Motivasi dan Tips Bagi Anda Para Pebisnis

Photo src: Geulgram app

Anda mungkin ingin memulai bisnis atau sedang mengembangkan bisnis. Tapi, seringkali, berbagai hambatan menggangu laju perkembangan bisnis Anda. Oleh karena itu, simak 10 tips untuk Anda.

1.Punya visi dan tujuan

Langkah paling awal untuk memulai sebuah bisnis besar setidaknya adalah sebuah tujuan dan visi kecil yang sangat jelas. Visi dan tujuan Anda memulai bisnis akan menentukan kemana arah bisnis Anda berkembang. Anda bisa membuat visi dan tujuan yang sesuai dengan semangat hidsup Anda. Misalnya, bisnis ini akan saya kembangkan menjadi raksasa untuk membuat orang tua saya bangga selama mereka masih hidup. Atau tujuan luhur lainnya seperti ingin memfasilitasi hidup orang yang kita sayangi. Tujuan membantu Anda tetap semangat dan pantang menyerah walau krisis melanda.

Sedangkan visi adalah apa yang ingin Anda capai dalam bisnis Anda. Misalnya menjadi bisnis terkenal dan tersebar dimana mana. Atau, visi lainnya seperti ingin membangun bisnis dengan lingkup sampai ke internasional. Semakin hebat visi Anda, semakin Anda berjuang keras setiap harinya. Gunakan visi dan tujuan untuk membakar semangat Anda

2.Cari pengalaman bukan uang

Investasi leher keatas dikenal lebih bermanfaat daripada leher ke bawah. Maksudnya adalah berinvetasilah untuk otak Anda , daripada untuk kesenangan diri sendiri. Orang sukses umumnya lebih mengutamakan pengetahuan dan pengalaman dibanding kemudahan mencari uang. Orang yang hebat adalah orang yang berani bekerja keras untuk mencapai tujuannya. Jika tujuan utama Anda memulai bisnis hanya karena ingin kaya, maka niscaya bisnis Anda tidak akan berkembang.

Taruh ambisi ingin kaya di urutan kesekian, sebaliknya tempatkan hal hal seperti ingin mencari sebanyak mungkin pengalaman hidup, belajar bekerja keras atau belajar tentang kerasnya hidup sebagai hal yang paling Anda cari dalam bekerja.

3.Sukses butuh usaha

Mental adalah faktor utama yang akan mempengaruhi bisnis Anda. Tidak pernah ada orang sukses yang bermental lemah. Seperti kabur setiap ada masalah. Masalah yang membuat Anda menjadi lebih hebat. Masalah yang membuat bisnis Anda punya harga dan nilai.

Semua orang bisa membuka bisnis, tapi hanya sedikit yang bisa benar benar mengembangkan bisnis mereka. Banyak yang menyerah ketika bisnis mereka dilanda masalah. Banyak yang berhenti hanya karena mendapat kerugian terus menerus. Mereka merasa sudah terjebak dan tidak bisa keluar. Ujung ujungnya mereka merasa ini bukan bisnis yang tepat untuk mereka. Hal semacam inilah kenapa bisnis yang mereka bangun tidak pernah bisa sukses. Mereka mudah menyerah dan tidak mau memberikan usaha ekstra. Padahal mungkin, jika Anda berusaha lebih keras sedikt, masalah bisa perlahan lahan memudar. Percayalah, usaha tidak pernah mengkhianati hasil.

4.Jangan takut gagal

Hal yang paling menghambat Anda berkembang adalah takut gagal. Anda tidak akan bisa memulai apa apa kalau terus terusan takut salah dan gagal. Memang, kadang kita merasa peluang untuk berhasil sangat tipis. Kita merasa kalau kita gagal, kita bisa rugi dan buang buang waktu. Cara berpikir seperti ini harus Anda buang jauh jauh mulai sekarang.

Untuk itu, cobalah lebih pikirkan manfaatnya daripada resikonya. Kegagalan selalu ada, tapi cobalah amati kegagalan dari segi positifnya. Misalnya, dengan gagal, kita jadi punya pengalaman, naluri dan pengetahuan lebih banyak daripada sebelumnya. Intinya, jangan anggap kegagalan sebagai musuh, tapi anggap dia sebagai guru.

5.Jangan takut ambil resiko

Kadang, berbagai kesempatan bisnis mendatangi Anda. Tapi, berbagai resiko sering kali membuat kita ragu mengambil kesempatan tersebut. Memang maklum jika kita semua tidak ingin rugi. Tapi, tidak berani mengambil resiko sebenarnya adalah kerugian terbesar. Jika Anda tidak pernah mengambil kesempatan, Anda tidak akan pernah punya peluang untuk maju. Peluang Anda memajukan bisnis adalah 0% . Sebaliknya, jika Anda mengambil kesempatan beresiko tersebut,peluang bisnis Anda untuk maju menjadi 50%. Memang ada peluang untuk rugi 50%, tapi pebisnis yang hebat tidak pernah takut rugi.

6.Jatuh berkali kali

Taukah Anda berapa kali Thomas Alva Edison gagal menciptakan lampu pijar pertama? Dalam salah satu biografinya, dia menyebutukan bahwa dia gagal hampir 999 kali dan berhasil di percobaan ke 1000. Maksudnya jelas, untuk mencapai sesusatu yang besar dibutuhkan pengorbanan yang besar juga. Untuk mencapai di posisi teratas, ada banyak hal yang akan menjatuhkan kita. Entah tekanan dari dalam, dari luar bahkan juga dari pekerjaan tersebut. Tapi percayalah, yang membuat bisnis Anda menarik adalah pengalamannya berjuang bersama Anda menghadapi serangkaian masalah.

7.Percayakan ada orang lain

Jangan terlalu mudah percaya, tapi juga jangan terlalu menutup diri. Manusia diciptakan sebagai mahluk sosial. Anda akan kewalahan jika mengembangkan bisnis Anda sendirian. Oleh karena itu, cobalah untuk memercayai orang lain. Gunakan naluri bisnis Anda setiap ingin menggantungkan pekerjaan Anda ke orang lain. Tidak semua orang memiliki karakter yang sama. Jika kali ini Anda bertemu pengacau, bisa jadi untuk selanjutnya Anda akan bertemu dengan partner paling setia untuk bisnis Anda. Jadi, cobalah untuk percaya pada orang lain, gunakan naluri Anda dan jangan mencoba mengatasi semuanya sendiri.

8.Ingat orang yang Anda sayang

Saat dalam masalah, ingatlah orang yang Anda sayang. Anda bisa bertemu atau mengobrol dengan mereka, bisa untuk menanyakan solusi bisa juga hanya sekedar mendengar suara mereka. Obrolan hangat dengan orang yang kita sayangi dipercaya mampu menghilangkan stress, menciptakan ide baru dan mengembalikan semangat Anda. Mereka bisa menjadi sumber kekuatan Anda dalam menjalankan bisnis yang kerap kali naik turun. Dan jangan lupakan mereka ketika Anda sudah berada di puncak.

9.Jangan hiraukan orang lain

Pernah mendengar cerita katak yang tuli? Cerita itu mengisahkan banyak katak yang terjebak dalam lobang yang dalam. Teman teman katak yang berada di luar lobang mengatakan bahwa lobang tersebut terlalu dalam dan mustahil di lompati. Banyak katak akhirnya putus semangat dan tidak pernah mencoba melompat. Tapi seekor katak berhasil melompat keluar. Sebenarnya kunci katak tersebut bisa keluar adalah karena dia tuli. Pelajarannya, ketika kita terlalu mengurusi pendapat orang lain, bisnis kita malah akan terbengkalai. Jangan hiraukan orang lain, berjalanlah menurut apa yang Anda percayai sebagai kebenaran.

10.Santai dan nikmati pekerjaan Anda

Hal paling penting lainnya adalah menikmati pekerjaan dan bisnis yang Anda kembangkan. Maka, sebisa mungkin ciptakan bisnis yang sesuai passion dan bakat Anda, bukan hanya karena penghasilannya besar. Nikmati pekerjaan dan cobalah bersikap santai kala bisnis sedang naik daun ataupun ketika sedang dilanda masalah. Karena selain menunjukkan kesan profesionalitas, bersikap santai membantu Anda menemukan solusi dengan lebih baik. Maksud santai disini bukan bermalas malasa, tapi santai dalam arti tidak terlalu panik dan tetap tenang meski keadaan memburuk.

Demikian 10 motivasi dan tips tips bagi Anda yang ingin memulai atau sedang mengembangkan bisnis. Tentunya dalam mengembangkan bisnis, bukan iq, bukan modal, bukan pula ijazah yang paling dibutuhkan. Tapi, karakter dirilah kunci kesuksesan bisnis An

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.