Tidak Usah Bingung, Ini Dia Pekerjaan yang Sesuai dengan Kepribadian Anda

img source: rawpixel.com

Apakah Anda sering merasa bingung ketika akan memilih pekerjaan yang cocok untuk Anda? Atau Anda merasa pekerjaan yang Anda jalankan sekarang tidak sesuai dengan karakter Anda? Mungkin Anda belum memahami jenis pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian Anda. Banyak orang yang pada akhirnya kurang menikmati pekerjaan karena ternyata tidak sesuai dengan ekspektasi.

Namun Anda tidak usah khawatir, terkadang kita harus menjalani sesuatu yang mungkin tidak sesuai dengan karakter kita untuk mendapatkan sesuatu yang sesuai dengan karakter kita sebagai proses pembelajaran. Lalu bagaimana cara agar kita bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai? Caranya, pahami dulu diri Anda sendiri dan cobalah untuk menganalisis kepribadian Anda. Berikut kami rangkum jenis pekerjaan yang bisa Anda coba sesuai dengan kepribadian Anda sendiri.

1. Tipe Artistik/Kreatif

Orang kreatif atau orang yang memiliki sisi artistik umumnya memiliki banyak ide dan sering tidak sabar dalam menuangkan ide-ide tersebut. Orang kreatif dikenal memiliki cita rasa dan imajinasi yang tinggi. Tipe kepribadian seperti ini juga suka mengekspresikan diri dan tidak begitu menyukai rutinitas atau keteraturan.

Anda yang memiliki jiwa kreatif bisa mencoba menjadi desainer grafis. Pekerjaan ini tidak menuntut Anda harus menjalani rutinitas kantoran, tetapi bisa dilakukan di rumah atau di tempat mana saja yang nyaman untuk Anda. Dengan pekerjaan ini Anda bisa menuangkan ide-ide kreatif Anda. Alternatif lain, jika ternyata Anda menyukai dunia fashion, Anda bisa belajar menjadi desainer pakaian atau bahkan fashion stylist. Anda juga bisa mencoba pekerjaan sebagai desainer interior, usaha kuliner, komposer, pelukis dan pekerjaan lain yang berkaitan dengan seni dan memungkinkan Anda untuk berkreasi.

2. Tipe Sosial/Supel

Apakah Anda termasuk orang yang mudah bergaul dan akrab dengan orang lain? Jika iya, karakter ini sebetulnya sangat membantu Anda dalam menjalin relasi dan hubungan baik dalam membangun usaha. Sifat yang supel membuat Anda memiliki kemampuan untuk memperluas jaringan dan mengembangkan usaha Anda. Jadi usaha atau pekerjaan yang cocok untuk Anda adalah pekerjaan yang memungkinkan Anda bekerja sama dengan banyak pihak dan bertemu dengan banyak orang. Usaha tersebut antara lain konsultan bisnis atau konselor, travel, pengajar, perawat, terapis dan pekerja sosial.

3. Tipe Konvensional

Kebalikan dari tipe kreatif, tipe konvensional justru menyukai keteraturan, detail, rapi, efisien dan sistematis. Umumnya orang-orang dengan tipe kepribadian konvensional tekun dalam bekerja dan menyukai rutinitas. Mereka menyukai sesuatu yang jelas, bahasa yang baik dan angka-angka yang tersusun teratur.

Nah, tipe konvensional akan menikmati bekerja kantoran, salah satunya sebagai banker. Menjadi banker memungkinkan Anda menjalani rutinitas kantor dengan mengerjakan sesuatu yang serba sistematis, didukung oleh sifat Anda yang teliti. Pekerjaan lain yang cocok untuk Anda antara lain pegawai administrasi, akuntan, audit atau pengolah data statistik, perencana keuangan, sekretaris dan pekerjaan lain yang berhubungan dengan berkas. Karakter Anda yang selalu fokus pada hal-hal rinci dan detail akan sangat cocok dengan pekerjaan tersebut.

4. Tipe Romantis

Orang dengan tipe kepribadian romantis memiliki bakat dalam mengolah sesuatu yang biasa menjadi sesuatu yang menarik dan berkesan puitis. Hal ini disebabkan orang yang romantis menyukai keindahan dan hal-hal yang bernuansa percintaan yang manis. Siapa sangka sifat romantis bisa menjadi modal awal dalam berbisnis atau memulai usaha? Nyatanya ada beberapa pilihan pekerjaan yang bisa dicoba dan cocok untuk orang dengan kepribadian romantis. Salah satunya adalah usaha wedding planner. Penting untuk seorang wedding planner memiliki jiwa romantis karena pekerjaan ini berhubungan dengan kisah cinta yang berujung pernikahan dan telah lama diidam-idamkan. Sisi romantis yang Anda miliki dapat membantu seseorang untuk mewujudkan pernikahan impiannya.

Selain wedding planner, pekerjaan lain yang bisa Anda coba adalah fotografer khusus pernikahan atau pre-wedding dan membuat kartu ucapan. Pekerjaan ini juga membutuhkan jiwa romantis untuk menghasilkan karya yang indah, puitis dan tentunya bermakna bagi orang lain.

5. Tipe Pendiam/Introvert

Anda boleh menjadi orang yang pendiam, tetapi jangan sampai membuat Anda menjadi rendah diri dan tidak percaya diri untuk memulai usaha. Anda bisa saja kurang berinteraksi dengan orang lain. Namun, selalu ada usaha atau pekerjaan yang bisa dilakukan dengan kepribadian apa pun termasuk sifat pendiam. Anda bisa mencoba untuk menjadi seorang ilustrator, penulis, penerjemah, atau programmer yang tidak terlalu banyak berinteraksi dengan banyak orang. Namun, walaupun Anda nyaman dengan pekerjaan tersebut, tidak ada salahnya Anda untuk belajar berkomunikasi dan menjalin komunikasi dengan orang lain. Hal ini akan menguntungkan Anda karena Anda bisa memperkenalkan diri dan pekerjaan Anda. Dengan begitu Anda akan memperoleh lebih banyak peluang untuk mendapatkan klien.

6. Tipe Pemikir/Intelektual/Analitis

Orang yang memiliki tipe pemikir cenderung senang mempertanyakan sesuatu dan memiliki kemampuan dalam menganalisis sesuatu. Orang dengan tipe pemikir akan mengumpulkan berbagai fakta, informasi dan data-data valid sebelum mengambil keputusan. Anda dengan sifat pemikir tidak akan berhenti untuk mencari tahu sebelum mendapatkan bukti-bukti yang jelas dan jawaban yang memuaskan Anda. Salah satu karakter menonjol dari tipe pemikir adalah memiliki sifat yang rasional dan intelektual. Pekerjaan yang cocok untuk Anda yang memiliki sifat pemikir antara lain peneliti, psikolog, psikiater, pustakawan atau ahli fisika.

7. Tipe Usahawan

Orang dengan tipe usahawan menyukai tantangan dan memiliki ambisi untuk melakukan sesuatu yang besar. Tipe usahawan memiliki keahlian dalam memimpin dan mempengaruhi orang lain. Selain itu, orang dengan tipe usahawan pandai beradaptasi dengan lingkungan, sangat dinamis dan tidak terlalu menyukai hal-hal detail karena lebih senang memfokuskan diri pada hal-hal yang lebih besar. Jika Anda memiliki jiwa usahawan, Anda ditakdirkan untuk menciptakan lapangan pekerjaan untuk orang lain dan memimpin orang-orang yang bekerja untuk Anda. Jenis usaha yang bisa Anda lakukan sangat beragam karena pada dasarnya Anda selalu bersemangat mencoba hal baru dan dengan kemampuan mempengaruhi orang lain membuat usaha Anda bisa berkembang. Pekerjaan yang cocok untuk Anda dengan tipe usahawan antara lain, pengusaha, manajer, sales marketing, aktivis lingkungan, pengacara atau politikus. Pekerjaan tersebut membutuhkan kemampuan persuasif. Anda bisa menggunakan keahlian persuasif Anda untuk mempengaruhi banyak orang.

8. Tipe Realistis

Orang dengan tipe realistis menyukai hal-hal praktis dan suka bekerja dengan menggunakan keterampilan. Tipe realitis lebih menyukai praktek atau langsung terjun ke lapangan dibanding teori dan memiliki kemampuan koordinasi motorik yang baik. Pekerjaan yang cocok dengan tipe realistis adalah pekerjaan yang memiliki objek nyata dan pasti, misalnya teknisi, insinyur, pengawas bangunan, mekanik, operator mesin atau ahli kelistrikan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut membutuhkan keterampilan khusus dan memungkinkan Anda untuk bekerja langsung di lapangan.

Nah, itu dia beberapa tipe kepribadian dan jenis-jenis pekerjaan yang sekiranya sesuai dengan kepribadian tersebut. Dari pemaparan di atas dapat kita ambil kesimpulan, apa pun kepribadian Anda akan selalu ada pekerjaan yang cocok untuk Anda. Kuncinya adalah Anda harus memiliki kemauan kuat dan konsistensi dalam menjalankan suatu usaha. Jika Anda sudah menjalani pekerjaan yang Anda sukai dan sesuai dengan kepribadian Anda, hal itu tentunya akan membawa pengaruh positif pada usaha Anda. Lalu, apakah Anda sudah memahami kira-kira Anda termasuk tipe kepribadian yang mana?

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.