Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

photo src: geulgram app

Kesehatan adalah harta yang sangat berharga. Tentunya kita sudah sangat mengenal slogan dari  seorang pepatah yang berkata, “lebih baik mencegah daripada mengobati”. Tentu saja, mengobati membutuhkan biaya yang sangat besar sehingga tidak heran sehat itu mahal. Dengan membaca artikel kami ini, Anda menunjukkan bahwa Anda peduli pada kesehatan Anda, dan itu adalah langkah pertama yang baik untuk mendapat kesehatan yang prima. Bacalah artikel ini dengan seksama karena setiap kalimatnya tentu mengandung informasi dan tips yang penting untuk kesehatan Anda

Tanpa banyak basa basi, yuk simak cara cara paling top menjaga kesehatan Anda;

1. Rutin olahraga

Seperti yang sudah Anda ketahui, olahraga memang adalah salah satu cara paling ampuh untuk menjaga kesehatan. Kenapa? Karena dengan berolahraga, kita merangsang organ organ penting seperti jantung untuk bekerja lebih optimal. Peredaran darah kita juga akan semakin lancar. Banyak penyakit bermula dari darah kita, maka menjaga peredaran darah tetap sehat tentunya akan benar benar melindungi tubuh kita. Selain itu, olahraga menjadikan otot otot Anda menjadi lebih kuat dan fleksibel. Olahraga juga membantu menstabilkan emosi kita. Ada banyak manfaat lainnya jika Anda rutin berolahrga. Mengingat banyaknya manfaat olahraga, mulai sekarang jangan pernah anggap sepele olahraga. Olahraga sangat penting. Oleh karena itu, sisihkanlah waktu setidaknya 20 menit setiap hari untuk memastikan Anda tidak akan berbulan bulan berada di rumah sakit dalam beberapa tahun kemudian.

Selain olahraga fisik, berjemur juga sangat membantu meningktakan kesehatan. Sinar matahari pagi tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh kita. Sinar matahari mengandung mineral yang dibutuhkan tulang kita, selain itu menjaga imunitas tubuh kita tetap kuat. Sinar matahari pagi berkashiat ampuh mengursir berbagai penyakit. Cobalah sisihkan waktu untuk bejemur pagi setiap harinya, dan Anda akan benar benar rasakan manfaatnya.

2. Pastikan asupan Anda bergizi

Langkah Terbaik Menjaga Kesehatan Anda

img source: foodnavigator.com

Hal penting kedua adalah makanan dan minuman kita. Apa yang kita konsumsi akan sangat mempengaruhi organ organ dalam tubuh. Pastikan Anda makan buah dan sayur setiap harinya. Buah dan Sayur mengandung vitamin dan serat yang sangat baik untuk pencernaan maupun tubuh kita. Konsumsi susu juga sangat diperlukan khususnya untuk tulang kita. Susu tidak hanya berdampak pada kekuatan tulang, tapi termasuk gigi dan berbagai organ lainnya.

Hindari makan makanan instan atau cepat saji. Makanan tersebut minim gizi, yang tentunya tidak baik untuk tubuh kita. Cobalah mengonsumsi makanan non instan beberapa minggu, dan Anda akan rasakan dampaknya. Memang cukup sulit mengendalikan keinginan makan kita, tapi itu tidak sebanding dengan kesehatan yang akan kita peroleh. Setiap Anda ingin makan makanan instan, ingatlah bahwa Anda mempertaruhkan kesehatan Anda.

3. Tidur yang cukup

Tidur sangat penting. Saat tidur,beberapa organ organ kita seperti otak dan hati sebenarnya aktif dan bekerja lebih keras. Bahkan, tidur kita terbagi menjadi beberapa fase dimana masing masing fase memiliki fungsinya tersendiri. Jadi, dengan begadang, Anda mencuri salah satu fase penting yang seharusnya dilakukan tubuh Anda. Tidur yang cukup juga memberikan stamina yang baik untuk aktivitas Anda seharian. Tidur yang baik memberikan kesegaran bagi pikiran, kita jadi lebih siap menghadapai berbagai masalah dan kegiatan. Evaluasi jam tidur Anda, dan cobalah untuk tidur lebih cukup dan nyenyak mulai sekarang. Setidaknya Anda perlu tidur sekitar 7 jam sehari.

4. Miliki emosi yang positif

Keadaan di dalam tubuh memegang peranan yang sangat besar untuk kesehatan. Emosi dan pikiran Anda akan sangat mempengaruhi kenyataan. Emosi tentunya sangat mempengaruhi hormon dan hormon akan sangat mempengaruhi berbagai organ dalam tubuh kita. Terutama kesehatan otak, sangat dipengaruhi oleh emosi dalam diri kita. Jadi, mulai sekarang, cobalah untuk selalu menunjukkan sifat positif. Misalnya, Anda bisa lebih sabar. Kurangi megeluh dan perbanyak bersyukur. Selain baik untuk diri Anda sendiri, hal tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk lingkungan sekitar Anda.

5. Cobalah bantu orang lain

img source:churchofjesuschrist.org

Membantu orang lain tidak akan pernah merugikan Anda. Membantu orang lain selain menambah keakraban satu sama lain juga akan memberikan kebahagiaan bagi Anda sendiri. Tentunya, kebahagiaan akan memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan Anda. Dengan membantu orang, kita menolong diri sendiri dan orang lain. Untuk membantu sesama, kita sebenarnya tidak perlu repot. Cukup berikan hal hal kecil ke orang lain terutama yang membutuhkan. Hal paling sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan memberikan senyuman.

6. Menjaga kebersihan

Menjaga kebersihan adalah kunci kesehatan. Rumah atau tubuh yang kotor adalah sarang penyakit. Tidak heran, hewan hewan penyebar penyakit banyak berkeliaran di rumah yang kotor dan tak terurus. Pastikan Anda membersihkan rumah Anda secara rutin. Selain itu, bersihkan barang barang kotor yang berpotensi sebagai sarang penyakit, misalnya dus dus bekas yang bisa jadi tempat bersarangnya tikus dan kecoa.

Tidak hanya kebersihan rumah, kebersihan diri sendiri juga adalah hal yang penting. Mandi dan cuci tangan menghindarkan Anda dari kuman kuman yang dapat menimbulkan berbagai penyakit. Mandi, sikat gigi dan cuci tangan harus benar benar bersih, bukan sekadar dilakukan. Dengan begitu, jika Anda terlindung dari berbagai bakteri dan kuman maka Anda menghindari satu penyebab penyakit.

7. Hentikan kebiasaan merusak

Jika Anda masih memiliki kebiasaan buruk seperti kecanduan rokok, alkohol apalagi obat obatan terlarang, segera hentikan. Hal hal tersebut hanyalah mengundang penyakit datang lebih cepat. Kebiasaan tersebut menghambat produktivitas dan merusak organ kita perlahan lahan. Mengonsumsi hal hal tersebut sama saja dengan mengonsumsi racun sedikit demi sedikit setiap harinya. Tidak hanya merusak diri sendiri, kebiasaan tersebut tentu sangat menggangu keluarga atau orang lain disekitar Anda. Jadi, untuk memulai progam sehat Anda, pertama kali, cobalah perlahan lahan untuk mengehentikan kebiasaan buruk Anda.

8. Rekreasi

Salah satu faktor yang menunjang kesehatan adalah rekreasi yang cukup. Jika Anda selama ini terlalu sibuk bekerja dan tidak pernah bersantai, maka kami sarankan Anda cuti sejenak dan cobalah menyatu dengan alam. Hal tersebut sangat baik untuk pikiran, tubuh dan emosi kita. Mengambil rekreasi sesekali akan sangat mengoptimalkan kesehatan Anda dan tentunya mengembalikan semangat hidup Anda. Dengan hidup yang semangat tentunya Anda bisa meraih kesehatan yang prima dan sempurna

Itulah 8 kiat untuk meraih kesehatan. Teknik atau langkah langkah tersebut sangat dasar, tapi sangat berpotensi menjaga kesehatan kita. Menerapkan 5 dari 8 langkah diatas saja sudah pasti akan sangat berdampak bagi kesehatan Anda. Kembali lagi, yang paling penting adalah kemauan, niat dan usaha dari dalam diri Anda sendiri.

Untuk menjaga kesehatan Anda lebih baik, Anda bisa mengunjungi berbagai topik lainnya yang membahas seputar kesehatan di blog kami ini. Isinya tentunya tidak kalah menarik dan pasti akan sangat bermanfaat untuk Anda. Semakin banyak pengetahuan yang Anda baca, maka semakin Anda bisa menjaga kesehatan Anda.

Artikel Terkait


7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Anda Di Musim Pancaroba

Berbagai Cara Mengatasi Asam lambung Yang Bisa Anda Coba Dirumah

10 Aturan Diet Sehat Ibu Menyusui Yang Aman Dan Benar

10 Kebiasaan Pagi yang Membuat Anda Lebih Sehat

Anak Sakit Kepala? Inilah 6 Penyebab Sakit Kepala Pada Anak

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Ternyata 11 Makanan ini Bisa Meredakan Sakit Kepala

Berikut ini Beberapa Cara untuk Meningkatkan Kesuburan Secara Alami

Ini Dia 6 Tips Hilangkan Sakit Kepala Akibat Stres

7 Penyebab dan Cara Mencegah Mata Minus Pada Remaja

Inilah 10 Khasiat Madu Asli Untuk Kesehatan dan Kecantikan


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.