Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

https://pixabay.comidphotosbingung-kewalahan-stres-lelah-2681502

Sakit kepala merupakan penyakit yang umum terjadi pada siapapun, baik anak-anak, dewasa, maupun lansia. Sakit kepala dapat terjadi kapanpun bahkan saat anda sedang beraktivitas sekalipun. Tentu saja ini membuat fokus semakin susah dan menganggu kegiatan sehari hari. Apalagi jika sampai disertai dengan gejala lainnya seperti mual dan muntah, tentunya akan membuat kondisi semakin terasa tidak sehat. Banyak orang yang mengatasi sakit kepala dengan mengkonsumsi obat-obatan yang dapat meredakan sakit kepala. Namun jika dikonsumsi secara terus menerus tentu obat-obatan kimia ini tidak akan baik bagi kesehatan. Dibandingkan mengkonsumsi obat, anda bisa mencoba makan makanan pereda sakit kepala. Seperti makanan-makanan di bawah ini yang mampu meredakan dan menyembuhkan sakit kepala yang menganggu. 

1. Semangka

Buah segar dan penuh dengan kandungan air ini memang sangat direkomendasikan jika anda mencari makanan yang dapat meredakan sakit kepala. Salah satu hal yang dapat menyebabkan munculnya sakit kepala adalah saat tubuh sedang mengalami dehidrasi. Dan buah semangka ini mengandung banyak air yang dapat membantu mencukupi tubuh yang kekurangan cairan. Selain itu semangka juga memiliki nutrisi baik lainnya seperti magnesium yang baik bagi tubuh. Jadi, tak ada salahnya jika anda mencoba mengkonsumsi buah semangka saat sakit kepala menyerang. 

2. Pisang

Selain semangka, buah lainnya yang direkomendasikan sebagai makanan pereda saki kepala lainnya adalah buah pisang. Pisang mengandung kalium yang dapat menyeimbangkan kadar gula yang ada di dalam tubuh. Seperti yang anda ketahui, kadar gula yang rendah maupun tinggi di dalam tubuh dapat menyebabkan sakit kepala. Jadi mengkonsumsi buah pisang dapat membantu meredakan sakit kepala yang anda rasakan. Selain mengkonsumsinya secara langsung, anda juga bisa menempelkan kulit pisang pada bagian dahi yang dapat meredakan sakit kepala. Sensasi dingin yang terdapat pada kulit pisang mampu mengurangi rasa sakit dikarenakan peradangan pada kepala. 

3. Almond

Almon merupakan salah satu makanan yang mampu menyembuhkan sakit kepala dikarenakan kandungan magnesium yang cukup kaya di dalamnya. Magnesium mampu membantu merelaksasikan pembuluh darah yang menjadi penyebab sakit kepala. Selain magnesium, almond juga mengandung jenis asam amino yang mampu memicu pelepasan hormon yang kemudian memunculkan perasaan bahagian (serotonin) di dalam tubuh. 

4. Alpukat

Tak hanya kacang almond, buah alpukat juga mengandung magnesium yang sangat baik sebagai makanan pereda sakit kepala. Dan tak hanya itu saja alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang sangat membantu menurunkan tekanan darah tinggi yang mana menjadi penyebab munculnya sakit kepala. Jadi buah yang satu ini tak hanya lezat dikonsumsi namun juga bermanfaat untuk meredakan sakit kepala yang menganggu. 

5. Yoghurt

Sakit kepala juga dapat terjadi diakibatkan permasalahan dengan otak. Otak membutuhkan nutrisi kalsium agar mampu berfungsi dengan baik. Mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi seperti yoghurt akan membantu untuk meredakan sakit kepala yang menganggu. Tak hanya kaya akan kandungan kalsium, namun yoghurt rendah lemak juga memiliki bakteri baik yang bermanfaat bagi tubuh. Manfaat yoghurt ini pun juga sudah dijelaskan dalam penelitian yang dilakukan University of Manchester, yang mana menunjukkan wanita yang rutin mengkonsumsi yoghurt sebanyak 4.4 ons selama 1 bulan dapat mengurangi rasa kembung, sakit kepala serta peradangan. 

6. Kentang Bakar

Salah satu faktor penyebab sakit kepala lainnya yang sering terjadi adalah saat tubuh kekurangan elektolit. Menurut Erin Palinski, ahli gizi New Jersey menjelaskan jika mengkonsumsi makanan dengan kandungan yang kaya akan kalium mampu mengisi ulang elektrolit di dalam tubuh. Seperti misalnya kentang yang dibakar beserta dengan kulit, ini merupakan makanan pereda sakit kepala yang cukup direkomendasikan. Kentang bakar mengandung kalium yang cukup tinggi hingga 721 mg, bahkan bagian kulitnya lah yang memiliki kandungan kalium tertinggi. Akan tetapi tidak disarankan untuk mengkonsumsi kentang bakar setelah olahraga ataupun minum minuman beralkohol. Ini justru akan membuat anda merasa mual. 

7. Ikan

Menurut peneliitian yang telah dilakukan Zeev Harzel menemukan fakta jika remaja yang sering mengkonsumsi minyak ikan sebanyak 1.25 gram selama 2 bulan, terbukti menderita sakit kepala lebih sedikit dibandingkan dengan remaja yang kurang atau tidak mengkonsumsi minyak ikan dari takaran tersebut. Ikan memiliki kandungan omega-3 yang dipercaya dapat mengurangi produksi hormon di dalam tubuh yang bisa memicu nyeri, peradangan, dan sakit kepala. Jika anda merasa sering sakit kepala terus menerus dan berkepanjangan, maka anda bisa mencobamemulai mengkonsumsi ikan sarden dan salmon untuk menu makan sehari hari. 

8. Roti

Kadar glukosa di dalam tubuh yang berkurang dapat meningkatkan kebutuhan air di dalam tubuh serta terjadi penurunan energi yang dialirkan menuju otak. Kondisi inilah yang memicu sakit kepala yang cukup menganggu. Anda bisa mengkonsumsi roti gandum sebagai makanan pereda sakit kelapa karena roti dapat mengisi kebutuhan karbohidrat di dalamt ubuh. Apalagi kandungan karbohidrat sehat di dalam roti gandum juga mampu meningkatkan suasana hati dikarenakan melepaskan hormon serotonin yang dapat membuat mood membaik. Jadi setelah anda mengkonsumsi roti, maka secara otomatis ini akan membuat tubuh kembali segar.

9. Jamur

Siapa sangka jika jamur juga menjadi salah satu makanan pereda sakit kepala yang cukup direkomendasikan. Perlu anda ketahui jika terganggunya sel darah bisa memicu munculnya rasa sakit kepala. Vitamin B2 merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting untuk menghasilkan energi sel. Kandungan vitamin B2 tinggi inilah yang bisa anda dapatkan dalam jamur. Tak hanya menyembuhkan sakit kepala, namun vitamin B2 juga dapat meningkatkan energi penyerapan nutrisi yang berasal dari makanan seperti protein, karbohidrat, dan lemak. 

10. Buah Ceri

Buah yang berwarna merah dan memiliki rasa manis ini memiliki kandungan melatonin, yang juga dikenal sebagai hormon tidur. Senyawa ini berperan sebagai antioksidan dan menghalangi enzim inflamasi yang dapat masuk ke tubuh dan memicu sakit kepala. Anda bisa mengkonsumsi sekitar 20 buah ceri ataupun diolah menjadi jus buah untuk mengurangi rasa sakit kepala. 

11. Nanas

Buah yang memiliki rasa asam manis ini juga bisa anda konsumsi saat merasa sakit kepala terus menerus. Buah ini memiliki kandungan enzim bromelian yang berfungsi sebaga pereda nyeri alami. Enzim ini mampu mengatasi nyeri yang dapat memicu sakit kepala. Dan tak hanya itu saja, zat dalam nanas ini juga membuat mood semakin membaik. 

Nah itu tadi 11 makanan pereda sakit kepala yang bisa anda konsumsi saat sakit kepala menyerang. Makanan-makanan diatas mungkin bisa membantu agar anda tidak bergantung dengan obat sakit kepala. Namun jika sakit kepala yang anda rasakan tidak kunjung sembuh, maka segera berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. 

Artikel Terkait


Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

Yoga atau Pilates, Manakah yang Cocok untuk Anda?

Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.