Modal Terpenting yang Harus Disiapkan Untuk Membuka Toko Es Krim

Cuaca di hampir sebagian wilayah Indonesia yang sangat panas membuat usaha toko es krim menjadi bisnis yang bagus untuk dijalankan ditambah lagi es krim sendiri sudah menjadi dessert yang tidak hanya disukai anak anak namun juga orang dewasa. Meski begitu, seperti bisnis yang lainnya anda juga harus memikirkan beberapa hal jika ingin menjalankan bisnis yang satu ini. Ada banyak aspek yang harus anda pikirkan dari mulai konsep toko, pemasaran hingga keunikan dari rasa dan jenis es krim yang akan anda sajikan.

Untuk anda yang tertarik untuk memulai bisnis es krim, berikut beberapa modal terpenting yang harus anda siapkan.

  1. Pahami Bisnis Es Krim dengan Baik

Anda tidak bisa hanya mengandalkan membaca berbagai buku tentang cara membuka toko es krim yang sukses, namun juga harus benar benar mengerti tentang seluk beluk dari toko es krim. Untuk itu, cobalah gali pengalaman anda lebih dulu yang salah satu caranya bisa dilakukan dengan bekerja di toko es krim.

Pelajari semua alur dari mulai staff, inventory, marketing, pemesanan dan berbagai hal lainnya sebab pelaku bisnis es krim yang sudah menjalankan usahanya selama bertahun tahun adalah mentor terbaik yang bisa anda dapatkan.

Anda tidak harus magang atau bekerja di sebuah toko es krim dalam waktu yang lama, namun maksimalkan waktu yang anda miliki, banyak pertama dan bangun juga kedekatan dengan pelanggan sehingga bisa memahami apa saja yang mereka sukai dari toko es krim tempat anda bekerja. Semua informasi ini nantinya bisa anda jadikan modal utama sebelum terjun langsung ke bisnis es krim.

  1. Siapkan Rencana

Banyak toko es krim yang berujung bangkrut akibat rencana bisnis yang dibuat belum matang. Supaya bisa terhindar dari masalah ini, maka sebaiknya luangkan waktu, usaha dan juga pikiran lebih banyak untuk meneliti lebih mendalam sehingga business plan yang anda buat sudah benar benar matang.

Ketika membuat rencana bisnis, maka ini menjadi waktu anda untuk memutuskan toko es krim seperti apa yang anda inginkan, apakah toko es krim franchise atau artisan, mau dijual dengan truck atau membuka gerai es krim di mall, bagaimana dengan target market serta rasa dan topping es krim apa saja yang ingin anda sajikan.

Semuanya ini hanya sebagian kecil dari pertanyaan yang harus anda jawab di dalam rencana bisnis toko es krim. Jika anda bisa menetapkan keputusan, budget dan harapan dengan detail, maka anda bisa menghemat banyak waktu dan tenaga di kemudian hari.

  1. Siapkan Budget

Untuk budget yang harus dipersiapkan saat ingin membuka toko es krim sebetulnya tergantung dari keputusan anda seperti toko permanen atau memilih food truck yang jauh lebih murah.

Namun, jangan hanya memikirkan tentang biaya tempat saja, anda juga harus memikirkan berbagai biaya lain seperti sertifikat dari badan pengawas makanan, ijin, perlengkapan toko sampai biaya marketing.

Selain itu, anda juga bisa memanfaatkan lembaga yang menawarkan pinjaman dana untuk pelaku bisnis. Anda juga bisa mengurangi pengeluaran dengan cara sederhana seperti selalu menutup pintu kulkas ketika sedang tidak dipakai, hindari menyimpan bahan terlalu banyak atau memakai perlengkapan toko bekas pakai yang masih memiliki kualitas baik.

  1. Pilih Produk Es Krim

Ketika sampai pada memilih produk es krim yang anda jual, maka jangan sampai anda salah mengambil keputusan karena bisa mengganggu bisnis. Sebaiknya pikirkan dengan baik toko es krim seperti apa yang inginkan, apakah toko es krim high end, frozen yogurt shop, artisanal shop, creamy dan lain sebagainya.

Jangan sampai kebingungan tersebut membuat anda menyediakan terlalu banyak jenis es krim. Meski memang ini bisa dijadikan daya tarik pelanggan, akan tetapi ini juga berarti anda harus lebih banyak menyimpan berbagai perlengkapan untuk membuat es krim tersebut.

Anda juga harus memikirkan tentang harga untuk setiap porsi es krim yang akan anda jual. Sebagian pemilik toko es krim biasanya akan menaikkan harga hingga 25% sampai 30?ri harga bahan baku yang dipakai. Hal ini harus dilakukan supaya anda bisa menutupi biaya operasional yang lainnya.

  1. Tentukan Lokasi

Lokasi yang anda pilih untuk membuka toko es krim akan tergantung dari model bisnis yang ingin anda jalankan. Jika anda ingin berkeliling memakai ice cream truck, maka anda bisa mengunjungi beberapa area seperti venue acara olahraga, taman dan perumahan agar bisa menemukan pelanggan. Namun jika anda ingin membuka toko es krim permanen, maka pilih lokasi strategis, mudah dilihat, ramai, mudah diakses dan juga memiliki tempat parkir yang cukup.

  1. Cari Supplier

Ketika ingin membuka toko es krim, maka anda banyak perlengkapan yang harus anda persiapkan seperti etalase display, cone holder, freezer, rak penyimpanan dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk itu, pastikan anda mencari supplier terbaik yang bisa menyediakan barang barang berkualitas namun tetap dengan harga terjangkau.

Mendapatkan bahan baku dari supplier akan sangat menguntungkan karena anda bisa mendapat harga lebih murah dan juga kualitasnya pun terjaga sebab biasanya supplier sudah melakukan penyaringan ketat untuk produk mereka sebelum akan dikirimkan pada klien atau vendor sebagai pemesan.

  1. Lakukan Promosi

Meski rasa es krim yang anda tawarkan sangat enak, namun ini tidak akan berarti jika anda tidak memiliki pelanggan tetap sehingga langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mempromosikan bisnis toko es krim yang anda miliki.

Ada dua cara yang bisa anda lakukan yakni cara konvensional dan juga cara modern yang keduanya sama sama penting. Contohnya untuk cara konvensional, anda perlu signage yang memperlihatkan keberadaan toko es krim anda dan bagikan juga voucher spesial supaya semakin banyak orang yang tertarik untuk berkunjung ke toko es krim milik anda.

Sementara untuk cara modern, maka anda bisa menggunakan media internet. Buatlah website yang bisa memberikan informasi penting tentang toko es krim yang anda miliki seperti alamat, menu dan juga jam operasional. Buat juga akun media sosial di Instagram atau Facebook supaya anda bisa terhubung langsung dengan para pelanggan.

  1. Cari Style dan Design

Mencari ide desain yang bisa mewakili toko es krim memang menjadi hal yang tidak mudah dilakukan. Untuk itu, anda bisa bekerja sama dengan graphic designer untuk membuat logo toko es krim anda. Cari juga inspirasi sebanyak mungkin dari berbagai toko es krim dalam dan luar negeri yang sudah cukup terkenal.

  1. Lakukan Eksperimen untuk Rasa Es Krim

Sebaiknya, anda jangan pernah takut untuk berekperimen tentang rasa dari es krim yang akan anda jual. Cicipi setiap rasa es krim yang anda hasilkan untuk mendapatkan rasa terbaik dan lakukan juga penelitian tentang selera pasar.

Jika saat ini sedang trend rasa es krim keju, green tea, red velvet, pisang jagung dan lainnya, maka anda juga bisa menyajikan rasa es krim tersebut di dalam toko. Pastikan juga untuk selalu menggunakan komposisi yang tepat sehingga kelembutan es krim akan terasa pas di lidah konsumen. Selain itu, lakukan eksperimen juga untuk berbagai bentuk es krim yang unik sehingga bisa menarik pelanggan lebih banyak.

  1. Fokus Pada Target Usia

Memulai bisnis es krim juga harus menentukan target usia yang anda incar mengingat ada banyak kalangan yang bisa menjadi calon konsumen tetap anda. Es krim yang memiliki rasa manis, lembut an menyegarkan ini tidak hanya disukai anak anak namun juga oleh orang dewasa. Untuk itu, tentukan dulu target usia yang anda inginkan sehingga es krim yang anda buat tidak salah sasaran.

Artikel Terkait


Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

14 Jenis Sate Unik dan Nikmat Luar Biasa Asli Indonesia

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

Liburan ke Turki? Inilah 15 Makanan Halal Khas Turki

15 Negara dengan Kuliner Terenak di Dunia

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.