Kuliner Pisang Kekinian yang Hits, Unik dan Paling Diminati

img source: pinterest

Pisang adalah salah satu buah yang paling mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Jika dahulu olahan pisang sebatas pisang goreng, saat ini olahan pisang kekinian mempunyai berbagai macam varian dan digemari anak muda milenial. Bahkan kini usaha kuliner dengan bahan baku utama pisang menjamur dimana-mana dengan konsep yang unik. Nah, apa saja kuliner pisang kekinian yang unik dan sedang diminati oleh anak-anak milenial? Berikut kami rangkum berbagai varian menu pisang kekinian yang sedang hits yang bisa Anda coba.

1. Frozen Choco Banana

img source: balikpapanku.id

Frozen choco banana merupakan salah satu cara baru untuk menikmati olahan pisang kekinian yang sedang hits di kalangan anak muda. Kuliner unik ini sangat cocok disantap sebagai kudapan yang menyegarkan. Cara mengolah kuliner ini pun cukup mudah. Anda tidak perlu menggoreng karena pisang didinginkan di dalam freezer. Pertama, ambil pisang yang telah matang, kupas kulitnya, potong menjadi dua bagian dan tusuk dengan stik es krim. Setelah itu dinginkan pisang di dalam freezer. Di wadah lain siapkan cokelat cair untuk balutan pisang. Anda bisa membeli cokelat batangan dan melelehkannya. Kemudian celupkan pisang yang sudah beku ke dalam lelehan cokelat. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa menambahkan topping berupa meses warna-warni, remah-remah kacang atau keju sesuai selera. Frozen choco banana paling enak disajikan dalam keadaan dingin.

2. Banana Nugget

img source: wandawa via pinterest

Jika biasanya nugget identik dengan daging ayam atau ikan, kini nugget hadir dengan bahan baku pisang. Kuliner banana nugget atau pisang nugget kini telah menjamur dan menjadi bisnis menjanjikan. Penyajiannya pun menarik, memiliki berbagai macam varian rasa dengan topping yang unik sehingga tidak membuat bosan. Untuk membuatnya, Anda memerlukan tepung terigu, telur, susu bubuk, gula dan pisang. Semua bahan tersebut dihaluskan dengan food processor atau blender. Setelah halus, adonan dimasukkan ke dalam loyang dan kukus selama 15-20 menit. Setelah itu dinginkan adonan dan potong kotak-kotak seperti bentuk nuggut, kemudian celupkan ke dalam kocokan telur, lalu tepung terigu, kembali lagi ke kocokan telur dan terakhir balur dengan tepung panir. Langkah terakhir, goreng pisang nugget hingga berwarna keemasan dan sajikan dengan topping sesuai selera.

3. Banana Crispy Stick

img source: instagram/deliciousbali

Banana crispy stick sekilas mirip dengan banana choco frozen. Hanya saja banana crispy stick menggunakan pisang yang digoreng terlebih dahulu. Untuk membuat kuliner kekinian ini, terlebih dahulu Anda harus menggoreng pisang utuh dengan tepung roti. Selanjutnya balur pisang dengan lelehan cokelat atau saus rasa yang lain seperti greentea dan memberi topping sesuai selera seperti meses, remahan kacang atau keju. Jangan lupa untuk menusukkan stik es krim pada pisang, banana crispy stick pun siap dihidangkan.

4. Pisang Greprek

img source: bacaterus.com

Selain ayam geprek yang sedang populer, ternyata ada kuliner kekinian pisang geprek yang tak kalah sedap. Kuliner ini sekilas mirip dengan pisang epe dari Makassar, tetapi bedanya pisang geprek dibuat dengan pisang yang digeprek atau dipipihkan sampai tipis kemudian digoreng kering tanpa tepung. Untuk membuatnya, Anda perlu menyiapkan pisang kepok atau pisang ambon yang masih mengkal. Pisang kemudian digoreng sebentar, lalu digeprek dan rendam pada air garam. Diamkan sebentar lalu goreng pisang sampai kering atau krispi. Uniknya, pisang geprek tidak disajikan dengn topping apa pun, tetapi dicocol dengan sambal pedas. Kuliner ini terbilang sederhana tetapi punya rasa yang nampol di lidah.

5. Banana Springroll

img source: kaltara.prokal.co

Banana springroll atau lumpia pisang adalah kuliner kekinian berikutnya yang bisa Anda coba. Penampilan banana springroll memang sangat khas menu kafe kekinian. Namun Anda bisa mencoba untuk membuat olahan pisang yang gurih dan renyah ini di rumah. Caranya cukup mudah, cukup campurkan pisang yang telah diiris dengan nutella, keju atau bahan lain sesuai selera, kemudian bungkus dengan kulit lumpia. Rapatkan bungkusan kulit lumpia dengan larutan air tepung. Setelah itu, goreng sampai berwarna kecokelatan dan sajikan dengan topping gula halus, cokelat cair atau karamel sesuai selera. Banana springroll hits ala kafe kekinian pun siap dihidangkan.

6. Pie Pisang

img source: pergikuliner.com

Sebagai salah satu daerah penghasil pisang terbanyak di Indonesia, Lampung tak pernah kekurangan kuliner berbahan baku pisang. Sekarang, pie pisang kekinian khas Lampung menjadi buah tangan favorit. Pie pisang ala Lampung yang tengah hits ini berbentuk lonjong dengan bentuk melengkung seperti buah pisang. Salah satu pie pisang yang terkenal adalah pie pisang Yussy Akmal. Anda bisa mencoba pie pisang dengan isian pastry dan varian topping yang beragam seperti cokelat, keju, kacang, chocolate chip dan lain-lain.

7. Banana Cotton Cake

img source: atmago.com

Ini dia kuliner kekinian unik berikutnya yang banyak diminati. Banana cotton cake memiliki penampilan seperti pisang sungguhan dengan tekstur yang lembut. Untuk membuat banana cotton cake cukup mudah. Pertama, kocok dengan mikser bahan-bahan yang terdiri dari telur, susu, gula dan ovalet dalam wadah hingga menjadi putih dan kental. Kemudian tambahkan tepung terigu, vanili dan pewarna makanan kuning muda, lalu aduk dengan kecepatan rendah. Setelah itu tambahkan pisang ambon yang sudah dihaluskan, beri santan dan mentega cair sambil diaduk. Setelah tercampur rata, masukkan adonan ke dalam cetakan pisang dan kukus selama 10 menit. Sebaiknya bungkus panci kukus dengan kain lap agar uap air tidak menetes ke adonan kue yang menyebabkan kue menjadi berlubang. Agar terlihat lebih menarik, setelah adonan matang Anda bisa memberi cokelat leleh pada banana cotton cake.   

8. Banana Molten Cheesecake

img source: lampung.rilis.id

Satu lagi kuliner unik yang terbuat dari bahan baku pisang. Seperti namanya, banana molten cheesecake merupakan perpaduan pisang dengan keju yang menghasilkan cita rasa yang manis dan gurih. Tidak hanya kombinasi pisang dan keju, banana molten cheesecake juga tersedia dalam berbagai varian rasa, bisa disantap dengan rasa matcha, salted egg dan lain-lain. Anda bisa pun mencoba berbagai varian molten cheesecake di Kibo Cheese. Salah satu varian molten cheesecake yang paling diminati di Kibo Cheese adalah varian choco cheese yang memiliki tekstur lembut dengan isian saus pisang yang menggugah selera.

9. Banana Sushi

img source: myfussyeater.com

Anda pasti tidak ingin melewatkan kuliner kekinian yang unik ini. Jika biasanya sushi identik dengan nasi dan isian seafood dan sayuran, kali ini sushi disajikan dengan bahan baku pisang. Untuk membuat banana sushi atau sushi pisang tidak sulit. Pertama, celupkan pisang ke dalam lelehan cokelat lalu tunggu sampai mengeras. Setelah itu, iris pisang dengan hati-hati dan berikan taburan gula halus, meses cokelat atau remahan kacang sesuai selera. Banana sushi pun siap dihidangkan.

Nah, itu dia berbagai macam kuliner kekinian dengan bahan baku pisang yang unik dan paling diminati. Kuliner pisang kekinian yang sedang hits ini ternyata bisa dibuat di rumah, bahkan bisa menjadi ide bisnis kuliner untuk Anda yang ingin mencoba peruntungan di bidang tersebut. Selain tampilannya yang unik, kuliner olahan pisang ini juga memiliki cita rasa yang lezat dan terbukti mampu menarik minat masyarakat sehingga menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan. Apakah Anda tertarik untuk mencoba?

Artikel Terkait


Ini Dia 8 Makanan Khas Magelang yang Wajib Diketahui

Lezatnya Nasi Kandar Khas Malaysia Yang Wajib Dicoba!

Inilah Makanan Yang Dilarang Untuk Penderita Mata Minus

Resep Membuat Kue Kekinian Yang Mudah, Sederhana Dan Enak

Rekomendasi Restoran Bento di Jakarta yang Unik, Nikmat dan Mengenyangkan

Wisata ke Bandung? Inilah 15 Makanan Khas Bandung yang Wajib Diketahui

Ini Dia 14 Makanan Khas Papua yang wajib Diketahui

Tips Usaha Kuliner Salad Bar Menjanjikan Sebagai Trend Kekinian

Kuliner Palembang? Inilah 15 Makanan Khas Palembang yang Wajib di Ketahui

12 Jajanan Kaki Lima Ini Ternyata Bisa Dijadikan Alternatif Menu Diet Sehat Murah Meriah!

17 Permen Jadul, Favorit Anak-Anak 90an

Jarang Diketahui, Inilah Sejarah Makanan Hamburger


Baca Juga

Anda Punya Komentar atau Pendapat?

Medaftar Newsletter

Berlangganan artikel kami untuk mendapatkan informasi terbaru melalui kotak masuk email Anda. Kami tidak akan mengirim spam karena kami selalu menghargai privasi Anda.