Mari Berwisata Sambil Belajar Di Kidzania Jakarta

Banyak wisata alam dan wisata lainnya yang hanya dikembangkan dengan menambahkan spot foto keren untuk diabadikan ke dalam bentuk gambar. Namun tidak semua wisata tersebut cocok dengan anak-anak.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai wisata yang tidak hanya membuat pengunjung anak-anak berwisata saja melainkan dapat sekaligus belajar. Tempat wisata itu adalah Kidzania. Bagi orang tua yang ingin anaknya berwisata sambil belajar maka bisa coba untuk berkunjung ke wisata yang satu ini.

Kidzania merupakan tempat wisata edukasi untuk anak-anak yang konsepnya mirip dengan sebuah kota. Dimana dalam kota kecil tersebut terdapat banyak profesi yang biasanya dilakukan oleh orang dewasa seperti dokter, pemadam kebakaran, polisi dan masih banyak lagi.

Namun, di Kidzania ini profesi tersebut dapat dijalankan oleh anak-anak lho. Itu sebabnya kidzania menjadi salah satu tempat wisata edukasi yang cocok sekali untuk anak-anak belajar dan mengenal berbagai profesi sekaligus tugasnya masing-masing.

Tujuan dari adanya wisata ini adalah sebagai media pengetahuan bagi anak-anak yang usianya mulai dari 6 tahun hingga 12 tahun. Ada lebih dari 100 profesi yang bisa diperankan oleh anak-anak mulai dari dokter, pilot, pemadam kebakaran, polisi, koki, penyiar radio dan masih banyak lagi. Menarik bukan?

Tempat wisata kidzania terletak di pacific place L6 – 601 Sudirman Central Business, tepatnya di Jalan Jendral Sudirman No. 52 0 53, Senayan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Jam operasional kidzania mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB. Pastikan anda datang di waktu yang tepat agar tidak kesorean saat tiba di kidzania.

Untuk harga tiket masuknya terbilang cukup mahal yakni sebagai berikut:

  • Untuk anak usia 2 - 3 tahun sebesar Rp. 50.000,- per orang
  • Untuk anak usia 4 – 6 tahun sebesar Rp. 200.000,-
  • Untuk orang dewasa sebesar Rp. 150.000,-
  • Untuk orang dewasa diatas 65 tahun tidak dikenakan biaya
  • Untuk weekend maka biaya di atas ditambah Rp. 50.000,- per orang dari harga tiket awal.

Untuk harga tiket masuk bisa saja berubah sewaktu-waktu tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu.

Uniknya, didepan konter pembelian tiket kidzania, pengunjung anak-anak akan diberikan kesan berbeda dengan cara mlalui gate Garuda Indonesia sehingga anak-anak akan berasa seolah berada di Bandara dan hendak terbang ke suatu tempat.

Saat membeli tiket memasuki kidzania anda sebaiknya memesan secara online dari jauh-jauh hari karena jika anda membelinya secara langsung anda harus bersiap-siap mengantri panjang. Terlebih di kidzania ini pengunjungnya juga dibatasi.

Jika anda sudah memasuki wilayah kidzania anda dan anak-anak akan dipasangkan gelang khusus untuk mendeteksi keberadaan anak anda. Hal ini dikarenakan kidzania cukup luas wilayahnya bahkan anda sendiri mungkin akan kesulitan untuk mencari jalan satu ke jalan lainnya.

Saat memasuki kidzania, biasanya para staff kidzania akan berjajar rapi menyambut pengunjung dengan tarian yang diiringi music. Hal ini tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi anak-anak yang berkunjung agar tidak merasa takut dan justru merasa bersahabat dengan para staff disana.

Di tempat wisata kidzania ini, ada dua jenis permainan yang harus diperankan anak-anak dimana yang pertama merupakan permainan yang menambah poin dan yang kedua akan mengurangi poin.

Misalnya untuk permainan naik taxi, panjat tebing dan lain-lain maka akan mengurangi poin anak-anak. Sementara untuk melakukan pekerjaan sesuai profesinya masing-masing maka akan menambah poin. Poin ini dapat dikumpulkan sebanyak-banyaknya dan dapat digunakan untuk melakukan permainan yang mengurangi poin atau bisa ditukar menjadi souvenir.

Jika anda kebingungan dengan kegiatab yang harus dilakukan anda tidak perlu khawatir karena di setiap konternya sudah tertempel penjelasan mengenai kegiatan yang harus dilakukan seperti jumlah anak yang bisa ikut bermain, waktu yang diperlukan, poin yang didapat dan lain sebagainya.

Menurut pengalaman dari pengunjung yang pernah datang, siapapun yang bermain di kota kecil kidzania ini tidak akan pernah merasa puas meski sudah bermain hampir seharian. Karena disini banyak profesi yang bisa diperankan satu persatu dan itu tidak akan cukup jika mencoba semua profesi yang ada.

Keunikan dari tempat wisata kidzania ini salah satunya terdapat water fountain. Water fountain merupakan tempat anda bisa mendapatkan air minum secara Cuma-Cuma alias gratis. Jika anda haus dan langsung membelinya di toko tentu biaya yang dikeluarkan tidak sedikit terlebih itu adalah tempat wisata dan harganya pasti dinaikkan.

Dengan adanya water fountain maka anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli air minum. Anda dan anak-anak hanya perlu membawa botol air minum dan mengisinya kembali jika sudah habis.

Selain itu, tata letak dari kota kecil kidzania ini cukup unik dan tertata rapi. Desain dan peralatannya juga sangat mendukung segala kegiatan yang ada. Saat pertama memasuki kidzania, pengunjung akan merasa masuk ke dalam satu kota buatan dimana kota tersebut sangat rapi, bersih dan cantik.

Disini para staff akan selalu ramah pada anak-anak karena anak-anak inilah yang akan memerankan segala profesi yang ada disini. Perlu anda ketahui bahwa untuk memasuki kidzania maka anda akan dikenakan pembatasan waktu bermain. Anda dan anak-anak hanya dapat bermain selama 7 jam di hari biasa dan 5 jam di hari libur atau akhir pekan.

Dengan waktu segitu tentu siapa saja tidak akan merasa puas bermain di kidzania, terlebih banyak profesi yang tersedia dan tidak sempat diperankan satu per satu. Hal ini tentu akan amat sangat disayangkan. Namun, jika anda mau anda bisa membuat tiket terusan seperti annual pass untuk jangka waktu tertentu.

Perlu anda ketahui, saat anda memasuki kidzania maka ada beberapa larangan dan peraturan yang harus ditaati pengunjung seperti salah satunya adalah larangan membawa makanan. Jika anda membawa makanan maka anda diharuskan menitipkannya di loker. Dan tentu anda akan dikenakan biaya tambahan untuk menyewa loker.

Tempat wisata kidzania memang salah satu tempat wisata yang cocok untuk anak-anak. Dengan mengajak anak ke kidzania tentu akan membuat mereka suka dan bahagia. Karena disini anak-anak akan dipandu dan diajak berkeliling sesuai dengan profesinya masing-masing.

Disini anak-anak bebas memilih profesi sesuai dengan apa yang mereka mau. Kidzania menyongsong konsep city of kids. Sebagai sarana bermain dan belajar untuk anak-anak, kidzaia memang hanya bisa dimainkan oleh anak-anak. Khusus orang tua anda bisa menunggu anak anda memerankan profesinya masing-masing.

Akan tetapi, orang tua yang sudah masuk dan dikenakan biaya tentu juga menginginkan bermain bersama anak-anak mereka. Untuk itu, pihak kidzania kini mengadakan program parents experience. Program ini diadakan untuk memberikan kesempatan pada orang tua agar bisa memiliki waktu bermain bersama anak-anak mereka.

Itulah penjelasan lengkap mengenai tempat wisata kidzania. Tempat wisata ini tentu akan menjadi alternative bagi keluarga, khususnya anak-anak dan orang tua. Kidzania memang sangat bagus sebagai sarana bermain dan belajar untuk anak-anak. Bagaimana? Anda tertarik mengunjungi kidzania?

Artikel Terkait


Ngopi Cantik di Bali Pulina Coffee Plantation Bali

Inilah 15 Tempat Wisata Keren di Bandung 2019

Tips Traveling Asyik ke Korea Selatan

Inilah 8 Tempat Wisata di Sumedang yang Cocok Untuk Liburan

Tak Perlu Liburan Jauh-jauh, 9 Tempat Wisata Indonesia Mirip Luar Negeri Ini Bisa Dikunjungi

Panduan Liburan Di Labuan Bajo Yang Seru Dan Menyenangkan

Museum Angkut, Wisata Hits Di Batu Malang Yang Tidak Boleh Dilewatkan

Trik dan Tips Packing Praktis Saat Traveling

Inilah 8 Tempat Wisata di Jakarta yang Cocok Untuk Liburan

7 Wisata Pura Populer di Bali yang Wajib Dikunjungi

Inilah 13 Tempat Wisata Curug di Majalengka yang Pas Untuk Liburan

5 Wisata Gratis di Ubud yang Wajib Dikunjungi


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.