur dan dapat Anda temukan dimana mana, baik offline maupun online. Untuk paket travel yang berkualitas tentunya dapat Anda cari di situs situs agen travel yang sudah cukup terkenal.

4. Belajar tips packing yang simpel

Tips Terbaik Untuk Travelling

img source: hippie-inheels.com

Khususnya untuk perjalanan pariwisata jangka panjang, Anda mungkin akan membawa banyak perlengkapan dan pakaian. Tentunya, semakin banyak pakaian dan perlengkapan yang Anda bawa, perjalanan Anda bisa semakin ribet karena selain memerlukan banyak koper, juga tentunya membebani perjalanan Anda. Karena itu,Anda perlu belajar cara memacking barang yang simpel dan hemat ruang. Misalnya, bawa barang  yang memang benar benar diperlukan. Untuk menghemat pakaian, membawa pakaian dengan warna yang mudah match, seperti putih atau hitam adalah salah satu tips packing yang bermanfaat. Dengan begitu, Anda tidak perlu membawa banyak pakaian hanya untuk menyerasikan warna. Selain itu, Anda perlu membeli tas atau koper yang memang didesain untuk travel, ini tentu akan memudahkan Anda. Salah satu contoh tips packing lainnya adalah dengan menggulung pakaian.Ini akan memberikan Anda lebih banyak ruang untuk menaruh barang barang lainnya. Anda bisa mencari tips tips simpel lainnya untuk packing dalam blog ini.

5. Pastikan surat dan berbagai dokumen Anda lengkap dan terbaru

Satu hal penting sebelum melakukan travelling adalah memastikan bahwa Anda sudah siap dengan berbagai surat dan dokumen penting untuk perjalanan. Jangan buat diri Anda repot karena lupa membawa dokumen penting sehingga bukannya liburan, Anda malah menghabiskan waktu dengan pihak berwajib. Selain itu, pastikan Anda telah memperpanjang surat atau dokumen lainnya sehingga Anda bisa sampai ke tempat tujuan dengan lancar.

6. Usahakan sampai ke daerah tujuan pagi atau siang

Saat merencakan kepergian, usahakan sampai ke tempat destinasi saat pagi atau siang. Hal ini akan memudahkan Anda mencari tempat menginap, restoran dan tentunya lebih cepat menghafal jalan. Anda juga bisa lebih mengenal daerah tempat Anda menginap atau bermalam. Banyak kerugian jika sampai saat malam hari. Selain gelap, beberapa toko atau instalasi pemerintahan cenderung tutup saat malam hari. Hal ini bisa sangat merepotkan Anda. Jadi, memastikan Anda sampai ke tujuan saat masih terang adalah pilihan yang bijaksana untuk mendukung travel yang menyenangkan.

7. Nikmati perjalanan Anda

Tips Terbaik Untuk Travelling

img source: huffpost.com

Tanpa disuruh, Anda sudah pasti akan menikmati perjalanan wisata Anda. Tapi, Anda perlu tahu cara memaksimalkan perjalanan Anda. Dokumentasi seperti foto dan selfie memang penting, selain untuk menyimpan momen juga untuk ajang pamer gengsi. Tapi, keseringan selfie atau foto bisa jadi menghalangi Anda menyatu dengan daerah wisata Anda. Jadi, luangkan waktu untuk menikmati alamnya dan sisihkan sedikit waktu untuk dokumentasi. Anda juga bisa berkenalan dengan berbagai orang , mencoba kebudayaan setempat, atau mencoba hal hal baru dari daerah tersebut, yang tentunya akan menambah pengalaman Anda dan menciptakan perjalanan yang lebih berkesan. Selain itu, singkirakan atau kurangi penggunaan gadget.

8. Berhati hati dan jaga barang Anda

Salah satu tips penting saat travelling adalah menjaga barang Anda. Terutama dompet, gadget dan tas Anda. Kehilangan satu di antara tiga hal tersebut tentunya akan sangat merepotkan. Jangan tinggalkan barang Anda tanpa pengawasan. Selain itu, selalu periksa barang barang Anda kembali sebelum Anda meninggalkan tempat yang barusan Anda singgahi. Untuk keamanan ekstra, ada baiknya Anda membawa pengamanan ekstra seperti gembok dan alat lainnya. Selain itu, jangan bersikap ceroboh dan selalu berhati hati pada siapapun. Jika tersesat atau bingung, pastikan Anda hanya bertanya pada petugas setempat. Jangan mudah percaya pada siapapun juga merupakan sikap yang baik untuk menjaga diri Anda sendiri. Ada banyak cara untuk meningkatakan keamanan Anda. Tapi kuncinya adalah bersikap bijaksana.

Itulah 8 tips terbaik untuk Anda yang akan melakukan perjalanan travel. Jangan lupa periksa berbagai tips dan informasi menarik seputar pariwisata di blog kami ini.

Semoga perjalanan Anda menyenangkan.

Artikel Terkait


Mari Berwisata Sambil Belajar Di Kidzania Jakarta

Wisata Belanja di Seoul Korea Selatan yang Harus Anda Kunjungi

The Lodge Maribaya, Wisata Hits Dan Instagramable Di Kota Bandung

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.