Penjelasan Lengkap Mengenai Pengertian, Persamaan Dan Perbedaan Dari Internet Dan Intranet

Di zaman yang sudah maju akan teknologi ini pasti semua orang sudah mengetahui apa itu internet. Akan tetapi masih banyak juga orang yang tidak mengetahui internet baik pengertiannya, fungsinya, dan manfaatnya.

Siapa yang tidak kenal dengan internet. Teknologi canggih ini sangat mempermudah segala urusan aspek kehidupan manusia seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, dan pekerjaan. Tidak jarang banyak orang yang sangat mengandalkan internet untuk mencari informasi, solusi dan pemecahan masalah.

Internet biasa digunakan banyak hal dalam kehidupan sehari-hari seperti contohnya untuk mengolah kata, mengolah kata, mengerjakan berbagai makalah, membuat tulisan, menonton video, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi manfaat dari internet yang bisa anda temukan.

Internet tidak hanya berguna mengolah kata dan angka. Akan tetapi internet juga bisa menjadi media komunikasi. Dimana anda bisa berkomunikasi dengan orang yang cukup jauh dengan media tertentu seperti email dan sebagainya. Saat ini internet juga sudah dikembangkan dapat menelpon video jarak jauh yang lebih memudahkan anda bercakap langsung dengan lawan bicara anda.

Internet memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia seperti mempermudah memperoleh informasi, kemudian sebagai perpustakaan raksasa, kemudian sebagai media komunikasi, media promosi dan publikasi, media bisnis dan masih banyak lagi manfaat yang didapat dari penggunaan internet.

Selain internet, ada intranet yang terlihat sama namun berbeda arti. Keduanya sebenarnya sama-sama berfungsi untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya. Dan pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penjelasan lengkap mengenai pengertian, persamaan dan perbedaan dari internet dan intranet.

Internet dan intranet merupakan dua kata yang sekilas tampak mirip namun ternyata kedua kata ini memiliki pengertian yang berbeda. Internet berasal dari kata ‘inter’ yang artinya ‘diantara’ sementara intranet berasal dari kata ‘intra’ yang berate ‘didalam’. Untuk lebih memahami apa itu internet dan intranet mari simak penjelasan berikut.

Internet

Internet merupakan sistem global yang menghubungkan seluruh jaringan komputer di seluruh dunia dimana jaringan komputer tersebut memiliki dan menggunakan TCP/IP (internet protocol) yang jelas valid. Internet umumnya terdiri dari berbagai macam jaringan komputer seperti jaringan private, jaringan akademik, jaringan publik, jaringan bisnis dan jaringan pemerintah.

Internet bisa dihubungkan melalui teknologi seperti optical, wireless atau teknologi elektronik. Informasi yang disebarkan melalui internet bersifat bebas. Itu artinya siapa saja boleh menerima informasi tersebut, semua orang bisa mengakses berbagai informasi di seluruh dunia ataupun mengunggah informasi tersebut.

Meski bebas, internet di setiap pemerintahan masing-masing Negara tentu memiliki kuasa untuk membatasi penggunaan internet tersebut seperti contohnya di Negara Indonesia ini sendiri, internet di Indonesia juga dibatasi dalam konten-konten seperti pornografi ataupun kekerasan.

Setiap komputer apapun yang terhubung dengan internet biasa memiliki alamat IP nya masing-masing sebagai tanda identifikasi. Alamat IP ini berupa rangkaian angka yang menandakan dimana lokasi komputer tersebut berada.

Intranet

Setelah membahas pengertian internet, selanjutnya kita membahas pengertian intranet. Intranet merupakan jaringan privat yang hanya bisa diakses oleh sebagian orang saja. seperti contohnya ada data informasi dari dalam sistem internal IT di sebuah perusahaan yang hanya dapat diakses oleh karyawan perusahaan itu sendiri dan data ini tidak akan tersedia dalam masyarakat umum meskipun jaringan perusahaan ini terhubung dalam internet.

Hal itulah yang membuat intranet hanya dapat diakses oleh sebagian orang dalam saja. tiap komputer yang menggunakan intranet juga memiliki IP uniknya masing-masing yang sudah terdaftar. Jadi, jika ada komputer dengan alamat IP asing berusaha masuk ke dalam jaringan intranet atau memasuki situs host intranet maka komputer tersebut akan ditolak aksesnya.

Kecepatan akses data dalam jaringan intranet ini tentu lebih cepat dibandingkan internet. Hal ini dikarenakan data tersimpan lokal dalam sistem perusahaan tersebut dan data ini tidak tersebar luas di berbagai server di penjuru dunia seperti halnya internet.

Intranet adalah cara yang paling aman untuk berbagi file, material, dokumen dan lain sebagainya karena intranet ini hanya dapat diakses oleh sebaigian orang dalam perusahaan ataupun organisasi. Penggunaan intranet juga dibatasi sehingga tidak semua orang bisa mengakses situs tertentu.

Sebelum membahas perbedaan dari internet dan intranet, tentu kedua jaringan ini juga memiliki persamaan seperti berikut:

  • Internet dan intranet merupakan sebuah sistem jaringan komputer yang menggunakan teknologi.
  • Internet dan intranet sama-sama dapat digunakan berhubungan antar komputer.
  • Internet dan intranet sama-sama menggunakan perangkat lunak protocol seperti TCP/IP dan HTTP sehingga keduanya sama-sama memiliki fasilitas email, FTP dan lain sebagainya.
  • Selain itu, aplikasi yang digunakan juga sama, baik internet ataupun intranet sama-sama menggunakan web browser yang sama dalam mengakses informasi
  • Internet dan intranet juga memiliki kesamaan pada audio atau visualnya.
  • Internet dan intranet juga sama-sama menggunakan teknologi berbasis firewall. Hal ini dikarenakan keduanya sama-sama merupakan suatu jaringan yang didalamnya terjadi distribusi informasi. Tentu keduanya memerlukan sistem keamanan untuk melindungi data yang didistribusikan. Dan itulah mengapa keduanya menggunakan teknologi keamanan yang sama yakni Firewall.

Setelah mengetahui pengertian dan persamaan internet dan intranet. Kemudian kita lanjut membahas perbedaan dari kedua jaringan tersebut seperti berikut ini:

Internet

  • Internet dapat diakses kapan saja, dengan siapa saja dan dimana saja. itu sebabnya internet dapat diakses bebas oleh seluruh manusia untuk mencari berbagai informasi di seluruh dunia.
  • Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang memiliki ruang lingkup yang sangat besar.
  • Informasi yang diakses dari internet umumnya tidak memiliki prosedur tertentu seperti teks, grafik, suara maupun video.
  • Perkembangan internet sangatlah cepat dan luas sehingga bisa diakses oleh pengguna dari berbagai tempat di penjuru dunia.
  • Jaringan internet merupakan jaringan yang sangat luas dan cepat.

Intranet

  • Intranet hanya dapat digunakan beberapa pengguna saja. penerapan internet di kehidupan sehari-hari bisa dilihat dari penggunaan intranet di sekolah, universitas, dan perusahaan.
  • Intranet tidak digunakan untuk umum sehingga penggunaanya dibatasi.
  • Internet merupakan sebuah jaringan yang hanya memiliki ruang lingkup kecil.
  • Informasi berita berupa prosedur tertentu atau kumpulan data dari intranet dapat dimasukkan ke dalam system pusat informasi berdasarkan HTML (Hyper Text Markup Language).
  • Perkembangan intranet relative lambat dan tidak dapat diakses dengan mudah oleh sembarangan orang.
  • Intranet memiliki jaringan yang tidak mencangkup luas atau disebut dengan ruang lingkup sempit.

Internet akan berguna dengan baik jika digunakan dengan baik dan tepat. Sedangkan jika dipergunakan untuk hal buruk maka internet tidaklah memberikan manfaat untuk anda. untuk itu, bijaklah dalam menggunakan internet dalam kehidupan sehari-hari. Penggunaan internet yang baik dan benar akan memberikan banyak manfaat untuk anda dan menambah ilmu serta wawasan anda.

Itulah pengertian, persamaan dan perbedaan dari internet dan intranet. Semoga artikel ini dapat menambah ilmu dan wawasan anda seputar teknologi mengenai internet dan intranet. Semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait


Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Cara Setting Private DNS di Android 9 Pie Solusi VPN Premium Gratis Selamanya

Tips Belajar Programming Untuk Pemula

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"

Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.