Tips Belajar Programming Untuk Pemula

TIPS BELAJAR PROGRAMMING UNTUK PEMULA

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa Kamu lakukan untuk memulai belajar pemrograman:

1. Mengerti dulu apa itu "programming" 

Sebagian dari kita tidak mencoba mendalami pemrograman, karena mungkin hanya tau sebagian saja. Misalnya kita hanya tau bahwa pemrograman hanya sekedar menulis / mengetik saja . Padahal pemrograman tidak sesepele itu . Memang jika dilihat sebelah mata pemrograman hanya sekedar mengetik , namun perlu kalian ketahui pemrograman membutuhkan ketelitian , logika , pengetahuan , dan masih banyak hal lagi lainya yang diperlukan.

2. Pilihlan sebuah bahasa pemrograman

Ada banyak bahasa pemrograman yang ada di dunia ini , seperti C++ , java , php , html , dan masih banyak lagi . 

Saya menyarankan anda memilih bahasa pemrograman sesuai kebutuhan anda dan anda harus menguasainya . setelah menguasai bahasa pemrograman tersebut , anda bisa mempelajari bahasa yang lain . Jangan sekali-kali mempelajari semuanya sekaligus , karena justru akan menghambat.

3. Mulailah belajar

Jika sudah menemukan bahasa pemrograman yang tepat untuk kebutuhan anda , mulailah belajar . pelajari bahasa tersebut dengan santai tapi serius , karena belajar pemrograman harus dalam keadaan rileks . Sesuaikan dengan metode belajar anda agar anda merasa nyaman dan tidak bosan.

4. Buatlah program-program sederhana

Mulailah mengimplementasikan apa yang sudah anda pelajari , buat program-program sederhana . keluarkan sedikit demi sedikit pengetahuan Anda. Jika belum ada ide atau anda bisa mencari referensi di internet .

5. Lakukan Improvisasi

Jika sudah membuat suatu program , lakukan modifikasi pada program anda . tambahkan fitur-fitur baru , atau modifikasi view nya , lakukan sedikit demi sedikit .

Pernah mendengar kalimat “pelan tapi pasti” ? seperti itulah pemrograman, belajar bahasa pemrograman tidak bisa dilakukan secara terburu-buru dan tidak bisa di lakukan dalam waktu yang singkat, namun secara perlahan-lahan tapi menghasilkan . Menghasilkan dalam artian ada hasil dari yang kita kerjakan meskipun sedikit , namun tidak sia-sia .

Artikel Terkait


Cara Setting Private DNS di Android 9 Pie Solusi VPN Premium Gratis Selamanya

Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.