Serba Serbi Seputar Tip Makan di Restoran Seluruh Dunia dan Cara Terbaik Memberikannya

Memberikan tip ketika makan di restoran sudah jadi hal biasa. Pengunjung restoran biasanya akan meninggalkan tip sesudah menyantap hidangan di sebuah restoran. Untuk jumlahnya sendiri bisa cukup besar jika pelanggan puas dengan makanan yang disajikan lengkap dengan pelayanannya namun juga bisa kecil dan bahkan tidak diberikan sama sekali. Untuk mengungkap serba serbi tentang tips makan di restoran serta cara terbaik untuk memberikannya, silahkan simak ulasan yang akan kami berikan berikut ini.

  1. Cara Mengelola Tip Berbeda Beda di Setiap Restoran

Masing masing restoran memiliki cara yang berbeda beda dalam mengelola semua tip yang masuk. Restoran berjaringan besar biasanya akan mengurangi persentase biaya layanan atau service charge yang dibayarkan pengunjung untuk biaya admin atau disebut juga admin costs.

Jumlahnya bisa sangat besar jika gerai restoran itu juga sangat banyak. Sebagai contoh, sebuah gerai Pizza Express di inggris memiliki 430 gerai dan tiap tip yang diberikan pengunjung lewat kartu kredit akan dipotong 8 persen untuk perusahaan. Cara tersebutlah yang membuat Pizza Express memiiliki keuntungan hingga sampai 1 juta Euro setiap tahunnya.

Selain itu, ada juga restoran yang mengatakan jika semua service charge yang dibayar pengunjung akan didistribusikan pada pegawai restoran

  1. Restoran kecil Mengelola Tip Lebih Adil

Beberapa restporan kecil dikatakan memiliki manajemen tip yang lebih adil dibandingkan restoran besar. Sebuah restoran di selatan London yakni The Dairy and The Manor memberikan kebebasan pada pegawainya dalam mengelola pembagian tip.

Jones selaku manajer restoran tersebut menambahkan jika tip yang diberikan pengunjung lewat kartu kredit juga akan dikelola sebuah sistem formal bernama tronc. Jumlah yang terkumpul nantinya akan didistribusikan pada pegawai teladan mereka di gaji seluruh karyawan dan pemilik restoran mengatakan tidak mengambil tip tersebut sama sekali.

  1. Service Charge Tidak Menambah Gaji Pegawai

Mungkin banyak orang yang beranggapan jika uang dari service charge akan dipakai untuk menambah gaji para pegawainya. Akan tetapi hal ini tidak berlaku di Amerika, namun peraturan tahun 2009 memperbolehkan restoran untuk memakai uang service charge untuk membayar gaji pokok pegawainya. Meski begitu, beberapa restoran juga melakukan praktek sukarela dan mebagikan uang service charge pada para pegawainya.

  1. Persentase Pembagian Tip Restoran Berbeda Beda

Pembagian tip tergantung dari masing masing manajemen restoran. Tip berupa uang tunai biasanya dibagikan secara informal seperti dalam bentuk hadiah. Akan tetapi jika terdapat sistem tronc, maka pihak restoran bisa memutuskan persentase pembagian tip pada karyawan di depan dan juga dapur restoran mereka. Sebagai contoh di Pizza Express, sesudah 8 persen diambil dari retoran, maka sisanya akan dibagi untuk pelayan dan tim dapur dengan persentase 70:30.

  1. Besar Tip Tergantung dari Pengunjung Restoran

Beberapa negara seperti Amerika Serikat memberi kebebasan pada pengunjung untuk memberikan tip sesuai dengan keinginan mereka. Biasanya, tip diberikan sampai 20 persen dari total bon jika memang makanan dan layanan yang diberikan restoran memuaskan.

Jumlah tip akan berkali kali lipat ketika ada hari perayaan seperti Natal. Contohnya, manajer pub Young’s Oisin Rogers membagikan tip tersebut pada semua pegawainya sebagai tambahan gaji dan pajak yang dikenakan juga terbilang normal.

  1. Pelanggan Berhak untuk Tidak Memberikan Tip

Jika memang pelanggan yang makan di sebuah restoran tidak merasa puas dengan makanan atau layanan yang diberikan restoran tersebut, maka ia bisa menolak untuk memberikan tip. Selain itu, asosiasi konsumen di Amerika Serikat juga memperbolehkan hal tersebut.

  1. Memberikan Uang Tunai Jauh Lebih Baik

Tip berbentuk uang tunai umumnya akan diberikan semuanya secara langsung pada pegawai restoran. Cara ini dikatakan lebih menguntungkan pegawai sebab mereka memperoleh jumlah tip yang utuh tidak seperti ketika mereka menerima tip yang diberikan lewat kartu kredit dimana pihak restoran mungkin memiliki aturan pembagian tip yang sudah ditentukan.

Cara Memberikan Tip yang Paling Baik

Sesudah mengetahui serba serbi tentang tip makan di restoran dari berbagai negara, berikut ini akan kami jelaskan bagaimana cara memberikan tip terbaik yang bisa anda lakukan.

  1. Berikan Tip Setidaknya 15%

Sebaiknya, tip yang anda berikan setidaknya adalah 15% sebab jika kurang dari itu biasanya akan membuat pelayan restoran merasa tersinggung. Memberikan tip setidaknya sebesar 15% menandakan anda merasa pelayanan yang diberikan restoran tersebut biasa saja.

Sedangkan untuk tip sekitar20% bisa diberikan jika pelayanan restoran tersebut baik, 25% jika pelayanannya sangat memuaskan dan 30% jika pelayanannya melebihi ekspektasi anda.

  1. Pakai Matematika Untuk Menghitung Tip

Beberapa orang dan mungkin termasuk anda sering merasa kesulitan ketika ingin memberikan tip 15?ri tagihan. Untuk itu, anda bisa memakai matematika untuk menentukan jumlah tip yang harus diberikan.

Beberapa orang menyarankan untuk membulatkan tagihan yang dibayar dengan kelipatan Rp.5.000 atau Rp.10.000 sebelum menghitung jumlah tip. Contohnya, jika tagihan yang harus dibayar adalah Rp.87.500, maka bisa anda bulatkan uang yang akan dibayar menjadi Rp.100.000 kemudian hitung tip-nya.

Anda bisa mengikuti rumus menghitung persentase [Jumlah biaya] x [persentase] = [Hasil pengalian] / [100] = [tip yang harus dibayar]. Contohnya, jumlah biaya yang harus dibayar adalah Rp.100.000 dan anda ingin memberikan tip sebesar 15%, maka bisa dihitung 100.000 x 15 = 1.500.000 /100 = 15.000, sehingga tip yang harus dibayarkan adalah Rp.15.000.

  1. Periksa Apakah Tagihan Sudah Termasuk Tip

Beberapa restoran mungkin sudah memasukkan ongkos jasa di dalam tagihan sehingga anda tidak perlu memberikan tip. Umumnya, ongkos yang dimasukkan ke dalam tagihan adalah sebesar 5% sampai 10%.

Beberapa restoran juga memiliki peraturan jika tim dimasukkan dengan otomatis ke tagihan jika pelanggan bersantap bersama dengan banyak orang. Umumnya, anda bisa menemukan keterangan tentang PPN dan ongkos jasa di tagihan dan juga menu.

  1. Berikan Dalam Jumlah Kecil Jika Pelayanannya Buruk

Meski pelayan memang memiliki tugas untuk melayani anda ketika ada di restoran, namun anda juga harus memperlakukannya dengan baik. Namun jika anda mendapatkan pelayan yang buruk, maka anda tidak harus memberikan tip dalam jumlah yang banyak.

Anda bisa mengatakan pada pelayan apa saja yang membuat anda kecewa dengan pelayanan yang diberikan dengan tujuan supaya pelayan bisa memperbaiki kesalahan. Jika pelayan mengacuhkan anda, bersikap buruk atau terlambat menghidangkan makanan, maka anda juga bisa mengurangi tip yang akan diberikan.

  1. Puji Pelayan Jika Pelayanan Memuaskan

Anda bisa menyenangkan pelayan dengan mengatakan jika anda terkesan dan puas dengan pelayanan yang sudah diberikan. Saat membayar tagihan, tulis juga catatan pendek di kertas tagihan untuk menjelaskan alasan anda puas dengan pelayanan yang sudah diberikan yang tentu diikuti juga dengan memberikan tip besar.

  1. Berikan Pada Staf Restoran Lain

Jika anda dilayani lebih dari satu pelayan, maka sebaiknya berikan tip pada staf restoran yang melayani anda. Contohnya, jika anda dilayani sommelier atau wine steward yang mengkhususkan di bidang anggur, maka berikan tip sebesar 15?ri harga satu botol anggur.

Jika anda dilayani coatroom attendant yakni orang yang menyimpan mantel, maka berikan tip sebesar Rp.10.000 per mantel. Jika anda memakai layanan valet, maka bisa memberikan tip sebesar Rp.20.000.

Artikel Terkait


Wisata ke Thailand? Inilah 15 Makanan Nikmat Khas Thailand

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

Jajanan Pasar Khas Bali yang Enak dan Murah

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

16 Jenis Pizza Unik Dari Buah Hingga Daging Hewan Buas yang Harus Anda Coba

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.