Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

img source: pixabay via pexels.com

Siapa yang tidak ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal? Sebagian orang melakukan diet ketat demi mendapatkan tubuh yang langsing agar penampilan terlihat lebih baik. Namun tanpa disadari diet ketat justru membuat Anda tersiksa karena tidak mudah untuk dilakukan. Selain itu, Anda perlu usaha yang konsisten agar berhasil menurunkan berat badan.  

Selain mengatur pola makan dan melakukan diet sehat, Anda perlu mengimbangi usaha Anda dengan cara berolahraga. Olahraga secara rutin akan membantu Anda dalam pembakaran kalori dan membuat diet Anda menjadi lebih efektif. Tidak hanya itu, tubuh Anda pun menjadi lebih kencang. Namun banyak yang masih keliru dalam usaha menurunkan berat badan karena kurang tepat dalam memilih jenis olahraga yang sesuai dan tidak dilakukan secara rutin.

Nah, apa saja olahraga yang sesuai untuk menurunkan berat badan? Berikut kami rangkum jenis olahraga yang bisa Anda lakukan sehari-hari untuk mendapatkan bentuk badan ideal.

Lari

Lari atau jogging adalah olahraga yang paling sederhana dan sering dijadikan pilihan untuk olahraga sehari-hari. Tidak mengherankan, walaupun sederhana olahraga lari memiliki banyak manfaat terutama untuk menurunkan berat badan. Apalagi jika dilakukan secara teratur, olahraga lari tidak hanya akan membakar kalori Anda dan mencegah obesitas tetapi juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan meningkatkan stamina.

Anda tidak harus memaksa diri untuk lari jarak jauh. Sebagai permulaan, Anda bisa melakukan olahraga ini dengan keliling kompleks atau lapangan olahraga dan sesuaikan dengan kemampuan Anda. Anda bisa meningkatkan intensitas lari secara bertahap. Untuk hasil yang optimal, cobalah untuk lari pagi atau sore kira-kira 30 menit sebanyak tiga kali seminggu.

Berenang

Berenang merupakan salah satu olahraga air yang menjadi favorit banyak orang. Selain olahraga lari, berenang juga membantu Anda untuk membakar kalori yang berlebih dalam tubuh. Hal itu dikarenakan berenang memungkinkan Anda untuk menggerakkan seluruh tubuh secara aktif sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Tidak hanya itu, berenang juga membantu pembentukan otot Anda terutama otot lengan, paha, punggung dan dada. Jadi tidak hanya sekadar untuk menurunkan berat badan, bentuk tubuh Anda pun akan menjadi lebih baik.

Selain bermanfaat untuk kardio dan membentuk postur tubuh, olahraga renang ternyata juga baik untuk kesehatan jantung dan paru-paru Anda, sekaligus menurunkan risiko penyakit diabetes. Anda bisa melakukan olahraga air ini secara rutin selama 30 sampai 60 menit saat weekend atau dua sampai tiga kali seminggu untuk mencapai hasil optimal.

Lompat Tali (Skipping)

Lompat tali atau skipping adalah olahraga sederhana lainnya yang mudah untuk dilakukan. Olahraga ini juga dapat dilakukan dimana saja. Meski sederhana, lompat tali juga sangat efektif dalam membakar kalori dan tentunya bisa Anda coba untuk menurunkan berat badan. Kombinasikan olahraga ini dengan pola makan yang sehat, maka Anda akan mendapat hasil yang optimal. Melakukan lompat tali selama satu jam per hari diketahui mampu membakar hingga 900 kalori. Jadi dengan bermodal tali skipping saja, usaha Anda untuk menurunkan berat badan akan menjadi semakin optimal. Lengan dan kaki Anda pun akan terlihat lebih ramping.

Aerobic

Nah, yang satu ini menjadi favorit kaum hawa. Aerobic juga dikenal sebagai olahrga yang sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Aerobic diminati karena memiliki gerakan yang lincah dan dinamis sehingga olahraga ini sangat cocok dilakukan dalam sebuah grup atau kelompok besar. Tidak ada salahnya Anda mencoba olahraga ini bersama teman-teman agar lebih semangat. Anda bisa melakukannya di rumah dengan menonton video tutorial di internet atau di tempat gym karena hampir semua gym membuka kelas aerobic untuk anggota. Olahraga ini juga sering menjadi pilihan untuk digelar pada even-even tertentu dan tentunya sangat seru untuk dilakukan bersama-sama.

Ketika melakukan aerobic, Anda akan mengeluarkan banyak keringat karena semua bagian tubuh bergerak aktif sehingga dapat memaksimalkan pembakaran kalori. Lakukan secara rutin dua sampai tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil optimal. Anda tidak hanya akan mempunyai tubuh yang lebih langsing, tetapi juga jantung yang lebih sehat dan penampilan yang tampak lebih awet muda.

Kick Boxing

Olahraga yang satu ini cocok untuk Anda yang menginginkan hal menantang dan memerlukan banyak energi. Belakangan kick boxing banyak diminati dan mulai dicoba sebagai alternatif olahraga untuk menurunkan berat badan. Para selebriti banyak memilih olahraga ini untuk menjaga berat badan agar tetap ideal dan turut andil dalam mempopulerkan olahraga ini.

Kick boxing merupakan olahraga yang memungkinkan Anda untuk bergerak aktif dengan melibatkan kedua tangan dan kaki. Seluruh tubuh akan merasakan efek dari gerakan meninju dan menendang sehingga membantu Anda dalam proses pembakaran kalori. Jika dilakukan secara rutin, Anda tidak hanya akan dapat menurunkan berat badan, tetapi juga membentuk otot-otot pada tubuh sehingga badan menjadi lebih atletis. Selain itu, kick boxing juga termasuk jenis olahraga kardio yang dapat meningkatkan stamina Anda. Jika berminat, Anda bisa mengikuti kelas kick boxing di tempat gym atau privat dengan memanggil seorang personal trainer.

Bersepeda

Bersepeda juga termasuk olahraga yang cocok untuk menurunkan berat badan. Bahkan tak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga membentuk otot perut. Sebagai permulaan, Anda bisa rutin bersepeda santai di lingkungan sekitar rumah. Walaupun bersepeda santai, hal itu dapat membantu membakar sekitar 364 kalori per jam. Anda juga bisa mencoba sepeda statis dan bisa dilakukan di gym yang menyediakan sepeda statis. Bahkan ada kelas khusus yang dinamakan RPM atau rapid power motion yang bisa Anda ikuti yang efektif membakar lemak tubuh. Di kelas RPM, Anda akan menggunakan sepeda statis dengan kecepatan dan waktu tertentu yang dipandu oleh seorang trainer dan diiringi musik yang membuat Anda makin bersemangat. Jika rutin melakukannya, usaha Anda dalam menurunkan berat badan akan semakin optimal karena RPM dapat membakar 600 kalori dalam sejam. Olahraga ini juga cocok untuk Anda yang ingin menjaga berat badan tetap ideal dan meningkatkan kekuatan otot.

Hiking

Bagi Anda yang menyukai kegiatan alam, hiking bisa menjadi pilihan untuk Anda dalam usaha menurunkan berat badan. Jika Anda bosan lari keliling kompleks atau lari di treadmill, Anda bisa mencoba hiking yang akan memberi suasana baru untuk Anda. Ketika hiking Anda tidak hanya membakar kalori, tetapi juga bisa menikmati pemandangan alam sekitar sehingga badan dan pikiran menjadi fresh. Hiking ternyata dapat membakar 546 kalori per jam. Bonusnya, Anda akan memiliki otot kaki yang lebih kuat dan tentunya lebih dekat dengan alam.

Nah, ternyata ada banyak pilihan kan untuk menurunkan berat badan? Pilihlah olahraga yang paling nyaman untuk Anda atau mulai dari yang paling mudah Anda lakukan. Jika Anda melakukannya secara rutin, Anda tidak hanya akan mendapatkan berat badan yang ideal, tetapi juga tubuh yang sehat dan stamina yang bagus. Maka dari itu, biasakan diri untuk bergerak aktif dan hindari bermalas-malasan demi kesehatan tubuh Anda.

Artikel Terkait


Brain Food, Makanan untuk Kecerdasan Otak Anda

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Ini Dia 10 Tips Pola Hidup Sehat Bagi Orang yang Sibuk

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

Inilah 11 Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Tanpa Perlu Obat-Obatan, 10 Cara Ini Ampuh Menurunkan Demam Anak Secara Alami Dan Cepat

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

Beberapa Hal dalam Diri Kita yang Paling Mempengaruhi Kesehatan

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.