Seberapa Penting Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Manusia?

Setiap orang tentu mengenal teknologi. Dan di era modern seperti saat ini tentu teknologi sangat berperan penting dalam aspek kehidupan. Meski semua umat manusia membutuhkan teknologi dalam mempermudah segala urusannya. Namun mereka masih saja tidak tahu apa itu teknologi dari pengertiannya, manfaatnya, artinya dan lain sebagainya.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai apa pengertian dari teknologi, apa manfaat teknologi, apa itu teknologi dan seberapa pentingkah teknologi dalam aspek kehidupan manusia? Berikut penjelasannya.

Tahukah anda apa itu teknologi? Teknologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang keterampilan dalam menciptakan alat, metode pengolahan, dan ekstrasi benda untuk membantu manusia dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan pekerjaan manusia sehari-hari.

Tidak hanya itu, ada juga yang menyebutkan bahwa teknologi merupakan semua sarana dan prasarana yang diciptakan oleh manusia untuk menyediakan berbagai barang yang dibutuhkan bagi keberlangsungan dan kenyamanan hidup manusia itu sendiri.

Perlu anda ketahui, teknologi berasal dari Bahasa Yunani yakni Technologia dimana ‘tech’ itu artinya keahlian dan ‘logia’ itu artinya adalah pengetahuan.

Pada zaman dahulu, teknologi dimaknai hanya sebatas pada benda-benda yang memiliki wujud dan fungsi misalnya pada peralatan dan mesin-mesin. Kemudian, seiring berjalannya waktu, makna teknologi diperluas dan tidak hanya sebatas benda berwujud.

Kini teknologi bisa mencangkup metode, ilmu pengetahuan, software dan lain sebagainya. Sehingga pada intinya teknologi diartikan sebagai suatu cara, proses, alat, mesin atau kegiatan apapun yang gagasannya dibuat untuk mempermudah berbagai kegiatan setiap manusia.

Membahas tentang pengertian teknologi tidak akan ada habisnya. Pasalnya, banyak pengertian teknologi yang ditafsirkan beberapa ahli seperti berikut ini.

  • Manuel castells, menurutnya teknologi adalah suatu alat, aturan dan prosedur penerapan pengetahuan ilmia yang dipergunakan untuk pekerjaan tertentu dan tentunya dalam kondisi yang dapat memungkinkan terjadinya pengulangan.
  • Merriam webster, menurutnya teknologi adalah penerapan pengetahuan secara praktis dan khususnya di bidang tertentu. Teknologi ini dimaksudkan untuk menyelesaikan tugas dalam menggunakan proses teknis, metode ataupun pengetahuan serta aspej dari bidang tertentu.
  • Jacques elli, menurutnya teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia.
  • Iskandar alisyahbana, menurtnya teknologi adalah cara untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan bantuan alat dan akal sehingga seakan-akan memperpanjang, memperkuat dan membuatnya lebih ampuh seperti pancaindra dan otak manusia.
  • Gary J.Anglin, menurutnya teknologi adalah penerapan ilmu-ilmu, perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah manusia.

Sejak adanya teknologi, semua pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan cepat. Misalnya dalam mencari informasi dan menerima informasi. Hanya dengan mengunjungi situs tertentu maka seseorang bisa menemukan banyak informasi.

Tidak hanya itu, teknologi juga dapat memeprmudah manusia dalam mengirim dokumen, berkas, foto, video dan lain sebagainya dengan waktu yang cepat. Selain itu, dahulu pekerjaan murni dilakukan dengan tangan manusia. Namun saat ini sudah banyak mesin yang diciptakan dan mengerjakan berbagai produk dengan cepat dan banyak. Dimana kini manusia hanya perlu membantu mengoperasikan mesin tersebut saja.

Setelah mengetahui pengertian teknologi baik secara umum ataupun menurit para ahlinya. Tentu sudah jelas bahwa teknologi sangat penting dalam aspek kehidupan mansuia sehingga saat ini teknologi terbagi menjadi beberapa jenis seperti berikut ini.

  • Teknologi informasi

Teknologi informasi merupakan teknologi yang dapat membantu manusia dalam menyampaikan informasi kepada orang lain dalam waktu yang cepat. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi informasi adalah televisi, radio, media online dan lain sebagainya.

  • Teknologi komunikasi

Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang membantu manusia dalam berkomunikasi satu sama lain dan saling mengiriminformasi dengan menggunakan satu perangkat khusus. Beberapa produk yang termasuk teknologi informasi adalah smartphone, mesin fax, email, messenger dan lain sebagainya.

  • Teknologi transportasi

Teknologi transportasi merupakan teknologi yang membantu manusia untuk berpindah tempat dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam waktu sesingkat-singkatnya. Beberapa produk yang termasuk dalam teknologi transportasi adalah kereta listrik, pesawat, mobil dan beberapa transportasi lainnya.

  • Teknologi Pendidikan

Teknologi Pendidikan ini merupakan teknologi yang berhubungan dengan dunia Pendidikan dimana kegiatan ini memanfaatkan alat bantu tertentu seperti dalam metode pengajaran yang seperti apa, peralatan laboratorium, komputer dan beberapa teknologi lainnya.

  • Teknologi medis

Teknologi ini merupakan teknologi yang berkaitan dengan dunia kedokteran dimana kegiatan ini sudah memanfaatkan teknologi komputer. Beberapa produk yang termasuk teknologi medis adalah thermometer, tensimeter, stetoskop, alat medis dan berbagai alat medis lainnya.

  • Teknologi konstruksi

Teknologi konstruksi ini merupakan teknologi yang berhubungan dengan struktur bangunan. Dan yang termasuk teknologi konstruksi adalah metode kerja, software gambar, alat berat konstruksi dan lain sebagainya.

Pada dasarnya, teknologi dimanfaatkan untuk mempermudah dan mempercepat kegiatan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu, teknologi sangat berperan penting dalam aspek kehidupan sehingga sudah jelas bahwa teknologi memiliki banyak sekali manfaat yang tersedia dalam berbagai bidang yang diantaranya sebagai berikut:

  • Teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi

Dalam bidang ini, teknologi mengalami proses yang cepat dan mudah serta murah. Dimana pada zaman dahulu hanya berkomunikasi jarak jauh menggunakan surat dan telepon rumah atau telepon umum. Namun pada zaman ini untuk berkomunikasi sudah cukup mudah dengan smartphone, aplikasi chatting, email dan sebagainya.

  • Teknologi dalam bidang ekonomi dan bisnis

Dalam bidang ini teknologi mempermudah transaksi manusia. Pada zaman dahulu untuk mengirim uang dapat melalui perantara dengan membutuhkan waktu beberapa hari. Namun saat ini, untuk bertransaksi dan mengirim uang sudah sangat mudah karena tersedia banyak atm di berbagai tempat atau melalui mobile banking dan sebagainya.

  • Teknologi dalam bidang Pendidikan

Dalam bidang ini teknologi memberikan banyak manfar dan kemudahan seperi salah satunya adalah dengan adanya pembelajaran e-learning system. Dengan adanya metode pembelajaran ini maka mahasiswa/siswa tidak perlu belajar dengan bertatap muka dengan guru/dosen. Selain itu, dalam mencari informasi atau jawaban atas soal tertentu, siswa/mahasiswa dapat menggunakan internet untuk mencari informasi tersebut dengan sangat mudah.

  • Teknologi dalam bidang transportasi

Dalam bidang ini, teknologi dapat memberikan banyak manfaat dalam transportasi seperti dengan adanya alat transportasi yang memudahkan manusia dalam berpindah tempat. Teknologi dalam bidang tramsportasi mencangkup kendaraan seperti mobil, pesawat, kapal laut, kereta dan sebagainya.

  • Teknologi dalam bidang medis

Dalam bidang ini, teknoloi berperan dalam sebuah penemuan tertentu dimana penemuan ini berasal dari berbagai metode, obat-obatan, alat medis dan berbagai hal yang dapat membantu tenaga medis dalam melakukan pekerjaan mereka.

Intinya, teknologi merupakan ilmu yang berhubungan dengan alat/mesin yang diciptakan untuk mempermudah manusia dalam menyelesaikan berbagai macam masalah tertentu. Pastikan anda menggunakan teknologi dengan  baik, bijak dan benar agar dapat memberikan manfaat yang tepat.

Itulah mengapa teknologi sangat penting dalam aspek kehidupan manusia. Semoga dengan artikel ini anda dapat menambah ilmu dan wawasan mengenai teknologi, pengertiannya, manfaat dan kegunaannya dalam aspek kehidupan manusia.

 

Artikel Terkait


Ini Dia 8 Artis yang Sukses Menjadi Seorang Youtuber

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Populer Hingga ke Mancanegara, Inilah Game Buatan Indonesia yang Mendunia

Wow Ternyata Sampah Bisa Diubah Menjadi Energi Listrik Lho! Ini Macam-macam Prosesnya

Wah, Inilah 6 Dampak Negatif Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Inilah Dia 8 Tips Lindungi Anak Dari Dampak Buruk Internet

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Ini Dia 8 Marketplace Populer di Indonesia

Menjadi Kenyataan, Inilah Alat Canggih Doraemon yang Sudah Diciptakan

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.