Ngopi Cantik di Bali Pulina Coffee Plantation Bali

Photo Source: instagram.com/princesslyn671

Bali Pulina Coffee Plantation menjadi salah satu tempat wisata hits dan instagramable di Bali. Tidak seperti tempat nongkrong atau tempat ngopi lainnya, Bali Pulina menawarkan atmosfer berbeda bagi Anda pencinta kopi.

Jika biasanya Anda menikmati kopi di kafe-kafe kekinian dengan interior unik, Bali Pulina justru mengajak Anda menikmati kopi di alam terbuka. Bayangkan diri Anda menyesap kopi dengan pemandangan hijau dari perkebunan kopi di sekeliling Anda. Inilah yang menjadi daya jual Bali Pulina.

Berada di daerah Sebatu, Gianyar yang merupakan daerah penghasil kopi, pada awalnya Bali Pulina merupakan perkebunan kopi dan cokelat. Kemudian muncul ide untuk mengembangkan Agrowisata pada 2011 untuk mendukung petani lokal dan memberikan edukasi pada masyarakat dalam memperkenalkan produksi kopi lokal. Bali Pulina pun lalu terus berkembang, banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung ke perkebunan kopi dan cokelat yang terawat ini.

Nah, apa saja yang bisa Anda lakukan di Bali Pulina Plantation Coffee? Apa daya tarik agrowisata ini? Mari simak lebih lanjut segala hal tentang Bali Pulina Plantation Coffee yang akan membuat Anda ingin segera berkunjung.

1. Tempat Ngopi dengan Pemandangan Indah

Photo Source: instagram.com/patriciaheny

img source: instagram.com/patriciaheny

Jika Anda menginginkan pengalaman minum kopi yang berbeda, Anda wajib mencoba ngopi di Bali Pulina. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Bali Pulina berada di tengah perkebunan kopi yang menawarkan tempat ngopi di alam terbuka dengan udara segar dan pemandangan hijau di sekitar. Atmosfer yang menyejukkan ini akan membuat Anda ingin berlama-lama menikmati kopi.  

Tidak hanya pemandangan perkebunan kopi yang menyegarkan, di seberang Bali Pulina adalah lembah dengan hamparan sawah berundak-undak dan deretan pohon kelapa yang indah. Seolah tidak cukup menyajikan pemandangan yang indah, terdapat aliran sungai yang membelah Bali Pulina dan areal persawahan di seberangnya. Tentunya Anda tidak ingin melewatkan tempat ini saat berlibur di Bali kan?

2. Kopi Luwak yang Menjadi Andalan

Photo Source: instagram.com/hari.balitours

img source: instagram.com/hari.balitours

Bali Pulina memiliki kopi luwak sebagai komoditas unggulan. Anda tidak usah heran ketika berkunjung kemari Anda akan melihat kandang luwak. Kopi luwak memang membutuhkan luwak dalam proses pembuatan kopi. Luwak-luwak ini diberikan makanan berupa biji kopi tua hasil petikan petani lokal di perkebunan kopi setempat.

Setelah melewati proses dimakan luwak terlebih dahulu, biji-biji kopi tersebut kemudian melewati saluran pencernaan luwak dan dikeluarkan berupa kotoran. Kopi yang berasal dari kotoran luwak kemudian dibersikan dan diolah menjadi kopi luwak. Soal rasa tidak usah diragukan lagi. Racikan kopi luwak yang mantap dan nikmat ini sudah terkenal di kalangan pencinta kopi. Jadi tidak hanya proses pengolahan yang unik, cita rasa kopi luwak pun sangat enak.

Proses pengolahan kopi yang sedikit berbeda menyebabkan kopi luwak dihargai dengan sangat mahal. Bahkan kopi luwak di Bali Pulina termasuk kopi luwak termahal di dunia, yakni $100 per 450 gram. Jika Anda tertarik mencoba kopi luwak, datanglah ke Bali Pulina karena kopi luwak yang disajikan di sini adalah kopi luwak asli dan fresh.  

3. Tur Keliling Bali Pulina Plantation Coffee

Photo Source: instagram.com/balipulina

img source: instagram.com/balipulina

Bali Pulina sebagai agrowisata menawarkan edukasi bagi pengunjung. Sebelum menikmati kopi yang enak, saat masuk ke Bali Pulina Anda akan tur lebih dulu dengan ditemani seorang pemandu yang ramah untuk melihat-lihat perkebunan kopi.

Di Bali Pulina Anda akan belajar tentang proses pengolahan kopi mulai dari yang mentah hingga menjadi siap seduh, terutama kopi luwak yang menjadi andalan Bali Pulina. Mula-mula Anda akan melihat luwak-luwak di dalam kandang dengan biji kopi yang menjadi makanannya. Anda lalu diajak melihat tempat menyangrai dan menggoreng kopi yang menggunakan kayu bakar dan diproses tanpa minyak. Setelah itu terdapat ruangan untuk menumbuk biji kopi dan menyaring bubuk kopi dengan menggunakan sidi atau saringan tradisional.

Anda tidak hanya akan melihat proses pengolahan kopi, tetapi juga diberi kesempatan untuk mencoba bagaimana cara menggoreng, menumis dan juga menyaring kopi. Sebelum menikmati kopi, tidak ada salahnya Anda mencoba pengalaman baru cara mengolah kopi.

4. Mencicipi Berbagai Jenis Minuman

Photo Source: instagram.com/foodtrackmind

img source: instagram.com/foodtrackmind

Selain belajar bagaimana cara mengolah kopi, di Bali Pulina Anda bisa mencicipi berbagai jenis minuman secara gratis dengan syarat Anda harus menukarkan tiket masuk Bali Pulina kepada petugas di warung atau kedai kopi di Bali Pulina. Inilah kesempatan Anda untuk minum kopi di alam terbuka yang menyegarkan dengan pemandangan yang mempesona.

Pelayan akan menyajikan delapan jenis minuman untuk Anda dan camilan khas Bali sebagai teman minum kopi. Delapan jenis kopi yang bisa Anda cicipi antara lain lemon tea, ginger tea, ginger coffee, ginseng coffee, chocolate coffee, pure coffee, vanilla coffee dan Bali coffee yang disajikan dalam gelas-gelas kecil. Agar makin nikmat, Anda bisa menyantap pisang goreng dan camilan khas Bali seperti pisang rai dan keripik nangka.

5. Kembang Kopi Stage yang Instagramable

Photo Source: instagram.com/balipulina

img source: instagram.com/balipulina

Wisata ke Bali Pulina tidak hanya membuat Anda untuk menyesap kopi nikmat di tengah perkebunan kopi dan cokelat yang asri, tetapi juga menawarkan tempat yang hits dan instagramable. Di Bali Pulina ada spot Kembang Kopi Stage yang dikhususkan untuk pengunjung yang ingin berfoto.

Kembang Kopi Stage dibangun dengan struktur panggung kayu. Posisi panggung sedikit menjorok di atas lembah dengan pohon besar di tengah, memiliki bentuk seperti daun dan juga dilengkapi dengan bangku kayu. Latar belakang Kembang Kopi Stage sungguh mempesona, yakni bukit hijau dan sawah berundak yang cantik. Jadi tidak heran para pengunjung Bali Pulina pasti menyempatkan diri untuk berfoto di Kembang Kopi Stage.

6. Fasilitas Bali Pulina Plantation Coffee

Photo Source : https://akato.co.id/read/5-hal-menarik-yang-bisa-anda-lakukan-di-bali-selain-bermain-di-pantai/978

img source: akato.co.id 

Selain Kembang Kopi Stage, Bali Pulina menyediakan fasilitas lain terutama bagi Anda yang datang bersama anak-anak. Di sini ada tempat menggambar dan bermain musik untuk anak-anak. Jadi selain mengedukasi Anda tentang kopi, anak-anak pun belajar berkesenian di tengah-tengah lingkungan yang alami. Anda pun tidak usah khawatir selama Anda menikmati kopi, anak-anak pun bisa melakukan kegiatan positif.

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh, di Bali Pulina terdapat toko souvenir di Shop Area Bali Pulina. Anda pun bisa mengantongi teh, kopi dan cokelat untuk dibawa pulang.

7. Harga Tiket Masuk Bali Pulina Plantation Coffee

Bali Pulina yang buka dari pukul 07.00 - 19.00 mematok harga Rp100.000 untuk tiket masuk. Harga tersebut sudah termasuk tur keliling perkebunan kopi dan mencicipi delapan jenis minuman khas Bali Pulina. Memang sedikit mahal, tetapi Anda akan mendapat pengalaman ngopi yang berbeda sekaligus belajar tentang pengolahan kopi itu sendiri.

Bagi Anda yang sedang merencanakan atau tengah berlibur di Bali, datanglah ke Bali Pulina Plantation Coffee di Desa Sebatu, Kecamatan Tegagalang, Gianyar. Anda hanya perlu berkendara sejauh kurang lebih 8 kilometer ke arah utara dari Ubud. Berada di sekitar kawasan pariwisata Ubud, Anda pun bisa berkunjung ke Tegalalang Rice Terrace atau merasakan pengalaman romantis dengan bermalam di Hanging Garden Ubud.

Artikel Terkait


Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

Inilah 8 Tempat Wisata di Malang yang Seru Untuk Dikunjunggi

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

The Lodge Maribaya, Wisata Hits Dan Instagramable Di Kota Bandung

Jalan-Jalan di Singapura ala Crazy Rich Asians

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

11 Wisata Gratis di Korea Selatan Paling Populer

Wisata Sambil Mengenal Berbagai Hewan Purba Di Museum Zoologi Bogor


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.