Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

https://chicagohealthonline.com/worry-childs-fever/

Siapa yang tidak panik saat anak terkena demam, bahkan terkadang tanpa sebab. Kebanyakan orang tua tentu merasa was-was dan langsung memberikan obat demam untuk menurunkan panas di tubuh anak. Padahal tak perlu buru-buru langsung memberikan obat demam kepada anak. Apalagi demam menjadi salah satu penyakit yang memang seringkali menyerang anak. Demam menandakan tubuh sedang melawan virus yang menyerang tubuh. Jadi dapat dikatakan jika ini menunjukkan sistem imunitas sedang bekerja memerangi virus, bakteri, maupun zat asing berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Saat anak terkena demam, orang tua tak harus selalu membawanya ke dokter. Orang tua bisa menurunkan demam anak tanpa menggunakan obat-obatan dan juga cepat. Bagaimana caranya? berikut ini tips yang bisa dicoba orang tua di rumah untuk menurunkan demam pada anak. 

1. Lap Menggunakan Handuk Basah

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk menurunkan demam anak dengan cepat adalah mengelap dengan handuk basah. Umumnya cara ini sering digunakan saat anak terserang demam dan pilek. Tak peduli ketika anak sedang demam atau tidak, namun saat kepala anak terasa panas maka orang tua harus mengelap anak menggunakan handuk basah. Dari leher menuju dahi, sehingga diharapkan nantinya suhu badan anak bisa menurun. Pada saat ini, diharapkan anak juga dijauhkan dari angin dan jangan lupa menyelimutinya dengan selimut. Lap terus kepala anak hingga panas nya benar-benar turun. Mungkin ini akan memakan waktu cukup lama, namun sangat efektif untuk mengatasi demam pada anak. 

2. Jaga Anak Tetap Terhidrasi Dengan Baik

Demam bisa menyebabkan tingkat metabolisme semakin tinggi yang membuat tubuh akan kehilangan cairan lebih cepat. Karena itulah jangan sampai anda membiarkan anak mengalami dehidrasi, pastikan untuk tetap menjaga kebutuhan cairan pada anak tetap tercukupi. Anda bisa memberikan banyak cairan, semisal air putih, ASI atau susu formula, sup kaldu, teh herbal, maupun buah yang dilumat sehingga menghindari resiko terkena dehidrasi. Namun pastikan anda tidak memberikan anak minuman yang memiliki kandungan kafein. Seperti kopi, teh, atau minuman bersdoda, ini akan malah membuat anak buang air kecil lebih sering sehingga dikhawatirkan malah membuat anak kehilangan banyak cairan.

3. Makan Yang banyak

Selain mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang banyak, anak juga membutuhkan nutrisi yang lebih banyak ketika demam. Asupan makan yang banyak bisa membantu demam pada anak menjadi lebih cepat sembuh. Semakin tinggi demam yang dirasakan anak, maka akan semakin banyak pula keutuhan gizi yang dibutuhkan anak.

 Biasanya nafsu makan anak menjadi berkurang ketika dirinya terkenak demam tinggi, apalagi saat demam terjadi di malam hari. Namun hal ini yang justru membuat anak tak kunjung sembuh. Cobalah untuk memberikan makanan yang mudah untuk dicerna, seperti biskuit, roti, atau bubur. Namun jangan pula terlalu dipaksakan ketika anak tak terlalu ingin memakannya. Biarkan anak makan perlahan-lahan saja, hingga anak mengantuk dan mulai tertidur. 

4. Kenakan Anak Pakaian Yang Nyaman

Selama merasa demam, seringkali orang tua memberikan anak pakaian yang tebal dengan harapan demam bisa segera turun. Padahal cara menurunkan demam anak ini adalah hal yang salah. Kenakan pakaian yang senyaman mungkin pada anak dan tidak terlalu tebal. Jangan gunakan pakaian yang berlapis-lapis pada anak. 

5. Kompres Atau Mandikan Dengan Air Hangat

Ands juga bisa mencoba mengkompres maupun memandikan anak menggunakan air hangat. Cara ini juga terbilang ampuh menurunkan demam anak dengan cepat. pada saat anak sedang terkena demam, jangan menggosok tubuhnya menggunakan air dingin. Ini akan malah menyebabkan pembuluh darah menjadi mengerut dan panas di dalam tubuh juga jadi sulit keluar. 

6. Pijat

Cara ini bisa orang tua lakukan saat kaki dan tangan anak cukup dingin, namun bagia kepalanya saja yang terasa panas. orang tua bisa duduk di samping anak dan kemudian mulai menggosok perutnya. Kemudian lanjutkan dengan memijat bagian kaki dan tangan anak. Cara ini berfungsi untuk mengalihkan panas yang ada ke anggota badan lainnya sehingga tidak berpusat di kepala saja. 

Jika perlu anda bisa menggunakan minyak gosok hangat seperti minyak kayu putih atau minyak telon sehingga pori-pori dapat terbuka dan membuat panas di dalam tubuhnya semakin mudah keluar. Pijatan juga membantu peredaaran darah menjadi lebih lancar. Dan peredaran darah yang lancar tentu membua proses pengangkutan oksigen dan nutrisi ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah juga menjadi lebih baik lagi. 

7. Berikan Teh Herbal

Anda bisa mencoba memberikan teh herbal kepada anak, dengan begitu demam akan segera menurun. Teh herbal berjenis Elderflower ini bisa membuat tubuh berkeringan lebih cepat sehingga panas dalam tubuh jadi cepat menurun. Kemudian ada pula teh peppermint yang dapat membantu menurunkan demam, begitu pula dengna yarrow yang dapat melakukan keduanya. 

Dan ada pula teh jahe yang juga direkomendasikan sebagai teh herbal untuk menurunkan demam anak. Teh ini akan sangat membantu jika tubuh anak merasa dingin, terutama pada kaki dan tangan. Jahe dapatmemicu keringat keluar saat demam, sehingga sangat membantu untuk mengendalikan demamnya. 

8. Atur Suhu kamar

Jangan  lupa untuk mengatur suhu dalam ruangan/kamar yang digunakan anak. Ini juga akan membantu untuk mengeluarkan panas yang ada dalam tubuh anak. Buatlah suhu kamar anak jadi senyaman mungkin, jadi anak tak akan merasa kepanasan ataupun kedinginan. 

9. Gunakan Ramuan Bawang Merah

Jika anda menginginkan cara yang lebih tradisional, mungkin cara yang satu ini akan sangat membantu menurunkan demam anak dengan cepat. Bawang merah memiliki kandungan minyak atisiri serta bahan lainnya yang membuat panas dan demam anak jadi cepat menurun. Caranya adalah dengan merajang atau memarut bawang merah, tak perlu terlalu halus dan kemudian campurkan dengan minyak kayu putih atau minyak kelapa. Kemudian balurkan hingga ke seluruh tubuh anak dan gunakan ampasnya di dahi untuk mengompres. Namun hati-hati saat menggunakan ramuan ini jika kondisi kulit anak tergolong cukup sensitif. 

10. Dorong Anak Untuk Beristirahat Atau Tidur

Saat demam, pastikan anak lebih banyak istirahat atau tidur untuk membantu penyembuhan. Jika tubuh anak masih saja aktif, ini akan membuat tubuh anak menghasilkan panas yang lebih banyak dan tentu ini membuat demamnya jadi sulit turun. Dengan beristirahat sebanyak mungkin ini akan membantu tubuh dalam melawan infeksi. 

Nah itu tadi beberapa cara yang bisa orang tua lakukan untuk menurunkan demam anak secara cepat. Dan jangan lupa untuk terus memeriksakan suhu tubuh anak Jika suhu tubuhnya tak kunjung menurun dan bahkan semakin meningkat, maka segera memeriksakan diri ke dokter agar anak mendapatkan pertolongan medis segera. 

Artikel Terkait


Inilah 5 Buah yang Aman dan Boleh Dikonsumsi Untuk Pengidap Diabetes

Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Tips Sehat Agar Mendapat Tidur yang Berkualitas

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.