Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

https://www.fimela.com/lifestyle-relationship/read/3661616/mengejar-sunset-akhir-tahun-teromantis-di-labuan-bajo

Bagi anda yang baru pertama kali liburan di labuan Bajo dan bingung mempersiapkan hal-hal apa saja yang dibutuhkan, maka Panduan liburan di bawah ini akan sangat membantu. Mungkin masih banyak orang yang belum mengenal Labuan Bajo. Jika anda salah satunya, maka sangat disayangkan. Labuan Bajo kini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik dan mempesona yang mana menjadi pintu masuk menuju Taman Nasional Komodo. 

Wilayah ini memiliki pemandangan yang begitu menakjubkan, tampakan pulau-pulau kecilnya yang begitu mengangumkan dan banyak sekali ragam wisata alam serta budaya yang terbaik yang patut untuk dikunjungi. Ditambah lagi kini pemerintah setempat terus melakukan perbaikan berbagai fasilitas yang membuat wisatawan bisa nyaman liburan berlama-lama disini.

Transportasi Menuju Labuan Bajo

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa wisatawan gunakan untuk mengunjungi Labuan Bajo, mulai dari menggunakan kapal, pesawat, hingga jalur darat. 

Menggunakan Kapal Laut

Jika anda memilih perjalanan via laut, maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan datang ke Pulau Bali terlebih dahulu. Untuk perjalanan laut menuju Labuan Bajo hanya tersedia 2 kapal dengan waktu keberangkatan yang sudah terjadwal yaitu KM Wilis dan KM Tilongkabila. Jika anda memiliki menggunakan KM Wilis maka perjalanan akan dilakukan di sore hari. Sedangkan untuk KM Tilongkabila, perjalanan akan dilakukan di pagi hari. Untuk perjalanan menggunakan kapal laut memang lebih murah dengan biaya Rp 240.000. Biaya tersebut bahkan sudah termasuk fasilitas 3 kali makan. Tentunya ini akan sangat cocok bagi anda yang merencanakan liburan ala backpacker. 

Menggunakan Pesawat

Mungkin cara ini adalah yang paling sering digunakan bagi wisatawan yang akan pergi liburan di Labuan Bajo. Mudah dan bahkan tidak membutuhkan banyak waktu. Bagi anda yang menggunakan pesawat, biasanya anda akan transit di Pulau Bali terlebih dahulu karena standar Bandar Udara di Labuan Bajo masih berstandar pesawat terbang berukuran sedang. Sehingga beresiko bagi pesawat besar yang ingin mendarat. Setelah transit di Pulau Bali, nantinya perjalanan akan langsung dilanjutkan di Labuan Bajo. Untuk biaya yang dibutuhkan bervariasi, tergantung dari maskapai yang anda gunakan. Namun rata-rata berkisar antara Rp 700.000 hingga Rp 1.000.000. 

Menggunakan Via Darat

Ingin yang lebih menantang? mungkin anda bisa mencoba ke Labuan Bajo dengan jalur darat yang terbilang lebih rumit. Mengingat anda harus mengetahui bus-bus mana saja yang bisa mengantarkan anda menuju Labuan Bajo. Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui informasi detail mengenai perjalanan darat menuju Labuan Bajo hingga transit-transit yang dilewati. Sehingga anda tidak salah dan bisa sampai tujuan dengan selamat. Meskipun akan memakan waktu yang lama, namun keuntungannya adalah biaya yang dikeluarkan akan jauh lebih murah dibandingkan 2 cara diatas. 

Transportasi Di Labuan Bajo

Selama berlibur di Labuan Bajo, tentu saja penting untuk mencari informasi detail mengenai akomodasi apa saja yang akan digunakan selama disana. Mulai dari transportasi hingga penginapan yang digunakan. Untuk transportasi, anda bisa memilih angkutan umum seperti bemo dan taksi motor yang banyak tersedia di dalam kota. Hanya saja transportasi umum ini beroperasi hingga jam 21.000 WITA saja. Anda pun bisa mencoba menyewa mobil atau motor untuk berkeliling di setiap tempat wisata yang ada di daratan Flores. Dan jika anda ingin berkeliling mengunjungi pulau-pulau yang ada di Labuan Bajo, maka jangan lupa untuk mencari informasi mengenai penyewaan kapal cepat dan kapal motor yang tersedia di Pelabuhan.

Sebisa mungkin pesan jasa-jasa penyewaan tersebut jauh-jauh hari sebelum jadwal liburan di Labuan Bajo. Hal ini karena jasa penyewaan seperti ini cukup laris manis dan jangan sampai anda tidak mendapatkannya. Jangan lupa menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Meskipun harganya yang murah namun kualitas terbaik, mengapa tidak?

Penginapan Di Labuan Bajo

Tak seru jika anda tidak bermalam di Labuan Bajo, apalagi ada banyak pilihan wisata yang terbaik yang wajib dikunjungi saat anda berada di wisata ini. Tak perlu khawatir masalah penginapan, ada banyak pilihan penginapan yang bisa anda gunakan untuk bermalam. Mulai dari homestay hingga resort, semuanya tersedia disini. Anda tinggal menyesuaikannya dengan budget yang anda miliki. Jika anda ingin liburan yang hemat budget, maka anda bisa memilih homestay dengan harga yang terjangkau. Namun jika anda menginginkan liburan dengan suasana yang berbeda, banyak resort dan hotel berbintang yang menawarkan fasilitas terbaik serta pemandangan yang begitu indah yang bisa dilihat dari jendela kamar. Seperti misalnya, Ayana Komodo Resort, Plataran Komodo Beach Resort, Kanawa Island Resort, dan masih banyak lainnya bisa jadikan pilihan. 

Tips Selama Liburan Di Labuan Bajo

Untuk anda yang berencana mengunjungi wisata Labuan Bajo, tips-tips informatif di bawah ini akan sangat membantu. 

1. Pilih Waktu Liburan Yang Terbaik

Sebenarnya, anda bisa liburan di Labuan Bajo kapanpun anda inginkan. Namun jika anda memilih tanggal liburan yang terbaik, tentunya liburan anda juga akan semakin seru dan menyenangkan. Bulan Juni-Juli merupakan waktu yang terbaik jika ingin berkunjung ke Labuan Bajo. Kondisi cuaca pada bulan-bulan ini cukup bagus karena tak sering hujan maupun terlalu panas. Jadi jika memang anda memiliki waktu libur saat bulan Juni atau Juli, maka manfaatkan waktu ini untuk liburan di Labuan Bajo. 

2. Jangan Lupa Menggunakan Sunblock

Saat liburan di Labuan Bajo, jangan lupa untuk menggunakan sunblock. Mengingat kawasan wisata yang anda kunjungi akan membuat anda harus terkena paparan sinar matahari. Apalagi jika anda berlibur saat musim kemarau, jangan lupa untuk membawa sunblock, kacamata hitam, dan topi untuk antisipasi. Namun jika anda malas membawanya, anda masih bisa membelinya di supermarket di kota maupun toko yang ada di hotel. 

3. Siapkan Fisik Yang Tangguh

Jika anda ingin menikmati semua wisata alam yang ada di Labuan Bajo, tentu saja anda harus mempersiapkan fisik yang tangguh. Mengingat hampir semua aktivitas seru yang ada di Labuan Bajo merupakan perjalanan fisik. Mulai dari menyelami keindahan bawah laut hingga trekking ke puncak bukit. Jadi jika kondisi fisik anda benar-benar fit, maka liburan anda akan berjalan lancar. 

4. Bawa Uang Cash Secukupnya

Akan lebih baik jika anda membawa uang cash secukupnya saat liburan di Labuan Bajo. Jangan berharap jika anda mudah menemukan mesin ATM di wilayah ini. Hal ini dikarenakan Labuan Bajo menajdi wilayah yang dapat dikatakn belum terlalu maju. Jadi agar liburan tetap menyenangkan tanpa perlu khawatir kehabisan uang, maka akan lebih baik untuk membawa uang cash yang cukup sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk membawa "uang kecil", siapa tahu jika anda membutuhkannya untuk tip ke pelayan resto atau membeli makanan ringan dan minuman di warung. 

Panduan tips diatas tentunya akan sangat bermanfaat bagi anda yang baru pertama kali akan berlibur di Labuan Bajo. Yang terpenting adalah anda harus mempersiapkan rencana liburan anda jauh-jauh hari sehingga kegiatan yang anda rancang bisa berjalan lancar. 

 

 

 

Artikel Terkait


Tips Terbaik Saat Persiapan Untuk Travelling

5 Wisata Hits di Nusa Penida Bali

Jalan-Jalan di Singapura ala Crazy Rich Asians

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

Inilah 8 Tempat Belanja di Yogyakarta yang Murah Meriah

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Inilah 13 Tempat Wisata Pantai di Bali yang Tidak Boleh Terlewatkan

Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

Inilah 8 Tempat Wisata di Malang yang Seru Untuk Dikunjunggi

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.