Populer Hingga ke Mancanegara, Inilah Game Buatan Indonesia yang Mendunia

img source: m.brilio.net

Tidak dapat dipungkiri, budaya game saat ini berkembang dengan sangat pesat. Di masa sekarang, game tidak lagi digunakan untuk sekadar main-main dan mengisi waktu luang, tetapi juga bisa menjadi sumber penghasilan yang serius. Hal ini kemudian memicu tumbuhnya gamer-gamer profesional dan tentunya developer game profesional.

Minat anak muda di era yang serba digital ini tidak hanya bertumpu pada cita-cita menjadi gamer profesional. Kenyataannya, banyak juga yang akhirnya meniti karir sebagai developer game. Siapa yang menyangka bahwa developer game asal Indonesia ternyata mampu menciptakan game yang populer, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri. Nah, berikut adalah beberapa game karya anak bangsa yang ternyata telah mendunia.

1. Dreadout (Digital Hapiness)

Anda penyuka sesuatu yang berbau horor? Dreadout bisa menjadi pilihan game horror yang tepat untuk Anda. Game buatan Digital Hapiness ini menghadirkan karakter bernama Linda yang terjebak dalam sebuah kota angker. Sesuatu yang membuat Dreadout terlihat unik adalah detail-detail pada game yang sangat Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari seragam SMA yang dipakai Linda, serta hantu-hantu seperti pocong dan kuntilanak yang muncul dalam game.

Dreadout mulai terkenal ketika dimainkan oleh salah seorang gamer populer di youtube, Pew Die Pie. Dreadout pun makin dikenal di kalangan gamer luar negeri. Game ini digemari karena memang membuat pemain berdebar-debar. Selain itu, hal lain yang patut diapresiasi adalah visual game yang bagus dan cerita yang menarik.

2. Tahu Bulat (Own Game)

Mendengar namanya saja kita pasti sudah yakin Tahu Bulat adalah game buatan Indonesia. Game ini mengangkat tema yang dekat dengan kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia, yaitu tahu bulat. Own Game telah mengambil langkah cerdas dalam menerapkan ide ini, dengan mengangkat nama tahu bulat yang memang sudah familiar di telinga orang Indonesia. Menariknya, dengan desain karakter dan permainan yang sederhana, Own Game mampu menawarkan game yang unik dan sangat Indonesia.

Saat ini, pengguna game Tahu Bulat sudah mencapai angka lima juta, bahkan telah menembus 30 besar Top Grossing di Google Play. Game ini juga pernah menyabet gelar Game of The Year dalam Game Prime Awards 2016 dan Guilty Pleasure dalam International Mobile Game Awards SEA 2016. Bahkan saking digemarinya, Tahu Bulat memiliki penggemar tersendiri di forum Playstore. Walaupun mengambil tema lokal, ternyata Tahu Bulat mampu menembus pasar internasional ya.

3. Infectonator: Survivors (Toge Production)

Game buatan Indonesia yang satu ini mengambil tema zombie. Anda akan ditempatkan dalam kondisi harus bertahan hidup di tengah infeksi zombie yang mewabah di seluruh dunia. Game ini memiliki konsep tentang strategi bertempur. Pemain harus menghabisi zombie-zombie yang mereka temui. Game ini memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi. Jika Anda ingin memenangkan game ini, penerapan strategi menjadi hal yang sangat penting.

Pada tahun 2012, Infectonator pernah menyabet penghargaan Best Game of the Year dan Best Browser Strategy and Simulator. Dengan peminat yang juga berasal dari luar negeri, game ini pun menyediakan beberapa bahasa seperti Inggris, Mandarin dan Arab untuk para pengguna asing. Rasanya tidak salah jika game ini disebut sebagai game buatan Indonesia yang mendunia.

4. Battle Box (Elago Tech)

Battle Box memiliki kemiripan dengan Plant vs Zombie, yakni konsep bertahan dari serbuan musuh. Namun, yang membuat Battle Box berbeda adalah penggunaan karakter dan nuansa khas Indonesia. Dalam game ini, pemain harus membantu Maya, seorang anak yang kehilangan barang di pasar gelap, untuk mendapatkan kembali barang yang hilang tersebut. Nah, dalam misi menemukan barang Maya yang hilang, pemain dapat menggunakan karakter-karakter unik dengan kekuatan tertentu seperti Gatot Kaca dan pasukan bambu runcing.

Meskipun bernuansa lokal, Battle Box tidak hanya digandrungi oleh penggemar game dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Dibandrol seharga $2.99, Battle Box sukses mencuri perhatian penggemar game.

5. Sage Fusion (Kidalang)

Berawal dari komik, Sage Fusion berkembang menjadi game. Sage Fusion memiliki grafik dan kualitas yang patut diapresiasi. Game yang dikembangkan Kidalang Studio ini menerapkan genre RPG, adventure dan visual novel. Mengambil tema fiksi sains, Sage Fusion menawarkan cerita yang menarik. Karakter dalam game ini akan menjelajahi kota Kapistad yang futuristik dan dapat menggunakan pilihan senjata perang untuk menghadapi pertempuran, serta berusaha memecahkan teka-teki di Kapistad.

Pada tahun 2013, Kidalang merilis Sage Fusion 2 dengan cerita yang lebih panjang dan rumit. Game ini kemudian berhasil menyabet juara di ajang Tizen App Challenge dalam kategori role-play and strategy di Barcelona, Spanyol dan menjadi satu-satunya game asal Indonesia yang mampu menyabet juara pertama. Pencapaian itu tentu saja membuat masyarakat Indonesia bangga.

6. Cute Munchies (Niji Games)

Cute Munchies merupakan salah satu game buatan Indonesia yang tidak mengambil konsep yang menunjukkan ciri khas Indonesia. Game ini dikembangkan oleh developer game asal Jogja yang akan memanjakan mata Anda dengan karakter-karakter yang imut dan menggemaskan. Itulah sebabnya game ini dinamakan Cute Munchies. Dari namanya saja sudah terdengar menggemaskan bukan?

Cute Munchies mengambil tema puzzle challenging. Karakter hewan yang lucu dalam game ini sedang kelaparan dan berusaha mencari makan. Tugas pemain adalah mengarahkan hewan lucu yang kelaparan ini menuju makanannya. Anda hanya perlu menavigasikan karakter lucu yang Anda mainkan dalam arena bermain dengan sapuan jari. Namun ketika membantu hewan lucu yang kelaparan itu mencari makan, Anda tidak boleh terkena rintangan yang ada. Nah, dalam game Cute Munchies ada banyak level yang bisa Anda mainkan. Semakin tinggi level yang Anda mainkan, akan semakin sulit pula permainan ini.

7. Not A Simulator For Working/NSFW (Gamechanger Studio)

Satu lagi game favorit buatan Indonesia, Not A Simulator For Working atau NSFW. Game ini dirilis oleh Gamechanger Studio pada akhir Oktober 2016. Game ini dirancang dengan konsep arcade game simulator yang menggambarkan suasana bersenang-senang pada saat jam kerja kantor. Pemain dituntut untuk berhati-hati agar tidak ketahuan rekan kerja atau bos jika tidak ingin dipecat. Dengan konsep yang sederhana tetapi menarik membuat game diminati oleh para gamer Indonesia maupun internasional karena cocok dimainkan di sela-sela waktu istirahat dan bisa dimainkan dengan santai.

Gamechanger Studio merilis versi Alpha dari NSFW pada Agustus 2016 dan telah difinalisasi dan dirilis di Steam pada 28 Oktober 2016. Pada perilisan versi Alpha, NSFW telah dimainkan oleh puluhan youtuber game terkenal di dunia dan sudah mendapatkan total tiga juta views dalam waktu singkat.

Nah, itu dia tujuh game buatan Indonesia yang mendunia. Tidak ada salahnya mencoba memainkan game-game tersebut sebagai hiburan dan juga bentuk apresiasi terhadap karya anak bangsa. Semoga ke depan muncul karya-karya terbaik anak Indonesia lainnya yang tidak kalah gemilang.

Artikel Terkait


Ini Dia 8 Artis yang Sukses Menjadi Seorang Youtuber

Ini Dia 8 Marketplace Populer di Indonesia

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Fitur Tersembunyi di Android yang Harus Anda Tahu

Mau Kirim Barang? Inilah 7 Jasa Pengiriman Barang Online Terpopuler di Indonesia

Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Tips Belajar Programming Untuk Pemula

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Wah, Inilah 6 Dampak Negatif Teknologi Dalam Kehidupan Sehari-hari

Inilah 8 Jejaring Sosial Media Terkenal di Indonesia

Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.