Menikmati Indahnya Tempat Wisata Taman Sari Yogyakarta

Kota Yogyakarta memang dikenal sebagai kota dengan sejuta keindahan. Dimana kota Yogkayarta ini adalah kota yang penuh dengan pesona alam baik di tempat wisata maupun kuliner khasnya yang nikmat.

Kota Yogyakarta ini menjadi tempat yang penuh dengan wisata sejarah yang menarik untuk anda kunjungi. Tidak heran banyak wisatawan lokal dan wisatawan asing yang memilik kota Yogyakarta sebagai tempat yang dikunjungi untuk berlibur.

Mengapa kota Yogyakarta menjadi tempat yang selalu diminati oleh para wisatawan? Hal ini dikarenakan kota Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang sangat indah mulai dari wisata alam, wisata kuliner, dan wisata sejarah. Tidak heran jika kota ini mendapat julukan kota istimewa.

Pernahkah anda berkunjung ke tempat wisata Taman Sari Yogyakarta? Jika belum, mungkin anda perlu mencoba berkunjung ke tempat wisata yang satu ini.

Taman sari Yogyakarta merupakan tempat wisata yang penuh dengan keindahan arsitekturnya. Konon katanya dulunya tempat ini merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan. Selain itu, taman sari ini dulunya juga sebagai benteng pertahanan yang sudah berdiri sejak dahulu.

Tempat wisata taman sari dibangun atas puing-puing pesanggrahan Garjitawati atau istilah lainnya bekas keratin lama. Dahulu, saat taman sari selesai dibangun, bangunannya disebut dengan ‘The Fragrant Garden’. Dan sampai saat ini taman sari dimanfaatkan sebagai ase kesultanan.

Taman sari dulunya dibangun oleh arsitektur asal portugis. Hal inilah yang menyebabkan bangunan taman sari menjadi tempat wisata yang memiliki arsitektur jawa dan portugis.

Pada awalnya, taman sari pembangunannya dipimpin oleh Tumenggung Mangundipuro. Akan tetapi, karena suatu hal di tengah proses pembangunan tersebut beliau mengundurkan diri dan digantikan oleh Pangeran Notokusumo.

Taman sari juga disebut dengan istana air taman sari. Taman sari dibangun oleh Sri Sultan Hamengkubuwono I pada tahun 1758-1765. Taman sari yang saat ini menjadi tempat wisata merupakan salah satu bangunan peninggalan kerajaan jawa. Tempat wisata taman sari juga menjadi salah satu cagar budaya sejarah yang sudah dilestarikan dan dirawat dengan baik sampai saat ini.

Luas lahan tempat wisata taman sari sebesar 10 hektar yang terdiri atas 57 bangunan di dalamnya. Di bagian tengah bangunan terdapat kolam yang konon dulunya merupakan tempat pemandian putri raja dan permaisuri.

Jika anda berkunjung ke tempat wisata taman sari, maka anda bisa menemukan beberapa bangunan seperti kolam pemandian putrid raja, jembatan gantung, kanal air, taman lorong bawah tanah dan masih banyak bangunan lainnya yang menarik dijelajahi.

Bangunan di tempat wisata taman sari ini memiliki arsitektur yang unik yang dibuat dari perpaduan arsitektur di berbagai dunia sehingga membuat tempat wisata ini memberikan kesan indah secara mendalam.

Tempat wisata taman sari memiliki arsitektur kuno dengan pemandangan yang sangat mempesona sehingga terkesan sangat megah bangunannya. Tempat wisata taman sari letaknya tidak jauh dari kompleks keratin Yogyakara. Tempat wisata ini menjadi salah satu situs peninggalan sejarah yang tidak pernah sepi pengunjung wisatawan lokal maupun wisatawan asing.

Tempat wisata taman sari terletak di Jalan Komplek Taman Sari, Kraton, Patehan, Yogyakarta. Tempat wisata taman sari buka setiap hari baik mulai pukul 08.00 hingga 14.00. Untuk harga tiket masuknya cukup terjangkau diantaranya sebagai berikut:

  • Untuk wisatawan lokal anda hanya perlu membayar Rp. 7.000,- per orang
  • Untuk wisatawan asing anda hanya perlu membayar Rp. 8.000,- per orang
  • Untuk wisatawan beserta tour guide maka harus membayar Rp. 25.000,- per orang

(harga dapat berubah sewaktu-waktu tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu)

Anda tidak perlu khawatir mengenai fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini. Disini tersedia fasilitas seperti tempat parker, pemandu wisata bila perlu, penginapan, tempat makan dan toko oleh-oleh.

Tempat wisata taman sari menjadi tempat wisata dengan penuh keindahan sekaligus memberikan kesan petualangan yang menyenangkan dan tidak lupa disini anda dapat mempelajari sejarah secara tidak langsungnya.

Tempat wisata taman sari memang memberikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Pasalnya, tempat wisata taman sari ini memberikan gaya arsitektur yang unik yang merupakan perpaduan bangunan arsitektur jawa dengan portugis.

Bangunan di tempat wisata taman sari ini memang terawat dan terjaga kelestariannya sehingga aura keindahan tempat wisata ini tetap terpancar kuat bagi kalangan wisatawan.

Anda tidak perlu kawatir untuk menuju ke taman sari. Ada banyak rute yang bisa anda coba seperti berikut ini:

  • Rute 1 : jika anda dari jalan malioboro jogja, maka anda harus menuju kea rah selatan melewati titik nol kilometer dan sebuah kantor pos menuju kea rah selatan yakni alun-alun utara keratin. Kemudian dari sini anda perlu belok ke kanan menuju Jalan Ngasem, dan anda hanya perlu lurus saja hingga menemukan pasar Ngasem, disini anda perlu belok kiri menuju Jalan Tamanan dan sekitar 100 meter anda sudah menemukan tembok benteng berwarna putih yang menunjukkan lokasi taman sari tersebut.
  • Rute 2 : jika anda berada di alun-alun selatan, maka anda bisa menuju kea rah barat dan melewati jalan petehan lor, kemudian anda bisa langsung menemukan jalan taman, kemudian anda hanya perlu masuk hingga menemukan gerbang pintu masuk taman sari tersebut.

Di tempat wisata taman sari, terdapat bangunan cantik yang menajdi daya tarik wisatawan yakni sumur gumuling. Sumur tersebut bukanlah sumur untuk mengambil air melainkan sebuah masjid yang terletak di bawah tanah. Sumur gumuling ini juga konon katanya dulunya sebagai tempat perlindungan bagi elit kesultanan ketika kesultanan mengalami serangan.

Masjid yang terdapat di sumur gumuling itu berbentuk dua tingkat melingkar hingga 360 derajat yang dimana bagian tengahnya berlubang. Desain bangunan ini menghasilkan tata artistic dimana jika pada sholat imam bersuara maka suaranya akan terdengar di seluruh penjuru ruanganj.

Di sumur gumulung ini dikelilingi oleh lime tangga yang melambangkan rukun islam. Pada saat wisatawan menuruni anak tangga tersebut maka wisatawan tersebut akan menemukan tangga lain yang saling bertemu di tengah-tengah kolam air yang berasal dari sumur gumuling.

Uniknya lagi, ketebalan tembok masjid di dalam sumur gumulung ini kurang lebih 1,25 meter. Bangunan ini terbuat dari batu bata yang direkatkan menggunakan bahan alami seperti putih telur. Meski menggunakan putih telur namun bangunan ini terlihat kokoh hingga sekarang.

Untuk memasuki masjid di dalam sumur gumulung ini anda perlu melewati sebuah gerbang tingkat dua. Biasanya di tingkat dua ini menjadi tempat para raja untuk mengawasi para selirnya yang tengah mandi di kolam pemandian tengah.

Sebelum berwisata ke taman sari, ada beberapa tips untuk para wisatawan sebagai berikut:

  • Karena taman sari tutup pada pukul 2 siang, itu sebabnya anda sebaiknya berangkat lebih pagi agar dapat puas mengelilingi tempat wisata taman sari.
  • Pastikan anda tidak lupa membawa kamera untuk mengabadikan tempat-tempat bersejarah yang ada di lokasi taman sari tersebut.

Itulah tempat wisata yang penuh dengan keindahan yang bisa anda coba kunjungi saat berkunjung ke Yogyakarta.

Artikel Terkait


Hutan Pinus Mangunan, Wisata Alam Hits Di Kota Jogja Yang Wajib Dikunjungi

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

12 Wisata Labuan Bajo Yang Menawan Dan Bakal Memanjakan Mata

Ini Dia 8 Tempat Wisata di Kepulauan Seribu yang Cocok Untuk Liburan

8 Spot Wisata Keren Yang Wajib Dikunjungi Saat Musim Dingin Di Jepang

Tips Traveling Asyik ke Korea Selatan

11 Wisata Gratis di Korea Selatan Paling Populer

Tips Agar Lolos Visa Korea Selatan Beserta Syarat yang Diperlukan

5 Kuil di Kyoto Jepang dengan Pemandangan Mengagumkan

Ini Dia 8 Tempat Wisata Hits di Bekasi 2019

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Inilah 8 Tempat Wisata di Malang yang Seru Untuk Dikunjunggi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.