Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia

Sejarah Vespa sungguh aneh sekali memang. Dia adalah jenis sepeda motor tua, tapi ada saja kelakuannya dalam mempengaruhi segmentasi pasar dan hobi otomotif.

Perlu diakui bahwa era Vespa tampaknya tidak pernah surut. Justru makin langkanya produksi motor ini dan penjualannya di pasaran. Maka memunculkan banyak varian-varian Vespa Klasik yang memiliki gengsi dan harga tersendiri bagi para pecinta motor skuter ini.

Semakin hilang dan diabaikan Vespa, justru makin dicarilah dia. Keberadaannya diam-diam memang mencuri market tersendiri yang justru dikendalikan oleh para konsumen kelas atas yang loyal.

Banyak orang rela mengeluarkan uang puluhan hingga ratusan juta hanya demi membeli Vespa Klasik. Keberadaannya seolah-olah setara dengan hobi mengoleksi motor sport dan motor besar.

Dengan adanya tren mengoleksi ini, maka sejarah Vespa tidak akan berakhir begitu saja. Selamanya skuter ini dikenang sebagai jenis sepeda motor yang berhasil bertengger di market scooter tanpa satu pun kompetitor.

Sejarah Lahirnya Vespa

vespa piaggio 1946

img source: indovoices.com

Vespa adalah sebuah merek dagang produk sepeda motor unik yang disebut Skuter. Merek ini diluncurkan di Florence, Italia pada tanggal 23 April 1946 oleh perusahaan motor Piaggio. Sedangkan di Indonesia, hak distribusi dan dagangnya dipegang oleh PT Dan Motor Indonesia.

Kemunculan Vespa di masa lalu cukup menggemparkan, tapi menyenangkan. Ia bukanlah inovasi pertama dari sebuah sepeda motor berbentuk skuter konvensional. Skuter pertama di dunia telah muncul dengan merek Lambretta.

Namun pada akhirnya, Vespa yang unggul dan memenangkan kompetisi. Sampai-sampai, nama Vespa di Indonesia begitu ikonik dan diserap sebagai konotasi dari jenis dan model motor skuter.

Apapun mereknya, selagi dia berbentuk skuter, maka orang Indonesia akan menyebutnya “Vespa”. Ini sama kejadiannya dengan sabun cuci baju “Rinso” yang mana semua merek akan dianggap Rinso. Atau mie instan yang semuanya akan dijuluki Sarimie atau Indomie.

Artinya, nama Vespa telah berubah sebagai nama retorika marketing yang dibakukan. Ini menandakan betapa hebatnya perjalanan sejarah Vespa di Indonesia.


Fenomena Klub Fanatik Vespa

klub vespa

img source: motorplus-online.com

Diakui atau tidak, sejarah Vespa akan selalu ada di dunia ini. Apalagi di Indonesia, generasi Vespa lover seringkali muncul ke jagad otomotif dalam wujud individual maupun komunitas.

Mereka tergabung dalam klub-klub motor retro, klasik, antik atau touring. Dan ajaibnya, ternyata scooter ini tidak hanya digemari kaum adam saja. Banyak biker-bikernya yang ternyata kaum hawa.

Beda dengan hobi moge alias motor gede yang kebanyakan komunitasnya diisi para cowok muda. Kalau Vespa, segala usia bisa masuk. Dan jenis motor lawas ini tidak kalah asiknya dari motor sport, loh!

Apa yang menarik dari sejarah Vespa barangkali adalah namanya. Kebanyakan orang menganggap Vespa adalah model dari motor tertentu. Maknanya sama dengan jenis motor sport, motor listrik, motor bebek atau motor matic.

Seakan-akan masyarakat lupa akan siapa itu Vespa sebenarnya. Kenyataannya, ini bukanlah nama model atau jenis motor. Melainkan adalah nama merek produk motor scooter asal Italia.

Tren penggunaan Vespa mewabah tidak hanya di Indonesia. Namun juga di beberapa negara Eropa, seperti Italia dan Perancis. Dan bahkan di Perancis, motor-motor model Scooter memang justru mendominasi di sana.

Kalau di Indonesia, kini image Vespa lebih identik dengan sebuah motor hias atau hobi belaka. Jadi sangat jarang dijumpai orang yang rela berkendara pakai Vespa hanya untuk pergi dan pulang kantornya. Artinya jenis motor ini dikendarai untuk santai belaka atau aktivitas touring bareng geng Vespa Klasik.

Keunggulan Motor Vespa

vespa klasik

img source: aoutomotifwoard.net

Sejak dulu, kisah sejarah Vespa diakui sebagai salah satu motor yang terkuat untuk dipakai ngetrack di jalan yang berliku maupun bergunung-gunung. Model motor kuno ini memang begitu lincah sekali buat naik-turun di jalan yang sulit. Makanya Vespa juga dikenal sebagai motor touring dan adventure yang gahar.

Perkembangan Vespa sempat mandeg dengan adanya motor-motor bergigi maupun matic. Menjamurnya motor bebek di Indonesia makin menghilangkan Vespa dari peradaban. Belum lagi kecintaan akan motor-motor besar yang elit dengan anggota komunitas yang begitu loyal melakukan road tour dan gathering.

Intinya, sejarah Vespa sempat mengalami mati suri. Kemunculannya kembali di pasar motor Indonesia nampaknya dimulai sejak kemunculan motor-motor matic yang modelnya scooter, seperti Scoopy misalnya. Scooter matic ini pada dasarnya adalah Vespa generasi modern yang memadukan unsur Vespa klasik dengan motor bebek matic.

Body dari Vespa masih banyak diadaptasi menjadi body motor matic era sekarang. Atau barangkali sebenarnya Vespa adalah prototype paling tua untuk sebuah motor bebek.

Dunia industri otomotif tidak bisa menghilangkan begitu saja Vespa dari peradaban manusia. Dia adalah masterpiece dan masterplan dari segala jenis scooter di berbagai belahan negara.

Masa Depan Skuter Vespa

img souce: ericomotorsports.com

Sejarah Vespa akan selalu hadir mewarnai rangkaian sejarah motor-motor klasik di dunia. Meskipun Vespa konvensional telah tiada. Piaggio sebagai orang tua asuhnya akan selalu memproduksi generasi-generasi baru dari sang skuter ini.

Terbukti dengan kemunculan skuter-skuter modern berbentuk Vespa Matic. Pelekatan image “matic” membawa kesan modern tersendiri. Dan mendadak membuat skuter asal Italia ini setara dengan motor-motor mahal.

Bisa dibilang, yang bisa beli Vespa Matic keluaran terbaru justru adalah orang-orang kaya saja. Maklum, harganya bisa puluhan juta hingga ratusan juta rupiah.

Sama saja kalau mau beli Vespa Klasik juga harganya mahal. Tapi anehnya yang namanya hobi otomotif pasti selalu memberikan ruang akan “keborosan” macam ini. Jadi meski mahal, peminatnya tetap ada.

Untuk mencegah berhentinya sejarah Vespa karena kegagalan adaptasi di pasar sepeda motor modern. Maka memang harusnya Vespa dibuat lebih merakyat. Misalnya dengan mengeluarkan harga di bawah 20 juta. Kemungkinan besar penjualannya akan terus meningkat.

Intinya, cobalah Piaggio mengeluarkan Vespa dari alienasinya sebagai motor hobi, menjadi motor konsumsi sehari-hari. Tentu akan terasa lebih santai dan indah bukan, bila jalanan di Indonesia kelak akan dipenuhi lagi oleh Vespa?

Dan seiring dengan upaya pemasaran begini, Vespa juga mesti memperbarui mesin dan bodynya agar lebih fleksibel lagi. Seringkali orang menjadi malas pakai Vespa karena rodanya terlalu kecil sehingga melajunya pun terkesan lambat.

Tapi kalau rodanya dibuat besar dan rangka tubuhnya dirombak total pun akan menjadi serba salah. Pasalnya Vespa sudah cetak birunya begini.

Dan memang jika melihat dengan jeli, model Vespa Matic itu mengalami perubahan besar pada rodanya yang menjadi besar, daripada skuter konvensional. Ini tentu untuk menjawab tantangan soal body dan kecepatan.

Sebentar lagi sejarah Vespa akan terulang kejayaannya. Vespa matic yang gagah itu harus lebih sedikit menurunkan gengsinya dengan cara menurunkan harganya. Sehingga nantinya Vespa akan dianggap sebagai merek sepeda motor bagi seluruh rakyat lagi.

Konsumennya tidak hanya menyasar kelompok hobi dan klub-klub retro-klasik-elit belaka. Tapi juga kelompok konsumen non-hobi. Ya, segalanya bisa memungkinkan untuk terjadi. Karena industri sepeda motor di Indonesia sejatinya amat fleksibel. Kita hanya bisa berharap suatu hari bisa mudah beli Vespa murah.

Artikel Terkait


Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara

13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang

11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.