Manfaat Rutin Berolahraga Di Masa Kehamilan Untuk Ibu Dan Janin

https://www.verywellfamily.com/does-exercise-cause-miscarriages-and-pregnancy-loss-2371373

Jika berbicara tentang kehamilan, saat wanita sedang dalam kondisi hamil mungkin banyak yang menganjurkan agar ibu lebih banyak beristirahat dan lebih memanjakan diri. Padahal ibu hamil juga butuh perhatian khusus terlebih pada fisik dan mental. Jika berbicara mengenai fisik, tak hanya melulu tentang makanan sehat yang dikonsumsi sehari hari. Namun penting pula untuk menjaga kebugaran fisik dengan melakukan olahraga secara rutin. Berolahraga di masa kehamilan bukanlah sesuatu hal yang dilarang, bahkan banyak peneliti yang mengajurkannya. Asal olahraga yang dilakukan memang pas dan sesuai dengan kondisi kehamilan serta kesehatan ibu hamil. 

Jadi dapat dikatakan jika ibu hamil sangat dianjurkan untuk tetap rajin berolahraga maupun beraktivitas fisik sehingga kesehatan tubuh tetap terjaga baik. Namun, manfaat olaharga selama masa kehamilan tak hanya dapat membuat kesehatan ibu tetap terjaga. Ada banyak manfaat luar biasa lainnya jika ibu rutin melakukan olahraga selama masa kehamilan, tak hanya bagi ibu saja namun juga untuk janin dalam kandungan. 

Manfaat Olahraga Bagi Ibu Hamil

1. Meningkatkan Energi Tubuh

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, berolahraga bagi ibu hamil memiliki manfaat penting untuk menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan energi. Saat hamil, ibu memang disarankan membatasi kegiatan sehari hari agar tubuh tidak terlalu lelah. Namun bukan berarti jika ibu menghentikan kegiatan olahraga. Karena dengan berolahraga rutin, tubuh bisa selalu fit dan berenergi. Hal ini dikarenakan sistem kardiovaskular dalam tubuh dapat menguat dan membuat ibu jadi tidak mudah lelah. Saat berolahraga rutin, otot-otot di dalam tubuh jadi terbentuk lebih kuat. Jadi ibu bisa melakukan berbagai macam aktivitas harian tanpa mudah lelah karena energi meningkat. 

2. Mengurangi Ketidaknyamanan Saat Hamil

Ketika masa kehamilan, tubuh ibu akan mengalami berbagai perubahan yang terkadang membuatnya tak nyaman. Hal ini wajar mengingat tubuh ibu yang semakin membesar dan berat badan jadi meningkat. Ibu akan mudah mengalami kelelahan,  morning sickness, punggung terasa sakit, dan lainnya. Dan untuk mengatasi ketidaknyamanan tersebut, ibu bisa menjalani olahraga secara rutin. Sehingga otot-otot di dalam tubuh dapat mengalami peregangan serta penyesuaian yang mampu membuat tubuh jadi lebih kuat terhadap rasa sakit yang dirasakan saat hamil. Misalnya saja dengan olahraga berjalan, ini bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh ibu. 

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Sudah hal yang normal ibu hamil akan seringkali mengalami susah tidur, apalagi saat ukuran perut semain membesar. Rasanya sangat sulit untuk menemukan posisi yang benar-benar nyaman untuk tidur. Dan jika ibu mengalami hal seperti ini, solusi terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan berolahraga di masa kehamilan. Meskipun olahraga mungkin akan membuat tubuh ibu merasa lelah, akan tetapi rasa lelah inilah yang malah membuat ibu jadi cepat tertidur dan kualitas tidur juga meningkat. Jadi jika kebutuhan tidur bu terpenuhi dengan baik, kesehatan ibu juga akan terjaga. 

4. Mengurangi Stress

Stress dalam kehamilan merupakan hal yang harus dihindari oleh ibu hamil, mengingat stress bisa menganggu kesehatan fisik dan mental ibu hamil. Untuk mengurangi stress yang dirasakan ibu, berolahraga mungkin jadi pilihan yang tepat. Sebuah penelitian menemukan jika olahraga mampu meningkatkan tingkat serotoni  di dalam tubuh, yaitu reaksi kimia pada otak yang bisa mempengaruhi mood sehingga membuat ibu jadi lebih bersemangat. 

5. Membantu Proses Persalinan

Perlu ibu ketahui, kondisi tubuh ibu akan sangat mempengaruhi jalannya proses persalinan. Jadi semakin bagus energi yang dimiliki ibu, tentu tubuh ibu juga semakin kuat dalam menghadapi persalinan. Karena dalam proses persalinan, stamina, determinasi, serta fokus menjadi hal penting yang dibutuhkan. Karena itulah mengapa olahraga secara rutin menjadi hal yang sangat disarankankan sebagai persiapan menjelang kelahiran. 

Manfaat Olahraga Bagi Janin Di Dalam Kandungan

1. Bayi Lahir Sehat Dan BMI Rendah

Ibu hamil yang rajin berolaharga selama masa kehamilan, memiliki peluang tinggi melahirkan bayi yang sehat dengan berat badan yang ideal. Mereka mempunyai bobot 150-200gr lebih ringan serta bentuk tubuh juga lebih ramping. Studi menemukan fakta jika pengurangan berat badan ini tidak akan mempengaruhi pertumbuhan kepala dan panjang tulang. Pertumbuhan bayi secara keseluruhan serta asupan nutrisi yang didapatkan janin dalam kandungan juga tidak akan terpengaruh. Secara umum, bayi dengan kondisi berat badan saat lahir mendekati ujung terendah dari kisaran berat badan yang normal dianggap lebih sehat dan kebal terhadap berbagai penyakit seperti obesitas dan diabetes. 

2. Mengoptimalkan Perkembangan Otak Janin

Olahraga secara rutin di masa kehamilan juga akan membantu mengoptimalkan perkembangan otak janin di dalam kandungan. Berdasarkan studi yang dilakukan oleh Society for Neuroscience menjelaskan jika bayi yang berusia 10 hari mempunyai tingkat kematangan otak lebih baik jika selama masa kehamilan ibu rajin berolahraga dibandingkan dengan ibu yang tidak rajin berolahraga. Dan tentu saja hal ini akan berpengaruh pada kemampuan penglihatan, pendengaran, dan motorik anak saat masa pertumbuhan agar semakin maksimal.

3. Menjaga Agar Perkembangan Organ Jantung Sehat 

Peneliti menemukan hasil jika ibu rajin berolahraga di masa kehamilan akan membuat denyut jantung jann dalam kandungan semakin rendah dan juga variabilitas detak jantungnya semakin tinggi. Denyut jantung yang rendah menunjukkan jika kondisi jantung bayi sehat, sama seperti orang dewasa yang selalu rutin berolahraga.

Untuk tingkat variabilitas jantung menjadi indikasi kesehatan jantung serta berhubungan dengan kondisi kesehatan tubuh yang lebih baik. Variabilitas detak jantung yang tinggi menunjukkan jika organ jantung bekerja lebih efisien dalam memompa darah. Dan kondisi ini juga umum didapatkan pada orang dewasa yang rajin berolahraga. 

4.  Meningkatkan Asupan Nutrisi Bagi Perkembangan Janin

Manfaat olahraga lainnya yang akan dirasakan bagi janin di dalam kandungan adalah asupan nutrisi akan semakin meningkat dan ini bagus bagi perkembangan janin.Studi menunjukkan jika ibu hamil melakukan olahraga rutin akan berpengaruh bagi pertumbuhan plasenta yang berjalan lebih cepat dibandingkan dengan ibu yang jarang berolahraga. Dan jika pertumbuhan plasenta lebih cepat, membuat luas permukaannya juga lebih besar dan 15% lebih banyak memiliki pembuluh darah. Sehingga janin dalam kandungan juga akan menerima lebih banyak asupan kalori dan nutrisi dibandingkan dengan ukuran plasenta normal. 

Melihat ada banyak manfaat yang diberikan dari rutin berolahraga di masa kehamilan, membuat olahraga menjadi aktivitas sehat dan diharuskan bagi ibu. Tak perlu melakukan olahraga berat, ibu bisa melakukan olahraga ringan namun rutin dijalani demi kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan. 

Namun perlu anda ketahui, tak semua olahraga aman dan sehat dilakukan ibu hamil. Untuk mengetahui apa saja olahraga yang tepat bagi anda serta berapa lama waktu berolahraga yang diperbolehkan, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter anda. Namun biasanya olahraga seperti jalan kaki, yoga, senam hamil, berenang, dan peregangan menjadi olahraga yang direkomendasikan untuk ibu hamil. 

Artikel Terkait


10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Bahaya Anemia Pada Ibu Hamil, Kenali Gejala Dan Penanganannya

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Jangan Dibuang! Inilah Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

Inilah 5 Buah yang Aman dan Boleh Dikonsumsi Untuk Pengidap Diabetes

Teh atau Kopi, Mana yang Lebih Baik dan Sehat Untuk Dikonsumsi

Ini Dia 8 Racikan Jamu Tradisional yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.