Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

Ketika ingin membeli properti sebuah hunian, maka anda tentu akan mendengar beberapa istilah tentang tipe tipe rumah yang terkadang membingungkan seperti rumah cluster dan townhouse. Para pengembang properti sering memasarkan proyek mereka sebagai salah satu dari kedua istilah tersebut sehingga anda sebagai calon pembeli harus benar benar paham tentang perbedaan antara keduanya.

Memiliki sebuah hunian juga butuh perencanaan yang baik dan tidak hanya untuk jangka pendek namun untuk jangka panjang. Dengan semakin meningkatnya permintaan hunian ideal sekarang ini, maka harga sebuah tempat tinggal juga terus mengalami peningkatan. Untuk itu, pastikan anda memilih tempat tinggal yang benar benar cocok dan sesuai.

Sebelum anda memutuskan untuk membeli salah satu dari tipe rumah tersebut, ada baiknya anda mengetahui lebih dulu tentang perbedaan rumah cluster dan townhouse supaya tidak menyesal di kemudian hari.

  1. Rumah Cluster Tidak Berarti Townhouse

Rumah Cluster Tidak Berarti TownhouseSebelum membahas lebih jauh tentang perbedaan antara rumah cluster dengan townhouse, sangat penting untuk memahami lebih dulu definisi dari dua tipe perumahan tersebut. Rumah cluster adalah kelompok rumah yang dibangun pada satu lingkungan dengan komposisi harmonis tanpa tambahan pagar yang memisahkan antara halaman rumah.

Akan tetapi biasanya hanya ada satu jalan akses masuk dan keluar yang akan dijaga petugas keamanan sehingga para penghuni akan terjamin dalam urusan keamanannya. Sementara untuk townhouse biasanya diartikan sebagai kompleks perumahan dengan jumlah unit terbatas yang ada di tengah kota dengan sistem layaknya rumah cluster di mana semua kompleks dilindungi dengan pagar atau tembok. Beberapa fasilitas penunjang yang disediakan untuk para penghuni townhouse bisa dikatakan cukup eksklusif dan megah seperti kolam renang, pudat kebugaran dan lain sebagainya.

  1. Pengertian Rumah Cluster dan Townhouse

Rumah cluster adalah rumah yang dibangun dalam kelompok di dalam satu lingkungan berbentuk rumah rumah yang serasi. Umumnya juga akan dilengkapi dengan pagar pembatas yang tinggi di sekeliling perumahan. Selain itu, sistem rumah juga terbuka atau dengan kata lain tidak ditambahkan dengan pagar yang menjadi batas antar rumah namun hanya dibatasi dengan tembok beton saja.

Sedangkan townhouse adalah kompleks hunian di tengah kota berisi rumah yang dibangun teratur namun dalam jumlah terbatas. Umumnya, townhouse mempunyai sistem tertutup atau one hate system. Townhouse juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa dipakai bersama sama penghuni kompleks tersebut.

  1. Kebijakan Desain Properti Hunian Berbeda

Jika anda lebih ingin rumah dengan tampilan yang bebas dirubah rubah, maka sebaiknya pilih jenis rumah cluster. Meski rumah yang dibeli sudah memiliki desain arsitektur tersendiri, namun anda juga bisa merenovasi rumah supaya desain arsitektur rumah bisa lebih sesuai dengan keinginan.

Sedangkan untuk townhouse, desain arsitektur rumah akan terlihat lebih megah dan cantik agar bisa disesuaikan dengan keseluruhan kompleks. Akan tetapi, berbeda dengan rumah cluster, biasanya townhouse tidak boleh direnovasi untuk tampilan depan rumahnya.

  1. Konsep Dasar Kompleks Perumahan Berbeda

Konsep Dasar Kompleks Perumahan BerbedaPada kompleks rumah cluster, hal yang paling diutamakan adalah sektor keamanan lingkungan tempat tinggal. Perumahan cluster memakai one gate system atau sistem satu akses yang akan dijaga ketat petugas keamanan selama 24 jam setiap hari.

Meski pada perumahan townhouse juga memakai one gate system sepertu rumah cluster, sistem townhouse yang ada di Indonesia menghadirkan perumahan eksklusif yang ada di tengah kota untuk memenuhi kebutuhan ekspatriat dan juga kaun elit yang ada di Indonesia.

  1. Jumlah Unit Rumah Pada Sistem Cluster dan Townhouse

Perbedaan rumah cluster dan townhouse berikutnya terlihat pada jumlah unit rumah yang ada pada satu kompleks perumahan. Komleks rumah cluster umumnya mempunyai luas kompleks yang cukup dengan jumlah unit yang bisa mencapai ratusan rumah cluster.

Sementara untuk perumahan dengan konsep townhouse, anda mungkin hanya akan menemukan sekitar belasan sampai puluhan unit rumah dalam satu kompleks. Ini tentunya jauh lebih sedikit dibandingkan dengan kompleks rumah cluster sebab konsep eksklusif yang dijadikan prinsip dan juga nilai jual lebih pada perumahan townhouse.

  1. Fasilitas Townhouse Lebih Eksklusif

Baik itu kompleks rumah cluster atau townhouse sama sama dilengkapi dengan banyak fasilitas untuk menunjang aktivitas para penghuninya. Dari mulai fasilitas olahraga seperti kolam renang, lapangan basket dan jogging track sampai area ruang terbuka hijau seperti taman dan bahkan danau buatan.

Akan tetapi pada rumah cluster, fasilitas fasilitas akan tersebar luas pada area kompleks perumahan dengan jumlah yang lebih terbatas. Pada perumahan townhouse, beberapa fasilitas yang tersedia adalah khusus untuk para penghuni cenderung lebih lengkap dan semuanya bisa dinikmati dalam satu kompleks yang sama.

  1. Perbedaan Type

Perbedaan berikutnya dari rumah cluster dan juga townhouse adalah dari segi type. Untuk perumahan cluster biasanya terdiri dari beberapa type dari mulai type paling kecil hingga paling besar dalam satu lingkungan. Sedangkan untuk perumahan townhouse tidak memiliki type kecil sebab biasanya memiliki konsep tingkat atau dua lantai.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster Vs Townhouse

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Cluster Vs TownhouseSebenarnya, kelebihan yang dimiliki konsep rumah townhouse dan juga cluster adalah sama sama menawarkan akses pintu masuk dengan sistem single gate atau satu pintu sehingga penghuni bisa merasa lebih tenang dan nyaman. Agar bisa lebih jelas, berikut kami berikan kelebihan hunian cluster dan townhouse yang bisa anda gunakan sebagai bahan pertimbangan.

Keamanan lebih terjamin: Single gate memungkinkan petugas untuk terus memantau akses masuk dan juga keluar dari perumahan.

Perumahan yang tertutup: Keduanya baik rumah cluster dan townhouse adalah sama sama merupakan jenis rumah yang tertutup sehingga sama sama tidak ada suara berisik pengendara umum, relatif tidak bising dan juga bisa meminimalisir debu.

Bisa lebih leluasa: Kelebihan dari rumah cluster dan townhouse selanjutnya adalah bisa memberikan keleluasaan untuk anak anak dari padatnya kendaraan umum sehingga mereka bisa bermain dengan lebih nyaman dan tenang pada fasilitas umum yang sudah disediakan dalam perumahan tersebut.

Menyediakan berbagai fasilitas: Berbeda dengan kompleks biasa, baik cluster dan juga townhouse umumnya sama sama menyediakan lapangan olahraga, tempat bermain, kolam renang, mushola dan berbagai fasilitas lainnya yang bisa digunakan secara bersama sama bagi penghuni komplek tersebut.

Menyediakan fasilitas penting: Jika anda membangun rumah sendiri, maka semua hal harus dilakukan secara sendiri dari mulai pemasangan listrik, air dan juga telepon. Namun untuk cluster dan juga townhouse biasanya beberapa fasilitas pemasangan tersebut sudah disediakan oleh pengembang.

Menambah prestise: Tinggal di cluster atau townhouse sama sama bisa memberikan prestise sendiri pada penghuninya.

Terkesan eksklusif: Karena pada rumah cluster atau townhouse sama sama terdiri dari rumah yang terbatas, maka akan terkesan lebih eksklusif jika dibandingkan dengan perumahan pada umumnya.

Sebenarnya, baik itu rumah cluster atau townhouse keduanya sama sama menguntungkan tergantung dari selera. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan kebutuhan dan juga budget yang dimiliki. Semoga bisa bermanfaat dan menambah informasi seputar jenis jenis rumah hunian yang cocok untuk anda.

Artikel Terkait


Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.