Sulit Tidur Meskipun Tubuh Lelah? Ini 8 Tips Sederhana Untuk Mengatasinya

https://nypost.com/2019/07/30/insomnia-sufferers-could-benefit-from-therapy-new-research-suggests/

Saat tubuh terasa lelah, maka istirahat menjadi salah satu solusi untuk mengatasinya. Dengan beristirahat yang cukup, tubuh akan kembali segar dan fresh kembali. Untuk istirahat pun, anda juga tak membutuhkan banyak usaha. Saat tubuh terasa lelah maka secara otomatis anda bisa lebih gampang tertidur pulas. Namun apa jadinya jika anda malah sulit tidur meskipun terasa sangat lelah? Jika seperti itu, tentunya ini malah membuat anda merasa tidak fit dan bukan tidak mungkin jika jatuh sakit. 

Penyebab Sulit Tidur Meskipun Lelah

Sebenarnya, kesusahan tidur di malam hari meskipun badan benar-benar merasa capek bisa disebabkan karena pola tidur yang cukup buruk sebelumnya. Inilah aibat dari kebiasaan buruk yang selama ini anda jalani. Jika dari awal anda telah mempunyai jadwal tidur yang tak beraturan, maka ini akan membuat tubuh tidak merasa semangat dan sehat untuk beraktivitas. Badan akan terasa berat dikarenakan kurang waktu beristirahat sehingga membuat anda mudah lelah. 

Ditambah lagi dengan stress emosional yang disebabkan aktivitas seharian juga akan membuat anda tak kunjung dapat tidur di malam hari. Sehingga waktu tidur semakin berkurang dan menyebabkan anda akan kesulitan tidur. Pemicu lainnya yang bisa menyebabkan sulit tidur adalah kecemasan berelbihan yang dirasakan. Saat seseorang mengalami hal seperti ini, maka tingkat adrenalin di dalam tubuhnya akan terus menerus meningkat hingga diatas normal. Pada dasarnya, ini akan membuat tubuh dalam mode siaga 24 jam tanpa alasan yang jelas. Tubuh tidak ingin tidur saat berpikir sedang dalam bahaya dan butuh bergerak cukup cepat. Jika kondisi sudah cukup parah, maka akan lebih baik untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan menyarankan untuk pemeriksaan medis lebih alnjut dan menyeluruh untuk mengetahui hal yang menjadi penyebab anda kesulitan tidur. Jika perlu anda akan diresepka obat yang dapat membantu tidur sesuai dengan kondisi anda. Namun hindari mengkonsumsi obat tanpa disertai petunjuk dokter karena bisa menyebabkan efek samping yang serius jika dikonsumsi secara terus menerus.

Menangani Sulit Tidur Di Malam Hari

Lalu bagaimana cara menangani sulit tidur di malam hari meskipun tubuh terasa lelah? Hal pertama yang perlu anda lakukan untuk mengatasi permasalahan sulit tidur adalah dengan memperbaiki pola tidur dari sekarang. Tidur merupakan kegiatan penting dimana waktu tersebut digunakan untuk mengistirahatkan organ-organ tubuh yang seharian telah sibuk bekerja. Dan dengan mendapatkan tidur cukup setiap malamnya, tubuh bisa kembali segar setelah bangun keesokan paginya. Sehingga tubuh bisa lebih tahan banting baik fisik maupun emosional. Dan untukmemperbaiki pola tidur di malam hari, anda bisa melakukan cara-cara di bawah ini.

1. Singkirkan Benda-Benda Yang Dapat Menganggu Tidur

benda Menganggu Tidur

img source: 9trendingtopic.blogspot.com

Mungkin sebagian orang berpikir jika menonton televisi sambil tiidur bisa membantu tubuh menjadi lebih rileks. Atau anda mencoba untuk bermain ponsel sehingga bisa segera terlelap. Padahal pendapat seperti ini salah besar. Hal-hal tersebut bukannya dapat membuat anda cepat tertidur namun malah akan terbangun sepanjang malam. Sebaiknya segera matikan televisi  dan jauhi ponsel anda. Sebab cahaya yang berasal dari benda-benda tersebut bisa menghambat produksi melatonin, yang mana dapat membuat anda cepat merasa kantuk dan tidur. Anda bisa mematikan lampu kamar untuk membantu respon tubuh dalam memproduksi mealtonin menjadi lebih cepat dan anda bisa lebih cepat terlelap. 

Selain itu, hindari pula kegiatan memperhatikan jam terus menerus. Banyak orang yang mengalami kesulitan tidur sering melihat jam yang malah menimbulkan kecemasan saat waktu semakin larut namun anda tidak bisa segera tidur. Kecemasan inilah yang membuat tubuh akan kesulitan dalam mode relaksasi sehingga tidak segera jatuh tidur. 

2. Hindari Kafein Dan Nikotin

Jika anda sering mengalami kesulitan tidur meskipun tubuh terasa capek dan mengantuk, mungkin saja ini disebabkan karena kafein dan nikotin yang masuk ke dalam tubuh. Kedua zat ini bisa membuat tubuh sulit tidur. Sehingga hindari minuman berkafein maupun merokok setidaknya 5 jam sebelum tidur. Selain itu hindari pula minuman beralkohol karena dapat mempengaruhi kualitas tidur, sehingga saat bangun di keesokan pagi membuat tubuh kurang fit. 

3. Praktekkan Pola Hidup Sehat

Mulailah mencoba gaya hidup yang sehat, ini akan sangat membantu agar pola tidur lebih baik di malam hari. Mulai dari makanan yang bergizi seimbang, mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, berolahraga secara teraturdan mengelola stress dengan bijak. Pola hidup yang sehat dapat membantu proses metabolisme di dalam tubuh dapat lebih baik. Namun hindari untuk berolahraga 4-5 jam sebelum akan tidur di malam hari. 

4. Coba Aktivitas Yang Membosankan

menghitung domba saat tidur

img source: kumparan.com/

Mungkin tips yang satu ini akan sangat membantu bagi anda yang sudah mencoba untuk tidur namun tetap tidak segera terlelap. Misalnya saja, jika anda sudah mencoba untuk tidur namun hingga 20 menit kemudian anda tetap tak bisa tidur. Maka cobalah untuk bangun dari tempat tidur, kemudian lakukan hal-hal yang dapat menenangkan pikiran atau anda bisa mencoba sesuatu hal yang membosankan hingga anda mengantuk. Seperti membaca buku yang membosankan, aktivitas seperti ini malah akan membuat anda cepat tertidur. Namun usahakan agar penerangan di dalam kamar tetap redup jadi membuat anda cepat terlelap. 

5. Konsisten Waktu Tidur

cobalah untuk membiasakan agar waktu tidur dan bangun adalah di jam yang sama, ini akan membuat ritme di dalam tubuh menjadi kembali normal. Hal ini akan membantu membiasakan tubuh agar mengenal waktu istirahat. 

6. Mandi Air Hangat

Anda juga bisa mencoba mandi air hangat untuk membantlebih cepat. Cobalah untuk mandi 30 menit sampai 1 jam sebelum akan beranjak tidur. Cara ini akan membuat mata lebih mudah untuk terlelap. Cobalah atur temperatur air, kurang lebih seikitar 82 derajat celcius. Air hangat bisa membantu tubuh lebih relaks setelah beraktivitas seharian. 

7. Gunakan Kaos Kaki

Menggunakan kaos kaki berbulu dan hangat juga menjadi cara lainnya untuk mengatasi sulit tidur. Penggunaan kaos kaki ini tak hanya membuat nyaman namun juga menghangatkan kaki, membuat aliran darah yang berasal dari kaki menjadi lebih lancar, serta mengirimkan sinyal ke otak agar segera tertidur. 

8. Atur Pernapasan

Setelah siap untuk beranjak tidur, cobalah untuk konsentrasi pada nafas yang akan membantu anda lebih tenang dan mudah tertidur. Fokus pada penapasan juga akan membantu bagi anda yang menderita insomnia. 

Nah itu tadi langkah-langkah sederhana untuk membantu mengatasi sulit tidur di malam hari meskipun tubuh terasa lelah. Cobalah cara ini selama beberapa bulan dan lakukan setiap harinya. Namun jika tidak ada perubahan pada pola tidur malam anda, maka pertimbangkan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Bisa jadi ini merupakan tanda-tanda penyakit yang serius dan butuh penanganan cepat. 

Artikel Terkait


Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Tanpa Disadari, 10 Makanan Perusak Jantung Ini Seringkali Dikonsumsi

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.