Lakukan 7 Kebiasaan Ini untuk Jantung yang Lebih Sehat

img source: thelist.com via google

Penyakit kardiovaskuler adalah penyebab kematian terbesar di hampir seluruh negara di dunia. Di Indonesia sendiri, penyakit kardiovaskuler menempati posisi pertama sebagai penyakit non-menular yang menjadi penyebab kematian di Indonesia. Penyakit kardiovaskuler adalah penyakit yang berkaitan dengan fungsi jantung dan pembuluh darah, di antaranya adalah penyakit jantung koroner, hipertensi, gagal jantung dan stroke.

Jantung merupakan organ penting dalam tubuh yang memompa darah ke seluruh tubuh yang bertugas membawa nutrisi dan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Jika fungsi jantung terganggu, maka suplai nutrisi dan oksigen akan ikut terganggu dan organ-organ tubuh lain ikut mengalami masalah. Maka dari itu, penting bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung sedini mungkin.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan agar kesehatan jantung tetap terjaga. Berikut kami rangkum kebiasaan sehat yang bisa Anda lakukan sehari-hari demi jantung yang lebih sehat.  

1. Rutin Olahraga

Rutin berolahraga tidak hanya membuat jantung Anda lebih sehat, tetapi juga berdampak ke seluruh organ tubuh. Olahraga diketahui dapat menurunkan kolesterol dan tentunya meningkatkan kebugaran jantung. Anda bisa mulai dengan olahraga ringan seperti jalan kaki di pagi hari, jogging, berenang atau naik sepeda.

Jalan cepat di pagi hari secara teratur dapat menurunkan risiko serangan jantung. Begitu pula dengan olahraga renang dan bersepeda yang selain baik untuk kesehatan jantung juga dapat membantu pernapasan dan melancarkan sirkulasi darah. Ada pula senam jantung yang bisa mencegah penyumbatan pembuluh darah yang umumnya disebabkan oleh kolesterol dan lemak berlebih. Lakukan olahraga ini secara rutin setidaknya 30 menit setiap hari untuk menjaga kebugaran Anda.

2. Banyak Minum Air Putih

Minum air hangat dapat menguatkan otot sekitar jantung. Air putih tidak hanya bermanfaat untuk melepas dahaga, tetapi juga dapat meningkatkan sirkulasi kapiler dalam tubuh. Sebaiknya Anda memperhatikan asupan cairan untuk tubuh Anda agar tidak mengalami dehidrasi, karena asupan cairan terutama air pun berpengaruh ke jantung Anda.

Air putih hangat juga dapat membersihkan pencernaan Anda sehingga Anda terhindar dari penumpukan lemak dan kolesterol yang tidak baik untuk jantung. Jika tubuh Anda bersih dari penumpukan lemak dan kolesterol, peredaran darah pun menjadi lancar terutama aliran darah ke jantung dan Anda bisa terhindar dari risiko serangan jantung.

3. Membatasi Asupan Kolesterol

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, penumpukan lemak dan kolesterol akan menghambat peredaran darah Anda. Ketika peredaran darah menjadi tidak lancar, maka hal itu akan mempengaruhi kerja jantung Anda. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membatasi asupan kolesterol. Anda patut waspada ketika kadar kolesterol Anda menyentuh angka 200mg/dL karena berisiko mengalami masalah jantung dan stroke. Gaya hidup yang aktif akan membantu Anda untuk menjaga kolesterol tetap stabil agar lebih banyak kolesterol baik yang menyingkirkan kolesterol jahat. Maka dari itu, biasakan olahraga secara teratur agar Anda terhindar dari penumpukan kolesterol. Batasi makanan yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam darah, seperti sosis, mentega, krim, daging berlemak, cokelat, dan makanan yang mengandung garam dan gula yang tinggi.

4. Makan Buah, Sayuran dan Lemak Sehat

Buah-buahan dan sayuran mengandung serat tinggi yang dapat menurunkan kolesterol dan tekanan darah Anda. Alangkah baiknya jika Anda mengganti camilan dengan buah-buahan segar atau mengkonsumsi salad yang lebih sehat. Buah-buahan yang disarankan untuk kebutuhan serat Anda antara lain pisang, apel, pir dan alpukat yang juga mengandung lemak sehat. Lemak sehat juga dapat ditemukan pada ikan salmon, tuna, minyak zaitun, kacang-kacangan dan biji-bijian. Sedangkan sayuran tinggi serat yang direkomendasikan adalah bayam, wortel dan brokoli.

Hindari makan makanan yang mengandung lemak trans yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Lemak trans dapat memicu kolesterol jahat dan menurunkan kolesterol baik. Lemak trans umumnya ditemukan dalam bentuk makanan kemasan seperti camilan dan makanan cepat saji. Alangkah baiknya ketika berbelanja makanan Anda memperhatikan tabel informasi gizi yang ada di balik kemasan. Jika Anda bisa mengurangi konsumsi lemak trans, sirkulasi darah Anda pun akan menjadi lebih lancar.

5. Cukup Tidur dan Istirahat

Jika Anda ingin jantung Anda tetap sehat, maka sediakan cukup waktu untuk tidur dan istirahat. Kurang tidur atau tidur terlalu singkat dapat menimbulkan gangguan pada tubuh, terutama pada tekanan darah dan inflamasi atau peradangan. Parahnya lagi, kurang tidur juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Walaupun Anda sudah menerapkan pola makan dan gaya hidup yang sehat dengan rutin berolahraga, Anda tetap harus memperhatikan waktu istirahat Anda dengan tidur yang cukup. Pola makan yang baik dan olahraga secara teratur seharusnya membantu Anda untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Namun perlu diingat, Anda juga harus menghindari kelebihan waktu tidur karena akan berbalik memberi dampak buruk untuk kesehatan Anda dan justru meningkatkan risiko penyakit kardiovaskuler.

6. Menjaga Tekanan Darah

Tekanan darah umumnya dikatakan normal apabila berada di kisaran angka 120/80 mmHg. Penting bagi Anda untuk mengecek tekanan darah secara rutin agar Anda mengetahui apakah tekanan darah selalu stabil atau justru mengalami tanda-tanda hipertensi atau hipotensi. Apabila tekanan darah Anda lebih tinggi dari biasanya, bisa jadi Anda mengalami prehipertensi dan berisiko menjadi hipertensi di kemudian hari. Jika seseorang sudah mengalami hipertensi, maka risiko terkena penyakit jantung pun meningkat. Jika Anda memiliki kebiasaan yang kurang sehat seperti merokok, malas berolahraga dan makan makanan tinggi garam, maka ubahlah gaya hidup Anda sedini mungkin ke arah yang lebih sehat untuk menjaga tekanan darah tetap normal. Anda bisa mengkonsumsi susu tanpa lemak, brokoli, pisang atau kentang panggang untuk mengontrol tekanan darah sambil berolahraga secara teratur.

7. Hindari Rokok

Hal ini mungkin sudah sering Anda dengar, rokok memiliki dampak buruk untuk kesehatan tubuh Anda. Seperti yang umum diketahui, merokok dapat memicu penyakit serius seperti hipertensi, serangan jantung, stroke hingga kanker. Jika Anda perokok aktif, secara perlahan mulailah untuk mengurangi kebiasaan merokok tersebut.

Bagi Anda yang tidak merokok, hindari asap rokok dan hati-hati jika berada di lingkungan yang terpapar asap rokok agar tidak menjadi perokok pasif. Sejumlah penelitian menemukan perokok pasif justru memiliki risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. Apalagi jika Anda memiliki tekanan darah tinggi atau kolesterol tinggi, kemungkinan terkenan penyakit jantung akan lebih besar jika Anda juga seorang perokok pasif. Jika tekanan darah dan kolesterol meningkat, risiko terkena penyakit kardiovaskuler pun ikut meningkat.

Menjalani gaya hidup dan pola makan yang baik adalah kunci agar kesehatan jantung Anda terjaga. Seringkali kita tidak memperhatikan waktu ketika beraktivitas dan waktu untuk istirahat yang tidak sebanding. Ditambah lagi jika kita tidak memperhatikan pola makan dan tidak pernah bergerak aktif atau rutin berolahraga. Hal tersebut akan semakin memperburuk keadaan. Kesehatan jantung Anda tergantung dari kebiasaan Anda sendiri.

Agar terhindar dari segala kemungkinan penyakit kardiovaskuler, mulai sekarang ubahlah gaya hidup Anda dengan memperhatikan hal-hal tadi. Kesehatan adalah hal yang paling berharga, jangan sampai menyesal di kemudian hari karena tidak bisa menjaganya dengan baik.

Artikel Terkait


15 Makanan Pengganti Nasi yang Sehat untuk Diet

Olahraga yang Wajib Anda Coba untuk Menurunkan Berat Badan

7 Cara Mudah Dan Alami Ini Ternyata Dapat Mengencangkan Kelopak Mata Atas

9 Pantangan Makanan Yang Wajib Dihindari Oleh Ibu Selama Masa Kehamilan

15 Manfaat Kulit Manggis Untuk Kesehatan Tubuh Anda

Daftar Makanan Pemicu Asam Lambung, Sebaiknya Hindari Agar Maag Tidak Kambuh

Tanaman Obat Keluarga, Obat Alami untuk Keluarga di Rumah

Ini Dia Tips Cara Menghilangkan Bau Mulut Dengan Cepat dan Aman

Ini Dia 11 Tips Menjaga Kesehatan Reproduksi Wanita

Inilah 7 Olahraga yang Bisa Membantu Menurunkan Berat Badan

Mengenal Angin Duduk, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.