Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Di era saat ini, teknologi menjadi salah satu perangkat penting yang harus dimiliki setiap orang untuk membantu kehidupan manusia dalam melakukan kegiatan mereka sehari-hari. Dengan adanya teknologi, hal ini tentu akan membuat kehidupan manusia tidak terasa sulit karena teknologi mampu memudahkan segala pekerjaan manusia. Salah satu teknologi yang dibutuhkan manusia adalah computer. Computer sudah tercipta sejak beberapa tahun lalu sehingga komputer tentu memiliki sejarahnya sendiri yang tidak banyak orang ketahui.

Teknologi akan menjadi berguna dengan baik jika dipergunakan dengan benar. Sedangkan jika dipergunakan dengan cara yang salah dan tidak benar maka teknologi akan menjadi tidak berguna. Seiring perkembangan zaman banyak orang ahli teknologi yang terus menciptakan berbagai penemuan yang terus menerus mengalami pengembangan hingga munculnya teknologi baru.

Perubahan dan pengembangan dalam setiap produk dimaksudkan untuk dapat dimanfaatkan manusia dengan memberikan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaannya. Begitu halnya komputer yang sampai saat ini memiliki banyak bentuk yang beragam.

Awal mulanya, komputer hanya digunakan untuk memvisualisasikan orang yang memiliki pekerjaan untuk melakuakn perhitungan aritmatika. Akan tetapi saat ini komputer dapat melakukan berbagai hal mulai dari input, proses dan output. Tentunya komputer saat ini tidak hanya untuk menghitung melainkan dapat mengolah kata, mendengarkan musik dan menonton video.

Banyak manusia yang menggunakan komputer ataupun laptop, hanya saja tidak semua manusia mengetahui sejarah komputer dan perkembangannya. Mengetahui sejarah komputer tidak hanya membuat kita tahu sejarah komputer itu sendiri melainkan dapat membuka wawasan luas seputar teknologi.

Sebelum membahas mengenai sejarah komputer, maka anda perlu mengetahui definisi dari komputer itu sendiri beserta fungsinya agar anda tidak salah dalam menggunakan komputer seperti berikut ini:

  • Definisi dan fungsi komputer

Komputer merupakan perangkat yang digunakan untuk mengolah data berdasarkan aturan baku yang sudah ditentukan. Komputer terdiri dari beberapa komponen yang bekerjasama membentuk satu sistem sehingga komputer dapat menjalankan berbagai program. Menurut bahasanya, komputer ebrasal dari bahasa yunani yakni ‘computare’ yang artinya gabungan perhitungan. Sedangkan dalam bahasa inggris computare disebut dengan compute yang artinya menghitung.

Sedangkan menurut pendapat ahli, komputer diartikan sebagai alat yang dapat digunakan untuk melakukan tugas seperti input, output dan menyimpan berbagai data seperti file, dokumen, musik, video dan lain sebagainya.

 

Fungsi komputer sangat banyak antara lain untuk bekerja, belajar, menonton film, bermain game dan lain sebagainya. Namun, umumnya komputer memiliki 4 fungsi utama yakni menerima input, memproses hasil input, menyimpan input dan menyajikan output.

 

Input ini merupakan salah satu fungsi komputer dimana berguna untuk menerima data atau informasi dari luar. Kemudian di proses datanya dan tersimpan di dalam memori komputer hingga pada akhirnya ditampilkan dan disajikan dalam bentuk output.

 

  • Sejarah komputer

Komputer pertama kali ditemukan oleh Charles Babbage. Beliau merupakan penemu komputer pertama kali yang sudah memberikan banyak karya pada kehidupan manusia sampai saat ini. Charles Babbage ini juga sudah menemukan mesin penghitung yang dikenal dengan Difference Engine No. 1 yang merupakan salah satu icon paling popular dan terkenal sepanjang sejarah. Charles Babbage juga dikenal sebagai ‘Bapak Komputer’. Beliau memakai nama The Charles Babbage Foundation dalam menghargai jasa atas penemuannya terhadap dunia komputer.

 

Sejarah perkembangan komputer selalu mengalami perkembangan dari generasi ke generasi. Komputer jugas elalu mengalami perubahan. Dialik proses sejarah komputer dari dulu hingga sekarang, terdapat berbagai generasi yang sudah terbagi menjadi 5 (lima) kali perkembangan seperti berikut.

 

Pada generasi pertama, komputer memakai banyak sekali tabung hampa dengan ukuran yang sangat besar hingga mampu memenuhi satu ruangan. Dulu komputer ini dinamakan ENIAC (Electronic Numerical Itegrator and Computer). Meski komputer ini memiliki ukuran yang cukup besar, namun komputer ini hanya bisa menyimpan data sedikit sehingga dilakukan perkembangan lagi pada generasi selanjutnya.

 

Pada generasi kedua, penggunaan tabung hampa dalam komputer digantikan dengan transistor sehingga lebih hemat tempat dan daya. Pada generasi ini, banyak bermunculan berbagai bahasa pemrograman seperti ALGOL, COBOL dan FOTRAN. Dari segi ukutan komputer kedua ini tentu tampak lebih kecil hanya sebesar ukuran meja kerja dan mampu menyimpan data lebih banyak dibanding generasi peryama. Komputer generasi kedua ini dinamakan UNIVAC (Universal Aotomatic Computer).

 

Pada generasi ketiga, seiring generasi keberadaan transistor yang dahulu digunakan pada generasi kedua digantikan dengan IC. IC ini sendiri ditemukan oleh insinyur asala Texas yang bernama Jack Kilby di tahun 1958. Pada generasi ketiga ini lahirlah microprocessor pertama yakni Interl 4004 di tahun 1971.

 

Pada generasi keempat, di tahun 1980 ini muncul komputer dengan pengembangan baru yakni dengan munculnya LSI (Large Scale Integration). LSI (Large Scale Integration) ini sendiri merupakan peadatan dari ribuan IC menjadi sebuah chip dimana LSI (Large Scale Integration) ini akhirnya terus dikembangkan hingga lahirlah VLSI (Very Large Scale Integration).

 

Kemudian pada generasi kelima, komputer masih terus dikembangkan dan di generasi ini merupakan generasi yang sedang kita lalui dimana meski belum ada proyek yang nyata, namun konsep komputer di generasi kelima ini memiliki kecerdasan buatan sehingga komputer memiliki nalar seperti manusia dan bisa terus belajar dari pengalaman.

Setelah mengetahui defisnisi komputer, fungsi dan sejarahnya. Tentu anda juga harus mengetahui perkembangannya dari generasi ke generasi. Pada intinya, komputer terdiri dari lima generasi dimana pada generasi pertama komputer menggunakan tabung vakum yang menjadi bahan baku komputer di generasi tersebut.

Sementara di generasi kedua komputer mulai dikembangkan dengan menggunakan generasi transistor. Kemudian di generasi ketiga generasi transistor digantikan dengan generasi IC. Dan pada generasi keempat, komputer emnggunakan generasi Microprocessor. Dan pada generasi kelima komputer menggunakan generasi AI.

Dan pada generasi kelima yakni generasi AI ini anda dapat menginput bahasa yang digunakan dan diucapkan sehari-hari serta dapat mempelajari lingkungan sekitar dan menyesuaikan keadaan sehingga teknologi AI ini dinilai menjadi terobosan terbaru dalam komputer. Tidak heran banyak developer yang menggunakan sistem AI.

Adanya teknologi pada era saat ini dapat memudahkan manusia dalam melakukan pekeraannya. Sementara itu, definisi komputer ini sendiri bisa diartikan sebagai alat untuk menerima input yang kemudian di proses untuk menampilkan data yang disebut dengan output.

Seiring perkembangan zaman, sejarah komputer terus berkembang dari masa ke masa dimana sudah disampaikan sebelumnya. Dengan mengetahui sejarah dan perkembangan komputer ini tentu membuat anda berfikir lebih luas dan mampu menerima perkembangan zaman dimana perkembanganini bisa memanfaatkan teknologi dengan baik.

Meski demikian, proses perkembangan komputer tidak serta merta canggih karena adanya tahap generasi tersebut. melainkan komputer ini memang sudah jauh berbeda dengan komputer versi dahulu baik dari segi bentuk, kinerja, dan ukurannya yang tentunya seiring generasi komputer dikembangan dengan sangat baik.

Artikel Terkait


Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.