Langkah Terbaik Memulai Bisnis Kuliner

photo src: geulgram.app

Persainan bisnis kini mulai muncul dalam berbagai bidang. Banyak orang berlomba lomba memanfaatkan kondisi masyarakat saat ini untuk meraih keuntungan. Banyak juga yang mecoba untuk menciptakan inovasi inovasi baru demi memulai bisnis mereka. Salah satu bisnis yang sedang marak marakya adalah bisnis kuliner.

Membangun bisnis kuliner bisa dibilang gampang gampang susah. Ini tergantung bagaimana Anda memainkan bisnis tersebut. Sama seperti bisnis lainnya, bisnis kuliner juga sudah di tekuni banyak pihak, sehingga tidak heran Anda akan kesulitan memulainya karena banyaknya saingan. Bisnis kuliner juga bisa di bilang bisnis yang cukup beresiko. Tapi, kabar baiknya, jika Anda berhasil mengembangkan bisnis kuliner Anda, Anda tentunya akan meraup keuntungan yang sangat besar. Sebenarnya, dengan ide, sentuhan dan strategi yang tepat, akan sangat mudah membangun bisnis kuliner Anda berdiri ke ajang nasional bahkan internasional.

Bagi Anda yang hobi memasak, hobi makan dan pintar mengkritik makanan, bisnis kuliner dispesialkan untuk Anda. Tapi, bisnis kuliner ini terbuka untuk siapa saja, baik yang pintar masak maupun tidak, karena yang diperlukan dalam sebuah bisnis tidak hanya bakat, tapi yang paling penting adalah strategi, ide dan semangat bekerja yang tinggi. Dengan membaca artikel ini, Anda menunjukkan bahwa Anda ingin membangun bisnis kuliner yang hebat dan sekarang Anda ingin tahu bagaimana cara memulainya. Jadi, untuk Anda yang ingin memulai bisnis kuliner, segera simak 8 langkah dasar terbaik untuk memulai bisnis kuliner.

1. Tentukan ide Anda

Ide bisnis

img source: blog.hubspot.com/

Hal paling dasar adalah memikirkan ide makanan atau minuman yang akan Anda jual. Ide ide bisa didapat dari internet, buku, inspirasi diri sendiri, pendapat orang lain dan berbagai sumbr lainnya. Anda tentunya juga dapat mencari ide bisnis kuliner dengan melihat makanan atau minuman yang sedang tren saat ini. Jika Anda hobi memasak, mungkin Anda menemukan sebuah masakan unik karya Anda dengan rasa yang cukup bersaing. Makanan tersebut patut menjadi ide Anda untuk memulai bisnis kuliner. Anda bisa mencari dan menggabungkan berbagai ide lainnya yang kelihatan menarik untuk dikenal banyak orang. Biasanya, bisnis Anda akan menjadi menarik dengan gabungan ide yang sangat unik. Ide yang unik juga menghindarkan Anda dari persaingan yang hanya mengandalkan lokasi.

Tidak hanya ide makanan, Anda bisa mencari ide lainnya untuk bisnis Anda.Rasa makanan atau minuman kuliner Anda bisa jadi rasanya biasa saja, tapi Anda bisa mencari ide untuk menciptakan suasana tempat makan yang menarik. Kebanyakan orang akan rela mengincar lokasi makan dengan suasana dan dekorasi yang ideal meskipun rasanya biasa saja. Jadi, suasana tempat makan, dekorasi ruang makan, patut Anda pikirkan matang matang.

2. Ciptakan visi misi, dan perkuat niat Anda

visi misi bisnis

img source: wp.sbcounty.gov

Setelah merancang ide dasar, hal yang selanjutnya Anda perlu lakukan adalah mencari visi dan misi bisnis yang akan Anda kembangkan. Mendapat keuntungan yang besar dan menjadi rumah makan yang terkenal mungkin bisa jadi visi Anda, tapi visi tersebut terlalu umum dan kurang membangkitkan semangat Anda nantinya. Carilah visi misi menarik yang sekiranya setiap Anda membaca visi itu, Anda akan mendapat ekstra semangat menghadapi bisnis Anda. Tuliskan di selembar kertas dan abadikan itu dalam hati Anda. Memulai bisnis uliner memang mudah, tapi mengumbangkannya butuh semangat yang tinggi. Selain itu, visi dan misi akan menentukan kemana bisnis Anda akan berkembang. Dengan menentuka visi dan misi, Anda jadi punya dasar untuk menciptakan strategi strategi bisnis selanjutnya.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah niat Anda. Pastikan Anda punya niat yang besar untuk memulai bisnis kuliner. Lakukan bisnis ini dengan sepenuh niat, bukan untuk alasan coba coba atau agar setidaknya Anda punya bisnis rumah makan. Yang seperti itu dijamin tidak akan sukses mengingat persaingan bisnis kuliner kedepannya akan semakin keras.

3. Riset pasar,riset kondisi dan target pemasaran

Riset pasar,riset kondisi dan target pemasaran

img source: tribaux.com

Riset penting untuk memulai bisnis yang besar. Riset pasar membantu Anda mengetahui apa saja yang diperlukan pasar atau masyarakat. Selain itu riset pasar juga membantu Anda mengetahui reaksi pasar akan kuliner Anda. Riset tersebut juga membantu Anda mengetahui kekuatan kompetitor Anda, kelebihan dan kekurangannya sehingga Anda bisa punya strategi terbaik untuk mengungguli kondisi. Riset kondisi juga penting, mengetahui prediksi kondisi kedepan dan memanfaatka kondisi dan tren terkini bisa cepat membuat bisnis Anda berkembang. Target pemasaran juga penting untuk Anda. Target pemasaran membantu Anda memilih bagaimana menyajikan ide Anda dengan minat dan budget orang orang sekitar Anda. Karena hal terpenting dalam bisnis kuliner adalah konsumen, maka pikirkan makanan seperti apa yang paling Anda inginkan saat berkuliner

4. Strategi kedepannya

Strategi bisnis

img source: sandler.com

Menentukan strategi kedepan bukanlah hal yang salah. Malah hal ini akan sangat menguntungkan. Setelah melakukan riset pasar, mengetahui kekuatan kompetitor Anda, merancang strategi adalah salah satu hal yang penting. Strategi membantu bisnis Anda mendapat keuntungan berlapis dan menembus persaingan di awal. Strategi bisa Anda terapkan dalam berbagai segi.

  • Strategi lokasi

Tentunya pilihlah lokasi yang strategis. Jangan asal bangun warung Anda, pastikan tempat tersebut akan mengunang reaksi konsumen yang baik. Pilihlah tempat yang ramai dikunjungi, atau tempat yang mudah dijangkau. Mencari lokasi yang mudah dilihat adalah salah satu kunci bisnis Anda dapat sukses. Walaupun masih kecil, jika resto Anda dapat dilihat dengan jelas, beberapa orang bisa jadi mecoba masuk dan mencicipi makanan. Disini juga pentingnya ide, ide bagus di lokasi yang tepat tentu saja memikat minat konsumen.

  • Strategi harga

Saat memuali bisnis, pastikan Anda tidak menjual barang dengan harga yang kelewat mahal. Sebisa mungkin tekan dulu keuntungan Anda. Beberapa bisnis kuliner besar yang ada saat ini memulai bisnis mereka dengan keuntungan yang sangat kecil di awal, bahkan ada yang rugi, tapi mereka menukar itu dengan nama resto mereka. Dengan mengadakan promo dan harga yang murah tentunya akan memikat konsumen. Dimana ada gula disitu ada semut. Dimana ada keuntungan disitu orang orang akan berkumpul. Memberikan keuntungan berlipat untuk konsumen Anda pastinya akan meramaikan rumah makan Anda.

5. Promosi yang gencar

Promosi yang gencar

img source: smallbusinesscomputing.com

Hal selanjutnya yang bisa Anda pikirkan adalah promosi makanan. Promosi makanan akan terus Anda lakukan bahkan sampai makanan Anda sudah terkenal dimana mana. Pada awalnya, promosi akan sangat penting untuk menarik konsumen sebesar besarnya. Jika konsumen memberikan kesan yang positif, maka bisnis Anda akan dikenal dari mulut ke mulut. Jadi, promosi adalah kunci pertama untuk meraih minat konsumen. Jika bisnis kuliner Anda sudah dikenal di kota Anda, pastinya para turis baik lokal maupun internasional akan mecoba tempat Anda.  Alhasil, kuliner Anda akan dikenal di kota kota lain. Promosi juga penting Anda lakukan melalui akun akun media sosial. Mengingat media sosial sekarang adalah sarana terbaik untuk melakuakn promosi.

Itu dia 5 hal yang patut Anda perhatikan untuk memulai bisnis kuliner yang besar. Intinya, ide, strategi dan promosi adalah elemen dasar utama untuk memuali bisnis. Satu hal lagi, karakter diri Andalah yang akan paling menentukan kesuksesan bisnis Anda kedepan.

Artikel Terkait


Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Kuliner Lombok? Inilah 13 Kuliner Lezat Khas Lombok

Gudeg, Kuliner Khas Jogja Yang Harus Anda Coba

Nasi Gandul, Kuliner Khas Pati Yang Melegenda

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Dessert Paling Enak di Berbagai Negara di Dunia, Wajib Anda Coba!

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

9 Kuliner Khas Korea Selatan yang Paling Digemari di Indonesia

Wajib Dicoba, Kuliner Khas Bali yang Jarang Wisatawan Tahu

Ini Dia Kuliner Legendaris di Bali yg Tidak Boleh Anda Lewatkan

Intip 7 Kuliner Khas Vietnam Ini yang Ternyata Sehat dan Enak


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.