Menjadi Kenyataan, Inilah Alat Canggih Doraemon yang Sudah Diciptakan

img source: buzzworthy.com

Anda yang menghabiskan masa kecil di tahun 90an pasti sangat familiar dengan Doraemon. Tokoh kartun dengan bentuk menyerupai kucing yang lucu ini selalu muncul di layar kaca setiap hari Minggu. Doraemon digemari karena menyajikan cerita lucu bersama Nobita yang selalu meminta Doraemon untuk mengeluarkan alat-alat canggih. Permintaan Nobita bukannya tanpa alasan. Dia sering diganggu Suneo dan Giant sehingga memerlukan bantuan alat-alat canggih Doraemon dari kantong ajaib agar bisa membalas keusilan dua temannya.

Alat-alat canggih Doraemon memang membuat anak-anak pada masa itu takjub. Kita mungkin membayangkan seandainya alat-alat tersebut menjadi kenyataan, tentu hidup menjadi lebih mudah. Ternyata tanpa kita sadari di masa sekarang sudah ada beberapa teknologi yang mirip dengan alat-alat canggih Doraemon. Bahkan mungkin ada yang sudah bisa kita gunakan sehari-hari. Nah, berikut ini kami rangkum berbagai teknologi yang mirip dengan alat yang keluar dari kantong ajaib Doraemon.  

Konyaku Penerjemah

Konyaku digunakan oleh Doraemon sebagai alat penerjemah. Robot masa depan itu menggunakan Konyaku ketika berpetualang ke negeri asing. Alat canggih tersebut berbentuk gel yang bisa dimakan oleh pengguna sehingga membuat si pengguna paham dengan segala jenis bahasa.

Nah, di masa sekarang alat untuk menerjemahkan bahasa memang tidak berbentuk gel, melainkan berupa mesin penerjemah, yakni Google Translate. Pengguna dapat memanfaatkan mesin yang mampu menerjemahkan lebih dari 100 bahasa ini melalui jaringan internet.

Jika dulu kita harus mengetik kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan pada mesin translator melalui media komputer, kini sudah lebih canggih karena kita bisa menggunakan media gambar yang lalu diterjemahkan dengan menggunakan aplikasi pada ponsel pintar. Selain itu, kita cukup menyebutkan kata atau kalimat yang ingin diterjemahkan dan mesin translator pun akan menyuarakan hasil terjemahannya. Dengan fungsi yang penting, Google Translate bisa dikatakan sudah sangat biasa digunakan oleh masyarakat sekarang dalam kehidupan sehari-hari.

Mecha Maker (Printer 3 Dimensi)

Mecha Maker merupakan alat canggih dari kantong Doraemon yang dapat mencetak benda apa pun dalam bentuk tiga dimensi. Doraemon mengeluarkan alat canggih tersebut ketika Nobita menginginkan mainan kapal dengan remote control. Untuk mencetak benda dalam bentuk tiga dimensi, Doraemon terlebih dahulu memasukkan gambar desain kapal ke dalam Mecha Maker untuk dicetak. Kemudian mainan kapal remote control untuk Nobita pun bisa diwujudkan. Alat yang menarik bukan?

Nah, alat canggih ini kini sudah beredar di pasaran. Alat yang memiliki fungsi serupa dengan Mecha Maker ini disebut printer 3 dimensi atau 3D printer. Cara untuk membuat bentuk tiga dimensi kurang lebih sama. Terlebih dahulu kita harus memasukkan gambar melalui program bernama CAD di komputer yang sudah disambungkan ke printer 3 dimensi.

Printer 3 dimensi dapat mencetak bentuk dengan sejumlah material dan umum digunakan oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang desain. Namun, komponen-komponen yang dicetak tidak bisa langsung digunakan karena harus dirakit terlebih dahulu. Anda sudah bisa menjumpai alat canggih ini di toko-toko online. Jika Anda membutuhkannya, Anda harus merogoh kocek sekitar Rp3.000.000 sampai Rp13.000.000 per unit.

Satelit Pribadi

Doraemon memiliki alat canggih berupa satelit pribadi yang bisa digunakan untuk memata-matai seseorang. Melalui satelit pribadi ini, Doraemon bisa mengetahui kegiatan apa yang sedang dilakukan oleh target melalui sebuah visualisasi pada layar.

Di masa sekarang, alat canggih seperti satelit pribadi milik Doraemon ini bisa Anda temukan pada aplikasi tertentu. Aplikasi tersebut antara lain Google Maps, Google Latitude dan Google Earth. Anda bisa menangkap citra atau visual melalui satelit milik Google. Hanya saja, penggunaan aplikasi Google tersebut tidak selalu cocok dengan kondisi terkini dan apa yang Anda lihat mungkin adalah visualisasi kondisi pada waktu-waktu sebelumnya. Namun, dengan Google Latitude Anda bisa mendeteksi kemana saja seseorang pergi secara real time tetapi Anda tidak bisa melihat visualisasinya.

Ensiklopedia Serba Tahu

Nobita yang selalu mengalami kesulitan saat mengerjakan PR membutuhkan alat canggih yang satu ini. Doraemon pun mengeluarkan Ensiklopedia Serba Tahu dari kantong ajaib untuk membantu Nobita. Ensiklopedia ini berupa sebuah mesin canggih yang digunakan dengan perintah suara dan mampu menjawab berbagai macam pertanyaan.

Di kehidupan nyata, dahulu ensiklopedia berbentuk buku yang tebal. Namun kini Anda tidak perlu membuka ensiklopedia berwujud buku tersebut untuk mencari tahu sesuatu. Anda bisa menggunakan mesin pencari yang lebih canggih, yakni Google Search dan Wikipedia. Informasi apa pun yang ingin Anda ketahui bisa Anda temukan di mesin pencari Google. Dengan adanya mesin pencari serba tahu ini, kita tidak perlu kesulitan lagi dalam menggali informasi karena dapat diakses dimana pun dan kapan pun selama tersambung dengan koneksi internet.

Sarung Tangan Super

Giant adalah salah satu tokoh dalam kartun Doraemon yang sering mengganggu Nobita dan berbadan tambun. Nobita yang lemah tentu tidak dapat melawan Giant. Maka dari itu Doraemon mengeluarkan sarung tangan super dari kantong ajaib yang bila dikenakan dapat meningkatkan kekuatan seseorang hingga berkali lipat. Rasanya anak-anak pencinta kartun ini pun menginginkan sarung tangan tersebut untuk menjadi seorang jagoan.

Di masa sekarang, sarung tangan super milik Doraemon memiliki kesamaan fungsi dengan exoskeleton. Namun bedanya adalah jika sarung tangan super hanya dipakai untuk bagian tangan dan lengan, exoskeleton dipakaikan pada seluruh tubuh. Exoskeleton sendiri ternyata mampu meningkatkan kekuatan genggaman tangan dan sedang diuji untuk bisa diterapkan di bidang tertentu seperti militer dan medis. Karena masih dalam tahap pengembangan, alat canggih ini belum diproduksi secara massal.

Saringan Air Laut

Alat canggih Doraemon berupa saringan air laut muncul di episode Petualangan Atlantis. Alat canggih tersebut merupakan sebuah alat berbentuk sedotan yang bisa mengubah air laut menjadi air minum. Tentu alat ini sangat berguna ketika seseorang berada di tengah laut dan tidak perlu khawatir jika kehausan.

Di kehidupan nyata, ternyata ada alat canggih yang memiliki fungsi serupa. Alat canggih yang dikembangkan pada 2017 ini ditemukan oleh peneliti asal Institut Teknologi Massachusetts (MIT) berupa alat portabel yang dapat menyaring air laut. Alat canggih tersebut bekerja dengan metode reverse osmosis dan dapat membuat air laut yang asin menjadi air layak minum. Nah, apakah Anda tertarik menggunakan alat ini ketika sedang berada di tengah laut?

Itulah beberapa alat canggih milik Doraemon yang ternyata menjadi kenyataan di masa sekarang. Meskipun tidak sama persis, tetapi alat-alat tersebut memiliki kesamaan fungsi dengan alat-alat yang dipakai di masa sekarang. Bahkan, bukan sesuatu yang tidak mungkin di masa mendatang alat-alat ini akan semakin berkembang dan lebih canggih. Bisa jadi alat canggih milik Doraemon lainnya juga bisa diwujudkan pula membantu aktivitas manusia.

Artikel Terkait


Beragam Manfaat Internet Yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Peranan Teknologi Dalam Dunia Pendidikan

Ini Dia 10 Manfaat Sosial Media Untuk Masyarakat

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Android atau iOS, Lebih Baik Mana?

4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Fitur Tersembunyi di Android yang Harus Anda Tahu

Inilah Dia 8 Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Kehidupah Sehari-hari

Wajib Tahu! Inilah 8 Teknologi Canggih Terbaru

Seberapa Penting Teknologi Dalam Aspek Kehidupan Manusia?

Inilah 8 Jejaring Sosial Media Terkenal di Indonesia

Travel Marketplace Indonesia "Travabook"


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.