Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

Photo src: geulgram app

Setelah seharian beraktivitas, tubuh dan otak kita pasti lelah. Oleh karena itulah kita membutuhkan istirahat. Istirahat yang paling penting bagi tubuh adalah tidur malam. Tidur pada malam hari merupakan fase dimana tubuh melakukan metabolisme metabolisme yang penting. Oleh sebab itulah, tidur merupakan kebutuhan yang sangat mendasar.

Tapi, sayangnya sekarang banyak orang susah untuk tidur malam. Insomnia sudah cukup dikenal meresahkan oleh masyarakat umum, apalagi bila korbannya anak anak. Susah tidur memang salah satu hal yang harus dihindari. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kita menjadi lebih sulit tidur, seperti:

  • Stress

Saat stress atau sedang khawatir dengan suatu masalah, kita kerap kali terus memikirkan hal itu dan akhirnya kesulitan untuk tidur. Masalah yang menyebakan stress bisa semakin parah jika sampai menggangu tidur kita.

  • Usia

Usia juga cukup berpengaruh. Bayi pada umumnya banyak membutuhkan waktu tidur dan lebih cepat bisa tidur. Itu karena bayi masih berada di usia muda dimana tubuhnya bertumbuh dan membutuhkan waktu istirahat yang cukup untuk dapat berkembang dengan baik. Seiring bertambahnya usia, kita semakin berhadapan dengan lebih banyak masalah dan tubuh berhenti bertumbuh sehingga kebutuhan tidur kita tidak sebanyak dulu. Oleh sebab itulah, usia mempengaruhi tingkat kesulitan tidur.

  • Kondisi tubuh

Saat sakit, kita bisa jadi lebih cepat tidur atau lebih susah tidur. Beberapa penyakit seperti flu, pusing, batuk, nyeri terkadang membuat kita lebih susah tidur. Tidur tentunya membutuhkan ketenangan, dan beberapa penyakit sering menggangu ketenangan kita.

Kesulitan tidur memang tidak bisa sepenuhnya ktia hindari. Jika Anda salah satu orang yang kesulitan tidur, kami menyediakan beberapa cara agar tidur Anda bisa lebih mudah dan semakin berkualitas.

1. Buat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur akan sangat membantu Anda lebih mudah tidur. Dengan mempersiapkan jadwal tidur, tubuh Anda akan seolah olah terprogram untuk tidur. Dalam kondisi seperti itu, Anda dapat tidur lebih mudah. Selain itu, bagi Anda yang membutuhkan tidur yang lebih berkualitas, membuat jadwal akan membantu Anda mendapat jam tidur yang lebih baik

2. Rutin olahraga

Olahraga sangat bermanfaat untuk tubuh, karena selain menyehatkan dan membugarkan tubuh, tidur dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak. Faktanya, olahraga membantu menurunkan tingkat stress Anda sehingga dengan berkurangnya stress, Anda bisa tidur lebih baik. Dengan berolahraga, kita juga membuat tubuh ktia lelah, sehingga lebih mudah untuk beristirahat

3. Minum susu hangat dan makan secukupnya sebelum tidur

Mengisi perut sebelum tidur bisa membantu Anda memilki tidur yang lebih cepat. Rasa lapar bisa sangat menggangu kita.Dengan makan secukupnya sebelum tidur, kita tidak akan kelaparan saat tidur. Minum susu hangat juga membantu Anda lebih cepat mengantuk. Selain itu, susu hangat di malam hari dapat menenangkan pikiran Anda. Tidur kita pun bisa lebih nyenyak. Tapi, pastikan Anda tidak makan atau minum susu berlebihan, karena bukannya baik, hal tersebut malah akan merusak metabolisme tubuh saat tidur

4. Matikan perangkat elektronik

Perangkat elektronik bisa sangat menggangu tidur Anda. Pastikan Anda mematikan suara ponsel atau gadget Anda sebelum tidur. Hal tersebut akan membantu Anda terhindar dari surel dan pesan pesan masuk yang bisa jadi akan membangunkan Anda. Dengan melepas diri dari pengaruh perangkat elektronik, kita bisa mendapat tidur yang lebih berkualitas.

5. Jangan gunakan gadget sebelum tidur

Sebaiknya Anda tidak lagi menggunakan gadget 30 menit sebelum tidur. Hal tersebut akan sangat membantu Anda tidur dengan lebih berkualitas. Menggunakan gadget sebelum tidur bisa merangsang mata tetap siaga dan memberikan sinyal aktif ke tubuh. Dengan melepas gadget beberapa menit sebelum tidur, kita memberikan waktu bagi tubuh dan pikiran untuk menenangkan diri.

6. Matikan lampu

Suasana gelap dipercaya membantu Anda tidur dengan lebih baik. Hal ini sangat masuk akal, karena dengan mematikan lampu, Anda bisa terhindar dari silau cahaya dan tidak terganggu oleh benda benda disekitar tempat tidur Anda. Kegelapan membantu mata menjadi kurang aktif sehingga memberikan sinyal ke otak untuk tidur.

7. Gunakan kasur yang nyaman

Kasur tempat Anda tidur akan sangat mempengaruhi kenyamanan tidur Anda. Dengan kasur yang empuk dan nyaman, kita jadi lebih mudah terlelap. Apalagi jika kondisi sedang lelah, kasur yang empuk menjadikan kita lebih mudah tertidur. Ukuran kasur juga sebaiknya seluas mungkin untuk memastikan Anda bisa tidur dengan posisi terbaik dan ternyaman.

8. Hindari kafein

Kafein adalah salah satu zat yang merangsang otak tetap aktif. Kita semua tentunya tidak asing lagi dengan istilah kafein. Kafein umumnya ktia konsumsi melalui kopi. Kafein membantu kita melawan rasa kantuk dan menjaga tubuh tetap segar.Oleh sebab itu, untuk Anda yang ingin lebih cepat tidur dan memiliki tidur yang lebih berkualitas, usahakan menghindari kopi atau minuman yang mengandung kafein.

9. Kondisi tempat tidur yang cocok

Cahaya, suhu dan dekorasi ruangan akan sangat mempengaruhi tidur Anda. Pastikan Anda mendapat pencahayaan yang cukup gelap, tidak terang tapi juga tidak terlalu gelap. Selain itu, suhu sangat mempengaruhi tidur Anda. Tentunya, dalam keadaan panas, kita jadi kesulitan tidur karena gerah dan berkeringat. Maka, AC bisa menjadi salah satu solusi untuk Anda. Dekorasi ruangan yang cocok untuk Anda tentunya sangat membantu Anda lebih nyaman dan cepat tidur.

10. Buat suasana yang tenang

Suasan yang tenang sangat diperluka untuk tidur yang lebih nyenyak. Pastikan Anda memiliki kamar yang jauh dari kebisingan kendaraan. Suara yang ribut dan hiruk pikuk akan sangat menggangu ketenangan Anda untuk tidur. Menyetel lagu selow dan lembut bisa Anda coba. Lagu yang santai bisa membuat Anda lebih cepat mengantuk dan tidur dengan lebih nyenyak.

11. Batasi tidur siang

Tidur siang yang cukup baik untuk performa kerja kita seharian. Tubuh kita kadang lelah setelah mengerjakan beberapa pekerjaan, oleh karena itu, tubuh kita pastinya butuh istirahat sejenak sebelum kembali beraktivitas. Tapi, tidur siang yang berlebihan akan menyebabkan Anda kesulitan mengantuk di malam hari. Tentunya, tidur malam jauh lebih penting dari pada tidur siang. Maka, hindari tidur siang yang terlalu lama.

12. Posisi tidur yang nyaman

Untuk tidur lebih nyenyak, Anda bisa mencari posisi tubuh yang paling nyaman untuk tubuh Anda. Posisi tidur kelihatannya hal yang sepele, tapi sebenarnya hal ini berdampak besar untuk kualitas tidur Anda. Bantal dan guling juga bisa membantu Anda mendapatkan posisi dan kenyamanan yang ekstra untuk tidur.

Itulah 12 cara bagi Anda yang ingin mendapat tidur yang lebih berkualitas. Tentunya dengan memiliki tidur yang lebih berkualitas, imunitas tubuh kita selalu terjaga sehingga tidak mudah terserang penyakit. Tidur yang berkualitas juga akan sangat mempengaruhi mood dan emosi kita dalam menjalani aktivitas.

 

Baca Juga

1 Balasan untuk artikel "Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas"

  • Mahfud ivan
    03 August 2019 01:43
    saya sudah 8 tahun gak bisa tidur pas malam hari, jadi kek kelelawar.

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.