Strategi Bisnis Terbaik untuk Anda di Era Digital

img source: rawpixel.com

Era digital membuka peluang dan kesempatan yang lebih luas untuk Anda dalam menjalankan usaha. Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dan sifatnya tidak terbatas. Anda memiliki peluang untuk melakukan ekspansi bisnis tidak hanya di dalam negeri saja, tetapi sangat mungkin bisa sampai ke luar negeri. Namun, tak banyak yang peka terhadap perubahan ini. Banyak pelaku usaha yang telanjur nyaman dengan cara konvensional dan mengabaikan perkembangan teknologi yang sebenarnya memberi pengaruh besar. Sikap abai terhadap perubahan ini membuat pelaku usaha menjadi tertinggal.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk mengetahui strategi bisnis yang tepat di era digital ini. Jangan sampai Anda malah tertinggal dan justru membuat bisnis Anda mengalami kemunduran. Berikut kami rangkum strategi bisnis yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha di era digital.

Menggunakan Digital Marketing

Hal paling mendasar yang dapat Anda lakukan untuk mengembangkan bisnis Anda adalah menggunakan digital marketing. Anda dapat memasarkan atau mempromosikan brand, jasa atau produk Anda melalui media elektronik atau secara digital. Anda bisa memanfaatkan jasa perusahaan e-commerce yang menyediakan jasa digital agency untuk mengembangkan bisnis Anda sehingga Anda terbantu dalam kegiatan pemasaran. Teknik pemasaran secara digital dapat dilakukan dengan cara mengoptimalkan search engine optimization atau SEO, iklan televisi atau promosi melalui radio, billboard elektronik, email marketing dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan Google Plus, yakni salah satu contoh integrated digital marketing dari Google.

Memanfaatkan Teknologi

Rasanya aneh jika Anda tidak memanfaatkan teknologi di era digital untuk kepentingan bisnis Anda. Penggunaan teknologi sangat erat kaitannya dengan dunia digital. Jika tidak ingin tertinggal, Anda wajib menggunakan teknologi untuk mengembangkan usaha Anda. Teknologi diciptakan untuk memudahkan Anda dalam beraktivitas dan tentunya membantu Anda dalam bekerja. Jadi penerapan teknologi sangatlah penting untuk bisnis Anda. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan internet atau menggunakan komputer dan gadget untuk bekerja.

Pada masa sekarang, internet bagaikan kebutuhan pokok bagi masyarakat sehingga usaha Anda akan sangat mungkin dikenal banyak orang dari internet. Selain itu, orang-orang semakin tidak ingin lepas dari ponsel mereka sehingga disarankan website usaha Anda juga harus dirancang secara mobile friendly. Hal tersebut dimaksudkan agar website usaha Anda terlihat menarik ketika dilihat dari ponsel.

Menghadiri Workshop dan Seminar

Jangan pernah bosan untuk membekali diri Anda dengan ilmu pengetahuan dan mencoba hal baru. Ilmu-ilmu baru yang Anda pelajari akan menjadi modal yang bagus dan tentunya akan meningkatkan kualitas dan kompetensi Anda. Apalagi di masa kini, ada banyak workshop dan seminar yang diselenggarakan institusi kredibel dengan tema dan bidang ilmu beragam yang dapat Anda ikuti. Melalui cara ini pula Anda bisa memperluas jaringan dan relasi karena memungkinkan Anda untuk bertemu banyak orang dengan hobi dan minat yang sama.

Anda bisa saling bertukar pikiran dan berbagi pengalaman dengan orang-orang yang Anda temui pada workshop atau seminar. Dengan begitu, wawasan Anda akan semakin terbuka dan wawasan tersebut tentunya akan memberi manfaat yang besar untuk bisnis Anda.

Memanfaatkan Media Sosial

Media sosial wajib Anda gunakan dalam strategi bisnis di era digital. Bagaimana tidak, penggunaan media sosial dapat dikatakan sebagai cara yang paling mudah untuk dilakukan dalam menjalankan bisnis. Pengguna media sosial di Indonesia jumlahnya sangat banyak. Anda akan dapat menjangkau lebih banyak orang di media sosial, entah di Facebook, Instagram, Twitter, Line dan lain-lain. Apalagi media sosial tersebut memiliki konten marketing, misalnya Facebook dengan Facebook Ads-nya atau Instagram dengan Instagram Business Tools-nya. Media sosial boleh jadi merupakan cara yang paling murah dan mudah sebagai media pemasaran yang efektif. Tidak perlu keahlian khusus untuk menggunakan cara tersebut untuk memasarkan bisnis Anda.

Menggunakan Aplikasi

Selain memanfaatkan media sosial, Anda bisa menggunakan aplikasi untuk menjalankan bisnis Anda. Di zaman yang sudah semakin canggih ini, ada banyak aplikasi yang bisa Anda coba untuk memudahkan Anda dalam bekerja antara lain aplikasi e-commerce, aplikasi pembukuan, aplikasi akuntansi dan lain-lain. Aplikasi juga dapat digunakan untuk mengelola usaha Anda. Anda dapat menghemat tenaga, waktu dan biaya dalam mengelola usaha. Sebagai contoh, aplikasi e-commerce yang dapat membantu Anda dalam menjual produk atau jasa melalui ponsel. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menyewa ruko karena Anda bisa berjualan melalui toko online atau market place pada aplikasi e-commerce tersebut. Anda bisa berkomunikasi melalui fitur chat dengan calon pembeli sehingga lebih efisien. Anda pun hanya perlu mengecek aplikasi secara berkala untuk melihat bagaimana bisnis Anda berjalan.

Ada pula aplikasi akuntansi yang dapat mempermudah Anda dalam mengelola keuangan dan pembukuan usaha Anda. Dengan aplikasi pekerjaan Anda dapat diselesaikan lebih cepat sehingga waktu Anda menjadi lebih efektif dan efisien. Anda pun bisa memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari hal lain atau mencari ide baru untuk pengembangan bisnis Anda.

Endorsement

Cara efektif yang bisa Anda coba untuk memasarkan usaha Anda adalah menggunakan jasa endorse dari para influencer di media sosial. Mungkin Anda sudah sering melihat influencer di media sosial yang digaet brand tertentu untuk bekerja sama dalam meningkatkan penjualan brand tersebut. Nah, Anda bisa membayar influencer tersebut untuk memasarkan produk atau jasa Anda. Cara yang paling populer adalah menulis caption Instagram. Dengan pengikut yang banyak, bisnis Anda pun akan menjangkau banyak orang dan lebih dikenal luas. Namun ada hal yang harus Anda perhatikan, yakni pilihlah influencer yang kira-kira sesuai atau relate dengan usaha atau bisnis yang Anda miliki. Dengan begitu promosi yang Anda lakukan akan menjadi lebih efektif.

Selalu Berinovasi

Jika Anda tidak ingin tertinggal dari kompetitor Anda, maka Anda harus selalu berinovasi untuk melangkah maju. Perkembangan zaman menyebabkan dunia bisnis juga mengalami perubahan. Sebagai contoh, dahulu kita biasa mendengar istilah ojek pangkalan, kini dengan perkembangan teknologi istilah tersebut berubah menjadi ojek online. Contoh lain, dahulu Anda tidak punya pilihan lain untuk berbelanja selain datang langsung ke toko. Namun kini Anda tidak perlu kemana-mana untuk berbelanja karena Anda bisa membeli kebutuhan di toko online. Pada akhirnya, usaha konvensional bisa tergerus oleh usaha online atau digital. Maka dari itu, penting bagi perusahaan untuk mengikuti perkembangan zaman dan selalu berinovasi agar Anda selalu dapat bersaing dengan kompetitor Anda. Agar usaha Anda selalu mendapat tempat istimewa di hati konsumen, Anda juga perlu menawarkan hal-hal baru dan menarik serta menyesuaikan dengan selera pasar. Jadi jangan pernah lelah untuk menciptakan inovasi dan ide-ide baru untuk mengembangkan usaha Anda.

Nah, itu dia beberapa strategi yang bisa Anda terapkan untuk mengembangkan bisnis di era digital. Banyaknya pelaku usaha yang bermunculan juga membuat kompetitor Anda semakin banyak. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk selalu peka terhadap perubahan terlebih di era digital seperti sekarang ini. Penerapan strategi yang tepat akan sangat membantu Anda dalam mengembangkan bisnis yang lebih luas lagi.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.