Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

Salah satu investasi yang baik dilakukan untuk semua orang adalah restoran pizza khususnya jika ini dipersiapkan dengan baik. Untuk membka restoran pizza, maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah memilih resep pizza terbaik sekaligus menentukan jenis pizza yang akan anda sajikan di restoran. Untuk anda yang ingin memulai bisnis restoran pizza, sebaiknya simak rahasia sukses yang akan kami berikan kali ini supaya anda bisa sukses dan mendapatkan banyak keuntungan.

1. Buat Resep Pizza Autentik

Dengan begitu banyak restoran pizza sekarang ini, maka anda harus memutar otak agar bisa mendirikan restoran pizza yang berbeda. Memilih bahan bahan terbaik yang berkualitas menjadi salah satu kunci dalam menentukan rasa pizza yang akan anda buat.

Anda bisa berekperimen membuat toping untuk menghasilkan pizza yang autentik. Pastikan untuk selalu menuliskan resep secara detail ketika anda sedang menciptakan resep pizza yang berbeda supaya anda bisa membuat kembali resep pizza tersebut.

Sortir juga berbagai jenis pizza yang akan anda tampilkan dalam menu untuk menyempurnakan gaya pelayanan dan juga branding restoran yang anda miliki.Pastikan juga untuk mempersiapkan semua alat yang dibutuhkan, menentukan market, memilih staff berpengalaman sekaligus tentunya menyiapkan dana cukup agar bisa menghasilkan ide dalam membuka restoran pizza yang unik.

2. Brand dan Gaya Restoran

Memberikan konsep dan juga branding yang pas sangat bagus dilakukan untuk restoran. Tuliskan semua rencana bisnis dan kumpulkan dana yang cukup ketika akan membuka sebuah restoran pizza.

3. Pilih Gaya Pelayanan

Ada beberapa gaya atau style yang biasa diterapkan ke dalam restoran pizza dan keputusan yang akan dibuat tergantung dari berapa modal yang dimiliki, lokasi dan visi yang ingin anda capai.

  • Sit down: Ini merupakan restoran pizza dengan gaya pelayanan sit down yang bisa melayani konsumen dari semua kalangan. Konsep ini akan membantu anda dalam branding restoran dan juga membuat konsumen lebih nyaman dengan suasana restoran.
  • Delivery: Restora pizza gaya ini hanya akan melayani delivery untuk menambah kenyamanan para pelanggan yang tidak sempat untuk pergi ke restoran pizza. Akan tetapi, ada risiko besar yang harus dipikirkan yakni keamanan pengendara yang mengantar pizza ke rumah pelanggan. Beban biaya pengiriman pada pelanggan yang kemudian membuat harga pizza menjadi lebih mahal.
  • Take out: Ini merupakan gaya restoran pizza termurah karena tidak butuh peralatan terlalu banyak, ruang makan, alat makan dan berbagai alat lainnya. Akan tetapi kelemahan dari restoran pizza take out ini adalah harga menu yang ditentukan menjadi satu satunya nilai jual dari restoran anda.

4. Pilih Brand untuk Restoran

Ketika memilih brand untuk restoran pizza, maka anda harus putuskan gaya pelayanan apa yang akan anda pakai. Mulailah dengan restoran fast casual untuk menarik minat generasi muda atau dengan konsep restoran sit down yang lebih berkelas.

Selain menawarkan menu, konsep dari brand juga menjadi faktor utama untuk menarik perhatian konsumen. Untuk itu, sebaiknya pertimbangkan dengan baik mengenai konsep restoran pizza apa yang anda inginkan.

5. Buat Business Plan

Berikut ini adalah beberapa panduan dasar tentang yang harus anda lakuan dalam business plan restoran pizza. Business plan memegang peran penting agar bisa menjalani bisnis restoran pizza dengan baik sekaligus memperoleh keuntungan.

  1. Managment
  2. Executive Summary.
  3. Company Overview and Description.
  4. Market analysis.
  5. Business offerings.
  6. Marketing and public relations strategies.

6. Pilih Lokasi yang Tepat

Ketika anda sedang memilih restoran pizza, maka ada beberapa strategi yang bisa dilakukan dalam aplikasi untuk memperoleh lokasi yang terbaik seperti berikut ini.

Hindari kompetisi langsung dengan menjauhi restoran pizza lain terutama restoran pizza franchise yang sudah mapan. Carilah tempat yang memiliki akses mudah namun dengan laju kendaraan yang tidak terlalu cepat agar banyak orang yang bisa melihat restoran anda.

Pastikan juga lokasi yang anda pilih juga memiliki fasilitas parkir cukup luas untuk memikat para pelanggan agar datang ke tempat anda. Jelajahi demografi market serta pola makan di area yang sudah dipilih dan pastikan ada basis pelanggan yang tertarik dengan konsep estoran pizza pada lokasi tersebut.

7. Siapkan Peralatan

Peralatan yang diperlukan untuk membuka restoran pizza tergantung dari konsep restoran yang anda pilih. Berikut ini, ada beberapa peralatan penting yang harus anda persiapkan untuk membuka usaha restoran pizza.

  • Lemari pendingin.
  • Alat untuk menyiapkan adonan seperti dough sheeter, dough presses dan juga proofing cabinets.
  • Oven untuk memanggang pizza seperti conveyor ovens, impinger oven, convection oven, pizza deck oven atau brick pizza oven.
  • Alat untuk menyiapkan pizza seperti cutting boards, pizza cutters, serving utensils dan juga piring.
  • Alat untuk menyajikan pizza seperti pizza delivery bags dan pizza stands.

8. Karyawan yang Memenuhi Kualifikasi

Karyawan akan menjadi wajah dari sebuah restoran sehingga pastikan karyawan anda bisa mewakilinya dengan cara yang baik. Catilah orang dengan kepribadian hangat agar pelanggan bisa merasa nyaman ketika berinteraksi dengan karyawan.

Loyalitas juga menjadi aset yang sangat penting dalam kelangsungan sebuah bisnis. Bangun lingkungan kekeluargaan untuk menciptakan karyawan yang akan mencintai restoran dan juga pekerjaannya. Hargai juga mereka dengan memberi upah yang baik dan sharing bonus dari profit bisnis yang anda dapatkan.

9. Lakukan Promosi

Melakukan promosi di lingkungan sekitar restoran juga tidak kalah penting untuk dilakukan. Ada beberapa cara promosi yang bisa anda lakukan, seperti:

  • Gunakan media sosial: Buat akun Facebook dan Instagram untuk menarik perhatian para pelanggan dengan foto makanan, ambiance dan juga interaksi menyenangkan antara karyawan dan juga pelanggan.
  • Buat situs menarik: Situs website restoran harus bisa dengan mudah dinavigasi dan juga harus bisa mewakili konsep brand. Pastikan anda selalu update semua informasi penting dalam situs tersebut seperti alamat, nomor telepon, jam operasional dan juga menu.
  • Gabung dengan situs restoran: Mendaftarkan restoran pada situs pencari restoran akan memudahkan pelanggan untuk memperoleh info lengkap serta detaik tentang restoran pizza yang anda miliki. Ini nantinya akan meningkatkan kredibilitas restoran pizza dari unsur penilaian pihak ketiga.
  • Ajak pelanggan untuk promosi: Sebagai contoh mengajak pelanggan untuk promosi adalah dengan memberi ulasan di Google atau situs pencari restoran. Anda bisa emminta pelanggan untuk mengunggah foto ketika mereka makan di restoran anda yang disertai dengan reward pada pelanggan yang sudah melakukan promosi tersebut.
  • Buat email list: Kirim kupon dan juga promo spesial ke pelanggan anda lewat emaik yang berguna untuk menjaga hubungan dengan pelanggan yang sudah pernah mengunjungi restoran anda.
  • Berikan promo spesial pada pelanggan baru: Anda bisa memberikan makanan pembuka atau minuman ringan gratis pada pelanggan baru sehingga bisa menambah kesan tersendiri pada pengunjung restoran anda.
  • Grand opening: Grand opening bisa anda adakan sesudah soft opening yang bisa ditambahkan juga dengan penyelenggaraan acara spesial lain.

Artikel Terkait


Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Berburu Nikmatnya 11 Kuliner Pasar Glodok yang Legendaris

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Segar Asam Rujak Es Krim, Jajanan Unik Khas Kota Jogja

27 Makanan Ekstrem ini Terbuat dari Hewan, Miris!

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

10 Makanan Khas Malang Yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung Ke Malang

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak


Baca Juga

1 Balasan untuk artikel "Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza"

  • angga setiawan
    05 August 2019 22:03
    Saran sangat bermanfaat, di daerah saya penjual pizza masih jarang, mungkin tips ini bisa saya terapkan di sini. Terima Kasih.

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.