Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula

Saat ini bisnis online sudah bukan menjadi hal asing lagi bagi kita semua, dari dunia online tersebut banyak sekali peluang bisnis yang yang bisa kita dapatkan, entah itu hanya sebagai sampingan untuk mendapat penghasilan tambahan ataupun sebagai pekerjaan utama bagi seseorang. Jika Anda saat ini ingin memulai bisnis online ada baiknya jika Anda mencoba beberapa tips dibawah ini yang dulu juga saya praktikan ketika memulai bisnis online.

1. Tujuan yang Jelas Untuk Memulai Bisnis Online

Tujuan ini merupakan kunci utama untuk memulai bisnis online bagi pemula, bukan hanya bisnis online saja bahkan segala hal tanpa didasari tujuan yang jelas bisa dipastikan tidak akan kemana-mana alias hasilnya NOL besar. Saya garis besar tujuan ini sifatnya sangat penting , ini akan menentukan 90% atau lebih Anda akan sukses atau tidak pada akhirnya nanti.

Tujuan ini saya bagi menjadi dua yaitu:

a. Niat

Niat yang saya maksud disini adalah seberapa besar tekad Anda untuk memulai bisnis online, karena kita tahu untuk memulai sesuatu hal yang baru tidak semudah membalikan telapak tangan. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan diperlukan kerja keras dan ketekunan. Untuk memulai bisnis online banyak sekali hal yang harus dipelajari, dan banyak sekali hal yang harus kita coba. Dengan adanya niat ini kita akan bertahan dan komitmen untuk menjalankan bisnis onlinei baik itu senang maupun susah.

b. Goal & Impian

Impian ini tidak kalah penting sebagai podasi untuk mulai bisnis online, dengan adanya impian kita akan terus mengejar kesuksesan yang selama ini kita inginkan. Impian ini bisa berupa apa saja tidak harus berupa finansial, misal waktu yang cukup bagi keluarga, sedekah yang lebih banyak, dan masih banyak hal yang mungkin sepele bagi kita namun berharga bagi orang lain.

Untuk memberikan power agar impian ini mampu mendorong kita untuk bekerja keras dan tidak menyerah, diperlukan impian yang jelas dan kuat. Jangan terlalu rendah segingga membuat kita malas atau meremehkan impian kita, dan jangan terlalu tinggi sehingga anda akan putus asa sebelum mencobanya. Bila perlu tulis impian Anda pada buku impian, silahkan dilist satu per satu sehingga Anda tau sejauh mana Anda bergerak untuk menggapai impian tersebut.

Terkadang orang memandang remeh apa itu impian, karena impian ini suatu hal yang belum terjadi. Saya sendiri dulu menganggap lucu dengan impian mustahil bagi saya saat itu, namun saat ini saya sadar bahwa apa yang saya anggap mustahil saat ini sudah tercapai.

2. Memahami Apa Itu Bisnis Online

Sebelum memulai bisnis online kita harus faham betul apa itu bisnis online, yang dimaksud memahami disini bukan berarti menjabarkan dengan kata-kata saja, tapi faham benar dengan apa yang akan kita lakukan.

Jika dijabarkan secara luas bisnis online ini tidak akan ada habisnya, bisnis online tidak jauh berbeda dengan bisnis konvensional pada umumnya hanya saja kita menggunakan fasilitas internet / online sebagai medianya.

Contoh:

Toko Online dan Toko Konvensional : Dulu orang berjualan dengan membuka toko dengan membangun ruko, atau menyewa stand di mall atau di pasar dengan biaya mahal. Sedangkan untuk membuka toko online hanya diperlukan website toko online atau buka toko di marketplace seperti bukalapak.com, tokopedia.com , atau shopee.com Anda sudah meiliki toko sendiri dengan biaya murah bahkan gratis.

Diatas merupakan salah satu contoh saja, tidak semua bisnis online harus membuat toko online. Jika kita faham konsep bisnis kita akan tahu bagaimana perputaran uang di dunia maya, kita tinggal memposisikan diri dimana kita mengambil tempat yang cocok dengan keahlian kita. Bisa jadi Produsen barang, atau Penyedia Jasa, bisa juga sebagai pengiklan, atau menjual ide dengan memanfaatkan peluang yang ada di sekitar kita.

3. Contoh Bisnis Online

Untuk lebih jelasnya mengenai bisnis online , saya akan memberikan beberapa contoh bisnis online yang mungkin cocok bagi Anda.

a. Produksi Barang

Produksi barang yang saya maksud disini tidak harus dalam skala besar, kita bisa memulai untuk menjual barang-barang sederhana hasil produksi sendiri.

Contoh: Kerajinan tangan, Furniture, pot bunga, makanan kecil, sepatu handmade, dan masih banyak lagi lainya.

Untuk memasarkan produk-produk tadi ada banyak sekali cara, nanti akan kita bahas pada artikel selanjutnya,

b. Penyedia Jasa

Penyedia jasa ini terkadang dianggap remeh karena terkesan sepele, padahal jika kita kupas lebih dalam lagi banyak sekali perusahaan-perusahaan besar nilai sahamnya miliaran rupiah hanya memberikan jasa.

Contoh: Google.com menyediakan jasa search engine, email, cloud hosting, dan masih banyak lagi fitur ditawarkan Google. Untuk perusahaan Indonesia, Ada shopee, tokopedia, bukalapak, yang menawarkan jasa buka toko gratis. Gojek, dan Grab memberikan jasa untuk menghubungkan driver dan customer. dan masih banyak lagi lainya.

Jadi pertanyaanya untuk memulai bisnis dibidang jasa apa harus menjadi perusahaan sebesar Grab dan Gojek? Tentu saja tidak, kita bisa memulai dengan menawarkan jasa yang kecil kecil dulu, bisa jadi jasa penulis artikel, jasa desain grafis, atau jasa pembuatan website seperti yang saya geluti saat ini. :D

c. Advertising

Advertising disini saya akan lebih fokus membahas sebagai publisher, sebenarnya ini juga tergolong jasa tapi lebih mengarah sebagai penyedia jasa iklan. Beberapa media iklan kelas raksasa yang sering kita kenal adalah Google Ads , dan Facebook Ads. Dua situs ini menyediakan media iklan yang unik dan sangat terarah sehingga membantu para pengiklan untuk menyampaikan iklanya kepada target yang relevan.

Untuk menjadi publisher kita bisa menjadi pihak ke 3 dimana kita bisa mengumpulkan orang untuk melihat iklan yang disediakan pihak advertiser kepada customer.

Contoh: Publisher Google Ads dengan memanfaatkan blog, Selebgram menjadi publisher dengan memanfaatkan situs instagram, CPA dengan memanfaatkan blog, dan masih banyak lagi lainya.

d. Dropshiper

Untuk bisnis dropshipper ini saya agak kesusahan mencari contoh perusahaan besar, soalnya saya sendiri juga tidak pernah mencobanya. Tapi tidak jarang diluar sana yang sukses menjadi dropshipper bahkan ada yang skalanya internasional, baik jual barang dari Indonesia ke luar negeri ataupun sebaliknya.

Jika Anda ingin memulai bisnis dropshipper ini Anda bisa memulai mencari produk-produk unik di marketplace yang harganya murah. Anda bisa menjual dari marketplace satu ke marketplace lainya atau bisa juga dengan membuat satu halaman website landing page dan sales letter yang fantastis kemudiang pasang iklan di Facebook Ads.

e. Affiliate

Mungkin bagi beberapa orang menganggap sistem affiliate ini hampir mirip dengan Multi Level Marketing, tapi yang saya maksud disini lebih mengarah ke direct selling, namun tidak berarti MLM itu 100% buruk karena banyak sekali nilai positif yang dapat diambil dari sistem tersebut.

Saya pribadi mengikuti sistem affiliate ini hanya sebagai sampingan saja, misal ada klien yang beli domain atau hosting, saya menggunakan link affiliate dari akun saya, padahal bukan itu pekerjaan saya, intinya affiliate ini menurut saya hanya pemanis saja bukan penghasilan utama.

Namun beda lagi jika Anda mau fokus di bisnis ini, Anda bisa membuat website yang di isi kontent affiliate dari amazon, aiexpress, atau yang lainya. Ini bisa menjadi penghasilan yang lumayan jika Anda mau menekuninya.

4. Temukan Atau Ciptakan Peluang Baru

Untuk menemukan peluang bisnis online bagi pemula sebenarnya tidaklah susah, kita hanya perlu belajar dan terus mencoba. Peluang tidak akan datang dengan sendirinya, untuk itu Anda harus terus mencari, jika perlu Anda harus menciptakan sendiri peluang itu. Pada intinya segala sesuatu yang kita kerjakan tidak akan ada yang percuma, terus bergerak dan momentum itu akan tercipta dengan sendirinya.

5. Komitmen

Yang terakhir Anda harus komitmen dengan hasil yang sudah Anda capai, baik itu hasil menyenangkan maupun hasil yang menyedihkan. Jika hasil akhir tersebut menyenangkan kita bisa bersyukur, jika hasilnya yang kurang menyenangkan kita bisa evaluasi dan belajar agar terus lebih baik kedepanya. Dengan adanya komitmen ini Anda akan terus melangkah, tidak akan mudah menyerah ketika gagal, dan terus belajar sampai berhasil.

 

Artikel Terkait


Cara Memulai Bisnis Properti Untuk Pemula

Ini Dia Alasan Perlunya Usaha Sampingan dan Faktor Gagalnya Bisnis Sampingan

Ini Dia 7 Ide Bisnis yang Cocok Dijalankan Anak Muda

Motivasi dan Tips Bagi Anda Para Pebisnis

Inilah 11 bisnis yang Cocok Dijalankan Pada Bulan Ramadan

Manfaat dan Cara Menjalani Bisnis Dropship

11 Cara Mendapatkan Investor Untuk Memulai Bisnis Startup

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Inilah 8 Bisnis yang Menguntungkan di Bidang Pertanian

Berikut Tips Investasi Forex Indonesia Bagi Para Pemula

Inilah 5 Aplikasi Pinjaman Uang Online Untuk Bisnis Anda

Inilah 8 Bisnis Offline yang Bisa Dijalankan dari Rumah


Baca Juga

2 Balasan untuk artikel "Tips Memulai Bisnis Online Bagi Pemula"

  • Budi
    29 July 2019 16:11
    Bagus sangat bermanfaat

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.