Manfaat dan Cara Menjalani Bisnis Dropship

Apakah saat ini Anda sedang tertarik untuk berjualan online? Namun, Anda masih pemula dan ragu dalam memulainya karena beberapa alasan, mungkin salah satunya adalah karena modal yang dibutuhkan dalam membangun suatu usaha. Saat ini Anda tidak perlu khawatir untuk memulai bisnis online, cara menjadi dropship agar bisa berjualan online di marketplace online, Anda bisa mencoba bisnis dropship. Bisnis dropship ini aman dan murah tanpa modal yang besar Anda bisa mendapatkan keuntungan yang cepat. Apalagi sekarang ini banyak online shop yang menawarkan bahkan mencari dropshipper dalam memasarkan produk atau barangnya. Anda bisa lihat di berbagai marketplace online di Indonesia yang sellernya membuka sistem dropship, bahkan marketplace itu sendiri juga mempunyai sistem dropship sendiri.

Apakah berjualan dengan sistem dropship ini menjanjikan?

Tentu saja, bisnis dropship ini sangat menjanjikan, karena bisnis ini tidak seperti bisnis pada umumnya. Bisnis dengan cara menjadi dropship ini Anda hanya perlu rajin promo terus menerus agar produk yang Anda jual dikenal oleh banyak orang, terutama lewat sosial media yang dimana saat ini banyak orang mengakses sosial media. Selain itu bisnis ini akan juga mempunyai feedback yang baik untuk Anda, karena keuntungan dapat Anda dapatkan dengan cepat.

Manfaat dari menjadi dropship sebenarnya banyak sekali yang didapatkan, terutama bagi Anda yang masih pemula akan menjadi usaha kecil yang sukses Anda rintis. Manfaat menjadi dropship diantaranya:

  1. Modal Kecil

Ketika Anda memilih untuk menjual barang dengan sistem dropship, maka Anda disebut sebagai  dropshipper, dan dropshipper tidak perlu berinvestasi atau cari modal banyak-banyak untuk melakukan jenis bisnis satu ini. Modal mungkin harus tetap sedia namun tidak banyak. Anda tidak perlu menstok barang, memproduksi barang, dan mempacking barang karena semuanya telah dilakukan oleh supplier, Anda tinggal meneruskan uang yang sudah Anda terima dari pembeli kepada supplier, dan langsung bisa mendapatkan keuntungannya. Anda juga tidak perlu memikirkan tempat untuk berjualan atau sewa tempat untuk memasarkan produk Anda, karena untuk menjadi dropship Anda cukup sinyal internet yang cepat.

  1. Mudah Untuk Dijalankan

Bisnis dengan sistem dropship ini sangat mudah untuk dijalankan oleh siapapun. Tentunya Anda tidak perlu repot buka toko dan berurusan dengan pembeli secara fisik. Anda hanya perlu capek dalam memasarkan produk atau barang Anda lewat sosial media dan marketplace. Bisnis di era digital kini sangat mudah untuk dilakukan. Anda tidak perlu mengurus gudang, pengemasan produk, dan pengiriman produk karena semua itu sudah ditangani oleh supplier. Nah, nggak ribet kan?

  1. Waktu Berjualan Fleksibel

Yang lebih menguntungkan lagi sebagai supplier dropship terpercaya Anda bisa mengatur sendiri kapan Anda membuka online store Anda. Dan tentunya Anda juga harus memberitahu kepada pembeli Anda aktivitas toko dijalankan. Anda juga sebagai dropshipper bisa melaksanakan bisnis dimana saja, karena ketentuan mutlak yaitu Anda harus mempunyai koneksi internet yang memadai agar sistem penjualan lancar.

  1. Tidak Menghabiskan Waktu

Jika kita lihat waktu bekerja umumnya akan disesuaikan dengan waktu, namun dengan bisnis dropship ini Anda tidak akan terlalu capek, semua kembali kepada Anda yang mengatur sendiri kapan Anda meladeni pembeli. Anda bisa membuat waktu off jika hari libur atau jika Anda memang tidak bisa berjualan.

Cara menjadi dropship, Anda harus memahami product knowledge. Karena hanya memajang foto produk beserta deskripsinya tanpa mengenal detail produknya juga akan membuat pembeli tidak berminat dengan produk Anda, mencoba produk terlebih dahulu juga keputusan yang baik, karena Anda bisa langsung merasakan sendiri produknya dibanding penjelasan dari supplier, selain itu Anda perlu tahu bagaimana trend dan market produk, jangan hanya ikut-ikutan teman untuk menjual produk tertentu, Anda perlu riset terlebih dahulu bagaimana tren produk tersebut, misalnya apakah tren produk fashion wanita saat ini masih bagus. Bagi Anda yang memilih berjualan online lewat market place online, Anda terlebih dahulu juga harus mendaftar ke aplikasi atau situs market place online tersebut. Setiap market place online menawarkan persyaratan yang berbeda-beda.

Cara menjadi dropship tanpa modal

Tidak memiliki modal yang banyak bukan berarti menjadi alasan Anda untuk mengurungkan niat Anda berbisnis online. Karena menjadi dropship Anda tidak perlu menstok barang, memproduksi barang atau mempacking barang. Jika Anda menjadi dropshipper maka sebenarnya Anda di modali oleh customer itu. Anda menjual barang kepada customer, maka customer akan mentransfer pembayaran kepada Anda, baru Anda akan melanjutkan pembayaran kepada supplier, Itu berarti Anda mendapatkan modal dari customer dalam penjualan produk Anda. Nah itulah keuntungan menjadi dropship sangat mudah, simple, gak ribet, gak butuh banyak modal, dan keuntungan besar.

Cara menjadi dropshipper bisa Anda mulai dengan cara-cara berikut ini:

  1. Pilih Produk Yang Akan Anda Jual

Cara pertama, pastikan Anda memilih produk yang akan Anda jual. Misalnya Anda ingin menjual fashion wanita, maka Anda bisa cari produk fashion wanita. Tentunya dalam hal ini pilihlah produk yang Anda jual yang sekiranya sedang booming di masyarakat. Fashion menjadi produk yang di favoritkan bagi setiap pengguna marketplace online.

  1. Cari Supplier Yang Terpercaya

Jika sudah memutuskan barang apa yang hendak Anda jual. Cara menjadi dropship yang sukses dan handal sebaiknya Anda langsung memilih kira-kira supplier mana yang akan Anda pilih. Pilihlah supplier yang aman dan terpercaya, agar pembeli tidak kecewa terhadap barang yang ia beli. Di beberapa marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak ada fitur premium member. Manfaatkan fitur ini untuk mencari supplier yang Anda butuhkan. Biasanya, mereka yang menggunakan premium member adalah orang-orang yang serius dan terpercaya dalam berjualan. Namun kecepatan respon pelanggan juga harus Anda perhitungkan. Ini tak kalah penting ketika Anda akan bertransaksi dengannya. Karena Anda sebagai dropshipper yang tidak menstok ataupun mempacking barang melainkan supplier tersebut, jadi butuh komunikasi yang lancar antara Anda dan pihak supplier. Lewati supplier yang merespon terlalu lama walau ia premium member di kedua marketplace tersebut karena ini bisa menghambat Anda dalam berjualan.

  1. Bandingkan Harga

Tahap yang harus tidak Anda lewatkan adalah bandingkan harga jual produk Anda dengan toko lainnya. Terutama jika Anda supplier dropship tangan pertama, maka Anda harus membandingkan harga terlebih dahulu dengan marketplace yang sama dengan tempat Anda berjualan. Misalnya Anda menjual di Shopee, dan terdapat toko yang menjual produk yang sama dengan yang Anda jual di Shopee, maka Anda bisa bandingkan harganya. Karena pasti pembeli lebih menginginkan harga yang murah untuk produk yang sama. Jangan puas mencari hanya di satu atau dua toko saja. Intinya, semakin banyak referensi yang Anda dapatkan semakin baik. Hal ini dilakukan agar Anda mendapat harga jual yang tepat.

  1. Mulailah Memasarkan Produk

Jika sudah mendapatkan harga yang pas, maka Anda langsung bisa memasarkan produk. Jangan berpatokan hanya berjualan di marketplace saja, Anda juga bisa melebarkan pemasaran Anda lewat sosial media, seperti menggunakan Instagram atau Facebook.

Demikianlah pembahasan Manfaat dan Cara Menjalani Bisnis Dropship. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda yang akan memulai bisnis dropship.

Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.