Lebih Untung Mana, Beli Rumah Inden atau yang Sudah Jadi?

Salah satu jenis properti yang palig banyak diminati masyarakat Indonesia tentunya adalah rumah jika dibandingkan dengan jenis properti lain sebab nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan apartemen.

Dalam perkembangannya, sekarang sudah ada dua skema untuk membeli rumah yakni dengan membeli rumah dalam status yang jadi atau ready stock dan juga inden. Rumah ready stock yaitu rumah ketika dibeli dalam keadaan sudah jadi dan langsung bisa untuk ditinggali. Sedangkan membeli rumah dengan sistem inden berarti anda memesan rumah dari awal akan tetapi belum bisa ditempati sebab rumah belum selesai dibangun.

Lalu, manakah yang lebih untung antara membeli rumah ready stock dengan rumah inden?, berikut penjelasan selengkapnya untuk anda.

Kelebihan dan Kekurangan Beli Rumah Ready Stock

Ada beberapa keuntungan dan juga kekurangan yang bisa anda dapatkan ketika memutuskan membeli rumah yang sudah siap huni atau ready stock, seperti:

  1. Anda Bisa Melihat Kualitas Rumah

Jika anda membeli rumah yang sudah jadi atau ready stock, maka tentunya anda sudah bisa melihat secara langsung bentuk dan kondisi rumah yang anda ingin beli. Untuk itu, jika anda kualitas bangunan yang anda rasa kurang maksimal atau masih ada bagian tertentu yang kurang menurut anda, maka semuanya sudah bisa terlihat dengan sangat jelas.

  1. Siap Dengan Risiko Rumah Rusak

Karena rumah yang akan anda beli sudah siap huni, maka sebagai calon pembeli anda juga harus sudah siap dengan berbagai risiko kerusakan yang mungkin saja terjadi. Kerusakan ini bisa bersifat ringan atau berat karena mungkin sudah dibangun lama pada lokasi tersebut. Untuk itu, sebaiknya anda lebih teliti ketika memeriksa secara langsung kondisi rumah tersebut.

  1. Tidak Perlu Kontrak Rumah

Dengan membeli rumah ready stock atau sudah jadi, maka anda tidak perlu repot untuk mencari kontrakan rumah untuk tempat tinggal sementara sampai bangunan sudah selesai seperti ketika membeli rumah inden. Seperti namanya, anda sudah bisa langsung menempati rumah tersebut sehingga bisa menghemat biaya pengeluaran anda.

  1. Lingkungan Sekitar Rumah Sudah Memadai

Rumah siap huni umumnya mempunyai fasilitas terintegrasi. Kondisi rumah yang sudah tersedia umumnya juga sudah mempunyai lingkungan yang memadai. Ini mengartikan lingkungan yang ada di sekitar rumah sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum yang dibutuhkan.

Dengan kelengkapan berbagai fasilitas yang sudah tersedia, maka kehidupan anda juga semakin baik seperti jalan yang sudah bagus dan ramai serta penduduk di sekeliling perumahan rumah anda.

Kelebihan dan Kekurangan Rumah Inden

Sama seperti membeli rumah ready stock atau siap jadi, membeli rumah inden juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri, seperti:

  1. Harus Menunggu Pembangunan Rumah

Ketika anda membeli rumah inden, maka anda harus menunggu pembangunan rumah tersebut hingga selesai. Waktu yang dibutuhkan juga tidak selalu sama seperti yang sudah dijadwalkan. Bisa saja pembangunan rumah butuh penambahan waktu karena berbagai faktor yang terjadi.

  1. Anda Menerima Rumah Dalam Kondisi Baru

Berbeda dengan rumah ready stock atau siap huni yang mungkin memiliki kerusakan karena sudah lama dibangun sebelum anda beli, rumah inden tentu memiliki kondisi yang 100% masih baru. Selain itu, berbagai rumah inden dengan konsep minimalis juga umumnya bisa dibeli sebagai investasi meski pembangunannya memang butuh waktu yang lebih lama.

  1. Dapat Mengajukan Permintaan Khusus

Membeli rumah inden juga bisa membuat anda lebih leluasa mengajukan permintaan khusus pada pihak pengembang. Jika memang rumah tersebut ada di proyek perumahan, maka umumnya pihak developer akan membangun jenis rumah yang sama dengan rumah ready stock.

Akan tetapi jika anda membeli rumah dengan cara inden, maka anda bisa meminta serta mengatur pembangunannya supaya tidak sama dengan bentuk rumah lainnya. Untuk permintaan khusus tersebut, umumnya anda juga akan dikenakan tarif khusus dari pihak pengembang.

  1. Lingkungan dan Fasilitas Belum Memadai

Karena membeli rumah inden berarti perumahan yang baru, maka biasanya lingkungan dan fasilitas di sekelilingnya juga belum lengkap. Inden yang merupakan perumahan baru akan dibangun ketika dan sudah memesan dan melakukan pembayaran. Untuk itu, lingkungan dan fasilitas disekitarnya juga belum memadai.

Meski tidak terjadi di semua perumahan, namun ini menjadi fakta yang umum terjadi untuk rumah inden karena biasanya lokasi yang dipilih letaknya jauh dari pemukiman yang sudah padat penduduk.

  1. Lebih Berisiko

Berbeda dengan membeli rumah dalam kondisi ready stock yang bisa langsung anda tempati, membeli rumah inden sebetulnya lebih berisiko. Hal ini disebabkan mungkin saja pengembang gagal ketika membangun proyek sehingga anda yang ingin membeli rumah inden sebaiknya memakai sistem yang sudah benar benar diteliti serta memperhatikan track record dari pengembang.

  1. Lebih Murah

Umumnya, pihak pengembang akan menawarkan rumah inden dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan rumah siap huni atau ready stock. Perbandingan harganya juga cukup besar namun tergantung dari lokasi rumah tersebut akan dibangun.

Membeli rumah inden sebetulnya diminati bagi para investor sebab harganya yang lebih murah dan bisa memberikan keuntungan dari naiknya harga jual rumah antra 10% hingga 20% sampai rumah tersebut selesai dibangun.

Developer umumnya akan mengeluarkan harga perdana ketika semuanya belum jadi secara fisik. Ketika rumah dan lingkungan perumahan tersebut jadi, maka harga yang berlaku umumnya memiliki selisih yang jauh dibandingkan ketika masih inden.

  1. Memiliki Banyak Promo Menarik

Pada saat menawarkan rumah inden yang belum terlihat wujudnya, tentu saja developer akan mempersiapkan gimmick atau promo spesial dengan tujuan agar penawaran yang mereka berikan terlihat sangat baik dan menarik.

  1. Bisa Memilih Lokasi

Setiap calon pembeli seperti anda nantinya bisa memilih lokai rumah yang akan dibangun yang menjadi salah satu kelebihan dari membeli rumah inden. Umumnya, pengembang akan memperlihatkan lahan berupa kavling kosong ketika menawarkan rumah inden tersebut. Anda sebagai konsumen juga bisa melihat lokasi rumah yang diinginkan lewat brosur.

Meski begitu, sebaiknya anda jangan langsung tergiur ketika melihat brosur yang terlihat memiliki perencanaan yang bagus, namun sebaiknya lakukan juga survei langsung pada lokasi tersebut.

  1. Kemudahan Dalam Pembayaran Uang Muka

Ketika membeli rumah inden, maka umumnya pihak pengembang akan menawarkan kemudahan pembayaran uang muka cicilan untuk membeli rumah inden tersebut. Sebagai contoh, jika pengembang menawarkan rumah seharga Rp.300.000.000 dengan uang muka 30 persen, maka anda sebagai konsumen bisa mencicil uang muka tersebut.

Kelebihan lain yang bisa anda dapatkan adalah pengembang umumnya akan membantu kemudahan mengurus administrasi ke pihak perbankan. Cara tersebut memang menjadi bagian dari strategi para pengembang agar produk yang mereka tawarkan bisa laku.

  1. Lebih Menguntungkan Untuk Investasi

Keuntungan membeli rumah inden akan anda rasakan sesudah pembangunan rumah tersebut rampung khususnya jika tujuan anda membeli rumah inden tersebut adalah sebagai investasi. Dengan harga beli yang lebih rendah, anda bisa mendapatkan keuntungan karena harga rumah tersebut bisa meningkat tajam ketika sudah jadi.

Akan tetapi untuk anda yang ingin membeli rumah inden, sebaiknya lebih teliti lagi dalam memilih pengembang supaya bisa terhindar dari gagal pembangunan proyek. Sedangkan untuk rumah yang sudah jadi atau ready stock sangat cocok bagi anda yang ingin langsung bisa menempati rumah dan tidak perlu kontrak seperti contohnya pasangan yang baru saja menikah.

Artikel Terkait


8 Tips Aman Membeli Rumah Tipe 36, Agar Tidak Menyesal

11 Langkah Penting Dalam Membeli Rumah Untuk Investasi

7 Taman Rumah Minimalis yang Keren Banget

Kelebihan dan Kekurangan yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Memasang Lantai Teraso

11 Variasi Pola Lantai Untuk Hunian yang Lebih Estetik

Perbedaan Rumah Cluster dan Townhouse yang Wajib Dipahami Agar Tidak Menyesal

Strategi Jual Properti Sukses Dengan Harga Tinggi dan Cepat Laku

Cara Cerdas Bisnis Properti, Anti Bangkrut!

10 Cara Memberikan Kesan Luas Pada Rumah Sempit Minimalis

Inspirasi Rumah Minimalis Jepang yang Menenangkan, Cocok Untuk Hunian Mungil

Ingin Menjadi Broker Properti Ketika Krisis? Ini Tipsnya!

Tembok Rumah Dicoret-Coret Anak? Ini Cara Menghilangkan Noda Coretan Pada Tembok


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.