Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Sebagai seorang investor, tentunya anda tidak akan menjual properti kecuali dalam situasi dan kondisi tertentu seperti ketika aset sudah tidak bisa memberikan keuntungan atau cash flow yang negatif dan sudah tidak mungkin diperbaiki.

Jika masih dipertahankan, maka aset tersebut hanya akan menjadi beban untuk anda dan mengancam masa depan keuangan anda. Sebelum semuanya terjadi, maka anda harus sesegera mungkin menjual dan juga mencari aset lain yang jauh lebih menguntungkan. Berikut ini, kami punya beberapa strategi jual properti sukses dengan harga tinggi dan cepat laku yang bisa anda praktekkan dalam bisnis properti yang anda miliki.

1. Lakukan Renovasi

Strategi jual properti pertama yang harus anda lakukan adalah renovasi. Jika properti yang anda miliki terlihat biasa, maka renovasi dengan sedikit biaya saja sebetulnya sudah bisa memberikan dampak yang cukup besar.

Dengan kondisi properti yang semakin cantik, maka calon pembeli juga akan lebih tertarik untuk membeli properti yang anda tawarkan. Meski renovasi bisa dilakukan kapan saja, namun sebaiknya dilakukan mendekati aset tersebut akan dijual.

Hindari melakukan renovasi secara besar besaran, yang anda harus lakukan adalah mengecat ulang tembok bangunan serta merapikan halaman supaya tidak berantakan. Dengan kondisi rumah yang terlihat seperti baru, maka minat para calon pembeli properti yang anda miliki juga akan semakin banyak.

2. Fokus Pada Kelebihan Aset

Masing masing aset properti tentu memiliki kelebihan dan kekuranganya masing masing. Saat anda ingin menjual properti, maka sebaiknya buat para calon pembeli lebih fokus pada kelebihan properti yang anda miliki. Sebagai contoh, properti anda yang dilewati angkutan umum, dekat dengan pintu tol, dekat dengan sekolah dan lain sebagainya.

Lokasi properti yang strategis tentu akan memberikan dampak besareren pada nilai jual properti yang anda miliki. Sebagai contoh, anda mempunyai aset properti dekat daerah perindustrian dan juga pusat kota, maka para pembeli yang merencanakan untuk ekspansi bisnis akan menawar aset yang anda miliki.

3. Buat Penawaran Terbaik

Hindari membuat penawaran yang standar karena semakin tinggi daya tarik akan memberikan hasil yang juga semakin baik. Penawaran terbaik nantinya bisa memberikan dampak positif pada calon pembeli anda.

Sebagai contoh, anda bisa mempromosikan jika aset properti yang anda miliki bisa memberikan keuntungan atau cash flow per bulan yang sangat tinggi, selalu penuh sewa dan lain sebagainya.

4. Buka Harga Lebih Tinggi dari Harga Transaksi

Apabila anda ingin membeli aset, maka anda harus menawar di bawah harga transaksi. Akan tetapi jika anda ingin menjual properti, maka anda harus melakukan hal yang sebaliknya.

Sebagai contoh, jika anda ingin aset properti yang anda miliki terjual dengan harga 1 Miliar, maka anda harus menawarkannya dengan harga yang lebih tinggi sekitar 1.5 Miliar.

Pastikan anda memberikan harga jual yang tepat dengan kondisi fisik dan juga lokasi properti yang anda tawarkan. Jangan sampai anda menawarkan properti dengan harga yang terlampau jauh dari harga pasaran karena bisa membuat calon pembeli ragu untuk menawar dan akhirnya properti anda tidak laku.

Namun, hindari juga menawarkan harga yang terlalu rendah sebab anda bisa mengalami kerugian biaya perawatan properti yang sudah anda lakukan seperti membayar pajak dan biaya renovasi properti tersebut.

5.Tawarkan Pada Orang Terdekat

Ketika anda ingin menjual properti, maka jangan ragu untuk menawarkannya lebih dulu pada orang terdekat seperti saudara, teman dan juga tetangga. Ini penting dilakukan karena mereka juga merupakan pembeli yang potensial dan sudah banyak dialami banyak broker properti.

Ketika produk ditawarkan lewat iklan di media massa, maka calon pembeli yang sering muncul dan serius menawar ternyata orang orang terdekat dari lokasi properti yang anda miliki.

6. Atur Pertemuan Dengan Calon Pembeli Secara Bersamaan

Ketika ada beberapa calon pembeli yang tertarik dengan properti, maka sebaiknya atur pertemuan agar mereka semua bisa datang dalam waktu yang bersamaan karena ini menjadi trik jitu agar anda mendapatkan haga yang bagus.

Jika calon pembeli sudah bersedia untuk menawar, itu mengartikan mereka memang tertarik dengan aset properti yang anda tawarkan. Kemungkinan mereka juga akan bersaing dalam mengajukan harga yang lebih tinggi dan mengumpulkan calon pembeli dalam satu waktu akan meningkatkan kemungkinan mendapatkan harga jual yang lebih tinggi.

7. Berikan Batas Waktu Penawaran

Sebagai penjual, anda juga harus memiliki gengsi dan jangan sampai terlihat seperti sedang membutuhkan uang atau terdesak karena keperluan pribadi. Selain itu, jangan biarkan calon pembeli mengulur ulur waktu sehingga anda harus menegaskan jika penawaran bisa dilakukan paling lambat 1 minggu ke depan. Jika waktu tersebut sudah terlewati, maka katakan jika properti tersebut tidak jadi dijual.

Dengan cara ini, para calon pembeli akan terpengaruh dan berpikir dengan cepat untuk sesegera mungkin mengajukan penawaran.

8. Minta DP Sebesar Mungkin

Ketika anda ingin membeli sebuah properti, maka anda harus mengajukan DP sekecil mungkin yang bisa diberikan. Namun jika anda ingin menjual properti, maka yang harus anda lakukan adalah meminta down payment atau DP setinggi mungkin. Bahkan jika memang dibutuhkan, pembeli juga harus melunasi pada saat itu juga.

9. Lakukan Marketing Dengan Baik

Ketika melakukan jual beli properti, maka dibutuhkan strategi pemasaran atau marketing yang sangat baik. Jika tidak memiliki strategi marketing, maka dampaknya adalah calon pembeli yang anda dapatkan juga tidak sebanyak seperti yang anda harapkan.

Cara yang bisa anda lakukan adalah memasang iklan dengan nama anda dalam bentuk iklan di koran, banner, iklan di internet dan lain sebagainya. Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan beberapa situs jual beli properti terkenal yang ada sekarang ini.

Untuk menyusun kata kata pada iklan atau marketing, maka utamakan untuk mengedepankan kelebihan dari aset properti dibandingkan dengan kekurangannya.

10. Pasang Foto Properti yang Menarik

Tips menjual properti berikutnya yang bisa anda lakukan adalah memasang foto properti yang sangat menarik di media internet atau online. Untuk itu, pastikan anda mengambil foto properti anda dengan kamera bagus, pastikan mengambil foto ketika ruangan sangat bersih karena bisa mewakili seluruh bagian properti anda.

Anda tidak harus mengambil gambar keseluruhan ruangan, namun hanya cukup menciptakan foto yang sangat menarik bagi pengunjung terutama yang menjadi focal point pada properti tersebut.

Jika memang hasilnya tetap kurang maksimal, maka anda bisa membuat sedikit perubahan dengan mengedit foto tersebut sehingga hasil foto bisa terlihat lebih maksimal.

11. Jual Secara Offline

Selain bisa memasarkan properti dengan cara online, anda juga bisa memasarkannya secara offline yang sekaligus juga menjadi media bertatap langsung dengan calon pembeli anda.

Ada beberapa jenis media offline yang bisa anda gunakan, seperti:

  • Broadcast message.
  • Flyer.
  • SMS blast.
  • Katalog.
  • Billboard.
  • Spanduk.
  • Poster.
  • Baligho.
  • Sticker.
  • Mobile branding.
  • X-banner.

12. Beriklan di GoogleAdwords [GA]

Jika memasang iklan aset properti di berbagai media sosial menjadi cara yang praktis, maka ketika anda memakai GoogleAdwords, maka anda akan memasang iklan untuk lebih banyak orang sesuai dengan target pasar yang anda tuju yang akhirnya juga bisa membuat properti anda lebih cepat laku dijual karena bisa dilihat oleh banyak pengguna internet.

13. Berikan Bonus

Strategi berikutnya yang bisa anda terapkan adalah memberikan bonus untuk aset properti yang akan anda jual seperti contohnya dengan bonus perabotan.

Dengan begini, akan ada semakin banyak pembeli yang tertarik untuk melihat properti yang anda jual dan nantinya juga bisa laku dengan harga lebih tinggi.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.