Menikmati Indahnya Warna Warni Bunga Di Taman Bunga Nusantara

Tidak akan ada habisnya membahas tempat wisata di kota Bogor. Ya, kota Bogor memang menjadi pilihan siapa saja untuk mengisi waktu liburan. Kota yang disebut sebagai kota hujan ini memang masih terjaga kelestarian alamnya. Cuacanya yang sejuk dan segar membuat kota ini menjadi favorit para wisatwan sehingga tidak heran jika kota Bogor tidak pernah sepi pengunjung dari kota manapun khususnya wisatawan asal Jakarta.

Kota Bogor memang menjadi pilihan tepat bagi orang kota untuk mengisi waktu libur. Kota ini dinilai sebagai kota yang mampu menyegarkan mata dan melepas penat bagi siapa saja yang mengunjungi kota hujan ini.

Banyak wisata yang bisa didatangi saat berkunjung ke kota Bogor baik wisata alam, wisata sejarah, wisata edukasi dan lain sebagainya. Namun, pada pembahasan kali ini akan dibahas mengenai salah satu tempat wisata di kota Bogor yang memiliki keindahan bunga-bunga berwarna warni. Apalagi kalau bukan Taman Bunga Nusantara.

Taman bunga nusantara menjadi salah satu tempat wisata yang menjadi favorit pengunjung. Taman bunga nusantara menjadi taman terbesar yang ada di Jawa Barat atau bahkan di Indonesia. Tempat wisata yang memiliki luas lahan sebesar 35 hektar ini dibagi menjadi beberapa bagian yang bisa anda kunjungi satu per satu.

Taman bunga nusantara terletak di Jalan Mariawati Km 7, Desa Kawungluwuk, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Bogor, Jawa Barat. Dari pusat cianjur anda bisa menempuh jarak kurang lebih 21,7 kilometer. Jika anda menaiki kendaraan maka anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 50 menit.

Harga tiket masuk tempat wisata taman bunga nusantara cukup terjangkau hanya sebesar Rp. 40.000,- per orang. Harga tiket sewaktu-waktu bisa berubah tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Untuk jam operasional tempat wisata ini yakni mulai pukul 08.00 – 17.00 jadi anda tidak perlu khawatir tempat wisata tutup jika anda datang karena taman bunga nusantara buka pada pagi hari dan tutup pada sore hari.

Di taman bunga nusantara terdapat sekitar 23 hektar lahan yang digunakan sebagai taman-taman bunganya, dan 7 hektar lahan yang diolah sebagai playground anak. Dan 2 hektar lainnya digunakan untuk tempat pembibitan. Sisa lahannya dibuat sebagai beberapa penginapan, restoran dan ruang serbaguna.  

Taman bunga nusantara bukanlah tempat wisata baru di kota Bogor. Taman bunga nusantara menjadi taman bunga tertua yang ada di Indonesia. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan taman bunga nusantara dibangun sejak terpilhnya Ibu Dani Bustanil Arifin sebagai ketua Yayasan Bunga Nusantara di tahun 1992.

Sebagai ketua yayasan bunga nusantara, Ibu Dani Bustanil Arifin memprakarsai berdirinya taman bunga nusantara yang bertujuan sebagai area argowisata di kota Bogor. Pembangunan taman bunga nusantara membutuhkan waktu sekitar 3 tahun lamanya.

Taman bunga nusantara ini dulunya di resmikan oleh Presiden Republik Indonesia yakni Presiden Soeharto. Sampai saat ini taman bunga nusantara menjadi satu-satunya taman bunga yang tidak pernah sepi pengunjung. Terlebih saat lahan taman bunga nusantara diperluas. Tentu semakin banyak lagi pengunjung yang datang. Sehingga taman bunga nusantara menjadi tempat wisata favorit bagi para wisatawan.

Taman bunga nusantara dibagi menjadi beberapa bagian seperti  berikut ini:

  • Taman air

Di taman air anda akan melihat banyak tumbuhan air yang berasal dari berbagai tamanan di dunia. Di beberapa titiknya anda juga akan melihat teratai waksasa berbentuk nampan besar yang mengambang di atas air taman tersebut. Terdapat patung dinosaurus juga di area ini. Uniknya dinosaurus ini dibuat dari berbagai tumbuhan dan bunga. Banyak tumbuhan yang ada di taman air yang mampu membuat pengunjung terpesona akan keindahannya.

  • Taman labirin

Kemudian ad ataman labirin. Di taman ini pengunjung akan dikenakan biaya tambahan. Namun jangan khawatir karena biaya nya tidak akan mahal. Disini pengunjung akan disuguhkan pemandangan labirin yang unik, disini pengunjung bisa bersantai di dalam labirin sekaligus bermain.

  • Taman perancis

Di taman perancis, pengunjung akan disuguhkan taman dengan cirri khas taman yang ada di perancis. Disini semua ditata dengan bersih, rapid an serasi yang membuat nyaman pengunjung yang datang. Tidak lupa banyak pengunjung yang mengabadikan moment di taman bunga nusantara dengan mengambil gambar.

  • Taman jepang

Di taman jepang anda akan disuguhkan pemandangan taman bergaya jepang yang dimulai dari pintu masuk hingga bangunan lainnya yang tampak indah.

  • Taman bali

Di taman bali tidak kalah indah, disini pengunjung akan merasakan sensasi berada di bali. Ada banyak ragam bunga yang ada di taman bali. Selain itu, disini juga dibangun bangunan khas bali seperti salah satunya gapura khas bali dan masih banyak lagi.

  • Rumah kaca

Di rumah kaca pengunjung dapat menemukan berbagai jenis bunga yang berasal dari berbagai Negara. Luas rumah kaca ini sekitar 2000 meter dimana tempat ini ditata dengan sangat rapi mulai dari cahaya, kelembapan dan suhu udara sehingga membuat pengunjung yang datang merasa nyaman berada di dalamnya. Uniknya, tanaman yang ada di rumah kaca sebenarnya tanaman yang tidak seharusnya tumbuh di Negara Indonesia. Namun dengan adanya rumah kaca yang suhunya sudah diatur dapat membuat tanaman yang ada di rumah kaca bisa tetap hidup dengan baik.

  • Menara padang

Selain tumbuhan dan bunga-bunga, di tman bunga nusantara terdapat menara padang yang yang membantu anda melihat seisi taman bunga nusantara dari atas menara padang. Menara padang ini memang dibangun sebagai salah satu icon di taman bunga nusantara yang tidak boleh anda lewatkan.

Sebenarnya masih banyak taman yang bisa anda temukan di taman bunga nusantara. Anda juga tidak perlu khawatir soal fasilitas yang tersedia di taman bunga nsantara juga terbilang cukup lengkap. Fasilitas yang terdapat di taman bunga nusantara meliputi:

  • Area parkir yang luas
  • Toilet
  • Tempat ibadah
  • Poliklinik
  • Ruang serbaguna
  • Gazebo
  • Restoran
  • Dan masih banyak lagi wisata yang tersedia di taman bunga nusantara ini.

Itulah taman bunga nusantara, taman yang menyediakan berbagai tumbuhan dan warna warni bunga yang membuat pengunjung terpesona akan keindahan taman bunga nusantara tersebut. Taman bunga nusantara memang menjadi salah satu taman bunga nusantara terbesar di Indonesia yang tidak boleh anda lewatkan saat berkunjung di taman bunga nusantara.

Untuk itu, jika anda berkunjung ke kota bogor, maka tidak ada salahnya anda mencoba berkunjung ke taman bunga nusantara. Anda tidak akan menyesal jika anda berkunjung ke taman ini karena taman ini akan membuat anda terpesona akan keindahannya. Karena di taman bunga nusantara ini anda dapat melihat beragam jenis bunga dengan berbagai jenis, rupa, warna dan bentuk.

Artikel Terkait


Jalan-Jalan di Singapura ala Crazy Rich Asians

Tips Traveling Asyik ke Korea Selatan

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Menikmati Kampung Eropa Di Devoyage Bogor

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Wisata Ala Perkebunan Eropa Di Farm House Susu Lembang Bandung

Tidak Perlu Jauh-jauh Ke Eropa, Little Venice Bogor Tempatnya

Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

The Lodge Maribaya, Wisata Hits Dan Instagramable Di Kota Bandung

Barang Barang Penting dan Multifungsi untuk Travelling Anda


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.