Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

img source: pexels.com

Tanaman obat keluarga biasa disebut TOGA merupakan tanaman yang mempunyai khasiat sebagai obat dan ditanam di pekarangan rumah. Tanaman ini sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati penyakit tertentu, seperti demam, flu maag, dan lain-lain. Tanaman ini juga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan, karena berasal dari bahan alami.

Obat-obatan alami yang berasal dari tanaman ini sudah sejak dahulu digunakan oleh nenek moyang untuk berbagai macam penyakit, karena pada zaman dahulu belum ada obat-obatan kimia seperti sekarang. Lebih jauh lagi, tanaman obat bahkan sudah digunakan sejak zaman mesir kuno. Terbukti obat dari bahan alami membuat orang-orang pada zaman dahulu memiliki umur yang lebih panjang. Lebih jauh lagi, tanaman obat bahkan sudah digunakan sejak zaman mesir kuno hingga saat ini.

Tanaman obat berikut ini dapat Anda gunakan sebagai obat dan cocok ditanam di pekarangan rumah. Berikut kami paparkan satu per satu tanaman apa saja yang bisa dijadikan obat alami untuk keluarga Anda.

Kumis Kucing

img source: wajibbaca.com

Kumis kucing merupakan salah satu tanaman obat populer yang sudah dikenal masyarakat Indonesia. Kumis kucing memiliki banyak manfaat sebagai obat herbal yang mampu melawan infeksi pada luka. Tanaman obat ini juga dapat mengobati gusi bengkak karena memiliki sifat antijamur dan antiradang. Bahkan kumis kucing juga direkomendasikan untuk mengatasi penyakit rematik, ginjal, darah tinggi atau hipertensi hingga penyakit asam urat.

Kumis kucing mengandung kalium, glikosida dan orthosiponon yang tinggi sehingga mampu menurunkan kadar asam urat. Untuk mengatasi masalah asam urat, Anda bisa mengolah kumis kucing dengan dua cara, yakni bisa dengan direbus atau dihaluskan. Jika Anda ingin merebus, Anda bisa merebus 4 atau 5 lembar daun kumis kucing dengan segelas air dan dimasak sampai air mendidih. Air rebusan tersebut bisa Anda minum tiga kali sehari. Nah, jika Anda ingin menghaluskan, Anda bisa menghaluskan 50 gram kumis kucing dan campur dengan segelar air (±150ml), lalu saring airnya. Setelah disaring, Anda bisa minum dengan ditambah madu.

Khasiat lain kumis kucing adalah membantu mengatasi masalah pernapasan, asma, batuk dan detoks. Masyarakat Jawa sejak dulu mengenal kumis kucing sebagai teh Jawa dan biasa diminum karena dipercaya dapat membersihkan racun-racun di dalam tubuh secara alami.

Lidah Buaya

img source: nakita.grid.id

Lidah buaya atau aloe vera juga merupakan tanaman obat populer, terutama digunakan untuk mengatasi masalah kulit dan rambut. Selain itu, ternyata lidah buaya juga bermanfaat mengobati sembelit dan membantu sistem pencernaan serta meningkatkan kekebalan tubuh. Lidah buaya sangat umum digunakan pada industri-industri di berbagai negara sebagai produk kecantikan dan obat-obatan herbal. Anda pun bisa menanamnya di pekarangan rumah mengingat khasiatnya yang baik untuk kesehatan.

Bagian dari tanaman lidah buaya yang biasa diolah menjadi obat herbal adalah daging dan gelnya. Daging dan gel lidah buaya dapat Anda jadikan masker alami untuk kulit dan rambut. Cara membuatnya cukup mudah, ambil lidah buaya dan cuci bersih terlebih dahulu, kemudian kupas dan ambil dagingnya yang berwarna putih bening lalu oleskan ke kulit wajah atau permukaan kulit lainnya. Masker ini juga bisa Anda gunakan untuk rambut dengan cara oleskan di kulit kepala sambil dipijat-pijat pelan, lalu diamkan selama satu jam lalu cuci bersih rambut. Masker lidah buaya akan membuat kulit Anda lebih lembab dan kenyal. Gunakan dua kali seminggu saat sebelum tidur.

Namun, hal yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan lidah buaya yang Anda gunakan adalah lidah buaya yang segar. Jika memiliki kulit sensitif, konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

Cocor Bebek

img source: aryanto.id

Cocor bebek yang umum dijadikan tanaman hias ini ternyata memiliki segudang manfaat sebagai tanaman herbal. Tanaman ini sangat mudah tumbuh dan justru terkesan seperti tanaman liar. Karena sangat mudah ditanam, rasanya tidak ada alasan untuk menanam cocor bebek di pekarangan rumah.

Daun cocor bebek sering dimanfaatkan untuk obat alami karena memiliki sifat anti radang sehingga cocok untuk penyembuhan luka-luka memar, mengurangi pembengkakan dan dapat menghentikan pendarahan. Untuk mengobati luka, biasanya daun cocor bebek dihaluskan terlebih dahulu baru kemudian ditempel pada bagian luka. Manfaat lain dari cocor bebek antara lain dapat mengobati nyeri lambung, wasir, sakit gigi, menurunkan demam dan lain-lain.

Untuk mengobati nyeri lambung, cukup haluskan 5 lembar daun cocor bebek, campur dengan air dan saring, tambahkan sedikit garam lalu minum. Jika Anda mengalami wasir, Anda bisa membuatnya seperti teh dan bisa ditambah madu. Sedangkan untuk mengobati sakit gigi, cukup haluskan 4 sampai 6 lembar daun cocor bebek lalu tempelkan pada pipi yang sakit. Jika demam, tempelkan daun cocor bebek yang sudah dihaluskan tersebut di dahi.

Belimbing Wuluh

img source: jogja.tribunnews.com

Belimbing wuluh lebih dikenal sebagai pelengkap bumbu masakan. Namun selain itu, belimbing wuluh juga memiliki manfaat untuk mengobati penyakit tertentu, mulai dari yang ringan hingga penyakit yang lebih serius.

Air rebusan belimbing wuluh dipercaya mampu meredakan batuk, pilek, demam dan flu. Daun dan batang dari belimbing wuluh muda dapat mengobati penyakit gondongan. Daun dan batang tersebut ditumbuk bersama bawang putih sampai halus. Ramuan ini dapat mengurangi peradangan dan pembengkakan. Selain itu, belimbing wuluh juga dipercaya dapat membantu menjaga kadar gula darah dan mengatasi tekanan darah tinggi. Untuk penderita diabetes, bisa minum jus atau mengkonsumsi belimbing wuluh yang telah direbus secara teratur. Jika memiliki tekanan darah tinggi, makanlah belimbing wuluh yang telah direbus beserta sisa air rebusannya setiap pagi.

Binahong

img source: ginanjarherbal.com

Satu lagi tanaman obat yang bisa Anda tanam di pekarangan rumah. Mungkin nama tanaman ini terdengar asing bagi Anda. Binahong memang berasal dari Korea, tetapi sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan dijadikan obat alami untuk berbagai macam penyakit. Binahong dapat tumbuh di lingkungan yang dingin dan lembab.

Daun binahong memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Manfaat paling umum yang diketahui antara lain dapat mengatasi masalah kulit seperti jerawat, mengatasi penyakit diabetes, kolesterol, tekanan darah rendah, asam urat serta mempercepat penyembuhan luka. Kandungan kolagen pada binahong dipercaya dapat mencerahkan kulit wajah. Anda bisa menggunakan masker daun binahong muda yang dihaluskan kemudian oleskan secara merata pada kulit wajah atau pada bagian kulit yang berjerawat. Masker alami ini juga dapat ditempelkan pada luka untuk mempercepat proses penyembuhan.

Untuk mengatasi penyakit diabetes, kolesterol, tekanan darah rendah dan asam urat, Anda cukup merebus 8 lembar daun binahong lalu minum air rebusan itu setiap hari. Daun binahong dapat membantu tubuh membunuh kolesterol jahat dan menetralisir asam urat pada sendi tubuh.

Begitu banyak manfaat dari Tanaman Obat Keluarga ini bagi kesehatan Anda dan keluarga. Rata-rata tanaman obat ini mudah untuk ditanam dan tidak sulit untuk diolah menjadi obat-obatan alami.

Tanaman Obat Keluarga memang sangat cocok dijadikan alternatif pengobatan untuk mengatasi berbagai penyakit secara alami sehingga Anda bisa mengurangi penggunaan obat-obatan kimia dan efek samping dari obat-obatan tersebut. Jadi tidak ada salahnya jika Anda lebih siap siaga mulai sekarang menanam tanaman-tanaman tersebut di pekarangan rumah. 

Artikel Terkait


10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

9 Gerakan Yoga untuk Pemula yang Wajib Anda Coba

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Inilah 13 Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Retina Mata


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.