Liburan ke Banten? Ini Dia 8 Makanan Khas Banten

Banten adalah salah satu provinsi yang ada di Indonesia dan Banten seringkali disebut sebagai kawasan islam, karena mayoritas penduduknya menganut agama islam. Banten menjadi kawasan yang memiliki ciri khas dan perkembangan Banten sangatlah pesat, karena mampu bersaing dengan provinsi lainnya. Banten juga memiliki tempat wisata tersembunyi dan Banten memiliki akses jalan yang sangat baik.

Liburan ke Banten menjadi sebuah hal yang sangat menyenangkan dan banyak hal yang bisa dilakukan di Banten. Banten juga memiliki keragaman budaya yang sangan besar dan perkembangan sektor pariwisatanya terus mengalami perkembangan. Ada banyak tempat makanan yang ada di Banten dan setiap makanan memiliki cita rasa yang berbeda. Berikut ini adalah makanan khas Banten:

1. Lepet

Lepet adalah salah satu makanan yang banyak ditemukan di wilayah Jawa Barat dan lepet menjadi makanan khas Banten. Lepet adalah jajanan sehat yang terbuat dari bahan alami dan makanan ini bisa menjadi pengganti nasi. Makanan ini sangat nikmat dinikmati dengan minuman hangat seperti teh hangat dan kopi hangat. Harga lepet sangatlah murah dan terjangkau oleh semua kalangan.

Lepet adalah makanan yang miliki rasa gurih dan lepet menggunakan kelapa untuk menambah kenikmatan rasanya. Saat berkunjung ke Banten, tentu akan mudah menemukan penjual lepat di pinggir jalan dan lepet menjadi makanan yang sangat sederhana, namun memiliki nilaisejarah yang sangat tinggi. Lepet biasanya dibungkus dengan daun pisang dan lepet dibuat dengan cara dikukus sampai matang.

2. Kue Cucur

Kue Cucur adalah makanan yang banyak ditemukan di kawasan Banten, namun popularitas makanan ini sudah sangat luas dan banyak penjual cucur yang berasal dari Banten. Kue cucur banyak dijual di pasar tradisional dan makanan ini sangat aman dikonsumsi anak-anak. Kue cucur menjadi makanan yang cocok dikonsumsi dengan kopi hangat atau teh hangat.

Kue cucur memiliki rasa yang manis dan bagian pinggirnya menjadi renyah. Makanan ini bisa dijadikan sebagai buah tangan saat datang ke Banten dan makanan ini cocok disajikan atau dinikmati dengan anggota keluarga. Harga kue cucur sangatlah murah meriah dan saat berkunjung ke Banten, akan banyak menemukan penjual kue cucur di pinggir jalan.

3. Pecak Bandeng

Salah satu makanan yang nikmat disajikan saat makan malam adalah Pecak Bandeng dan makanan ini sangat disukai masyarakat Banten. Tak heran, banyak masyarakat Banten yang membuka usaha olahan pecak bandeng dan saat berkunjung ke Banten, makanan ini bisa ditemukan di restoran atau tempat makan di pinggir jalan. Pecak Bandeng kini pemasarannya sudah semakin luas dan makanan ini sudah mulau dikenal di berbagai daerah di Indonesia.

Pecak adalah penamaan sambal yang memiliki tingkay pedas tinggi dan bandeng adalah ikan yang sangat baik untuk kesehatan. Makanan ini dijual dengan harga yang terjangkau dan ada berbagai bumbu tradisional yang seringkali ditambahkan. Makanan ini sangat rekomended untuk dicoba, karena memiliki rasa yang sangat unik dan hanya banyak ditemukan di Banten.

4. Nasi Belut

Belut adalah salah satu hewan yang banyak tinggal di sawah dan keberadaan belut didalam tanah, jadi sangat sulit untuk didapatkan. Hwan licin ini bisa diolah menjadi berbagai makanan dengan rasa yang unik dan mengkonsumsi belut secara rutin sangat baik untuk kesehatan. Belut bisa dimasak secara sederhana ataupun dengan racikan bumbu yang modern.

Salah satu makanan yang dihasilkan dari olahan belut adalah nasi belut yang berasal dari Banten dan makanan ini bisa dikonsumsi siapa saja. Belut sawah yang dipotong kecil, kemudian digoreng hingga kering dan saat disandingkan dengan nasi, rasa makanan ini sangatlah gurih. Nasi belut selalu diberikan bumbu tradisional khas masyarakat Banten.

5. Laksa Tangerang

Banten menjadi kawasan yang kaya akan warisan sejarah dan salah satu warisan yang paling menonjol adalah warisan kuliner. Kini masih banyak makanan tradisional Banten yang dijual oleh masyarakat dan banyak rumah makan yang menjual makanan khas Banten dengan harga yang terjangkau. Kuliner tradisional memang tak kalah nikmat dibandingkan dengan kuliner modern dan harga kuliner tradisional terbilang sangat murah.

Laksa Tangerang menjadi salah satu makanan tradisional yang berasal dari Banten dan salah satu keunikkan makanan ini adalah isiannya yang sangat sederhana, karena hanya mie putih dengan kuah sayur. Makanan lain yang biasanya menjadi pelengkap kenikmatan laksa Tangerang adalah suwiran ayam, kacang hijau dan taburan daun kucai.

6. Gecom

Para pecinta kuliner tradisional di Indonesia sangatlah banyak dan salah satu kuliner tradisional yang paling populer adalah Gecom. Banten memang tak pernah kehilangan makanan enak tradisional dan Gecom menjadi makanan tradisional Banten yang masih bertahan sampai Sekarang, malah penyuka gecom semakin banyak di Banten.

Gecom adalah makanan yang terbuat dari toge dengan oncom dan perpaduan makanan diolah dengan cara yang tradisional, karena menggunakan wajan untuk mencampurkan bumbunya. Rasa gecom sedikit asam, karena seringkali ditambahkan tauco dan makanan ini cocok dijadikan oleh-oleh, karena memiliki cita rasa yang disukai banyak orang. Para wisatawan asing juga banyak yang menyukai makanan ini, karena makanan ini banyak dijual di tempat wisata dan Gecom sangat dikonsumsi dengan minuman hangat.

7. Sayur Besan

Besan dalam bahasa sunda artinya orang tua dari menantu dan dalam sejarahnya, sayur besan dijadikan penamaan makanan oleh masyarakat Banten. salah satu makanan yang sering ditemukan di acara pernikahan masyarakat Banten adalah sayur besan dan penamaan sayur yang sangat unik , mengundang penasaran banyak orang untuk mencoba sayur besan.

Sayur Besan adalah salah satu makanan tradisional khas Banten yang memiliki rasa yang unik dan makanan ini terbuat dari bahan yang alami seperti terubuk, bihun, kentang dan petai. Makanan ini sangat menyehatkan dan cara mengolah sayur besan sangatlah sederhana. Makanan ini menjadi makanan yang cocok untuk dicoba saat berkunjung ke Banten.

8. Gipang

Kuliner nusantara memang sangat beragam dan Banten menjadi kawasan yang miliki banyak kuliner tradisional. Makanan tradisional memang sulit bersaing dengan makanan modern, karena tampilan makanan tradisional sering disebut ketinggalan jaman. Gipang adalah salah satu makanan tradisional yang berasal dari Banten dan makanan ini masih banyak disukai masyarakat Banten.

Gipang adalah makanan yang terbuat dari ketan yang dicampurkan dengan air gula dan makanan ini memiliki cita rasa yang manis. Tekstur gipang sangatlah lengket dan sangat renyah rasanya. Makanan ini bisa dibuat dengan katan putih ataupun ketan merah dan gipang dibuat dengan berbagai varian rasa. Makanan ini sangat cocok dikonsumsi bersama anggota keluarga dan minuman pelengkap yang cocok adalah teh hangat.

Itulah ulasan lengkap mengenai makanan khas Banten dan semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya.

 

 

Artikel Terkait


Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Rahasia Sukses Untuk Anda yang Ingin Membuka Restoran Pizza

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Kuliner Sehat di Bali untuk Anda Penyuka Menu Vegetarian

Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger

Varian Donat Unik di Berbagai Negara, Ada yang Berlapis Emas!

Berkunjung Ke Bogor? Jangan Lupa Cicipi 10 Kuliner Khas Kota Bogor Berikut Ini

7 Snack Jadul Generasi 90an, Yang Ada Hadiahnya!


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.