Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

Phoho source : instagram.com/seoul_korea

Korea Selatan telah menjadi destinasi wisata luar negeri favorit bagi orang Indonesia. Negara berjuluk negeri gingseng ini memang punya daya tarik yang luar biasa. Apalagi dengan viralnya grup musik asal Korea Selatan, negara ini makin didambakan orang-orang untuk dikunjungi.

Bagi Anda yang berencana akan berlibur ke Korea Selatan, ada baiknya Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satu hal yang harus Anda persiapkan dengan baik adalah visa.

Warga negara Indonesia yang ingin pergi ke Korea Selatan wajib memiliki visa. Secara garis besar, permohonan visa Korea Selatan membutuhkan persyaratan antara lain (1) formulir aplikasi permohonan visa; (2) paspor asli dan fotokopi; (3) KTP, Kartu Keluarga dan Surat Nikah bila sudah menikah; (4) surat sponsor dari tempat bekerja atau fotokopi SIUP bila Anda memiliki usaha sendiri; (5) SPPT Tahunan; (6) fotokopi bukti keuangan tiga bulan terakhir; dan (7) 1 lembar foto berwarna dengan ukuran 3,5x4,5 dengan latar putih.

Namun, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar permohonan visa Anda disetujui oleh Kedutaan Besar Korea Selatan. Berikut kami rangkum hal-hal yang harus Anda perhatikan dalam permohonan visa Korea Selatan.

1. Paspor Masih Berlaku

Anda harus memastikan bahwa paspor Anda masih berlaku, minimal masih berlaku 8 bulan sebelum masa berlaku paspor berakhir. Paspor adalah dokumen paling penting dalam pengajuan visa. Jika Anda sudah sering jalan-jalan ke luar negeri dan tidak pernah over stay akan menjadi poin plus. Namun jangan berkecil hati jika Anda belum pernah bepergian ke luar negeri. Paspor dengan banyak cap imigrasi tidak selalu menentukan permohonan visa Anda disetujui.

Paspor yang masih baru juga tidak selalu membuat permohonan visa Anda ditolak. Masih ada pertimbangan lain yang membuat Kedutaan Korea Selatan bisa menyetujui permohonan visa Anda. Ada orang yang berhasil mendapatkan visa Korea Selatan dengan modal paspor yang masih kosong. Jadi Anda jangan menyerah dulu.

2. Mengisi Formulir Permohonan Visa dengan Teliti

Hal ini termasuk yang sering disepelekan, padahal mengisi formulir dengan teliti akan membantu Anda untuk mendapatkan visa. Isilah formulir permohonan visa dengan hati-hati. Pastikan data yang Anda tulis benar adanya. Jangan sampai karena kekeliruan atau kecerobohan kecil Anda gagal mendapatkan visa.

Pengisian formulir permohonan visa Korea Selatan sebenarnya tidak terlalu sulit. Anda hanya perlu teliti dan konsisten. Misalnya, jika Anda menyertakan bukti booking hotel bersama formulir aplikasi, pastikan nama hotel yang Anda tulis di formulir sudah cocok. Begitu juga dengan tanggal keberangkatan dan kepulangan Anda, pastikan sudah sesuai dengan bukti booking tiket pesawat yang Anda sertakan.

Anda bisa mengisi formulir dengan tulisan tangan atau diketik. Jika Anda ingin menulis langsung, sebaiknya ditulis dengan jelas dan rapi agar mudah dibaca oleh orang kedutaan. Setelah semua data terisi, periksa kembali untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan.

3. Persiapkan Keuangan Anda

Keuangan juga menjadi hal penting yang harus Anda perhatikan dalam permohonan visa. Sebagai salah satu persyaratan, Anda harus menyertakan bukti keuangan tiga bulan terakhir berupa rekening koran atau fotokopi buku tabungan.

Banyak yang salah paham mengenai berapa jumlah dana yang harus Anda miliki untuk mengajukan permohonan visa Korea Selatan. Sebenarnya nominal yang banyak tidak begitu penting, melainkan kondisi keuangan yang stabil. Hal itu bisa Anda tunjukkan dengan adanya pemasukan rutin tiap bulannya yang masuk ke rekening pribadi Anda. Jika gaji Anda langsung masuk ke rekening pribadi, itu sudah menjadi modal untuk memuluskan jalan Anda memperoleh visa Korea Selatan.

Hindari dana yang masuk secara tiba-tiba dalam jumlah banyak ke rekening Anda. Hal itu bisa memunculkan kecurigaan. Anda hanya perlu menjaga keuangan Anda tetap konsiten setiap bulan.

Mengenai berapa jumlah minimal dana yang harus ada di rekening Anda, bisa dihitung dengan sederhana. Rata-rata per hari Anda membutuhkan Rp1.000.000 untuk stay di Korea Selatan. Jika Anda ingin berlibur selama 7 hari kalikan Rp1.000.000, jadi minimal Anda memerlukan Rp7.000.000 plus dana cadangan senilai harga tiket untuk kembali ke tanah air. Misalkan harga satu tiket one way Korea Selatan - Indonesia senilai Rp4.000.000, total dana yang harus ada minimal Rp11.000.000.

Maka dari itu, mempersiapkan keuangan sebelum merencanakan bepergian ke luar negeri sangatlah penting. Jika Anda belum memiliki penghasilan pribadi, Anda bisa menyertakan rekening koran milik orang tua sebagai sponsor perjalanan Anda.  

4. Dokumen Pendukung

Dalam pengajuan permohonan visa, terkadang kita dimintai beberapa dokumen pelengkap terutama jika Anda menggunakan jasa agen untuk mengurus visa. Sebenarnya Kedutaan Korea Selatan tidak mewajibkan dokumen pelengkap ini untuk disertakan bersama formulir aplikasi. Namun tidak ada salahnya Anda mempersiapkannya untuk berjaga-jaga.

Biasanya selain persyaratan utama, agen akan meminta Anda untuk menyertakan bukti pemesanan penginapan, bukti pembelian tiket pesawat pulang pergi dan jadwal wisata atau itinerary Anda selama di Korea Selatan. Dokumen pelengkap ini akan menguatkan permohonan Anda karena bisa menjelaskan Anda akan tinggal dimana dan dalam jangka waktu berapa lama di Korea Selatan.

Anda bisa memesan penginapan melalui website yang menyediakan fasilitas free cancelation. Setidaknya jika permohonan visa Anda ditolak, Anda tidak perlu membayar penginapan. Sebaliknya, jika permohonan visa Anda disetujui, Anda pun tidak perlu bingung untuk memesan penginapan lagi dan khawatir sudah full book dimana-mana. Metode yang sama juga bisa Anda lakukan ketika memesan tiket pesawat. Melakukan pemesanan jauh-jauh hari akan memudahkan Anda, tidak hanya untuk kepentingan aplikasi visa tetapi Anda juga bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

5. Waktu yang Tepat Untuk Mengajukan Permohonan Visa

Hal berikutnya yang harus Anda perhatikan adalah waktu yang tepat untuk mengajukan permohonan visa. Sebaiknya Anda mulai mempersiapkan segala keperluan visa tiga bulan sebelum tanggal keberangkatan Anda ke Korea Selatan. Dengan waktu yang lebih panjang, Anda bisa mempersiapkan segala keperluan dengan baik.

Hindari mengajukan permohonan visa saat waktu mepet dengan tanggal keberangkatan. Kadang kala pihak Kedutaan ingin meminta dokumen tambahan dari Anda. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu, Anda tentu akan lebih mudah menyiapkan dokumen tambahan tersebut. Normalnya proses pembuatan visa memerlukan lima hari kerja, bisa lebih dari lima hari jika data yang Anda berikan belum lengkap.

Jika Anda tinggal di luar Jakarta, Anda bisa menggunakan jasa agen untuk membantu mengurus visa Anda. Mengurus melalui agen akan memakan waktu lebih lama, paling cepat 10 hari. Maka dari itu Anda harus benar-benar memperhatikan masalah waktu.

Sebenarnya visa Korea Selatan tidak terlalu sulit asal Anda menyiapkan dokumen persyaratan yang lengkap. Selama Anda tidak pernah memiliki catatan kriminal atau pernah overstay di negara lain, hal itu akan lebih memuluskan jalan Anda.

Kedutaan Korea Selatan khawatir jika Anda akan tinggal lebih lama di Korea Selatan dan menjadi tenaga kerja ilegal, terutama bagi Anda yang masih berusia produktif. Jadi Anda harus membuktikan bahwa Anda akan benar-benar kembali ke Indonesia sebelum masa berlaku visa Anda berakhir.

Jangan cemas atau ragu jika Anda baru pertama kali pergi ke negara yang mewajibkan visa. Kalau Anda mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, permohonan visa Anda bukannya tidak mungkin akan disetujui.

Artikel Terkait


5 Kuil di Kyoto Jepang dengan Pemandangan Mengagumkan

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi

Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Menikmati Kampung Eropa Di Devoyage Bogor

Inilah 8 Tempat Wisata di Malang yang Seru Untuk Dikunjunggi

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Inilah 8 Tempat Wisata di Sumedang yang Cocok Untuk Liburan

Tak Hanya Kuta, Ini 8 Pantai Eksotis Tersembunyi Di Bali Yang Masih Jarang Dikunjungi Wisatawan

7 Spot Snorkeling Terbaik Di Indonesia Ini Punya Keindahan Menakjubkan Yang Patut Dicoba

Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.