Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

Siapa yang tidak kenal kota jogja, kota yang penuh dengan pemandangan alam yang indah, destinasi wisata menarik dan berbagai jenis kuliner khas tentu membuat siapa saja mengenali kota ini. Kota jogja merupakan kota yang masih menjaga kelestarian budayanya dan banyak berbagai peninggalan sejarah yang ada di kota ini.

Kota Jogja menjadi salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota jogja dikenal dengan sebutan kota pelajar. Dimana kota ini selalu menjadi pilihan utama bagi para wisatawan untuk berlibur. Di kota jogja, banyak destinasi wisata yang bisa dinikmati seperti wisata alam, wisata hits, wisata edukasi, wisata sejarah, wisata kuliner dan masih banyak lagi.

Kota jogja menyimpan banyak tempat bersejarah dan pemandangan alam yang indah. Kota ini juga dikenal sebagai kota yang penuh dengan kebudayaan karena disinilah budaya lokal setempat begitu tinggi dan dipengaruhi oleh kesultanan jogja itu sendiri.

Dulunya, kota jogja ini merupakan kediaman sultan hamengkubuwono dan adipati paku alam. Sehingga kota jogja selalu kental akan budaya dan sejarahnya. Meski demikian, kota ini tidak pernah terpengaruh oleh perkembangan zaman.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai kuliner khas jogja. siapapun yang pernah berlibur ke kota ini tentu tidak akan lupa mencicipi berbagai macam kuliner khasnya. Tidak hanya di jogja, bahkan di kota lain pun memiliki banyak kuliner khas masing-maisng.

Namun, kali ini akan dibahas mengenai kuliner jogja yang legendaris. Mendengar kuliner jogja mungkin sebagian orang mengenal hanya makanan khas seperti gudeg, oseng mercon, belalang goreng dan lain sebagainya.

Akan tetapi saat ini kami akan membahas jajanan khas jogja yang memberikan cita rasa asam namun segar dan tentunya sangat cocok dikonsumsi pada siang hari saat panas terik. Makanan apa itu? Ya, Rujak Es Krim.

Seluruh masyarakat Indonesia tentu mengenal makanan rujak. Ya, rujak merupakan makanan yang memberikan rasa asam, manis, pedas dan segar. Rujak biasanya dikonsumsi saat santai atau pada saat cuaca panas.

Namun, pernahkah anda melihat rujak es krim? Tentu belum karena rujak es krim ini baru tersebut hanya terdapat di kota Yogyakarta. Rujak es krim ini merupakan kreativitas dari penduduk asli Yogyakarta. Terdapat dua varian es krim yaitu es krim vanilla dan stroberi.

Sebagian orang yang belum mengenal rujak es krim pasti merasa aneh. Bagaimana tidak? biasanya rujak hanya disajikan dengan potongan dari berbagai buah-buahan segar dan disirami kuah yang pedas manis. Namun, bagaimana jika rujak tersebut ditambahkan topping es krim di atasnya?

Terlihat aneh mungkin, khususnya bagi sebagian orang yang belum pernah mencicipinya. Kebanyakan orang mungkin mengkonsumsi es krim dengan topping berbeda seperti cokelat, kacang, waffle dan lain sebagainya. Namun bagaimana jika es krim tersebut dipadukan dengan rujak?

Rujak es krim merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta. Makanan ini merupakan jajanan khas jogja yang bisa anda temukan di sepanjang jalan tertentu. Keunikan dari jajanan khas jogja ini tentu memberikan daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya. Tidak heran jika kota ini selalu penuh dengan kreativitas yang tinggi dan tidak heran jika jika kota ini disebut sebagai kota seniman.

Saat anda berkunjung ke kota jogja, selain banyaknya makanan khas jogja, anda juga harus mencicipi jajanan khas yang satu ini. Rujak es krim akan memberikan cita rasa yang unik dimana anda akan merasakan rasa pedas dan asam dari rujaknya dan rasa manis dari es krimnya.

Cita rasa unik inilah yang membuat siapa saja yang mencicipinya merasakan sensasi yang berbeda dibanding mengkonsumsi rujak biasa pada umumnya.

Rujak es krim memberikan rasa yang unik dengan tekstur yang lembut, dingin dan segar. Perpaduan rasa tersebut akan membuat siapa saja yang mencicipinya merasa ketagihan dan ingin mencobanya lagi.

Anda tidak perlu khawatir jika dirasa akan sulit menemukan pedagang rujak es krim ini karena rujak es krim ini bisa anda temukan di mana saja di sepanjang jalan jogja. harga yang ditawarkan juga terbilang cukup murah tidak sampai 10 ribu rupiah.

Rujak es krim biasa disajikan di satu mangkuk kecil dalam satu porsinya. Bila anda merasa kurang pedas maka anda bisa menambahkan cabai pedas yang sudah disediakan dalam wadah terpisah sesuai dengan selera anda.

Satu porsi rujak es krim terdiri dari rujak yang diberi toping es krim. Kemudian dipadukan lagi dengan serutan berbagai buah-buahan seperti kedongdong, mentimun, nanas, bengkoang, papaya dan sebagainya. Jika dilihat dari gambarnya tentu anda pasti sudah membayangkan bagaimana sensasi rasa es krim tersebut.

Cara membuat rujak es krim terbilang cukup mudah dan bisa anda lakukan dirumah jika anda tidak sedang berkunjung ke jogja seperti berikut.

Pertama-tama siapkan beberapa bahan sebagai berikut:

  • Buah-buahan untuk rujak
  • Cabai merah (secukupnya sesuai selera)
  • Cabai rawit (secukupnya sesuai selera)
  • Terasi secukupnya
  • Gula jawa secukupnya
  • Air asam jawa satu sendok makan
  • Air matang secukupnya
  • Santan kelapa sebanyak satu liter
  • Daun pandan sebanyak satu lembar
  • Gula pasir sebanyak 150 gram
  • Garam halus sebanyak ½ sendok teh
  • Tepung maizena sebanyak satu sendok makan dan dilarutkan dengan air sebanyak tiga sendok makan
  • Kelapa muda dicincang halus secukupnya

Cara membuat topping es krim secara manual:

  • Rebus santan kelapa dengan kental, tambahkan garam halus secukupnya, daun pandan dan gula pasir. Rebus hingga mendidih dan matang. Sebaiknya diaduk terus menerus sampai matang secara perlahan agar santan tidak pecah.
  • Tuangkan larutan tepung maizena ke dalam rebusan santan tersebut. kemudian aduk hingga merata dan angkat. Diamkan sampai beberapa saat hingga rebusan dingin
  • Ambil daun pandan yang ada dalam panci tersebut, masukkan kelapa muda yang sudah di cincang halus. Kemudian aduk kembali hingga rata.
  • Pindahkan rebusan tersebut ke dalam wadah yang cukup untuk diletakkan di freezer. Bekukan hingga benar-benar beku.
  • Jika sudah beku selanjutnya anda perlu keruk menggunakan sendok. Kemudian simpan kembali ke dalam freezer hingga beku kembali.
  • Ulangi langkah di atas hingga mendapatkan teksur es krim yang halus.

Cara membuat rujak es krim:

  • Cuci semua buah-buahan yang diperlukan untuk membuat rujak dan potong atau serut buah menjadi satu kemudian letakkan dalam wadah
  • Untuk kuahnya anda perlu merebus air dengan campuran asam jawa, gula jawa, dan masukkan cabai merah, cabai rawit dan terasi yang sudah digoreng. Rebus hingga mendidih dan tidak lupa terus di aduk. Setelah mendidih angkat dan diamkan beberapa saat hingga kuah dingin.
  • Buah yang ada di mangkuk kemudian disiram dengan kuah yang sudah dingin. Lalu letakkan es krim sebagai topping di atas rujak tersebut, dan rujak es krim siap dinikmati.

Itulah segar asam dari rujak es krim, penasaran mencobanya?

Artikel Terkait


Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Serba Serbi Seputar Tip Makan di Restoran Seluruh Dunia dan Cara Terbaik Memberikannya

Inilah 16 Makanan Khas Daerah yang Populer di Indonesia

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

Inilah Dia 8 Makanan Khas India yang Cocok Untuk Dinikmati Bersama Keluarga

Jajanan Pasar Khas Bali yang Enak dan Murah

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.