Macam-macam Hardware, Pengertian Dan Fungsinya

Dalam teknologi khususnya computer, terdapat beberapa jenis bagian mulai dari software hingga hardware. Keberadaan software dan hardware tentu berpengaruh dalam berjalannya kinerja kerja computer yang baik. Konon katanya tanpa software ataupun hardware maka computer tidak dapat digunakan. Untuk itu, kita harus mengetahui masing-masing dari jenis bagian computer.

Pertama mulai dari software, software disebut sebagai perangkat lunak yang berbeda dengan fungsi hadware. Hardware umumnya merupakan perangkat keras yang nyata dan dapat dilihat hingga disentuh dengan tangan. Sementara software merupakan perangkat lunak yang tidak dapat disentuh dan dilihat secara fisiknya. Meski tidak dapat dilihat secara fisik dan tidak dapat disentuh, namun software tetap bias dioperasikan.

Software merupakan sekumpulan data elektronik yang disimpan dan diatur oleh computer. Data elektronik yang disimpan dalam computer tersebut dapat berupa program atausebuah instruksi yang akan menjalankan suatu perintah. Dengan adanya software, maka computer dapat menjalankan suatu perintah dari pengguna dengan baik.

Software terbagi menjadi beberapa jenis yakni software berbayar dan software gratis. Kedua jenis software ini merupakan sama-sama perangkat lunak yang dapat dioperasionalkan untuk menjalankan suatu perintah di computer.

Kemudian kembali ke penjelasan inti, hardware disebut sebagai perangkat keras. Hardware merupakan komponen-komponen fisik dari sebuah computer yang tidak hanya terlihat segi fisiknya, melainkan hardware ini juga berperan penting dalam berjalannya operasional computer. Tanpa adanya hardware maka computer tidak dapat digunakan.

Hardware terdiri atas beberapa benda seperti keyboard, monitor, CPU, mouse dan berbagai jenis lainnya. Hardware baru bisa berfungsi ketika ada instruksi dari software, sehingga hardware dan software sangat berperan penting dalam operasional computer.

Perlu kita ketahui bahwa hardware terdiri atas empat komponen seperti berikut ini:

  • Perangkat input

Perangkat input merupakan perangkat yang digunakan untuk menginput data atau informasi ke dalam system computer. Contoh dari perangkat input antara lain adalah keyboard, mouse, touchpad, scanner, microphone dan berbagai perangkat lainnya.

  • Perangkat output

Perangkat output adalah perangkat yang bias menampilkan data atau informasi yang tujuannya untuk dibaca atau dianalisis oleh manusia atau pengguna computer itu sendiri. Contoh dari perangkat output adalah onitor, speaker dan printer.

  • Perangkat proses

Perangkat proses merupakan perangkat yang bekerja memproses semua data atau informasi yang masuk ke dalam system computer. Contoh dari perangkat proses adalah motherboard, CPU, RAM, CD/DVD, Card, dan berbagai jenis perangkat lainnya.

  • Perangkat penyimpanan

Perangkat penyimpanan merupakan perangkat yang tugasnya bertanggung jawab dalam menyimpan semua data atau informasi yang diinput kedalam system computer. Perangkat penyimpanan terdiri atas hardisk, dan berbagai perangkat penyimpanan lainnya.

Tentunya banyak jenis perangkat hardware yang perlu kalian tahu pengertian dan fungsinya. Untuk itu, mari simak penjelasan dari macam-macam hardware, pengertian dan fungsinya sebagai berikut:

  • Motherboard

Yang pertama ada motherboard, motherboard ini merupakan papan sirkuit yang berfungsi sebagai tempat komponen-komponen computer seperti processor, hardisk, RAM dan lain sebagainya. Motherboard disebut sebagai papan induk yang terdiri dari berbagai macam komponen seperti konektor power, slot processor, north bridge controller, dan socket memori. Guna dari motherboard antara lain untuk tempat lalu lintas data dimana dengan adanya motherboard ini maka computer saling terhubung dan dapat bekerjasama agar computer dapat berjalan dengan baik.

  • Processor

Processor atau biasa disebut sebagai CPU (Central Processing Unit) ini merupakan sebuah IC yang mengontrol seluruh jalannya sebuah system computer. Dimana processor ini atau CPU ini dikenal sebagai otaknya computer. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan processor ini bertugas melakukan erhitungan maupun perintah program yang akan dijalankan oleh computer. Processor atau CPU ini berfungsi untuk memproses inputan data atau informasi menjadi keluaran berupa output. Processor ini sendiri terletak di bagian motherboard.

  • Hardisk

Hardisk merupakan salah satu perangkat keras atau hardware yang berfungsi sebagai media penyimpanan sekunder. Dalam sebuah hardisk, terdapat lebih dari satu piringan yang erfungsi untuk menampung data-data secara magnetis. Hardisk berbeda dengN RAM yang menyimpan data atau instruksi secara sementara yang akan hilang saat computer dimatikan. Akan tetapi, hardisk akan menyimpan berbagai data secara permanen baik music, dokumenm video dan lain sebagainya. Dan data tersebut tidak akan hilang bahkan jika computer dimatikan.

  • Heatsink

Heatsink merupakan perangkat computer yang berfungsi untuk mengurangi panas yang dihasilkan dair computer. Hal ini dimaksudkan agar computer bias berlangsung secara optimal. Headsink dipasang di atas processor yang kemudian diberi gel atau pasta agar headsink ini bias menempel dengan baik pada tempatnya. Headsink juga dilengkapi dengan kipas yang mempercepat proses pendnginan. Headsink ini biasa menggunakan bahan alumunium yang memiliki konduktivitas panas yang tinggi sehingga mampu mendinginkan perangkat dengan cepat.

  • Monitor

Monitor merupakan salah satu perangkat keras yang tergolong sebagai perangkat output yang berfungsi untuk menampilkan hasil pengolahan data berupa teks ataupun grafis. Tiap monitor memiliki ukuran dan resolusi yang berbeda-beda. Kualitas monitor tergantung berdasarkan beebrapa aspek seperti resolusi, tingkat kecerahan, pixcel, waktu dan perbandingan kontrasnya. Resolusi dari monitor ini sendiri merupakan jumlah pixcel yang ditampilkan oleh monitor. Perlu kalian ketahui bahwa semakin banyak jumlah pixcel maka semakin tinggi resolusi monitor tersebut.

  • Power supply

Power supply merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyuplai daya ke komponen-komponen lain seperti motherboar, processor, VGA dan lain-lain. Power supply biasa disebut sebagai jantungnya computer sehingga mustahil computer bias hidup dan beroperasi tanpa perangkat keras yang satu ini. Tidak banyak orang yang memperhatikan perangkat keras satu ini karena perangkat keras ini posisinya terdapat di dalam dan tertutup casing. Namun, power supply ini merupakan komponen yang mempengaruhi performa keseluruhan dan daya tahan dari system computer itu sendiri. Perlu kalian ketahui jika power supply tidak bekerja dengan baik maka kinerja computer menjadi tidak stabil dan bisa rusak karenanya.

  • RAM (Random Acces Memory)

RAM (Random Acces Memory) merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data ataupun instruksi yang dilakukan oleh processor. RAM (Random Acces Memory) berbeda dengan hardisk, penyimpanan RAM (Random Acces Memory)  ini bersifat sementara, artinya jika computer dimatikan maka data atau instruksi yang disimpan RAM (Random Acces Memory) akan hilang kecuali computer tersebut sedang dalam mode hibernate. keunggulan RAM (Random Acces Memory) adalah pengguna computer dapat menulis dan membaca data dalam waktu yang bersamaan.

  • Keyboard

Keyboard merupakan perangkat keras berbentuk papan yang digunakan sebagai alat input. Keyboard terdiri atas huruf dan angka. Terdapat berbagai jenis keyboar diantaranya seperti QWERTY, DVORAK, KLOCKENBERG, MALTRON, APLHABETIK, dan NUMERIC.

  • Mouse

Mouse merupakan perangkat keras yang tergolong dalam pernagkat input. Mouse berfungsi dengan cara menggerakan kursor atau menunjuk aplikasi yang ingin dijalankan. Dinamakan mouse karena perangkat ini bentuknya menyerupai seekor tikus. Mouse memiliki banyak fungsi diantaranya untuk menginput data, memberikan perintah pada computer dan untuk penggerak kursos ke layer computer. Selain itu, mouse juga berfungsi untuk memperbesar atau memperkecil tampilan layer, scroll halaman dan lain sebagainya.

Itulah berbagai macam hardware atau perangkat keras, pengertian dan fungsinya masing-masing yang perlu anda ketahui. Penjelasan diatas hanyalah penjelasan umum karena masih banyak perangkat hardware yang tidak bisa dijelaskan satu per satu. Semoga bermanfaat!.

Artikel Terkait


4 Cara Menambah RAM Di Android Dan Laptop Anda

Laptop Tiba-Tiba Mati Sendiri? Mungkin 7 Hal Ini Menjadi Penyebabnya

Sejarah Komputer Dan Perkembangannya Dalam Tiap Generasi

Cara Mudah Merawat Kompter Agar Tidak Mudah Rusak

Cara Menjaga Laptop Anda Agar Tetap Terawat


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.