Pengertian Otomotif: Ruang Lingkup, Cabang Ilmu, Teknik dan Sistemnya

Pengertian Otomotif adalah sebuah istilah yang merujuk kepada hal-hal yang berhubungan dengan alat-alat transportasi, khususnya sepeda motor dan mobil. Teknik Otomotif mempelajari komponen kendaraan dan berbagai sistem yang mengaturnya.

Sedangkan secara etimologis, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi Otomotif bermakna sesuatu yang berputar dengan sendirinya. Memang jika merunut pada asal katanya yang sepertinya dari kata “oto” dan “motif”. Maka artinya menjadi “sendiri” dan “alasan”.

Pengertian Otomotif

img source: cnbcindonesia.com

Maksudnya adalah sesuatu yang mampu bergerak karena memiliki alasan tersendiri. Dan mudahnya adalah sesuatu bergerak karena ada sistem yang melandasinya. Yang tidak lain adalah sistem otomotif itu sendiri.

Ruang Lingkup dan Bidang Kajian Otomotif

Untuk ruang lingkup dan bidang kajian otomotif di Indonesia masih berkisar pada alat-alat transportasi yang umum ada di Indonesia, seperti sepeda motor, mobil, bus dan truk. Namun sebenarnya jika secara luas, otomotif juga bisa menjadikan kereta, kapal dan pesawat terbang sebagai objek kajiannya.

Karena jika dikembalikan lagi pada pengertian otomotif di atas, maka segala kendaraan transportasi sesungguhnya bagian dari ruang lingkung otomotif.

Meski begitu, memang ilmu teknik otomotif yang berkembang dan populer di Indonesia, serta banyak diajarkan masih sebatas pada kendaraan-kendaraan yang tidak begitu rumit mesin dan sistemnya, seperti motor dan mobil.

Pada akhirnya, bicara otomotif di Indonesia masih sangat kental akan kajian akan sepeda motor dan mobil belaka. Tentu ini juga berimplikasi pada output para tenaga otomotif yang mana banyak orang Indonesia dipekerjakan sebagai buruh-buruh di pabrik perakitan motor dan mobil milik perusahaan multinasional-global.

Pengertian otomotif yang masih sangat sederhana di Indonesia ini. Yang hanya berputar pada kendaraan-kendaraan roda dua dan empat bukanlah sesuatu yang harus diremehkan. Biar bagaimana pun kajian ilmu dan teknik otomotif di kurikulum pendidikan Indonesia sudah cukup baik.

Cabang-Cabang Ilmu dan Teknik Otomotif

Oleh karena ada batasan mengenai tren pembelajaran otomotif di Indonesia, maka ini menimbulkan cabang-cabang ilmu dan teknik otomotif dikemas untuk mengatasi problem-problem di bidang kendaraan sepeda motor dan mobil (truk dan bus masuk ke sini).

Ada cabang-cabang bidang keilmuan dan teknik otomotif secara keseluruhan, yaitu:

Planning

Perencanaan atau Planning adalah cabang dan pengertian otomotif yang membicarakan tentang perencanaan produk dan desain kendaraan-kendaraan bermotor. Di sini, seseorang akan belajar mengenai produk-produk pabrik yang akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan akan transportasi.

Developing

Pengembangan atau Developing di sini merupakan cabang dan pengertian otomotif yang mempelajari tentang bagaimana masterplan dari produk-produk yang akan dibuat. Agar produk ini bisa terus meningkatkan laba industri otomotif. Pemikiran akan varian-varian kendaraan juga bagian dari proses developing, yakni menciptakan inovasi baru. Proses developing sebenarnya dibagi menjadi dua, yaitu pra dan pasca produksi.

Manufacturing

Di sinilah cabang dan pengertian otomotif yang mulai mengarahkan pada proses produksi dan implementasi dari perencanaan dan ide-ide pengembangan produk. Kegiatan pabrik-pabrik perakitan motor dan mobil berada pada wilayah cabang manufacturing ini.

Maintenance

Bisa dibilang Maintenance menjadi cabang dan pengertian otomotif yang paling lemah dimengerti oleh kebanyakan pembelajar otomotif Indonesia. Masih banyak orang yang pandai merakit kendaraan, namun kesulitan untuk melakukan maintenance.

Ini semua dikarenakan karena adanya monopoli atas sparepart-sparepart kendaraan oleh pabrik-pabrik otomotif besar di luar Indonesia.

Ketika komponen atau sparepart kendaraan ini semuanya buatan luar negeri, jadi teknisi otomotif di Indonesia mau tidak mau harus mengimpornya dari luar. Ini akan meningkatkan biaya produksi pada akhirnya.

Sistem Otomotif Kendaraan

Ruang lingkup dan pengertian otomotif di Indonesia yang terbatas pada kendaraan-kendaraan pada sistem transportasi darat juga pada akhirnya mempengaruhi sistem otomotif secara keseluruhan.

Beberapa sistem yang masuk ke dalam kurikulum pembelajaran otomotif di Indonesia, baik merupakan pembelajaran resmi di lembaga pendidikan maupun otodidak adalah sebagai berikut:

1. Sistem Mesin

Pada sistem mesin, maka siswa otomotif akan mempelajari tentang bagaimana mesin dibuat dan mempengaruhi sebuah kendaraan. Mesin akan dipandang sebagai sistem yang dibuat oleh manusia.

2. Sistem Bahan Bakar

Kemudian pada sistem bahan bakar, maka akan mempelajari mengenai penggunaan bahan bakar dan emisi yang dihasilkannya.

3. Sistem Pengapian

Ignition System atau sistem pengapian ini masuk ke dalam tahapan produksi. Di sinilah akan dikupas mengenai bagaimana pemanasan mesin bisa terjadi.

4. Sistem Pendinginan

Cooling System wajib dimiliki oleh sebuah mesin yang bergerak. Karena tanpa sistem pendingin yang berjalan dengan baik, rasanya mustahil sebuah kendaraan bisa awet dan melaju secara aman dan normal.

5. Sistem Pemasukan

Maksudnya adalah mempelajari tentang bagaimana udara bisa masuk ke dalam tangki pengisian bahan bakar. Analisis tentang suhu dan tekanan udara amat berpengaruh menciptakan kendaraan yang safety dan lancar.

6. Sistem Pembuangan

Pada sistem pembuangan ini artinya membicarakan soal emisi dari bahan bakar juga. Asap kendaraan yang harus dikeluarkan melalui knalpot. Serta bagaimana membuat asap yang mengepul lebih ramah lingkungan.

7. Sistem Pelumasan

Tak lupa untuk membicarakan perihal pelumasan atau Lubricating System. Sebuah kendaraan itu harus punya sistem pelumas yang baik. Karena tanpanya, maka akan sangat sulit bagi rangka-rangka mesin motor untuk tetap berjalan dengan halus.

8. Sistem Keseimbangan Roda

Inilah sistem spooring yang mempelajari bagaimana roda dipasang dan berputar. Torsi dan kecepatan dikupas tuntas pada sistem ini.

9. Sistem Kemudi

Tentu saja sebuah kendaraan juga memiliki sistem kemudi. Dan kemudinya tidak bisa dibuat dengan sembarangan. Model kemudi sangat mempengaruhi bagaimana kenyamanan kendaraan saat digunakan.

10. Sistem Suspensi

Suspensi juga menjadi bagian dari otomotif yang dipelajari. Di sini dipelajari bagaimana gesekan antara roda dengan jalan dalam mempengaruhi guncangan yang terjadi.

11. Sistem Body Kendaraan

Ya, rasanya tidak lengkap kalau pengertian otomotif ini tidak dilengkapi dengan pemahaman akan body kendaraan. Rangka tubuh kendaraan sangat vital dan perlu dipikirkan baik-baik mengenai desain dan materialnya.

12. Sistem Listrik

Ketika bicara motor yang bergerak, maka sesungguhnya sedang bicara kelistrikan di sana. Pengubahan bahan bakar menjadi tenaga listrik yang mampu menggerakkan roda, ini tentu bagian dari sistem listrik dalam otomotif.

13. Sistem Pemindah Daya

Hal-hal mengenai transmisi dan rangkaian penggerak kendaraan dibahas di sini.

14. Sistem Jual-Beli

Ini adalah sistem yang kerap dilupakan anak-anak otomotif. Mereka juga seharusnya mempelajari mengenai bisnis otomotif. Bisa membuat, harus pandai menjualnya pula.

Dari berbagai uraian di atas, tentu seharusnya kini kita semakin paham tentang bagaimana sebenarnya pengertian otomotif.

Mari kita doakan saja semoga ilmu dan teknik otomotif di Indonesia bisa berkembang pesat dan lebih jauh. Yaitu tidak hanya berkutat pada urusan transportasi darat belaka. Tapi juga transportasi laut dan udara.

Banyak orang Indonesia yang bisa membuat mobil dan motor. Tapi tentu masih amat sedikit yang mampu membuat kapal dan pesawat terbang. Inilah gunanya pembelajaran otomotif yang progresif melampaui kemampuan di masa sekarang.

Artikel Terkait


13 Mobil Bekas Paling Banyak Dicari Tahun 2019

11 Jenis Ban Mobil Terbaik Untuk Melengkapi Performa Dengan Harga Terjangkau

Cara Ampuh Merawat Mobil Supaya Tidak Sering Masuk Bengkel

10 Rekomendasi Helm Stylish Untuk Perlindungan Saat Berkendara

Deretan Mobil Bekas Terbaik yang Bisa Anda Beli Dibawah 100 Juta

Sejarah Vespa, Scooter Piaggio yang Tak Lekang Usia

6 Vespa Matic Termahal di Indonesia, Harganya Ratusan Juta

9 Kriteria Mobil yang Cocok untuk Taxi Online

Cara Terbaik Merawat Aki Motor Agar Lebih Awet

6 Kendaraan yang Lazim Digunakan di Kota London, Inggris

Catatan Penting yang Harus Diketahui Saat Beli Mobil Lewat Lelang


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.