Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

https://www.express.co.uk/life-style/health/1162828/heart-attack-symptoms-signs-food-diet-breakfast-diabetes-stroke

Hingga 30% kasus kematian yang ada di dunia ini disebabkan karena penyakit jantung. Dilansir dari data WHO, menunjukkan jika terdapat 17.5 juta kasus dari 58 juta kematian di tahun 20015 yang ada di dunia disebabkan karena penyakit jantung serta pembuluh darah. Dan angka ini terus meningkat hingga tahun 2030 dan diperkirakan akan mencapai 23.6 juta kasus. Sebenarnya apa yang menjadi penyebab seseorang dpat terkena penyakit jantung? Salah satunya dikarenakan pola makan yang kurang sehat. Tanpa disadari ada banyak makanan perusak jantung yang dikonsumsi sehari harinya, inilah yang semakin meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

1. Ayam Goreng

Siapa yang tidak menyukai ayam goreng? rasanya hampir sebagian besar orang menyukai makanan yang satu ini. Namun perlu and aketahui jika makanan gorengan adalah sumber lemak dan kolestrol. 4 potong ayam yang digoreng cepat saji memiliki kandungan 920 kalori, 350mg kolestrol, dan 63gr lemak. Bisa dibayangkan sendiri jika anda mengkonsumsi ayam goreng setiap harinya? kadar kolestrol di dalam tubuh jadi meningkat dan tentunya semakin meningkatkan resiko penyakit jantung

Solusi lainnya yang bisa anda lakukan adalah memilih bagian dada ayam tanpa kulit. Bagian daging ayam tersebut adalah yang paling bergizi. Dada ayam hanya mengandung sekitar 120 kalori, 70mg kolestrol, dan 1.5gr lemak. Dan jika anda ingin mengkonsumsi ayam dengan cara yang lebih sehat lagi, anda bisa mengolah ayam dengan cara dipanggang yang tidak kalah lezatnya dari ayam goreng dan juga mengandung lemak lebih rendah. 

2. Daging Olahan

Daging olahan seperti bacon dan sosis juga menjadi salah satu makanan perusak jantung yang harus dikurangi. Makanan ini memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi, sehingga sangat tidak disarankan bagi anda yang memiliki penyakit kardiovaskular atau jantung. Meskipun anda memilih jenis makanan dengan kandungan lemak jenuh yang rendah, maka tetap waspadai kandungan garam di dalamnya yang cukup tinggi. Bahkan 6 potong daging olahan bisa mengandung hingga setengah kebutuhan garam untuk asupan harian anda. Perlu anda ketahui jika penting untuk membatasi asupan garam sehari harinya dikarenakan sodium memiliki keterkaitan dengan tekanan darah tinggi. 

3. Burger Cepat Saji

Bagi anda penyuka makanan cepat saji, seperti burger alangkah lebih baiknya jika anda mulai mengurangi konsumsi makanan seperti ini. Meskipun peneliti masih perlu melakukan banyak eksperimen untuk mempelajari antara keterkaitan antara konsumsi lemak jenuh dengan penyakit jantung. Namun sayangnya, lemak jenuh yang ditemukan dalam daging hewan seperti sapi yang dikombinasikan bersama karbohidrat seperti pada burger malah akan beresiko menurunkan kesehatan jantung. Karena itu akan lebih baik untuk mengurangi bahkan menghindari konsumsi burger cepat saji. 

4. Margarin

Mengkonsumsi roti tentu tak akan lezat tanpa menambahkan margarin. Apalagi banyak makanan yang juga menggunakan margarin sebagai salah satu bahan pembuatannya. Namun siapa sangka jika margarin merupakan makanan  perusak jantung yang perlu dihindari. Kandungan lemak trans yang ada di dalamnya dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Lemak trans umumnya dapat ditemukan pada margarin padat dalam suhu ruangan. Agar lebih aman, anda bisa memilih jenis margarin yang lembut dan mudah dioleskan tanpa terkandung minyak yang terhidrogenasi. Atau jika tidak gunaan saja minyak zaitun agar lebih aman dikonsumsi. 

5. Pizza

Sepotong irisan pizza saja sudah mengandung 4,4gr lemak jenuh serta 551mg natrium. Bisa dibayangkan jika anda mengkonsumsi lebih dari satu iris pizza, ada berapa banyak lemak yang masuk ke dalam tubuh anda. Rasa pizza memang lezat, namun akan lebih enak dan sehat jika anda membuat pizza sendiri. Gunakan adonan menggunakan tepung gandum utuh dan kemudian tambahkan keju dan saus rendah lemak sebagai solusi alternatif pizza yang lebih sehat untuk dikonsumsi. 

6. Es Krim

Siapa yang tidak menyukai es krim? Rasanya sebagian besar orang menyukai dessert manis yang satu ini. Dari anak-anak hingga orang dewasa, semuanya menyukai makanan yang satu ini. Namun siapa sangka jika makanan manis ini tak baik bagi kesehatan jantung. Satu kemasan es krim memiliki kandungan 22gr gula, dan 10gr lemak jenuh. Jika tidak dibatasi, lama kelamaan es krim malah akan berakibat buruk bagi kesehatan jantung. Jika anda menginginkan es krim dengan cara yang lebih sehat, ganti saja dengan frozen yoghurt yang mengandung hanya setengah dari jumlah kalori dalam es krim biasa serta memiliki kandungan lemak jenuh 2gr saja. 

7. Keripik Kentang

Rasa keripik kentang yang gurih dan asin memang cukup menggoda, tak heran jika banyak orang yang menjadikannya sebagai camilan favorit. Namun siapa sangka dalam 1 knatong keripik kentang (1 ons) ini mengandung hingga 155 kalori, 10,6gr lemak dengan kisaran lemak jenuh sebesar 3,1gr dan 149mg natrium. Apalagi bagi anda yang memiliki penyakit jantung dan kardiovaskular, sebaiknya hindari konsumsi keripik kentang ini terlalu sering. Jelas makanan ini tidak sehat apalagi jika dimakan secara berlebihan. 

8. Permen Dan Minuman Manis

Lemak memang sudah dikenal sebagai salah satu penyebab penyakit jantung. Namun menurut beberapa penelitian belakangan ini, ditemukan fakta lainnya yaitu makanan yang memiliki kadar gula tinggi juga dapat menjadi ancaman yang berbahaya karena dapat menyebabkan obesitas, diabetes, inflamasi, kolestrol tinggi, yang mana menjadi faktor yang meningkatkan resiko penyakit jantung. Makanan manis seperti permen, memiliki kandungan gula yang tinggi yang perlu dihindari. Bahkan tak hanya makanan saja, tambahan gula yang berasal dari minuman-minuman seperti jus kemasan maupun minuman ringan lainnya yang wajib dihindari karena memiliki tambahan gula yang cukup banyak. 

9. Sereal Bergula

Sereal menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi ketika sarapan. Meskipun terlihat seimbang, namun sereal juga mengandung tambahan gula yang cukup banyak. Mengkonsumsi karbohidrat olahan serta gula di pagi hari dapat memproduksi inflamasi hingga menaik turunkan kadar gula darah sehingga malah membuat anda terus menerus menginginkan makanan yang manis. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, gula juga dapat berpengaruh pada kesehatan jantung. Jadi kurangi konsumsi makanan perusak jantung ini. Anda bisa mengganti sarapan anda dengan telur, alpukat, atau buah-buahan. 

10. Soda

Sejumlah penelitian menunjukkan jika mereka yang sering mengkonsumsi soda, cenderung akan mengkonsumsi kalori lebih banyak dibandingkan mereka yang jarang mengkonsumsi soda. Tak hanya itu saja, bahan kimia yang ada di dalam minuman bersoda malah mengubah bakteri di dalam sistem pencernaan dan beresiko obesitas. Berat badan berlebihan juga menjadi salah satu faktor yang dapat memunculkan resiko penyakit jantung. 

Daftar makanan perusak jantung diatas mungkin tanpa disadari seringkali dikonsumsi sehari harinya. Untuk menjaga kesehatan jantung agar tetap terjaga, maka sebaiknya hindari makanan-makanan tersebut. Ganti dengan makanan yang lebih sehat, rendah lemak dan kalori sehingga kerja jantung lebih optimal dan meminimalisir resiko penyakit jantung. 

Artikel Terkait


Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Jangan Sampai Salah! Beginilah Cara Merawat Wajah Yang Baik Dan Benar

Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Jantung yang Lebih Sehat

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Yoga atau Pilates, Manakah yang Cocok untuk Anda?

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.